Manfaat Garam sebagai Cara Menaikkan Tekanan Darah

08 Nov 2021 by Laruan

Tekanan darah rendah atau dalam istilah kesehatan disebut juga dengan hipotensi adalah keadaan ketika tekanan darah lebih rendah dari tekanan darah yang seharusnya. Sebaliknya hipertensi menunjukkan tekanan darah yang lebih tinggi dari biasanya. Tekanan darah rendah tidak selalu berbahaya, namun pada kondisi tertentu memerlukan cara menaikkan tekanan darah untuk mengembalikan ke keadaan normal. 

Manfaat Garam sebagai Cara Menaikkan Tekanan Darah

Pada dasarnya, tekanan darah akan mengalami perubahan sepanjang hari seiring dengan aktivitas yang dilakukan. Tubuh secara terus-menerus akan menyesuaikan dan menyeimbangkan tekanan darah. Tujuannya adalah memastikan setiap bagian tubuh seperti otak, jantung dan paru-paru memperoleh asupan darah dan oksigen yang cukup. Tekanan darah dapat berubah berdasarkan posisi tubuh. Contohnya, saat tubuh sedang beristirahat tekanan darah akan mengalami penurunan. 

Beberapa kondisi kesehatan dan penyakit yang dialami juga dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Hal ini dapat menyebabkan darah dan oksigen tidak dapat terdistribusi pada seluruh bagian tubuh. 

Tekanan darah rendah dapat dikatakan normal, dan biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Akan tetapi, pada kondisi yang lebih parah tekanan darah rendah memunculkan berbagai gejala. Gejala tersebut seperti penglihatan kabur, kebingungan, depresi, pusing, kelelahan, merasa kedinginan, merasa haus, menurunnya konsentrasi, berkeringat, bahkan dapat menyebabkan pingsan. 

Tekanan Darah Seperti Apa yang Dikatakan Normal?

Tekanan darah adalah perbandingan antara kekuatan darah terhadap dinding pembuluh darah dalam sistem peredaran darah manusia. Tekanan darah diukur dengan menggunakan dua angka yang berbeda. Angka pertama yang terletak pada bagian atas disebut dengan tekanan sistolik, angka ini menggambarkan tekanan darah saat jantung berdetak. Sedangkan angka kedua yang terletak pada bagian bawah disebut tekanan diastolik, angka ini menggambarkan tekanan saat jantung beristirahat atau jeda antara setiap detakan jantung. 

Kedua angka tersebut diukur dengan menggunakan alat yang dinamakan Tensimeter. Biasanya dalam keadaan normal tekanan diastolik bernilai lebih rendah dari pada tekanan sistolik. 

Menurut ahli kesehatan, tekanan darah yang sehat dan dianggap normal berada pada kisaran angka 120/80 mm Hg. Sedangkan, pada orang yang mengalami tekanan darah rendah, tekanan darah berada pada angka di bawah dari 90/60 mm Hg.

Apa yang Menyebabkan Tekanan Darah Rendah?

Terdapat beberapa faktor penyebab seseorang mengalami tekanan darah rendah. Beberapa bersifat sementara dan dapat dengan mudah diatasi dengan cara menaikkan tekanan darah yang akan dibahas pada bagian selanjutnya. 

Di sisi lain, tekanan darah rendah juga dapat disebabkan karena kondisi medis atau masalah kesehatan yang serius. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah antara lain, penyakit addison, anafilaksis, anemia, kehilangan darah, bradikardia, diabetes, masalah katup jantung, hipotiroidisme, gagal hati, dan infeksi virus. 

Untuk mengetahui dan mengontrol tekanan darah, direkomendasikan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter. 

Cara Menaikkan Tekanan Darah

  1. Makan Lebih Banyak Garam

Natrium yang terkandung dalam garam dapat meningkatkan tekanan darah. Namun, hal tersebut dapat meningkatkan tekanan darah menjadi terlalu tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Tambahkan garam pada makanan sebelum diproses, untuk membantu mengontrol jumlah garam yang terkandung dalam makanan. Hidari juga mengkonsumsi garam dari makanan olahan atau makanan cepat saji. 

  1. Konsumsi Air Putih

Dehidrasi terkadang dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Bahkan beberapa orang dapat mengalami tekanan darah rendah saat mengalami dehidrasi ringan. Hal ini menunjukkan pentingnya mengkonsumsi air putih yang cukup setiap harinya.

Dehidrasi juga dapat dialami secara mendadak. Biasanya dehidrasi mendadak ini terjadi ketika seseorang muntah, diare, demam, melakukan olahraga berat dan aktivitas berat lainnya. Mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, dan biasanya alkohol juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan yang digunakan sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi rendah.

Selain itu, dehidrasi juga dapat disebabkan karena menggunakan obat-obatan diuretik. Oleh sebab itu, sebelum menggunakan obat-obatan tertentu lebih baik untuk meminta rekomendasi dokter atau mencari informasi terkait obat-obatan tersebut.

  1. Konsumsi Makanan Seimbang

Tekanan darah rendah dapat terjadi saat kebutuhan nutrisi tubuh tidak dapat terpenuhi. Nutrisi yang paling penting terkait dengan tekanan darah antara lain kadar vitamin B12, asam folat dan zat besi, yang harus dipastikan dapat tercukupi. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak dapat membuat sel darah merah yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Kekurangan darah yang terjadi dalam tubuh dapat menurunkan tekanan darah, yang pada akhirnya menyebabkan tekanan darah rendah.

Selain mengkonsumsi makanan seimbang, tambahan suplemen makanan akan cukup membantu untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. 

  1. Makan Teratur dengan Porsi Kecil

Tekanan darah rendah dapat terjadi setelah mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar, dan lebih sering terjadi pada usia dewasa. Hal ini terjadi karena darah akan mengalir ke saluran pencernaan setelah makan. Makan dalam jumlah besar akan mengakibatkan saluran pencernaan membutuhkan lebih banyak darah. Biasanya detak jantung akan mengalami peningkatan untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah yang diperlukan saluran pencernaan saat bekerja mencerna makanan dalam jumlah besar.

Tekanan darah rendah dapat dihindari dengan makan dalam jumlah kecil. Selain itu, membatasi konsumsi karbohidrat berlebihan juga dapat membantu menjaga tekanan darah pada kondisi stabil. Oleh sebab itu, direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil dan teratur.

  1. Konsumsi Gula Secukupnya

Mengkonsumsi gula secara berlebihan memberikan dampak negatif terhadap kesehatan. Diabetes dan kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah menjadi rendah. Kadar gula dalam tubuh tidak hanya bersumber dari makanan manis, konsumsi karbohidrat yang berlebihan juga dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Pada kondisi ini, mengkonsumsi makanan dalam jumlah cukup sangat dianjurkan, terutama makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Hindari juga mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan, karena biasanya akan memiliki kadar gula yang lebih tinggi dan berbahaya bagi tubuh.

  1. Berbaring

Pada kondisi tertentu, tekanan darah rendah dapat terjadi karena aktivitas sehari-hari. Terlalu banyak berdiri dapat menyebabkan konsentrasi darah pada area tubuh bagian bawah meningkat. Hal ini menyebabkan tekanan darah menjadi turun, atau biasa disebut dengan tekanan darah rendah postural.

Setelah melakukan aktivitas, luangkan waktu untuk berbaring, bila perlu tinggikan posisi kaki dari jantung. Hal ini akan membantu mengembalikan tekanan darah dalam keadaan normal.

  1. Tidur yang Cukup

Tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pada saat tidur, tubuh akan melakukan pemulihan kondisi dan mengistirahatkan tubuh. Tidur yang cukup dapat membantu menjaga tekanan darah dalam keadaan normal. Tidur cukup yang baik adalah tidur yang dilakukan pada malam hari, bukan pada siang hari. 

  1. Obat-obatan

Menggunakan obat-obatan merupakan rekomendasi terakhir cara menaikkan tekanan darah. Menggunakan obat-obatan hanya ditujukan pada kejadian tekanan darah rendah yang parah atau bersifat kronis. 

Pada kasus ini, lebih baik untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi dan dosis obat yang tepat. 

Memiliki tekanan darah rendah sesekali tidak perlu dikhawatirkan. Namun jika kejadian tersebut telah mengganggu aktivitas sehari-hari, mungkin saja hal tersebut termasuk tekanan darah rendah kronis. Seperti cara menaikkan tekanan darah di atas, pemeriksaan rutin juga diperlukan untuk memastikan tekanan darah dalam keadaan normal. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload