Cara Menggunakan WhatsApp Web dengan Mudah di Semua Perangkat

Cara Menggunakan WhatsApp Web dengan Mudah di Semua Perangkat

02 Jun 2021 by kreditpintar
Cara Menggunakan WhatsApp Web dengan Mudah di Semua Perangkat

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi berkirim pesan paling populer di Indonesia. Baik anak muda maupun orangtua, menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Berkomunikasi, chat, video call, berkirim voice note, kontak, foto dan video hingga dokumen, bisa dilakukan melalui WhatsApp. Mungkin biasanya Sobat Pintar menggunakan WhatsApp melalui aplikasi, tapi ternyata Sobat Pintar bisa juga membuka WhatsApp via web. Cara menggunakan WhatsApp web sepertinya belum banyak diketahui orang.

Pengguna WhatsApp sangat banyak. Wajar saja, saat ini sangat jarang orang yang berkirim pesan melalui SMS. Karena jarang yang menggunakan SMS, maka menggunakan WhatsApp adalah alternatif untuk menggantikan SMS. Seperti sudah dibahas di atas, WhatsApp bisa juga diakses melalui web. Berikut cara menggunakan WhatsApp web melalui berbagai perangkat.

Melalui Laptop

Langkah-langkah di bawah ini dapat Sobat Pintar lakukan sebagai cara menggunakan Whatsapp web

  • Masuk ke halaman browser di laptop Sobat Pintar
  • Buka web WhatsApp di https://web.whatsapp.com
  • Pastikan terlebih dulu baik laptop yang digunakan memiliki koneksi internet yang stabil.
  • Kemudian di layar laptop Sobat Pintar, akan muncul gambar QR Code.
  • Lalu ambil ponsel Sobat Pintar dan buka aplikasi WhatsApp.
  • Klik tiga titik di bagian kanan atas,  lalu pilih menu WhatsApp Web.
  • Lakukan scan QR code dengan cara mengarahkan ponsel ke QR Code
  • Setelah berhasil, Sobat Pintar akan melihat tampilan WhatsApp dari web.

Melalui Android

Mungkin banyak yang mengira bahwa tidak mungkin bisa membuka WhatsApp melalui aplikasi dan juga web di saat bersamaan. Namun ternyata keduanya bisa dilakukan. Inilah cara menggunakan WhatsApp web di android.

  • Pertama, buka Google Chrome di ponsel Sobat Pintar.
  • Pilih pada bagian titik tiga di pojok kanan atas.
  • Lalu scroll down ke bawah sampai menemukan kata “Desktop Site” atau “Situs Dekstop” dan centang pada kotak kecil di samping tulisan tersebut. Tujuanya adalah untuk mengubah tampilan Google Chrome dari yang semua versi mobile menjadi versi dekstop. Dengan begitu, tampilanya nanti akan sama seperti bila kita buka melalui komputer atau laptop.
  • Buka situs WhatsApp Web di ponsel kamu dengan alamat https://web.whatsapp.com
  • Ambil ponsel Sobat Pintar yang lain dan buka aplikasi WhatsApp kemudian masuk ke fitur WhatsApp Web seperti jika Sobat Pintar melakukannya lewat laptop.
  • Kemudian lakukan scan QR Code yang muncul di ponsel dan selesai.

Kelebihan WhatsApp Web

  1. Mudah digunakan

Kelebihan pertama adalah mudah digunakan. Dengan mengikuti cara-cara di atas, Sobat Pintar bisa dengan mudah menggunakan WhatsApp web. Tampilan dari WhatsApp web sendiri gampang dipahami, sehingga pengguna nyaman menggunakan.

  1. Menghemat kuota internet

WhatsApp yang langsung dibuka melalui browser, menghabiskan kapasitas yang lebih ringan, jadi bisa menghemat kuota. 

  1. Meningkatkan produktivitas

Kelebihan terakhir adalah produktivitas. Saat bekerja menggunakan komputer atau laptop, sepertinya kurang efektif jika terus menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Hadirnya WhatsApp Web dapat meningkatkan kinerja. 

Kekurangan WhatsApp Web

  1. Internet stabil

WhatsApp web rentan sekali terhadap putusnya koneksi internet. Kekurangan itu yang menjadi penyebab Sobat Pintar harus memiliki internet yang stabil agar bisa terus tersambung.

  1. Tidak bisa video call

Walaupun WhatsApp web memiliki fitur lengkap, tapi Sobat Pintar tidak bisa melakukan panggilan online, untuk panggilan tetap harus dilakukan melalui smartphone Sobat Pintar. Kekurangan ini cukup dikeluhkan banyak pengguna.

  1. Keamanan

Hal ini sering terjadi dimana orang lain bisa secara diam-diam melakukan login di komputer atau laptop lain. Sobat Pintar harus melakukan logout agar akun tidak disalah gunakan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk