Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

16 May 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

BBM atau bahan bakar minyak merupakan sumber energi yang tidak bisa diperbarui karena dalam penggunaannya akan habis tak tersisa. Dalam kehidupan sehari – hari tentunya sangat dibutuhkan bahan bakar ini. Lalu bagaimana cara menghemat energi yang berupa BBM?

Baca Juga: Wajib Diketahui! Ini Pengertian Revolusi Industri 4.0

Penggunaan BBM umumnya diaplikasikan pada mesin, seperti mesin kendaraan, mesin pertanian, mein industri dan berbagai mesin engine lainnya. Seiring perkembangan zaman, penggunaan BBM selalu meningkat, sehingga suatu saat nanti mungkin akan habis. Di sini akan kita bahas lebih dalam mengenai cara menghemat energi yang berupa BBM.

BBM sendiri ada banyak macam dan jenisnya. Penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga fungsinya bisa lebih optimal. Namun demikian, penggunaan BBM tetap harus diminimalisir sebisa mungkin untuk penghematan bahan bakar minyak ini.

Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM Secara Efektif

BBM atau bahan bakar minyak diproduksi dengan teknologi tinggi untuk memenuhi kebutuhan energi pembakaran pada mesin, khususnya mesin kendaraan dan industrial. Karena ini adalah energi tak terbarukan, maka sebisa mungkin dilakukan penghematan secara efektif dan efisien. Lalu bagaimana cara menghemat energi yang berupa BBM agar efektif?

Ada banyak cara menghemat energi yang berupa BBM, salah satunya adalah mengurangi aktivitas yang menggunakan kendaraan bermotor. Hal ini tentu efektif digunakan dan bisa digantikan dengan cara memanfaatkan kendaraan umum. Jika memang tidak memungkinkan untuk menggunakan transportasi umum, maka alternatif lain adalah menjaga kondisi mesin sehingga konsumsi bahan bakar tetap normal.

Penghematan energi minyak ini dianjurkan karena tidak bisa diperbaharui. Bahan bakar minyak akan habis ketika digunakan dan hanya menghasilkan emisi. Jika banyak orang terlalu banyak menggunakan BBM, maka sumber energi minyak bumi ini akan berkurang sangat cepat dan habis, sehingga penjelasan tentang penghematan energi BBM ini harus kita cermati dengan benar.

Pada Kendaraan Bermotor, Beginilah Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM

Seiring perkembangan zaman, kendaraan bermotor atau mesin ini semakin banyak dengan bermunculan model – model baru yang menawarkan fitur canggih dan modern. Hal ini tentunya akan menyumbang konsumtif bahan bakar minyak atau BBM secara masif.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kelangkaan? Ini Solusinya

Lalu seperti apa cara menghemat energi yang berupa BBM pada kendaraan bermotor? Berikut beberapa langkah yang bisa diaplikasikan.

  1. Gunakan transportasi umum

Hal ini sangat mudah dilakukan. Anda bisa menghemat BBM untuk kebutuhan pribadi dengan cara menggunakan kendaraan atau transportasi umum. Jika 20 orang menggunakan 1 kendaraan, dan dilakukan secara serentak, maka bahan bakar minyak ini tidak akan cepat habis.

  1. Menjaga kondisi mesin kendaraan

Kondisi mesin kendaraan yang tidak stabil tentu akan membutuhkan konsumsi bahan bakar minyak yang lebih besar, karena posisi ruang pembakaran tidak stasioner. Untuk meminimalisir kejadian ini, Anda hanya perlu menjaga kondisi mesin kendaraan agar tetap normal sehingga menjadikan umur mesin lebih banyak.

  1. Memperhatikan tekanan angin pada ban

Tekanan angin yang kurang pastinya akan membuat kendaraan menjadi berat sehingga membutuhkan putaran mesin yang tinggi. Dengan adanya putaran mesin tinggi ini pastinya bahan bakar yang dibutuhkan untuk pembakaran juga semakin besar. Sehingga tekanan angin pada ban harus stabil dan normal.

  1. Matikan mesin kendaraan saat berhenti lama

Jangan membiarkan mesin kendaraan Anda tetap hidup ketika Anda sedang berhenti untuk waktu yang cukup lama. Hal ini tentunya akan menghabiskan bahan bakar BBM secara sia – sia. Begitu juga dengan AC mobil, jika tidak sedang digunakan lebih baik dimatikan agar konsumsi BBM tidak berlebihan.

