Berapa Biaya Swab Test Saat Ini? Ini Jawabannya

05 Nov 2021 by Laruan

Swab test merupakan serangkaian kegiatan untuk menegakkan diagnosis corona virus. Belakangan ini, tes tersebut menjadi syarat wajib dalam urusan administrasi perjalanan. Banyak orang awam yang mungkin bertanya-tanya, berapakah estimasi biaya swab test saat ini? 

Sebelum membahas lebih lanjut tentang biaya swab test, perlu Sobat Pintar ketahui bahwa pemeriksaan covid-19 terdapat banyak jenisnya. Jika sebelumnya, Sobat Pintar mengenal rapid test antibodi dan PCR, maka kini muncul rapid test antigen. 

Perbedaan Jenis Tes Swab 

Apa sih, perbedaan masing-masing tes swab tersebut, mulai dari metode hingga lama pemeriksaan?

  1. Tes PCR 

Pertama ada Polymerase Chain Reaction atau PCR. PCR adalah salah satu jenis alat  tes yang berfungsi untuk mengetahui pola genetik dari sel kuman atau virus.  

WHO sendiri merekomendasikan alat tes swab PCR karena memiliki akurasinya cukup tinggi, yaitu sekitar 80-90%. 

Biasanya, pengambilan sampel pada tes ini melalui rongga nasofaring dan orofaring (hidung dan tenggorokan). Kemudian, hasil pemeriksaan PCR dapat Sobat Pintar ketahui 1x24jam setelah dilakukan pemeriksaan. 

Namun lamanya waktu ke hasil tidak sama pada setiap daerah, terutama desa-desa yang terkendala akses dan fasilitas. 

Masih ada beberapa daerah yang harus mengirim hasil sampel tes ke laboratorium dengan mesin PCR di wilayah lain. Tentu saja hal ini dapat memakan waktu yang lebih lama. 

  1. Tes Rapid 

Jenis tes pemeriksaan covid-19 lainnya adalah tes rapid.  Harganya cukup terjangkau sehingga banyak masyarakat yang memilihnya. 

Secara umum, ada dua jenis tes rapid yang terdapat di pasaran, antara lain:

  • Rapid Test Antigen

Antigen adalah zat asing yang masuk ke dalam tubuh, seperti virus atau kuman. 

Pada umumnya, antigen yang masuk ke dalam tubuh bersifat mengganggu, sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh pun membentuk antibodi. 

Nah, corona adalah salah satu virus yang masuk ke tubuh dan terdeteksi sebagai antigen. Oleh karena itulah, untuk mengetahui tubuh terpapar corona maka perlu dilakukan rapid test antigen. 

Proses pengambilan sampel pada tes rapid antigen yaitu melalui lendir yang terdapat di dalam hidung atau tenggorokan menggunakan metode swab.

Agar hasilnya akurat, sebaiknya Sobat Pintar melakukan pemeriksaan antigen setelah 5 hari muncul gejala-gejala covid. 

Namun, untuk tingkat akurasi, alat tes ini berada di bawah tes PCR, dengan lama pemeriksaan tes rapid antigen sekitar 1 jam. 

  • Rapid Test Antibodi

Rapid test antibodi merupakan tes yang pertama kali muncul saat virus corona mulai mewabah di Indonesia. Sayangnya, tingkat akurasi alat pemeriksaan ini masih terbilang rendah untuk mendeteksi adanya virus. 

Oleh karena itu, test rapid antibodi tidak lagi direkomendasikan  dalam proses mendeteksi corona virus di dalam tubuh. 

Harga Test Swab Sesuai Ketetapan Pemerintah

Melonjaknya kasus penyebaran virus corona beberapa bulan lalu, menyebabkan pemerintah mengambil langkah tegas tentang aturan swab test.

Jadi, hasil pemeriksaan swab test akan menjadi syarat utama ketika ingin melakukan perjalanan jarak jauh.

Selain itu, per Agustus lalu pemerintah melalui Kementerian Kesehatan pun menetapkan harga  stSobat Pintarr sebagai acuan bagi RS atau klinik penyedia layanan tes swab. 

Semula harga tes swab PCR berada di kisaran 900 ribu, sedangkan saat ini untuk wilayah Jawa-Bali berubah menjadi Rp. 495.000. Sementara wilayah luar Jawa-Bali sekitar Rp. 525.000. Sedangkan untuk tes swab antigen Abbott Panbio yang sebelumnya Rp. 190.000 turun harga menjadi Rp. 125.000. 

Demikian pula untuk yang swab antigen reguler (selain Panbio) dari harga Rp. 190.000 menjadi Rp. 85.000. 

