Jangan Boros, Ini Cara Menghemat Listrik

14 Sep 2021 by Laruan

Memang tidak bisa dipungkiri, jika listrik sudah menjadi kebutuhan pokok yang dapat menunjang aktivitas semua orang. Misal saat sedang belajar, bersantai, bekerja ataupun melakukan hal lainnya. Sebab itulah listrik sangat mempengaruhi kegiatan sehari-hari, baik di luar maupun di dalam rumah. Namun, dalam penggunaannya tetap harus bijaksana. Karena bila berlebihan, tentu tagihan yang akan diterima tidak sedikit. Untuk itu, mari disimak beberapa cara menghemat listrik agar terhindar dari pemborosan.

Ciri Penipuan Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar, Waspadalah!

Jangan Boros, Ini Cara Menghemat Listrik

Cara Menghemat Listrik 

Banyak sekali perangkat elektronik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan membutuhkan daya listrik. Tanpa disadari, beberapa dari peralatan tersebut walau sedang tidak digunakan namun tetap memakan listrik yang cukup banyak. 

Dapatkah Anda bayangkan, berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk membayar tagihannya di akhir bulan. Untuk itu, mulailah untuk memperhatikan hal-hal paling sederhana agar dapat berhemat dan tidak membebani pengeluaran bulanan. Karena itu, simak cara menghemat listrik dibawah ini :

1. Gunakan lampu LED Bisa Jadi Cara Efektif

Mulailah mengganti semua lampu dirumah Anda dengan lampu LED. Walaupun harga lampu LED memang jauh lebih mahal, namun ini lebih baik ketimbang harus mengeluarkan uang ekstra untuk membayar tagihan listrik. Namun, bila memikirkan cara agar lebih hemat dalam penggunaan listrik, lampu LED bisa menjadi solusinya.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa Lampu LED dengan daya 7 Watt, namun pencahayaannya setara dengan bohlam 60 Watt. Selain itu lampu ini juga dapat diatur waktunya untuk menyala atau mati, dengan melihat dari perbandingan tersebut, tentu dapat menjadi sebuah pertimbangan bagi Anda untuk mengganti semua lampu yang ada di rumah.

2. Hemat Listrik Dengan Matikan lampu bila tidak digunakan

Jangan biarkan lampu menyala sepanjang waktu. Masih banyak sekali yang melakukan hal tersebut, menyalakan lampu terus-menerus dapat membuat biaya membengkak dan dapat dikategorikan sebagai membuang-buang listrik. Biasakan diri dan keluarga untuk selalu mematikan lampu diwaktu pagi dan siang hari.

Di malam hari pun juga tidak berarti semua lampu harus menyala, nyalakan pada area-area tertentu saja. Misal ruang keluarga, lampu teras depan atau belakang, dapur dan beberapa ruangan dimana Anda dan anggota keluarga melakukan kegiatan. Tetap matikan lampu untuk ruangan yang jarang digunakan agar listrik tidak terbuang percuma.

3. Cabut semua kabel bila tidak digunakan

Hal yang satu ini adalah hal sederhana, namun sering diabaikan. Cabutlah kabel alat elektronik bila tidak lagi digunakan. Misalnya kabel charger, kabel televisi, sound sistem dan lainnya. Pasti Anda mengira jika tidak digunakan lalu kabel dibiarkan tetap tertancap pada stop kontak, maka listrik tidak akan mengalir. 

Padahal hal ini adalah salah, karena kabel-kabel tersebut tetap akan mengalirkan listik dan sudah pasti masuk dalam akumulasi pembayaran tiap bulannya. Apabila dibiarkan akan membuat tagihan listrik menjadi besar. Jadi, biasakan untuk mencabut kabel alat elektronik yang tidak digunakan.

4. Atur waktu pada alat-alat elektronik untuk penggunaan listrik lebih hemat

Di zaman canggih seperti sekarang ini, sudah banyak sekali barang elektronik yang memiliki pengatur waktu. Seperti televisi, AC, kipas angin dan lain-lain. Manfaatkan fitur tersebut bila Anda termasuk orang-orang mudah lupa akan sesuatu. Hal ini bertujuan agar listrik tidak terbuang dan menghindari terjadinya korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

5. Matikan alat elektronik bila tidak digunakan

Apabila Anda mempunyai kebiasaan tidur dengan televisi yang menyala semalaman, rubahlah kebiasaan tersebut mulai sekarang. Karena kebiasaan buruk ini hanya menyebabkan tagihan listrik bulanan Anda jadi mahal. Selain itu dengan mematikan alat elektronik yang tidak lagi ingin atau telah selesai digunakan juga dapat membuat alat tersebut lebih tahan lama.

