Begini Cara Mengetahui Lokasi Seseorang

02 Nov 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 02 Nov 2022

Cara mengetahui lokasi seseorang di era digital saat ini tidaklah sulit seiring dengan banyaknya pengembang aplikasi. Manfaatnya juga bisa Anda rasakan ketika kehilangan handphone dan ingin melakukan pelacakan secara mudah. Jadi bagi kalian yang sedang mengalami musibah karena kehilangan HP atau seseorang bisa mencoba bantuan aplikasi pelacak. Kira-kira bagaimana caranya?

Baca juga: Catat! Ini Cara Melacak Nomor HP Paling Mudah7 Aplikasi Pelacak Lokasi Terbaik, Bisa Memantau Anak, Pasangan, Hingga  Kekasih

Ada banyak aplikasi untuk mengetahui lokasi seseorang di antaranya Google Maps, GPS dan Gmail. Namun sebelum menggunakannya pastikan Sobat Pintar merupakan salah satu orang terdekat yang ingin dicari lokasinya karena jika tidak bisa masuk ke dalam pelanggaran privasi.

Meski tampak mengganggu privasi, mengetahui keberadaan seseorang yang kita sayang perlu dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga salah satu manfaatnya ialah mengetahui jika sesuatu buruk terjadi maka kita sebagai kerabat bisa langsung mengetahui keberadaannya. Hanya saja masih banyak masayarakat yang merasa bingung terkait cara melakukannya. Untuk itu, mari simak cara mengetahui lokasi seseorang melalui pembahasan berikut ini.

4 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang 

Seperti yang telah Sobat Pintar ketahui, mengetahui lokasi seseorang bisa dilakukan melalui beragam cara misalnya Gmail, Goggle maps, WhatshApp dan aplikasi. Berikut penjelasan lengkap terkait cara mengetahui lokasi seseorang, di antaranya: 

  1. Melalui Gmail

Salah satu cara mengetahui lokasi seseorang ialah melalui Gmail. Namun pastikan Sobat Pintar telah mengetahui alamat dan passwordnya dengan baik. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melacaknya:

  • Masuk ke akun Gmail melalui laptop atau PC
  • Klik ikon Sembilan titik di pojok kanan atas antara images dan profil
  • Pilih menu account
  • Pergi ke menu security lalu scroll ke bawah
  • Masuk ke your device lalu tekan find a lost device
  • Google maps akan menampilkan lokasi seseorang 
  1. Melalui Google Maps

Selain melalui Gmail, Sobat Pintar bisa melacak keberadaan seseorang melalui Google Maps. Berikut langkah-langkah yang perlu diketahui, di antaranya:

  • Buka aplikasi melalui Google Maps
  • Masuk ke setting lalu klik foto profil di sisi kanan atas
  • Pilih location sharing
  • Tentukan berapa waktu real time location yang ingin dibagikan
  • Tentukan pilihan bagikan apakah melalui WhatshApp atau email
  • Lokasi sudah bisa diamati
  1. Melalui WhatshApp

Cara mengetahui lokasi seseorang yang tidak kalah penting ialah melalui WhatshApp yang mana merupakan cara paling mudah. Kira-kira bagaimana cara mengetahui lokasi seseorang melalui WhatshApp secara real time? Begini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi WhatshApp
  • Pilih kontak yang ingin Sobat Pintar bagikan lokasinya
  • Untuk mengetahui lokasi lawan bicara, minta ia untuk mengirimkan lokasi melalui fitur attach
  • Tekan logo tersebut di kolom chat 
  • Pilih location
  • Klik share live location dan tentukan berapa lama
  1. Lacak Melalui Aplikasi Find My Device

Aplikasi find my device sebetulnya bisa dicoba untuk melacak lokasi seseorang karena pada umumnya seseorang tidak terlepas dari smartphone. Terlebih smartphone saat ini telah menjadi kebutuhan penting bagi manusia untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Berikut langkah-langkah mengetahui lokasi seseorang melalui aplikasi Find My Device, di antaranya: 

  • Buka aplikasi Find My Device
  • Login menggunakan Gmail 
  • Secara otomatis perangkat lunak akan menampilkan lokasi terkini
  • Aktifkan fitur pesan suara jika ingin membunyikan smartphone

Aplikasi Khusus untuk Melacak Lokasi Seseorang

Ada banyak aplikasi khusus untuk melacak lokasi seseorang melalui smartphone yang digunakannya. Agar dapat mengetahui lokasinya secara akurat maka Sobat Pintar perlu mengunduh beberapa aplikasi ini sebelum memulainya. Berikut aplikasi khusus untuk melacak lokasi seseorang, di antaranya:

Baca juga: Temukan Perangkat Saya: 5 Cara Melacak HP Yang Hilang10 Aplikasi Melacak Keberadaan Lokasi Seseorang di Android & iOS | Suatekno

  1. Life 360

Life 360 menjadi salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk melacak keberadaan pasangan secara real time. Mulai dari keterangan lokasi, pergerakannya ke mana dan jarak antara Sobat Pintar dengan lokasi pasangan. Secara umum, aplikasi Life 360 memiliki 4 fitur di antaranya Circle, Location Sharing, Premium dan Places. Namun target yang kita cari keberadaannya harus mengaktifkan GPS.

  1. Zenly 

Aplikasi yang banyak digunakan untuk mengetahui lokasi seseorang selanjutnya ialah Zenly. Tidak hanya pasangan, Sobat Pintar bisa menggunakannya untuk melacak lokasi teman atau keluarga secara real time. Melalui aplikasi ini, Sobat Pinta bisa saling berkirim pesan maupun lokasi terkini antara satu sama lain. Sehingga tidak heran jika Zenly memang banyak disukai oleh anak muda karena memang cocok dengan aktifitas dunia maya yang sedang berkembang saat ini. 

  1. Glympse

Glympse termasuk aplikasi pelacak lokasi seseorang yang terbilang sederhana dan mudah untuk digunakan. Terlebih Sobat Pintar tidak perlu mendaftar atau membuat akun ketika ingin mengaplikasikannya. Sobat Pintar hanya akan disarankan untuk mendaftarkan nomor telepon masih aktif. Namun agar bisa melacak keberadaan seseorang yang dituju, Sobat Pintar perlu meminta persetujuan darinya terlebih dahulu.

  1. iSharing

Pada awalnya iSharing diluncurkan sebagai aplikasi untuk melacak keberadaan keluarga, tapi aplikasi ini sudah banyak difungsikan untuk mencari tahu keberadaan pasangan. Untuk dapat menggunakannya silahkan mendaftar terlebih dahulu menggunakan email dan mengisi data pribadi. Setelah itu, Sobat Pintar bisa memasukan anggota keluarga atau pasangan ke dalam grup dan mengaktifkan fiturnya agar dapat mengirim notifikasi keberadaan anggota grup.

  1. Famy

Famy turut menjadi aplikasi untuk melacak lokasi seseorang yang direkomendasikan. Di dalam aplikasi ini terdapat beberapa pengaturan mode untuk membagikan lokasi di antaranya mode perlindungan, mode publik, mode setuju dan mode rahasia. Di mana setiap mode memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing. Selain itu terdapat fitur SOS untuk menunjukan kepada orang atau teman bahwa Sobat Pintar sedang dalam kondisi genting. 

Inilah 3 Aplikasi untuk Mengetahui Lokasi Seseorang Tanpa Diketahui 

Jika sebelumnya Sobat Pintar telah mengetahui beberapa aplikasi untuk melacak lokasi seseorang namun diketahui oleh pemiliknya. Sekarang Sobat Pintar bisa mengetahuinya tanpa sepengetahuan pemiliknya yaitu dengan menggunakan beberapa aplikasi berikut ini:

Baca juga: Cara Membuat Alamat di Google Maps dan Ketahui Risikonya Cara Melacak Lokasi Lewat WhatsApp, Gampang dan Bisa Segera Dicoba

  • KidsGuard Pro

KidsGuard Pro jadi aplikasi untuk mengetahui keberadaan seseorang tanpa diketahui pemiliknya. Ini karena KidsGuard Pro bisa disembunyikan di perangkat target untuk melacak lokasi secara akurat. Kelebihan aplikasi ini juga bisa memeriksa lokasi yang pernah dikunjungi sebelumnya. 

  • Menggunakan Aplikasi mSpy

Aplikasi mSpy turut jadi aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan seseorang tanpa diketahui. Namun untuk menggunakan aplikasi Mspy WhatsApp tracker, Sobat Pintar harus memiliki perangkat yang sudah di root. Untuk cara penggunaanya relatif sama dengan aplikasi KidsGuard Pro. 

  • Menggunakan Aplikasi Command Prompt

Sama halnya dengan kedua aplikasi sebelumnya, aplikasi Command Prompt bisa Sobat Pintar gunakan untuk mengetahui lokasi seseorang tanpa diketahui oleh orang yang kita lacak. Namun aplikasi Command Prompt hanya diperuntukan untuk WhatshApp web. Artikel cara mengetahui lokasi seseorang dibuat oleh Kredit Pintar yaitu aplikasi fintech sebagai solusi keuangan paling cepat, mudah dan aman. Selain itu,  Kredit Pintar telah memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Nov 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download