Selain beberapa contoh di atas, pastinya masih banyak sekali hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghemat energi yang berupa BBM. Sebagai masyarakat yang baik, kita dituntut untuk bijak dalam menggunakan bahan bakar minyak yang tidak bisa diperbarui ini.

BBM Berasal dari Minyak Bumi, Apa Manfaatnya Bagi Kehidupan Manusia

BBM atau bahan bakar minyak diproduksi dari fosil yang sudah berjuta – juta tahun lamanya. Minyak bumi di era modern ini diproduksi dan diolah menjadi bahan bakar serbaguna dengan berbagai manfaat yang digunakan untuk kebutuhan manusia. Apa saja manfaatnya? Kami sajikan dalam poin – poin berikut ini.

Sebagai bahan bakar kendaraan

Dalam hal ini, BBM atau bahan bakar minyak digunakan secara massal sebagai bahan pembakaran di ruang mesin kendaraan. Hal ini sudah umum di Indonesia, bahkan menjadi komoditas yang sangat penting dalam bidang mesin dan otomotif.

Sebagai sumber liquid gas

Selain sebagai bahan bakar kendaraan, minyak bumi juga diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk kebutuhan rumah tangga berupa LPG. Liquid gas ini merupakan kebutuhan yang sangat penting baik untuk kebutuhan pribadi, industri maupun komersial.

Sebagai penunjang bahan serat

Dalam hal ini minyak bumi diandalkan sebagai  komponen utama dalam pembuatan bahan serta seperti rayon, polyester, nilon, dan bahan tekstil sintetis merupakan beberapa jenis bahan serat yang menggunakan komponen minyak bumi. Produksi bahan serat ini tentunya digunakan untuk pembuatan kain tekstil dan busana.

Sebagai sumber energi penggerak mesin industri

Mesin industri merancang berbagai kebutuhan seperti fabrikasi aluminium, baja, besi dan logam lainnya. Dalam konnstruksi logam ini, kebanyakan mesin masih mengandalkan kinerja engine dengan konsumsi bahan bakar minyak bumi.

Sebagai bahan campuran untuk kebutuhan medis

Bahan bakar minyak bumi juga banyak digunakan sebagai bahan campuran kebutuhan medis seperti obat – obatan, cairan pembersih, alat pelindung dan kebutuhan alat medis lainnya. Berbagai peralatan medis membutuhkan minyak bumi untuk proses produksinya. Seperti alat suntik yang sesuai spesifikasi dan aspirin sebagai salah satu produksi obat-obatan yang mengandung komponen hidrokarbon minyak bumi.

Sebagai sumber energi pembangkit listrik

Minyak bumi juga digunakan untuk menyokong proses dari produksi energi pembangkit listrik. Minyak bumi sebagai pembangkit listrik ini dihasilkan oleh tenaga uap yang membantu proses penggerakan turbin.

Sebagai bahan campuran kosmetik

Kosmetik juga menggunakan campuran minyak bumi untuk kebutuhan tertentu, seperti campuran bahan parfum, cat kuku, make up, dan pewarna rambut. Selain untuk kosmetik, campuran minyak bumi ini juga bisa digunakan untuk produk kebersihan seperti sabun, sikat gigi, shampo dan lain sebagainya.

Sebagai bahan pembuatan pupuk dan pestisida

Dalam bidang pertanian ini, minyak bumi juga digunakan sebagai bahan campuran untuk pembuatan berbagai jenis pupuk dan pestisida. Produk – produk tersebut menggunakan campuran minyak bumi sehingga memiliki mutu dan kualitas yang unggul.

Baca Juga: Informasi Kenaikan PPN pada Layanan Pinjaman Online Kredit Pintar

Secara umum, BBM atau bahan bakar minyak diproduksi untuk memenuhi kebutuhan dan kelangsungan hidup manusia. Ada banyak macam dan jenis BBM yang penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun demikian, pastina kita dituntut untuk bijak menggunakan bahan bakar dengan secara masif mengaplikasikan cara menghemat energi yang berupa BBM secara efektif dan masif. Hal ini karena semakin lama ketersediaan bahan bakar minyak tersebut semakin menipis.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download