6. Buatlah pencahayaan alami untuk mengurangi pemakaian listrik

Bagi Anda yang rumahnya terasa gelap padahal hari masih terang, sebaiknya mulailah untuk melakukan sedikit renovasi pada bagian atap rumah. Anda bisa membuat atau memasang skylight (genteng transparan) pada ruangan-ruangan yang tidak terkena sinar matahari saat siang. 

Dengan memasang skylight, Anda sudah menjalankan cara menghemat listrik karena tidak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari dan tentunya hal tersebut akan membuat biaya tagihan listrik berkurang.

Tidak hanya skylight saja, Anda mungkin bisa menambahkan jendela di beberapa ruangan agar sinar matahari langsung bisa masuk. Selain hemat, Anda pun juga bisa membuat rumah menjadi lebih sehat dan terlihat segar.

7. Buatlah ventilasi dengan jumlah yang cukup

Membuat ventilasi yang cukup pada rumah juga salah satu cara untuk menghemat listrik. Karena dengan adanya ventilasi yang baik maka sirkulasi udara pada rumah juga akan menjadi baik pula. Hal ini dapat mengurangi penggunaan pendingin udara seperti AC maupun kipas angin. Selain menjadi hemat listrik, tentunya akan membuat hidup menjadi lebih sehat. Karena bila sirkulasi udara sudah baik, rumah tidak akan menjadi lembab.

8. Menghemat penggunaan air

Dewasa ini sudah banyak rumah yang menggunakan mesin air, tentunya ini juga mesin ini juga membutuhkan aliran listrik yang tidak sedikit. Jadi, ada baiknya bila Anda merupakan pengguna mesin air, bijaklah saat sedang menggunakan air. Sebisa mungkin jangan sampai membuang-buang air yang sedang digunakan, karena membuang air sama saja Anda telah membuang-buang listrik.

9. Pilihlah alat elektronik dengan label hemat energi agar konsumsi listrik lebih rendah

Sekarang sudah banyak sekali alat elektronik yang berlabel hemat energi, untuk harga memang biasanya lebih mahal, namun bila dapat membantu untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan kenapa tidak. Barang-barang elektronik dengan label tersebut tentu akan jauh lebih baik dalam segala hal dan biasanya juga jauh lebih tahan lama.

10. Ajak anggota keluarga untuk mulai menghemat penggunaan listrik

Mulailah tanamkan sikap hemat energi dari diri sendiri, hal ini tentunya juga akan berdampak kepada seluruh anggota keluarga yang lain. Dengan melihat kebiasaan kecil dari Anda, contohnya mematikan lampu di pagi hari, mematikan air setelah digunakan, dan masih banyak hal sederhana lain yang dapat dilakukan untuk mengajak keluarga belajar untuk menghemat listrik.

Selain dapat menghemat listrik, mengajak anggota keluarga untuk tidak membuang-buang listrik juga termasuk salah satu cara agar alat elektronik di rumah Anda dapat lebih terawat, bertahan lama dan awet tentunya. 

Selain cara yang telah dijabarkan di atas, ada baiknya Anda memang menyiapkan dana lebih untuk hal-hal darurat yang berkaitan dengan penggunaan daya listrik. Contohnya bila terjadi masalah pada saluran listrik atau ketika pada waktu-waktu tertentu Anda mengadakan sebuah acara di rumah dan tentunya penggunaan listrik juga akan jadi berlipat dibandingkan sebelumnya. Jadi, selalu siapkan dana darurat untuk sesuatu yang tidak terduga.

Untuk merealisasikan hal tersebut tentunya Anda harus membuat sebuah perencanaan yang matang untuk mengatur keuangan, baik pengeluaran, pemasukan maupun dana darurat. Dengan begitu Anda tidak akan kaget apabila sudah menerapkan cara menghemat listrik namun tagihan masih tinggi, itu mungkin karena ada waktu dimana penggunaan listrik melonjak. 

Setiap harinya, Kredit Pintar menyajikan berbagai informasi mengenai berbagai tips yang bisa dilakukan untuk menjalani gaya hidup yang positif. Nantikan updatenya setiap hari hanya di blog Kredit Pintar!

Tips Agar Selfie KTP Tetap Aman dan Terhindar dari Penipuan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload