Mahasiswa Wajib Tahu! Cara Menggunakan Mendeley

11 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Mendeley hadir dengan menjadi aplikasi yang memudahkan mahasiswa tingkat akhir untuk membuat referensi dan menyusun daftar pustaka. Jadi, mahasiswa wajib tahu cara menggunakan Mendeley. Simak cara penggunaan selengkapnya dalam artikel ini. 

Mahasiswa Wajib Tahu! Cara Menggunakan Mendeley

Baca juga: Apa Itu Binary Option?

Cara menggunakan Mendeley

Cara membuat daftar pustaka dengan menggunakan Mendeley cukup mudah. Ada dua cara yang bisa Anda gunakan yaitu secara manual lewat software Mendeley atau Anda bisa memilih lewat plugin Mendeley di Microsoft Word. 

Install Mendeley 

Langkah pertama tentunya Anda harus mengunduh Mendeley lewat website resminya yaitu mendeley.com. Jika proses download telah selesai, buka Mendeley untuk menginstalnya. Pilih Next saat muncul pemberitahuan pada layar.

Apabila kotak notifikasi sudah muncul, tandanya proses install sudah selesai. Jangan lupa centang Run Mendeley Desktop pada kotak notifikasi kemudian klik Finish.

Langkah selanjutnya yaitu buka Mendeley Desktop untuk memasang Plugin Mendeley pada Microsoft Word. Pastikan Anda tidak sedang membuka Microsoft Word saat melakukan langkah ini. 

Lalu pilih menu Tools dan Install Microsoft Word Plugin. Nah, plugin Mendeley secara otomatis akan terpasang di Microsoft Word pada bagian menu References.

Masukkan data referensi

Cara menggunakan Mendeley selanjutnya memasukkan data-data yang jadi referensi penelitian. Anda bisa menggunakan file jurnal hingga artikel sebagai sumber rujukan. Untuk memasukkan data referensi, ikuti cara-cara di bawah ini:

  1. Klik Add pada Mendeley yang posisinya terletak di sudut kiri atas
  2. Kemudian pilih file yang Anda masukkan ke dalam Mendeley. Bisa juga memilih dengan menggunakan cara drag file secara bersamaan
  3. Secara otomatis Mendeley akan menampilkan referensi

Anda bisa mengklik pada salah satu file. Kemudian muncul informasi mengenai jurnal yang dibutuhkan pada kolom sebelah kanan. Data referensi yang tampil meliputi judul, penulis, nama jurnal, tahun terbit dan lain-lain.

Baca juga: Kumpulan Aplikasi Untuk Mengelola Bisnis Online Lebih Mudah

Buat sitasi atau kutipan dalam teks

Untuk membuat sitasi, Anda bisa menggunakan aplikasi Mendeley. Klik View pada halaman utama Mendeley Desktop kemudian pilih jenis sitasi yang Anda inginkan. 

Anda bisa memilih opsi More Styles untuk mencari lebih banyak gaya sitasi sesuai yang diinginkan. Setelah memilih jenis sitasi yang diinginkan, pilih Done. 

Langkah selanjutnya adalah membuka Microsoft Word dan pilih References lalu klik Insert Citation. Ketik keyword di Mendeley dengan menggunakan judul artikel atau nama penulis untuk mencari file yang akan dirujuk. Pilih OK jika data yang ditampilkan di layar sudah benar.

Hasil sitasi pun secara otomatis akan tercantum di dalam dokumen. Anda bisa mengulangi langkah di atas jika ingin mencari artikel lain yang ingin disitasi. 

Daftar pustaka

Untuk membuat daftar pustaka dengan menggunakan software Mendeley cukup mudah dan tidak ribet. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik kanan pada jurnal yang akan dimasukkan ke dalam daftar pustaka
  2. Kemudian pilih Copy As dan klik Formatted Citation
  3. Langkah selanjutnya yaitu bukalah lembar daftar pustaka dengan cara klik kanan dan klik Paste. Voila! Referensi pun akan tertulis secara otomatis
Mahasiswa Wajib Tahu! Cara Menggunakan Mendeley

Berikut adalah cara membuat daftar pustaka melalui plugin Mendeley di Microsoft Word:

  1. Pilih menu References lalu klik Insert Bibliography
  2. Daftar pustaka pun akan muncul secara otomatis sesuai dengan gaya penulisan yang telah dipilih

Mendeley jadi one stop solution untuk Anda yang mengalami kesulitan melakukan sitasi atau menulis daftar pustaka yang benar ketika menulis karya ilmiah karena tidak semua buku yang dikutip tertera di dalam daftar pustaka.  

Sedangkan sitasi atau kutipan (citation) merupakan elemen penting dalam menulis sebuah karya ilmiah. Agar seseorang tidak terjebak dalam tindakan plagiasi, cara menggunakan Mendeley diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. 

Mendeley punya sejumlah fitur andalan. Apa saja sih?

  1. Bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Mac dan Linux
  2. Mendeley dapat menampilkan metadata dari file PDF dengan otomatis
  3. Bisa melakukan backup serta sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan menggunakan akun online
  4. Ada fitur smart filtering
  5. Fitur anotasi dan highlighting pada PDF viewer
  6. Kemudahan mengimpor dokumen dan makalah penelitian dari sejumlah situs eksternal
  7. Terintegrasi dengan Microsoft Word, Open Office dan Libre Office
  8. Bisa digunakan di iPhone dan iPad
  9. Mendapatkan free web storage sebesar 2 GB

Baca juga: Inilah 6 Macam Online Board Games yang Seru

Pengguna Mendeley juga bisa saling berbagi dengan pengguna lainnya di seluruh penjuru dunia terkait dengan referensi yang digunakan. Selain itu, pengguna juga bisa mencari penelitian terbaru untuk digunakan sebagai referensi dalam karya ilmiah. 

Sebagai informasi, Mendeley memiliki tiga platform yaitu Mendeley Desktop, Mendeley Web dan Mendeley Reference Manager. Mendeley Desktop adalah aplikasi Mendeley yang diinstal di desktop baik itu di Windows maupun MacOS. 

Sedangkan Mendeley Web adalah platform Mendeley yang menggunakan basis web server. Kita bisa mengedit profil, mengelola referensi yang telah kita koleksi dengan menggunakan Mendeley Web. Terakhir adalah Mendeley Reference Manager yaitu aplikasi Mendeley yang bekerja secara online dan penyimpanan data terdapat pada cloud.

Mendeley memang terkesan ribet pada awalnya. Namun akan semakin mudah dilakukan jika sudah terbiasa karena tidak perlu memasukkan satu persatu secara manual. Semoga membantu para mahasiswa yang sedang berjuang dengan karya ilmiah, skripsi, tesis dan disertasi ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download