Cara Menghilangkan Amandel Tanpa Operasi

06 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 06 Jul 2022

Penyakit amandel dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meski banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan amandel, banyak orang masih bingung cara menghilangkan amandel yang efektif dan cepat. 

Baca Juga: Tidak Percaya Diri? Ini Cara Menghilangkan Mata Sembab

Tak jarang, kondisi radang amandel yang sudah cukup parah diatasi dengan penanganan medis, seperti operasi amandel atau disebut juga dengan istilah tonsilektomi. Namun, ada beberapa cara pengobatan yang dapat Anda lakukan secara alami dan cepat, lho.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan cara menghilangkan amandel tanpa operasi hanya dalam waktu satu minggu, berikut ulasan singkat seputar amandel yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Amandel?

Dilansir dari Alodokter, radang amandel adalah kondisi ketika amandel mengalami inflamasi atau peradangan. Kondisi ini umumnya sering dialami oleh anak-anak, khususnya mereka yang berusia di antara 3 – 7 tahun. Meski begitu, radang amandel juga dapat menyerang orang dewasa terutama lansia.

Secara medis, amandel atau tonsil adalah dua kelenjar kecil di tenggorokkan yang berfungsi untuk mencegah infeksi. Kelenjar kecil ini paling sering berfungsi pada usia anak-anak. Seiring dengan bertambahnya usia, daya tahan tubuh meningkat sehingga fungsi amandel mulai tergantikan dan ukurannya pun akan menyusut secara perlahan. 

Baca Juga: Ini Pilihan Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil

Penyebab dan Resiko Radang Amandel

Radang amandel disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Beberapa virus yang umumnya menjadi penyebab amandel adalah virus yang sama dengan virus penyebab penyakit flu atau pilek. 

Meskipun tampak tak berbahaya, penyakit ini dapat menyebabkan beberapa resiko kesehatan yang harus dipertimbangkan apabila tidak kunjung ditangani dengan baik. Beberapa resiko tersebut, di antaranya adalah:

  1. Abses peritonsil

Abses peritonsil adalah infeksi bateri lanjutan dari radang tenggorokan atau amandel yang tidak diobati. Penyakit ini ditunjukkan dengan adanya benjolan berisi nanah yang tumbuh di dekat benjolan tonsil Anda. Akibat penyakit ini, Anda akan mengalami kesulitan membuka mulut sepenuhnya dan menelan makanan.

  1. Infeksi telinga

Bahaya amandel tidak hanya berhenti pada tenggorokan saja. Amandel yang tidak kunjung diobati dapat berdampak pada infeksi telinga karena saluran yang masih saling terkoneksi. Setiap bagian amandel yang membengkak karena infeksi akan membesar sehingga menyebabkan virus dan bakteri lebih mudah masuk ke telinga.

  1. Sleep apnea

Pembengkakan yang terjadi akibat amandel dapat menyumbat saluran pernapasan dan mengganggu pernapasan normal. Jika hal ini dibiarkan, Anda dapat mengalami komplikasi berupa sleep apnea atau kondisi di mana pernapasan dapat berhenti dalam waktu singkat atau napas menjadi dangkal saat tidur.

  1. Glomerulonefritis akut

Radang amandel yang akut dapat menyebabkan radang ginjal atau disebut glomerulonefritis akut. Kondisi ini dapat mengakibatkan peradangan dan pembentukan jaringan parut. Beberapa gejala dari kondisi ini, yaitu berkurangnya jumlah urin, warna urin berubah cokelat atau bahkan berdarah, dan paru-paru basah.

  1. Demam rematik

Demam rematik biasanya terjadi pada anak-anak yang mengalami radang amandel karena infeksi bakteri. Selain demam, biasanya kondisi ini diiringi dengan munculnya ruam, radang pada sendi, sakit perut, dan kelelahan. Namun, kondisi ini biasanya dapat diatasi dengan mengonsumsi penicillin atau amoxicillin.

Demikian sekilas mengenai penyebab radang amandel. Lalu, bagaimana cara menghilangkan amandel?

Ciri-Ciri Amandel

Beberapa ciri amandel yang umum terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa, di antaranya:

  1. Sakit tenggorokan
  2. Sakit dan sulit saat menelan
  3. Amandel terlihat merah dan bengkak dengan bintik berisi nanah
  4. Demam
  5. Sakit kepala
  6. Sakit di telinga dan leher
  7. Tubuh kelelahan
  8. Susah tidur
  9. Batuk
  10. Menggigil
  11. Kelenjar getah bening yang membengkak

Sementara itu, ciri-ciri amandel yang kurang umum, di antaranya:

  1. Sakit perut
  2. Muntah
  3. Mual
  4. Lidah berbulu
  5. Suara yang berubah
  6. Bau mulut
  7. Sulit membuka mulut.

Cara Menghilangkan Amandel dengan Cepat dan Tanpa Operasi

Baca Juga: Fakta Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatan

Untuk menghilangkan amandel dengan cepat dan tanpa operasi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  1. Istirahat yang Cukup

Ketika amandel mulai meradang, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini disebabkan istirahat yang cukup dapat mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, tubuh yang sedang mengalami infeksi juga membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri.

  1. Makan Makanan yang Lembut

Radang amandel umumnya dapat membuat nafsu makan Anda berkurang. Hal ini dapat dipahami karena kondisi ini dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman di area tenggorokan, khususnya saat Anda berusaha menelan makanan. Sebagai solusi, Anda dapat memilih makanan yang bertekstur lembut selama masa infeksi kambuh agar amandel dapat perlahan menjadi lebih baik.

  1. Kumur Air Garam

Untuk orang dewasa, berkumur dengan air garam bisa membantu meredakan peradangan dan rasa nyeri di tenggorokan karena amandel yang membengkak. Saat amandel kambuh, Anda dapat mencoba berkumur menggunakan air garam selama 30 detik. Anda dapat berkumur dua hingga tiga kali sehari untuk meredakan rasa nyeri.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri

Apabila rasa sakit tenggorokan sudah tidak tertahankan lagi, Anda dapat minum obat pereda nyeri seperti paracetamol yang dijual di pasaran. Namun, untuk anak-anak berusia di bawah 5 tahun, sebainya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat pereda nyeri.

  1. Banyak Minum Air Putih

Jika Anda menderita amandel, penting untuk menjaga kondisi tenggorokan tetap lembab. Amandel yang kering akan terasa semakin perih. Oleh karena itu, pastikan Anda rajin mengonsumsi air putih untuk menjaga kelembaban tenggorokan.

Selain beberapa tips di atas, banyak orang menyarankan cara menghilangkan amandel dengan sprite. Meski begitu, hal ini tidak disarankan karena penyembuhan amandel dengan menggunakan sprite belum memiliki kajian literatur atau riset medis yang cukup untuk memastikan keamanan maupun efektivitasnya.

Di sisi lain, beberapa kasus amandel memang memerlukan operasi pengangkatan amandel apabila ciri-ciri kondisi amandel sudah cukup parah dan sering kambuh. Definisi radang amandel yang memerlukan tindakan medis melalui operasi, yaitu:

  1. Terjadi lebih dari tujuh kali dalam setahun
  2. Terjadi empat sampai lima kali dalam setahun pada dua tahun sebelumnya
  3. Terjadi lebih dari tiga kali dalam setahun pada tiga tahun sebelumnya.

Selain itu, operasi amandel juga diperlukan apabila radang amandel mengakibatkan komplikasi sebagai berikut:

  1. Munculnya episode pernapasan terhenti saat tidur (sleep apnea)
  2. Kesulitan bernapas
  3. Kesulitan menelan makan
  4. Abses yang tidak merespons antibiotik.

Untuk mengetahui lebih jelas tindakan medis yang Anda butuhkan, sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda kepada dokter terpercaya untuk cara menghilangkan amandel yang tepat.

Demikian ulasan singkat mengenai amandel dan cara menghilangkan amandel. Pada dasarnya, apabila radang amandel cepat mendapatkan penanganan yang diperlukan, maka kondisi ini tidak akan berbahaya dan dapat perlahan-lahan disembuhkan melalui metode-metode pengobatan alami. Semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download