Regulasi yang terkait dengan batas tarif tertinggi pemeriksaan RT-PCR sudah sesuai surat edaran dari Dirjen Pelayanan Kesehatan. Selain itu juga demi melindungi warga Indonesia agar mendapatkan pelayanan biaya swab yang wajar. 

Tempat Pembelian Tes Swab

Tahukah Sobat Pintar? bahwa akhir-akhir ini banyak alat tes swab yang diperjualbelikan secara bebas di marketplace. Tentu saja, hal ini membahayakan. Mengapa demikian?

  • Alasan pertama, karena penggunaan alat deteksi corona ini tidak boleh asal-asalan. 

Yap,penggunaan alat pendeteksi ini tidak hanya sekadar memasukkannya ke dalam hidung, loh. Perlu cara khusus yang cuma boleh dilakukan oleh tenaga ahli, agar terhindar dari cedera. 

  • Kedua, Sobat Pintar tidak dapat menjamin alat tersebut asli atau palsu, kualitasnya bagaimana juga tidak jelas adanya. 
  • Ketiga, tingkat akurasi hasil pemeriksaan swab antigen mandiri cukup diragukan. Sebab, jika terdapat kesalahan prosedur maka kemungkinan besar juga akan terjadi kesalahan pada hasil tesnya. 

Oleh karena itulah, sebaiknya Sobat Pintar melakukan tes swab di tempat pembelian yang tepat dan mendapat izin resmi dari dinas kesehatan. 

Jadi, silakan kunjungi klinik, RS atau laboratorium terdekat yang menyediakan layanan biaya swab test demi menghindari kemungkinan di atas. 

Berikut beberapa rekomendasi tempat pembelian / pemeriksaan covid-19 di Jakarta dan sekitarnya, seperti :

  • K-Lab Pondok Indah Medical Centre

Laboratorium yang beralamat di Jl. sekolah kencana IV A Kebayoran Lama Jakarta Selatan melayani swab tes PCR mulai harga Rp. 495.000

  • Amalia Medical Center

Klinik Amalia medical center membuka layanan tes pemeriksaan swab PCR, dengan harga mulai  Rp. 495.000

  • Rumah Sakit Royal Taruma

Berikutnya, ada RS Royal taruma yang juga bisa Sobat Pintar kunjungi jika ingin melakukan tes PCR. 

RS yang berlokasi di daerah Jakarta Barat ini menetapkan tarif PCR mulai Rp. 495.000. Sobat Pintar pun bebas memilih waktu hasil tes keluar, apakah pada H yang sama atau H+1. 

  • RS Pondok Indah

Bagi Sobat Pintar yang bertempat tinggal di wilayah Jakarta Selatan, maka bisa melakukan tes swab di RS Pondok Indah. 

Terlebih lagi, di RS ini melayani swab test drive thru, sehingga Sobat Pintar tidak perlu repot turun mobil. Hasil pemeriksaan akan keluar dalam kurun waktu 24 jam. 

Sedangkan untuk biaya tes mulai Rp. 495.000 hingga Rp. 900.000. Segera kunjungi RS Pondok Indah yang berlokasi di Jl. Metro Duta Kav. UE Pondok Indah. 

  • RS Pusat Pertamina

RSPP juga menjadi tempat yang Kami rekomendasikan untuk melakukan tes. Dengan biaya Rp. 495.000, Sobat Pintar sudah bisa mengantongi hasil tes dalam H+1. 

  • Mayapada hospital

RS Mayapada juga melayani Sobat Pintar yang ingin melakukan skrining covid-19. Sobat Pintar harus melakukan registrasi terlebih dahulu melalui aplikasi halodoc sebelum datang ke RS ini. Biaya tes sendiri mulai  Rp. 489.000.

Selain beberapa tempat di atas, masih banyak tempat lain yang juga memberikan pelayanan tes swab. Yang terpenting adalah, jangan lupa menjaga jarak dan menaati protokol kesehatan ketika ke lokasi tes.

Kesimpulan

Demikian informasi terkait dengan biaya swab test yang berlaku mulai bulan Agustus lalu. Semakin mudahnya prosedur tes swab, maka Sobat Pintar dapat mengetahui secara pasti apakah terpapar covid-19 atau tidak. 

Jika Sobat Pintar membutuhkan dana untuk melakukan tes pemeriksaan covid-19, maka jangan ragu mengajukan pinjaman online di Kredit Pintar.  Karena, kami siap memberikan pinjaman online kepada Sobat Pintar dengan proses cepat dan tanpa ribet. Jadi tunggu apalagi? Jika butuh dana tunai maka ajukan saja pinjaman online ke Kredit Pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload