Cara Menghitung Weton Jawa Menggunakan Kalender

26 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 02 Mar 2022

Seperti diketahui bahwa dalam masyarakat Jawa pada umumnya pasti mengenal istilah Weton yang seringkali digunakan untuk menghitung kecocokan antar pasangan ataupun jodoh. Bagi masyarakat Jawa sendiri, cara menghitung weton jawa banyak digunakan sebagai patokan untuk dapat menentukan baik buruknya sebuah hubungan utamanya dalam pernikahan yang bersifat sakral dan jangka panjang.

Terbilang seperti ramalan, cara menghitung weton jawa sudah menjadi bagian hidup mereka untuk dapat melihat cocok tidaknya suatu pasangan sebelum menikah. Tak hanya untuk menghitung  kecocokan pada pasangan atau jodoh, terkadang masyarakat jawa juga dapat menggunakan weton sebagai cara menentukan masa panen, melihat hari-hari baik, bahkan juga untuk menentukan sebuah keputusan.

Yang mana pada dasarnya, weton dapat berguna untuk melihat secara spesifik dari sebuah karakteristik seseorang atau menentukan sebuah perhitungan yang matang. Kredit Pintar melansir dari KBBI, bahwa weton merupakan sebuah istilah hari kelahiran seseorang dengan hari pasarannya seperti (Lego, Pahing, Kliwon, Pon, dan Wage). Sederhananya, weton diambil dari bahasa Jawa, atau Wetu yang memiliki arti lahir.

Cara Mengetahui Weton Kelahiran Menggunakan Kalender Weton Jawa

Jika sobat ingin mengetahui bagaimana cara mengetahui weton kelahiran dengan berpatok pada kalender weton Jawa. Simak penjelasannya berikut ini.


Gambar 1

Apabila sobat pintar lahir tanggal 20 Januari 1990, maka pada tabel di atas dapat ditarik dengan vertikal dan horizontal sehingga Januari 1990 menunjukkan angka 1. Selanjutnya cukup dengan menambahkan angka tersebut dengan tanggal lahir, menjadi 1 + 20 = 21.

Kemudian carilah angka 21 pada tabel yang menunjukkan hari kelahiran Masehi berikut ini.


Gambar 2

Maka sobat pintar akan melihat angka 21 pada hari Sabtu. Dan lihat kembali pada bagian berikut ini


Gambar 3

Yang mana akan terdapat angka 0 yang menandakan bulan Januari 1990. Kemudian jumlahkan angka yang sudah didapatkan keduanya dan jumlahkan dari 0 + 20 = 20. Dan Cari lagi pada gambar beriku ini.


Gambar 4

Terakhir, akan dapat disimpulkan bahwa weton kelahiran pada 20 Januari 1990 adalah Sabtu Pon.

Cara Menghitung Weton Lahir untuk Kecocokan Jodoh Menggunakan Neptu

Agar dapat menentukan kecocokan sebelum melakuan ke tahap pernikahan, terkadang masyaraat jawa menggunakan hitungan weton jodoh sesuai dengan primbon Jawa.

Seseorang yang akan menggunakan cara menghitung weton untuk mencocokkan hari lahir keduanya dapat dilihat dari tabel berikut ini.

Gambar 5

Cara untuk mengetahui kedua weton pasangan, cukup dengan menjumlahkan beberapa angka dari tabel-tabel diatas.

Misalnya, Sobat pintar lahir pada hari Minggu Pon, maka nilai dari neptu sobat adalah 5 + 7 = 12. Sementara jika pasangan sobat lahir pada Kamis Legi, maka nilai wetonnya adalah 8 + 5 = 13.

Dan jika kedua weton tersebut dijumlahkan, maka keduanya memiliki angka weton 12 + 13 = 25.

Kemudian, setelah mengetahui jumlah weton dari kedua pasangan. Sesuaikan dengan perhitungan jodoh menurut Primbon Jawa.

Kumpulan Weton Menurut Primbon Jawa

1. Weton Ratu (2, 11, 20, 29)

Pasangan yang memiliki karakter weton ratu terkadang disebut pasangan yang sudah jodohnya, bahkan membuat banyak pasangan lain iri dengan karakter weton ini. Pasalnya, hubungan yang akan dilewati oleh kedua pasangan ini akan dipercaya sangat harmonis dan banyak dihargai oleh orang sekitar.

2. Weton Topo (4, 13, 22, 31)

Pasangan yang mendapatkan karakter dari weton topo akan dipercaya mengalami sedikit kesulitan di awal masa pernikahan. Akan tetapi berkat sikap dari kedua pasangan tersebut yang saling memahami satu sama lain akan dapat berujung dengan rasa bahagia di akhir-akhir.

Apalagi disaat sudah memiliki buah hati dan sudah cukup lama menjalin rumah tangga, pasangan dari weton topo ini akan hidup dengan kesuksesan dan kebahagiaan.

 3. Weton Peshti (8, 17, 26, 35)

Dalam kehidupan berumah tangga, pasangan yang memiliki karakter penjumlahan weton pesthi ini akan dipercaya akan hidup rukun, tentram, dan damai. Meskipun datangnya masalah akan menerpa rumah tangga ini, tidak akan pernah mengganggu atau bahkan sampai merusak hubungan keharmonisan dalam berkeluarga.

4. Weton Sujanan (7, 16, 25, 34)

Harap waspada jika sepasang kekasih yang akan melanjutkan ke jenjang pernikahan dan memiliki jumlah seperti pada keterangan di weton sujanan. Menurut perhitungan di Primbon Jawa, pasangan yang memiliki weton ini cenderung sering bertengkar dalam rumah tangganya akibat datangnya orang ketiga.

5. Weton Pegat (1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Dalam bahasa Jawa, pegat memiliki art dengan berpisah. Jika terdapat pasangan yang setelah di hitung masing-masing wetonnya dan muncuk dengan jumlah tersebut, artinya hubungan akan akan sering mendapatkan masalah dan mengindikasikan adanya kemungkinan berujung perpisahan.

6. Weton Jodoh (3, 12, 21, 30)

Seperti namanya, dalam weton jodoh yang ada pada primbon jawa memiliki makna bahwa sepasang pasangan tersebut benar-benar berjodoh dan akan memiliki kehidupan rumah tangga yang selalu rukun setiap waktunya.

7. Weton Tinari (5, 14, 23, 32)

Memiliki hidup yang berkecukupan menjadi dambaan setiap manusia, apalagi harus hidup bersama pasangan yang dapat hidup rukun seterusnya. Pada weton tinari ini, kedepannya pada seluruh keluarga akan diberi kemudahan di setiap apapun dalam mencari rezeki.

8. Weton Padu (6, 15, 24, 33)

Siapa yang menyangka, nama padu atau berpadu menjadi indikasi yang sebaliknya dalam ramalan primbon jawa menurut hitungan weton. Weton padu merupakan ramalan yang buruk bagi kehidupan dalam rumah tangga. Kendati demikian, pasangan yang memiliki hitungan weton padu ini tak akan berakhir dengan perceraian dalam membangun rumah tangga.

Kemudian, jika perhitungan dari pasangan tersebut sudah ditemukan dan telah mencoba untuk mengetahui bagaimana cara menghitung weton jawa. Masih akan menyisakan satu perhitungn lagi yang mana dalam maknanya masih berkaitan dengan peruntungan dari sepasang kekasih tersebut.

Arti Angka Sisa dalam Pembagian Neptu Weton Jawa Berikut Maknanya

1. Sumur Sinaba yang memiliki sisa angka empat dengan diramalkan akan memiliki hidup yang harmonis, penuh inspirasi dan sering menjadi panutan.

2. Satria Wibawa yang memiliki sisa angka tiga dengan diramalkan akan menjadi yang disegani, berwibawa, dan akan selalu dihormati.

4. Bumi Kepetak yang memiliki sisa angka enam dengan diramalkan akan diminta dirinya untuk selalu kerja keras dalam hidupnya.

5. Tunggak Semi yang memiliki sisa angka dua yang mana memiliki arti bahwa konon rezeki yang diperoleh akan tersendat atau tidak lancar.

6. Lebu Ketiup Angin yang memiliki sisa angka tujuh dengan diramalkan bahwa akan menhadapi berbagai kesulitan mendapatkan sesuatu terutama dalam meraih cita-cita dan kurang tentram hidupnya.

7. Satria Wirang yang memiliki sisa angka lima yang digambarkan akan sering sekali mendapat dan menghadapi berbagai macam kesulitan dalam hidupnya.

Nah, jadi itulah bagaimana cara menghitung weton Jawa jika menggunakan kalender Jawa dan juga menggunakan berdasarkan Kecocokan Jodoh Menggunakan Neptu.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download