Cara Menghilangkan Bau Badan Tanpa Deodoran

10 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 18 Nov 2021

Bau badan yang tidak sedap bisa menjadi masalah yang mengganggu. Orang-orang pada umumnya menggunakan deodoran untuk menghilangkan bau badan. Padahal, ada cara menghilangkan bau badan yang jauh lebih aman untuk kesehatan kesehatan kamu. Karena deodoran yang biasanya digunakan bisa saja mengandung bahan berbahaya bagi tubuh.

Sebelum bau tak sedap muncul, biasanya diawali dengan peningkatan produksi keringat. Keringat sendiri sebenarnya tidak berbau, tetapi bagian tubuh yang berkeringat digunakan oleh bakteri sebagai tempat berkembang biak. Bau badan terjadi ketika ada penguraian protein keratin bakteri pada permukaan kulit.

Baca juga: Mari Melatih Otak: Cara Main Sudoku bagi Pemula

Selain itu, bau badan juga bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti suhu udara yang meningkat, panas, stres, dan gugup. Tak hanya itu, personal hygiene juga menjadi faktor penting yang perlu kamu perhatikan.

Efek Samping Dari Deodoran dan Antiperspirant

Banyak orang menggunakan produk deodoran untuk menghilangkan bau badan. Tetapi perlu diingat bahwa produk deodoran mungkin tidak seaman yang kamu kira. Karena beberapa produk deodoran menggunakan parfum untuk menciptakan bau yang bervariasi. Selain itu, untuk membunuh bakteri, deodoran biasanya mengandung zat seperti etanol, paraben, propilen glikol dan lain-lain.

Kandungan-kandungan itu bisa diserap melalui kulit dan masuk ke dalam tubuh. Jika jumlah kandungan ini sangat tinggi di dalam tubuh, sebuah penelitian menunjukkan bisa menyebabkan demensia.

Para peneliti juga percaya bahwa deodoran modern membunuh banyak bakteri untuk mencegah keringat berlebih. Padahal tidak semua bakteri yang ada dalam tubuh kita adalah bakteri jahat.

Contohnya jumlah bakteri yang ada di ketiak penyebab bau badan tidak terlalu banyak. Jika deodoran itu membunuh semua bakteri selain bakteri penyebab bau badan, kemungkinan bakteri-bakteri yang berperan penting menjaga Kesehatan kita akan ikut terbunuh.

Jika bakteri ini dihilangkan, tubuhmu akan lebih rentan terhadap penyakit, dan kandungan kimianya juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang dengan kulit sensitif.

Berbeda dengan deodoran, produk antiperspirant biasanya mengandung aluminium klorida yang memiliki fungsi membatasi produksi keringat, sedangkan kelenjar keringat berperan penting dalam mengeluarkan zat yang tidak diinginkan dari tubuh seperti cairan urin yang dikeluarkan oleh tubuh.

Cara Menghilangkan Bau Badan Tanpa Deodoran

Setelah menyimak bahaya deodoran di atas, kamu tentu membutuhkan cara menghilangkan bau badan yang lain dan lebih aman untuk dilakukan. Dilaporkan dari berbagai sumber, ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan tanpa harus menggunakan deodoran, yaitu:

  1. Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Mandi adalah solusi pertama cara menghilangkan bau badan tanpa deodoran yang bisa kamu lakukan. Mandi dapat menghilangkan keringat dan membilas bakteri dari tubuh. Mencuci dengan saksama, terutama di area di mana kamu cenderung berkeringat, dapat membantu menghilangkan bau tak sedap.

Mandi yang dilakukan rutin minimal 2 kali sehari tetap bisa menghilangkan bau badan. Walaupun mandi tersebut hanya dengan air saja tanpa tambahan sabun atau sampo.

  1. Gunakan Sabun Anti Bakteri Ketika Mandi

Cara menghilangkan bau badan yang kedua adalah memakai sabun anti bakteri ketika mandi. Hanya dengan mandi air saja sudah cukup untuk menghilangkan bau badan. Tapi jika kamu ingin hasilnya lebih maksimal maka kamu bisa menambahkan sabun anti bakteri ketika mandi.

