Cara Menghilangkan Gatal Pada Kulit

10 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 11 Nov 2021

Kulit gatal merupakan masalah yang cukup umum dialami semua orang sehingga banyak yang mencari cara menghilangkan gatal pada kulit. Penyebab gatal pada kulit bisa karena berbagai hal. Umumnya, kulit gatal tidak terlalu berbahaya dan mudah diobati. Namun, jika kulit gatal tidak kunjung hilang, bisa jadi ada penyebab serius di baliknya dan upaya 

Kulit gatal adalah salah satu masalah kulit yang terjadi ketika kamu memiliki sensasi yang tidak menyenangkan, seperti glitikan dan iritasi, yang membuat kamu ingin menggaruk kulit. Dalam dunia medis, kulit yang gatal disebut juga dengan pruritus.

Penyebab dan cara menghilangkan rasa gatal

Kulit kering adalah penyebab paling umum dari kulit gatal. Meskipun umum dirasakan oleh semua orang, gatal atau pruritus lebih sering dialami oleh orang-orang yang sudah tua karena kulit mereka cenderung lebih kering daripada kulit remaja atau anak-anak.

Baca juga: Berapa Biaya Swab Test Saat Ini? Ini Jawabannya

Biasanya, kulit gatal tidak menunjukkan gejala apapun di permukaan kulit. Namun, dalam beberapa kasus, bagian yang gatal menunjukkan perubahan kulit, seperti kulit mengelupas, kulit bersisik, ruam, benjolan, bintik merah, dengan munculnya cairan yang keluar.

Tidak hanya dipicu oleh kulit kering, ada berbagai hal yang menyebabkan gatal pada kulit, yaitu:

Penyakit Kulit

Salah satu penyebab kulit gatal yang tidak kunjung hilang bisa jadi menandakan adanya penyakit kulit lain. Beberapa jenis penyakit kulit yang menyebabkan gatal adalah sebagai berikut.

  • Kudis
  • Kurap
  • Cacar air
  • Biduran
  • Gigitan serangga
  • Eksim dishidrotik
  • Dermatitis atopic
  • Psoriasis
  • Neurodermatitis
  • Dermatitis seboroik
  • Scabies

Gatal akibat penyakit kulit bisa dirasakan di area kulit tertentu atau di bagian tubuh lainnya. Biasanya juga kondisi ini ditandai dengan kulit yang semakin gatal saat digaruk.

Alergi

Penyebab kulit gatal selanjutnya adalah reaksi alergi. Dermatitis kontak, juga dikenal sebagai alergi, adalah reaksi kulit ketika terkena alergen tertentu.

Misalnya paparan bahan kimia dari produk perawatan kulit atau kosmetik, makanan, serbuk sari, udara dingin, bulu hewan, paparan sinar matahari. Alergi biasanya menyebabkan bercak merah pada kulit yang gatal, kering dan bengkak.

Gigitan Serangga

Gigitan serangga dapat menyebabkan kulit terasa gatal. Rasa gatal akibat gigitan serangga, semut api, dan nyamuk biasanya disertai bintik-bintik merah. Biasanya, gatal dari gigitan serangga yang disertai bintik-bintik merah pada kulit akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 7 sampai 14 hari. Namun, gigitan kutu busuk atau tungau dapat menyebabkan ruam yang lebih besar dan kulit yang gatal.

Gangguan Saraf

Tahukah kamu bahwa gangguan saraf adalah penyebab gatal yang terus-menerus pada kulit? Ya, kerusakan saraf dapat terjadi karena cedera atau kondisi medis tubuh tertentu.

Rasa gatal akibat gangguan saraf cenderung hanya terjadi pada satu area kulit dan tidak memiliki gejala ruam. Beberapa penyakit yang bisa menyebabkan gatal akibat gangguan saraf, yaitu stroke, multiple sclerosis dan herpes zoster.

Penyakit Sistemik Dalam Tubuh

Penyakit sistemik dalam tubuh sebenarnya bisa menjadi penyebab kulit gatal yang terjadi setiap saat dan berterusan. Berbagai jenis penyakit yang dapat menyebabkan kulit gatal meliputi:

  • HIV
  • Penyakit liver (hati)
  • Diabetes
  • Gangguan ginjal
  • Kangker
  • Anemia
  • Kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroid)
  • Penyakit autonium

Kehamilan

Beberapa wanita mungkin mengalami kulit gatal selama masa kehamilan. Setidaknya 1 dari 10 ibu hamil mengalami kulit gatal.

Biasanya, area kulit yang sering gatal terdapat di perut, tangan, kaki, dan payudara. Rasa gatal saat hamil disebabkan oleh perubahan hormonal. Dalam beberapa kasus, kulit gatal selama masa kehamilan dapat disebabkan oleh kondisi kulit tertentu.

Kondisi Psikis

Kondisi psikologis tertentu, seperti stres, depresi, atau gangguan kecemasan, juga dapat menyebabkan rasa gatal pada kulit. Karena kondisi psikologis tersebut dapat menyebabkan reaksi kimia dalam tubuh yang membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Efek Obat

Penyebab lain dari gatal-gatal pada kulit adalah efek samping dari obat-obatan tertentu. Misalnya, aspirin, resep pereda nyeri opioid, dan obat tekanan darah. Terlebih lagi, pengobatan kanker juga dapat menyebabkan kulit gatal.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus terlebih dahulu bertanya kepada dokter. Dokter akan memberikan saran tentang cara mengobati kulit gatal yang kamu alami, atau mungkin mengubah dosis atau mengganti obat yang diresepkan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Gatal Pada Kulit?

Setelah mengetahui berbagai penyebab gatal-gatal di kulit, kini kamu bisa melakukan perawatan yang tepat. Karena pada dasarnya, cara menghilangkan gatal pada kulit harus sesuai dengan penyebabnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab rasa gatal yang kamu alami. Berikut cara menghilangkan gatal pada kulit yang umum terjadi.

Kompres Dengan Air Dingin

Cara menghilangkan gatal yang bisa dengan pengobatan rumahan. Salah satunya, menggunakan kompres air dingin. Langkah ini bertujuan untuk menenangkan kulit yang gatal yang terus menerus muncul dan tidak kunjung hilang.

Untuk melakukannya, basahi handuk atau kain bersih dengan air dingin, peras airnya, lalu tempelkan pada area kulit yang meradang atau gatal.

Jangan Mandi Terlalu Lama

Sebagai cara menghilangkan gatal Sebaiknya batasi durasi mandi maksimal 20 menit. Mandi terlalu lama justru bisa mengeringkan kulit, sehingga lebih mudah gatal. Gunakan air mandi suhu kamar dan sabun lembut untuk menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit.

Hindari menggunakan sabun yang mengandung deodoran, parfum, dan alcohol. Kemudian, kenakan pakaian yang tidak gatal, seperti pakaian yang longgar atau berbahan katun.

Oleskan Pelembab

Cara menghilangkan gatal pada kulit selanjutnya adalah dengan mengoleskan pelembab, yang bisa kamu lakukan segera setelah mandi atau saat kulit kering.

Jangan Digaruk

Tidak dianjurkan untuk menggaruk kulit yang gatal pada tubuh. Alih-alih menjadi cara menghilangkan gatal, langkah ini justru bisa mengiritasi kulit dan berujung pada luka atau infeksi kulit. Akibatnya, proses penyembuhan akan semakin sulit dilakukan.

Gunakan Krim Anti Gatal

Jika muncul bintik-bintik merah pada kulit disertai dengan gatal, krim anti gatal, seperti lotion Calamine, dapat kamu gunakan. Obat gatal ini berfungsi untuk menenangkan kulit agar kamu tidak menggaruk kulit lebih lanjut, yang dapat memperparah rasa gatal.

Obat antihistamin

Cara menghilangkan gatal pada kulit akibat reaksi alergi bisa juga dengan obat antihistamin. Obat ini ada yang model salep atau obat minum. kamu bisa membeli obat alergi yang dijual di apotik terdekat untuk menghentikan reaksi alergi yang menyebabkan kulit gatal.

Baca juga: Manfaat Garam sebagai Cara Menaikkan Tekanan Darah

Obat steroid

Sama halnya dengan obat antihistamin, obat steroid juga bisa kamu pakai untuk mengobati rasa gatal. Ada yang dalam bentuk salep atau juga obat minum. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat steroid apa pun, karena steroid tidak boleh dibeli tanpa resep dari apotek.

Konsultasi dan Periksa Ke Dokter Ahli

Terakhir, cara menghilangkan gatal pada kulit jika tidak kunjung reda adalah konsultasikan atau periksa ke dokter spesialis kulit. Dokter akan mendiagnosis setiap kemungkinan penyebab-penyebab rasa gatal yang kamu alami. Dengan begitu kulit gatalmu mendapat pengobatan yang paling tepar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload