Cari Tahu  Tentang Cara Menulis Tegak Bersambung

31 Mar 2023 by kreditpintar, Last edit: 04 Apr 2023

Menulis adalah salah satu pelajaran dasar yang diajarkan ketika memasuki usia sekolah. Dimana dalam menulis 2 cara yang tulisan biasa dan tulisan tegak bersambung.

Menulis tegak bersambung tentu saja bukan suatu hal yang asing bagi kita semua. Di mana kita semua tahu sejak kita belajar di bangku SD juga diajarkan cara menulis tegak bersambung.

Panduan Lengkap Cara Menulis Huruf Tegak Bersambung Dengan Mudah | Bearita

Adapun menulis tegak bersambung itu sendiri sudah ada sejak jaman dulu. Namun di jaman yang modern seperti sekarang ini rupanya banyak yang belum tahu dengan tulisan tegak bersambung.  Atau mungkin ada yang belum mengetahui apa itu tulisan tegak bersambung. 

Baca juga: Inilah Macam-Macam Metode Pembelajaran!

Nah untuk menjawab rasa penasaran dan keingintahuan anda mengenai apa itu tulisan tegak bersambung. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi secara lengkap mengenai tulisan bersambung.  Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang  akan kami uraikan di bawah ini. 

Apa yang dimaksud menulis tegak bersambung

TULISAN TEGAK BERSAMBUNG – SD NEGERI TAMANJAYA CIEMAS

Menulis tegak bersambung adalah salah satu cara menulis yang dilakukan secara bersambung dan tidak terputus pada setiap kata.  Biasanya untuk melakukan tulisan tegak bersambung itu banyak dilakukan oleh anak-anak SD. 

Manfaat dari melakukan tulisan tegak bersambung

Setiap hal atau kegiatan yang kita lakukan pasti mempunyai manfaat tersendiri, begitu pula dengan menulis tegak bersambung. Lalu apa saja sih sebenarnya manfaat menulis tegak bersambung? Di bawah ini kami akan informasikan untuk anda sekalian. 

  • Meningkatkan keterampilan motoric

Dalam melakukan penulisan tegak bersambung tentu saja membutuhkan banyak sekali konsentrasi. Hal ini tentu saja berbanding terbalik saat kita menulis dengan tulisan biasa yang tidak membutuhkan banyak konsentrasi. Ditambah lagi dengan banyak anak jaman sekarang yang lebih suka menggunakan gadget dan computer. 

Dengan mengajari anak untuk belajar menulis tegak bersambung bisa membantu dalam melatih motorik. Dan hal lain saat anak belajar menulis tegak bersambung adalah bisa membantu mengaktifkan otot tangan dengan cara yang berbeda.

  • Membantu menulis lebih cepat

Manfaat lain dari menulis tegak bersambung adalah bisa membuat menulis menjadi lebih cepat.  Suatu penelitian menyebutkan bahwa dengan menulis tegak bersambung bisa membangun fluiditas, meningkatkan kecepatan, rentang perhatian, dan kontinuitas

Baca juga: Cara Mengajari Anak Membaca yang Menyenangkan.

  • Meningkatkan kedisplinan

Dalam melakukan pelajaran menulis tegak bersambung itu bukan suatu hal yang mudah untuk para pemula. Hal itu diperlukan ketekunan, kesabaran, dan  kedisiplinan. Di mana untuk  bisa melakukan  tulisan tegak bersambung bisa meningkatkan kedisplinan dalam melakukan latihan.  Maka dari itu d sini perlu untuk melakukan latihan secara rutin dan juga teratur. 

  • Membuat buat otak lebih cerdas

Anda ingin meningkatkan kecerdasan yang anda miliki. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan belajar menulis tegak bersambung. Adapun menulis tegak bersambung membantu memanfaatkan rangsangan visual dan stimulis peraba dan menerapkan kognisi saat menulis.

Sejarah dari menulis tegak bersambung

Setiap hal yang terjadi dalam kehidupan kita pasti mempunyai sejarah dari terjadinya. Begitu pula di sini dengan tulisan tegak bersambung juga mempunyai sejarahnya.  Lalu bagaimana sih awal mula sejarah dari tulisan tegak bersambung.  Penasaran kan? yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang akan kami uraikan di bawah ini. 

Tulisan tegak bersambung itu sendiri sudah ada sejak pada abad ke 14 pada masa reneseinse yang berkembang di Eropa. Lalu seiring dengan berjalan waktu tulisan tegak bersambung ini semakin berkembang dan menjadi nama cooperplate handwriting. Adapun tulisan ini adalah cara menulis tegak bersambung dengan huruf yang lebih kompleks dan indah. 

Lalu di awal abad 20 para pendidik di jaman itu memasukkan tulisan tegak bersambung dalam mata pelajaran. Di mana hal itu dimasukkan dengan tujuan untuk memberikan tambahan bagi para murid tenntang teknik menulis. 

Dan di masa pendidikan SD para guru sengaja memberikan pelajaran menulis tegak bersambung dengan cukup bervariasi. Di mana mulai dari teknik konvensional hingga teknik kursif. 

Waktu yang tepat untuk belajar menulis tegak bersambung

Mungkin banyak orang awam atau khususnya para guru atau orang tua tentu akan merasa sedikit penasaran. Mereka penasaran dengan kapan waktu yang tepat untuk bejar menulis tegak bersambung pada anak. 

Pelajaran menulis tegak bersambung itu sangat cocok diberikan sejak duduk di bangku TK  hingga SD. Hal itu dikarenakan di masa itu saat yang bagus dalam melatih motoric dan konsentrasi pada anak. Sekaligus mengajarkan pada siswa untuk cermat, teliti, dan sabar dalam melakukan menulis tegak bersambung. 

Kendala dari melakukan menulis tegak  bersambung

Setiap kita melakukan suatu pekerjaan pasti mempunyai suatu kendala tertentu. Begitu pula di sini dengan saat menulis tegak bersambung yang pasti juga mempunyai kendala. Lalu apa saja kendalanya? Yuk kita baca dan simak bersama.

Di jaman yang serba maju seperti sekarang ini tentu saja banyak orang yang lebih memilih menggunakan gadget. Hal itu rupanya juga banyak dialami oleh anak jaman sekarang yang juga lebih memilih menggunakan gadget. Terlebih di sini juga dalam menulis dibanding harus menulis dengan tangan. 

Cara menulis tegak bersambung

Cara Menulis Tulisan Tegak Bersambung (Part 1) - YouTube

Setelah ini kita akan membahas mengenai cara menulis tegak bersambung bersama-sama. Penasaran kan?  Yuk kIta bahas bersama mengenai cara menulis tegak bersambung. 

  • Menyiapkan buku halus

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk belajar cara menulis tegak bersambung adalah menyiapkan buku halus. Buku halus ini adalah buku yang pada lembarannya terdapat garis-garis rapat. Adapun garis rapat itu membantu anak menuliis dengan baik. 

  • Menjiplak huruf tegak bersambung

Langkah berikutnya dalam mengajari anak cara menulis tegak bersambung adalah dengan cara menjiplak.  Di sini ada bisa memberikan tulisan huruf yang ditempelkan pada belakang kertas. Setelah itu anak diminta untuk menyalin dari tulisan itu. 

Baca juga: Ini Tips Dan Cara Membuat Artikel Untuk Yang Suka Nulis

  • Beri titik – titik merangkai huruf

Selanjutnya adalah cara lain untuk bisa belajar menulis tegak bersambung adalah dengan memberi titik yang membentuk huruf. Adapun cara ini dirasa lebih membantu dan juga berguna untuk anak yang sedang belajar menulis halus. 

Nah itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian mengenai cara menulis tegak bersambung. Semoga informasi yang sudah kami bagikan tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian. Terlebih di sini untuk anda yang berencana untuk belajar cara menulis tegak bersambung.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Apr 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download