Baca juga: Resep Telur Gulung: Cara Mudah Masak Telur Di Rumah

Menggunakan sabun anti bakteri untuk mandi atau mencuci tangan dan kaki sangat efektif membantu menghilangkan bakteri berbahaya dari tubuh. Sabun yang mengandung benzoil peroksida mungkin bisa menjadi pilihan kamu untuk memerangi bau badan.

  1. Keringkan Tubuh Dengan Baik

Tubuh yang basah atau lembab sangat disukai oleh bakteri-bakteri untuk berkembang biak. Sehingga wajib bagi kamu untuk memastikan anggota tubuh kamu benar-benar kering dari keringat atau air.

Setelah mandi bersih atau ketika berkeringat, pastikan untuk mengeringkan diri dengan handuk sampai benar-benar kering. Karena kulit kering membuat bakteri sulit berkembang biak.

  1. Jangan Biarkan Rambut Ketiak Tumbuh Lebat

Ini juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau badan tanpa menggunakan deodoran. Rambut ketiak dalam jumlah besar bisa menjadi lingkungan yang menguntungkan bagi pertumbuhan bakteri.

Selain itu bulu-bulu ketiak yang lebat juga akan memperlambat proses penguapan keringat, sehingga bakteri dan bau badan terperangkap di ketiak. Tapi ketika bulu telah dicukur maka ketiak mudah kering dan terhindar dari bau tak sedap.

  1. Gunakan Krim eksfoliasi pada ketiak

Selain mandi, bagian tubuh yang mudah berkeringat juga perlu dieksfoliasi. Hal ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga ketiak menjadi lebih bersih dan tidak berbau.

Kamu bisa menggunakan krim eksfoliasi seminggu sekali untuk dioleskan di bagian ketiak. Dengan krim tersebut dapat membantu menghilangkan bau badan di tubuh kamu.

  1. Gunakan Pakaian Berbahan Yang Mudah Menyerap Keringat

Menggunakan pakaian berbahan yang mudah menyerap keringat termasuk cara menghilangkan bau badan. Karena kulit akan cepat kering dan terhindar dari kelembaban.

Pilih pakaian yang terbuat dari bahan serat alami, seperti katun, karena memungkinkan kulit untuk bernapas karena menyerap keringat dengan baik. Biasanya pakaian berbahan katun adalah pakaian yang berkualitas, dan memberikan kenyamanan jika dipakai.

Mengurangi Makanan Yang Bisa Meningkatkan Bau Badan

Maksudnya bukan makanan tersebut ketika dikonsumsi bau badan kita bertambah, tidak begitu. Tapi hindari makanan-makanan yang berpotensi meningkatkan produksi keringat.

Kamu pasti sering melihat beberapa orang ketika selesai makan badannya akan berkeringat. Nah itu, karena makanan juga bisa meningkatkan produksi keringat di tubuh kita.

Contohnya seperti makanan pedas atau sambal-sambalan. Sering kali membuat banyak keringat keluar dari tubuh setelah memakannya. Apalagi komposisi bawang merah dan bawang putih pada makanan tersebut sangat banyak. Bisa jadi akan terbawa keringat dan menambah bau tak sedap pada tubuh.

Oleh karena itu kurangi konsumsi makanan tersebut untuk mengurangi potensi bau tak enak di tubuhmu.

Mengelola Stres Dengan Baik

Cara menghilangkan bau badan yang terakhir adalah mengelola stres. Karena respons stres dapat menyebabkan kelenjar keringat akan memproduksi keringat berlebih. Maka pengelolaan stres dapat membantumu meminimalkan respons kelenjar keringat untuk bekerja ekstra.

Baca juga: Manfaat Garam sebagai Cara Menaikkan Tekanan Darah

Sangat penting untuk menjaga tubuhmu bebas dari bau badan. Ada banyak pilihan cara menghilangkan bau badan tanpa menggunakan deodoran. Namun, kamu harus memilih cara yang aman untuk melakukannya.

Dan ternyata meski tanpa deodoran, kamu juga bisa terhindar dari bau badan yang mengganggu. jaga kebersihan tubuh dan terapkan cara di atas untuk menghilangkan bau badan dan terhindar dari bau tak sedap!

Itulah rangkuman cara-cara menghilangkan bau badan tanpa deodoran yang admin rangkum. Semoga bisa jadi referensi buat kamu dan bisa kamu praktekan. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

— Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

18 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download