Ini Cara Menghapus Pencarian di Play Store

06 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 08 Sep 2022

Play Store adalah tempat pengguna Android untuk mendapatkan berbagai aplikasi. Tersedia banyak aplikasi, mulai dari aplikasi keuangan, produktivitas, belanja, bisnis, game, dan sebagainya. Anda pasti sering mencari aplikasi di play store dan riwayatnya masih ada. Lalu bagaimana cara menghapus pencarian di Play Store? 

Ini Cara Menghapus Pencarian di Play Store

Anda bisa mendapatkan aplikasi gratis sampai yang berbayar di Play Store. Tak hanya itu, film dan buku juga bisa Anda beli lewat Play Store. 

Tidak heran jika banyak pengguna android pasti pernah melakukan banyak pencarian di Play Store. Histori pencarian tersebut juga terkadang masih tertinggal. Anda yang ingin membersihkannya, ada cara menghapus bekas pencarian di Play Store loh.

Cara Menghapus Pencarian di Play Store Versi Lama

Jika Anda pengguna Play Store versi lama akan lebih mudah menghapusnya. Cara menghapus history pencarian di Play Store bisa Anda lakukan dengan langkah berikut. 

  1. Tekan pencarian yang pernah Anda lakukan di kolom pencarian.
  2. Tunggu sampai keluar menu hapus
  3. Anda bisa menghapus pencarian di Play Store tersebut.

Saat ini Play Store sudah beralih ke versi terbaru dan cara menghapus pencarian di google Play Store tentu saja berubah. 

Tidak perlu khawatir, pada versi terbaru akan dibahas langkah-langkahnya di sini. Apabila Anda menggunakan Play Store versi terbaru, bisa mengikuti langkah-langkahnya. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Media Sosial

Cara Menghapus Pencarian di Play Store Versi Baru

Ini Cara Menghapus Pencarian di Play Store

Ada dua cara menghapus pencarian di Play Store untuk versi terbaru. Pertama menggunakan pengaturan pada bawaan ponsel android Anda. Kedua menggunakan aplikasi Play Store itu sendiri.

Cara Menghapus Pencarian di Play Store dengan Pengaturan Ponsel

Ini Cara Menghapus Pencarian di Play Store

Anda bisa menggunakan pengaturan pada bawaan ponsel android dengan cara berikut. 

  1. Buka pengaturan atau setting pada perangkat android Anda. 
  2. Cari menu manajemen aplikasi. Sebagian android ada juga yang menuliskan Apps atau App Management. 
  3. Cari aplikasi Google Play Store lalu pilih. 
  4. Akan tampil informasi aplikasi Play Store, seperti berapa banyak data seluler, baterai, penyimpanan dan memori yang sudah digunakan. 
  5. Anda bisa pergi ke menu penyimpanan atau storage. 
  6. Pada bagian paling bawah pilih menu “hapus data”. 
  7. Selesai. 
  8. Anda bisa cek langsung ke aplikasi Play Store untuk melihat apakah data pencarian sudah terhapus atau belum. 

Meskipun menu yang Anda pilih adalah “hapus data”, tetapi tidak akan menghapus aplikasi yang telah terpasang di handphone. Hanya data-data seperti pencarian histori yang akan terhapus. Jadi, tidak perlu khawatir, aplikasi Play Store masih tetap aman di ponsel Anda.

Cara Menghapus Pencarian di Play Store pada Aplikasi

Apabila cara di atas dirasa rumit, Anda bisa menghapus pencarian langsung melalui aplikasi Play Store. Langkah-langkahnya, sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Play Store yang ada di handphone android Anda. 
  2. Ketuk icon profil google Anda di sebelah kanan atas halaman.
  3. Akan tampil menu Aplikasi dan game saya, penawaran dan notifikasi. 
  4. Scroll sampai bagian bawah sampai Anda melihat menu setelan atau setting.
  5. Pilih menu paling atas, yaitu general atau umum. 
  6. Pilih menu account and device preferences.
  7. Pada bagian histori, pilih “hapus histori penelusuran perangkat” atau “delete device search history”. 
  8. Selesai. 

Itulah dua cara menghapus pencarian pada versi baru. Menghapus riwayat pencarian tersebut juga bersifat permanen. Jadi Anda tidak akan bisa mengembalikan pencarian sebelumnya. 

Posisi atau letak menu setiap ponsel mungkin berbeda, tergantung dari masing-masing ponsel. Jadi, pastikan Anda juga mengenali versi ponsel Anda agar tahu langkah yang perlu Anda lakukan. 

Cara Menghapus Pencarian di Play Store dengan Instal Uninstal

Sebetulnya cara ini menjadi alternatif terakhir apabila Anda mengalami kendala ketika menghapus riwayat. Cara ini juga tidak jauh berbeda dengan menginstal dan uninstal aplikasi pada umumnya. 

Ada sedikit perbedaan yang perlu Anda tahu. Sebelum meng-uninstal Play Store, sebaiknya Anda memiliki file APK Play Store terlebih dahulu. File tersebut nantinya akan Anda gunakan untuk menginstal kembali aplikasi google play store. 

Langkah-langkah uninstal aplikasi Play Store, yaitu sebagai berikut. 

  1. Buka pengaturan di ponsel Anda.
  2. Cari manajemen aplikasi atau apps management. 
  3. Pilih aplikasi google Play Store.
  4. Pilih uninstal.
  5. Aplikasi Google Play Store berhasil diuninstal. 

Setelah aplikasi sudah Anda remove dari ponsel, tentu saja Anda membutuhkan APK Play Store untuk instal kembali. 

Langkah-langkah instal kembali google Play Store

  1. Buka file APK yang sudah Anda miliki.
  2. Lakukan instal aplikasi setelah file tersebut Anda buka.
  3. Tunggu proses instal selesai. 
  4. Google Play Store Anda siap digunakan kembali. 

Ketika Anda menginstal ulang google play store, maka semua riwayat pencarian akan hilang. Aplikasi Play Store Anda akan kembali seperti semula dan riwayat pencarian bersih. 

Apabila file APK yang Anda gunakan merupakan file terbaru, Anda juga akan mendapatkan google play store terbaru. Fitur terbaru dari google Play Store yang Anda miliki akan Anda dapatkan setelah aplikasi tersebut sudah terinstal. 

Baca juga: Cara Membuat Polling di WA Paling Mudah

Kelebihan dan Kelemahan Riwayat Pencarian di Google Play Store

Ini Cara Menghapus Pencarian di Play Store

Adanya riwayat pencarian di google Play Store sebetulnya sangat membantu ketika Anda ingin mencari kembali aplikasi yang sudah pernah didownload. 

Itulah kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan adanya histori di dalam aplikasi google play store.  Anda tidak perlu repot lagi mencari nama atau aplikasi yang sudah pernah Anda download. 

Kecanggihan google tersebut sangat membantu Anda dan mempercepat pencarian. Ketika Anda mengetikkan beberapa karakter saja, google akan menampilkan nama-nama yang relevan atau mendekati. 

Adapun kelemahan yang mungkin bisa terjadi ialah privasi. Apabila Anda memiliki privasi atau tidak ingin diketahui orang tentang apa saja aplikasi yang Anda download. Mungkin adanya histori pada google play store cukup mengganggu bagi Anda. 

Tidak ada salahnya juga apabila Anda menghapus pencarian di Play Store untuk tetap menjaga Anda tetap nyaman. Google yang sudah canggih juga telah memberikan fitur hapus histori untuk memberikan solusi tersebut. 

Histori yang Anda hapus juga menjadi salah satu cara untuk membersihkan ponsel atau aplikasi. Sampah-sampah yang kurang penting bisa juga berasal dari histori pencarian. 

Ketika Anda menghapus data aplikasi Play Store, maka Anda telah melakukan pembersihan pada ponsel. Kecepatan ponsel akan lebih baik dan tidak mengganggu aktivitas selama ponsel berjalan. 

Baca Juga: Cara Menghapus Akun FB Permanen dan Sementara

Kesimpulan

Ada beberapa cara menghapus pencarian yang bisa Anda pilih. Mulai dari cara mudah dan perlu melakukan beberapa langkah. Anda juga bisa memilih apakah ingin menghapus satu per satu atau secara langsung. 

Pilihan tersebut bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Perlu diingat pula bahwa langkah-langkah berikut mungkin akan berbeda tergantung dari pengaturan di ponsel Android Anda. 

Namun, proses penghapusan akan tetap sama di dalam aplikasi Play Store. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download