Cara Menghapus Akun FB Permanen dan Sementara

22 Oct 2021 by Laruan

Para pengguna FB sampai saat ini masih mencari informasi terkait media sosial tersebut. Terutama cara menghapus akun FB  permanen dan sementara. Dari mulai hapus akun lama hingga untuk yang sudah lama tidak bisa dibuka karena lupa password. Sebetulnya, banyak alasan pengguna FB menghapus akun miliknya.

Mungkin karena ingin berhenti sejenak dalam dunia maya. Akun sering mengalami gangguan, diteror, dan lain sebagainya. Selain secara permanen, pengguna FB juga masih bisa menghapus akunnya sementara. Keduanya bisa Anda temukan pada informasi di bawah ini

Cara Hapus Akun FB Secara Permanen

  1. Menghapus Akun FB Permanen Di HP
  • Buka Facebook

Langkah pertama adalah Anda harus lakukan untuk hapus akun FB permanen di HP adalah tentunya buka media sosial tersebut. Oleh karena melalui HP, Anda bisa melakukannya via website atau langsung aplikasinya. 

  • Cari Menu “Pengaturan Dan Privasi”

Berikutnya, Anda bisa langsung menuju pada bagian kanan atas, ada tanda panah. Langsung klik saja ikon tersebut. Setelah terbuka, cari menu atau opsi “pengaturan dan privasi”. Segera klik lagi pilihan tersebut. 

  • Klik “Pengaturan”

Berikutnya langsung klik menu “pengaturan”, pada bagian kiri lakukan konfirmasi informasi daru FB. Setelah itu klik menu “penonaktifan dan penghapusan”. Jangan lupa juga klik “hapus secara permanen”. Terakhir, klik “penghapusan akun”.

  • Masukkan Kata Sandi

Untuk meyakinkan pihak FB, Anda diminta untuk memberikan kata sandi untuk login seperti biasa. Masukkan saja sesuai password akun yang dimiliki. Tunggu sebentar, dan akun FB otomatis terhapus.

  1. Menghapus Akun FB Lama Tidak Dibuka Karena Lupa Password

Pada beberapa kasus Ditemukan pengguna FB sudah lama tidak membuka akun miliknya. Salah satu alasannya karena lupa password. Pertanyaannya, apakan akun FB seperti ini masih bisa dihapus? Tentu saja bisa, dan caranya pun sangat mudah. 

Pertama, Anda bisa login akun baru atau pinjam saja akun orang lain. Kemudian, tinggal cari akun yang lupa passwordnya tadi. Jika sudah ketemu, buka profilnya lalu klik titik tiga di kanan atas. Selanjutnya, klik menu “laporkan”, dan nanti akan muncul opsi-opsi lain.

Langkah berikutnya pilih saja opsi “pulihkan atau tutup akun ini”. Apabila sudah diklik, pasti muncul 2 opsi. Oleh karena tujuan awal adalah menghapus akun, jadi pilih “tutup akun ini”. Begitu diklik, saat itu juga FB akan memproses penghapusan akun.

  1. Menghapus Akun FB Facebook Lite
  • Buka Aplikasi FB Lite Lalu Login

Langkah pertama tentu saja Anda harus buka aplikasi FB Lite yang sudah terinstall. FB Lite ini adalah aplikasi Android sehingga buka lewat HP. Jika sudah terbuka lanjutkan dengan melakukan login. Jangan lupa login pada akun FB yang ingin dihapus jangan sampai salah.

  • Cari Menu “Pengaturan Dan Privasi”

Berikutnya, Anda bisa langsung klik ikon garis tiga. Letaknya ada di bagian sisi kanan atas pojok. Jika sudah diklik, biasanya akan langsung muncul banyak pilihan. Anda cukup cari menu “pengaturan & privasi” langsung klik saja. 

  • Pilih Menu “Pengaturan”

Selanjutnya, Anda cari menu “pengaturan”. Apabila sudah, scroll lagi sampai ke bawah dan cari opsi “kepemilikan dan kontrol akun”. Akan muncul beberapa opsi lain jika menu tersebut dipilih. Kali ini Anda klik saja yang “deactivation and deletion”.

  • Klik “Hapus Akun”

Tahap berikutnya, silahkan klik menu “hapus akun”. Jika muncul beberapa menu lainnya, Anda cukup pilih yang “lanjutkan ke penghapusan akun”. Terakhir sekali, Anda cukup klik opsi “hapus akun”. Secara otomatis akun yang sudah lama tidak dibuka karena lupa password akan terhapus secara otomatis.

  1. Menghapus Akun FB Orang Lain

Mungkinkan Menghapus akun FB orang lain? Sebetulnya bisa-bisa saja jika memang tahu caranya. Seperti yang diketahui, banyak akun FB yang sudah lama tidak dibuka pemiliknya. Mungkin karena sakit atau meninggal. 

Akun FB orang-orang seperti ini masih memungkinkan untuk dihapus. Bisa pihak keluarga  atau kerabat pemilik akun yang bersangkutan. Hanya saja, ada beberapa kondisi yang diperbolehkan FB menghapus milik orang lain. Seperti pengguna FB yang akan dihapus benar-benar tidak bisa mengoperasikannya atau telah meninggal dunia. 

Pastikan sebelum Anda menghapus akun FB milik orang lain, kedua syarat tersebut salah satunya terpenuhi. Jika memang kondisinya benar-benat memungkinkan, penghapusan akun FB bisa segera dilakukan. Langkah menghapus akun FB seperti ini dimulai dengan cara membuka situs FB resmi dulu.

Apabila muncul halaman pertama, Anda diminta mengisi nama lengkap dan alamat email pemilik akun. Begitu juga dengan nama lengkap dan alamat email milik Anda sendiri. Setelah itu, isi url akun yang ingin dihapus. URL bisa didapatkan dengan cara copy melalui address bar akun.

Apabila semua sudah dilakukan, biasanya akan muncul 4 opsi isinya alasan mengapa Anda harus menghapus akun tersebut. Pilih salah satu saja, yang mendekati alasan sebenarnya. Poin ini sangat penting, jadi tidak boleh sampai terlewatkan. Terakhir, klik “kirim” atau biasanya juga “send”.

Cara Hapus Akun FB Sementara

Apabila tidak ingin hapus FB secara permanen, Anda tetap bisa menonaktifkan sementara. Sehingga sewaktu-waktu dapat diaktifkan kembali. Cara hapus akun FB sementara yang paling mudah adalah

  • Buka Facebook Dan Login

Awali dengan membuka facebook melalui aplikasi, HP, atau PC. Jangan lupa lanjutkan dengan melakukan login ke akun FB yang dimiliki. Masukkan password dan username seperti biasanya. Tunggu proses sampai akun berhasil terbuka.

  • Buka Profil Lalu Klik “Pengaturan & Privasi”

Selanjutnya buka profil utama, lalu lihat bagian pojok kanan atas. Anda akan melihat ada ikon berupa panah mengarah ke bawah. Silahkan diklik, lalu cari menu”pengaturan dan privasi”. Apabila sudah terbuka, Anda pilih saja yang menu “pengaturan”.

  • Lihat Kolom Kiri

Setelah itu, Anda lihat kolom kiri pada halaman baru yang muncul. Pada bagian tersebut akan ada opsi “Informasi Facebook Anda”. Berikutnya pilih “penonaktifan dan penghapusan”. Oleh karena Anda hanya ingin menonaktifkan bukan menghapus permanen, klik pada opsi “penonaktifan akun”.

Hal yang perlu diketahui saat berhasil menonaktifkan akun FB adalah, profil Anda tidak akan satu pun pengguna yang bisa melihatnya. Selain itu pesan-pesan yang masuk lewat DM pun masih memungkinkan terlihat. 

Admin grup yang Anda ikuti juga masih bisa pantau dan lihat postingan sebelumnya dari Anda. Apabila ingin akses Oculus pun Anda tidak bisa pakai akun FB yang sedang dinonaktifkan ini. Terakhir, proses penonaktifan akun FB sementara ini akan berdampak pada halaman Facebook yang menjadikan Anda sebagai adminnya.

Itu dia tadi cara menghapus akun FB permanen dan sementara. Mulai dari hapus akun yang sudah lama atau memang tidak bisa dibuka karena lupa password atau alasan lainnya. Kalau tidak mau hanya menghapus akun saja tapi juga ganti perangkat HP pun ada solusinya. Gunakan Kredit Pintar untuk mendapatkan dana cepat sebagai biaya ganti gadget baru.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload