7 Cara Mengeriting Rambut tanpa Membuatnya Rusak

02 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 07 Feb 2022

Bagi wanita, rambut adalah sebuah mahkota yang harus dijaga keindahannya. Karenanya, tak dapat dipungkiri, jika rambut menjadi anggota tubuh yang paling sering ditonjolkan atau diperlihatkan.

Sama halnya seperti pakaian, rambut ikut berganti-ganti gaya, warna, dan model. Bahkan, mempengaruhi tren yang ada setiap tahunnya.

7 Cara Mengeriting Rambut tanpa Membuatnya Rusak

Baca juga: Cara Meluruskan Rambut Tanpa Pergi ke Salon

Tren rambut yang paling disukai oleh wanita, yaitu rambut dengan tekstur ikal hingga keriting. Kemungkinan, karena kebanyakan wanita memiliki jenis rambut yang tergolong lurus dan sedikit bergelombang. 

Atau, bisa juga disebabkan oleh perubahan signifikan yang didapat dari sekadar membuat rambut keriting. Mengeriting rambut pun tidaklah sulit, terutama jika dengan menggunakan bantuan alat atau pemanas rambut.

Tetapi, dampak yang diakibatkan oleh alat maupun pemanas rambut tersebut cukup berisiko. Rambut akan menjadi kering, pecah-pecah, lalu bercabang di bagian ujung bawah, sehingga harus digunting merata. 

Kerusakan rambut yang ditimbulkan dari alat atau pemanas rambut seringkali tak dapat dihindari, meski dibantu dengan pemberian shampoo, conditioner, dan krim rambut. Alat atau pemanas rambut yang bersuhu tinggi dan digosokkan terus menerus ke atas permukaan rambut, akan mengikis tiap lapisan rambut hingga tak bersisa.

7 Cara Mengeriting Rambut tanpa Membuatnya Rusak

Baca juga: Bosan dengan Warna Rambut yang Itu-itu Aja? Yuk, Coba Cara Mewarnai Rambut yang Lengkap Ini!

Untungnya, cara mengeriting rambut tidaklah harus dengan menggunakan metode moderen. Ada banyak cara yang dapat Sobat Pintar coba tanpa membuat rambut menjadi rusak, diantaranya:

  1. Mengepang rambut

Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan rambut keriting secara alami, yaitu dengan mengepang rambut Sobat Pintar di malam hari. Keramas dan tunggu rambut sampai 70% kering, lalu kepang dan biarkan semalaman, hingga bangun tidur keesokan paginya.

Jika menginginkan tergerai di kanan dan kiri bahu, pastikan mengepangnya menjadi dua bagian. Untuk terlihat keriting secara keseluruhan, jangan lupa untuk mengepangnya cukup kencang dari akar rambut hingga mendekati ujung rambut.

Setelah mandi pagi, buka kepangannya dan sisir dengan hati-hati agar tidak merusak tatanannya. Lalu, oleskan minyak rambut untuk melembabkan dan meluruskan rambut yang kusut. Agar awet selama berjam-jam, semprot seluruh rambut yang telah keriting dengan hairspray.

  1. Serut dengan scrunchie 

Jika Sobat Pintar dikaruniai rambut dengan tekstur yang mudah diatur. Maka, akan sangat mudah untuk membuatnya keriting.

Semprotkan rambut dengan sedikit air yang telah dicampur garam laut pada rambut yang basah. Mulai dari tengah hingga ujung, lalu serutkan ke atas dengan menggunakan scrunchie atau karet rambut yang dilapisi oleh kain. 

Cara unik ini, akan membuat rambut membentuk gelombang atau keriting tergantung dengan alami. Sungguh tips yang cocok bagi Sobat Pintar yang sedang ingin tampil dengan rambut ikal sedikit berantakan dengan cara tercepat dan termudah.

  1. Rol rambut

Pernahkah Sobat Pintar melihat rol rambut? Rol rambut adalah alat pengeriting rambut yang populer sebelum teknologi pengeriting rambut ada.

Walaupun terlihat kuno, tetapi menggunakan rol rambut adalah salah satu cara mengeriting rambut tanpa membuatnya rusak. Caranya, yaitu dengan membuat rambut sedikit basah terlebih dahulu, pisahkan beberapa bagian, lalu taruh dan gulung rol rambut dari bagian bawah hingga atas rambut. 

Agar terkunci dengan rapi, jepit rol rambut dengan menggunakan jepit rambut. Biarkan rambut terbungkus handuk dalam keadaan di rol sampai mengering, sekitar dua hingga tiga jam, atau bahkan semalaman. 

Ketika bangun esok paginya, lepaskan semua rol rambut dan sisir dengan jari untuk memisahkan tiap bagian. Untuk mendapatkan rambut keriting yang awet, jangan lupa untuk menyemprotnya dengan hairspray.

  1. Putar dengan kaos

Kedengarannya pasti sedikit aneh, karena cara mengeriting rambut yang satu ini menggunakan kaos yang biasa kita pakai di tubuh. Meski begitu, ide ini dianggap brilian dan unik.

YouTuber Kayley Melissa adalah penemu metode ini, yang sengaja merancangnya untuk mendapatkan rambut keriting tanpa alat pengeriting rambut. Karena usahanya berhasil, banyak sekali pengikutnya yang terinspirasi dan mencoba cara Kayley.

Pertama, putar kaos menjadi bentuk rol dan ikat ujungnya menjadi satu untuk membuat lingkaran besar. Kemudian, letakkan lingkaran lampu di atas kepala Sobat Pintar, lilitkan potongan rambut di sekelilingnya, lalu jepit.

Biarkan rambut dalam lingkaran cahaya selama semalaman, dan di pagi harinya lepas semua secara perlahan-lahan. Maka, terlihat rambut ikal yang lembut dan bergelombang, sesuai keinginanmu.

  1. Sanggul kaos kaki

Metode lainnya yang tak kalah kreatif, yaitu menyanggul rambut dengan menggunakan kaos kaki. Sobat Pintar bisa memanfaatkan kaos kaki yang sudah lama, dengan menggunting ujungnya, lalu menggulungnya hingga berbentuk seperti donat.

Setelah berbentuk seperti donat, kuncir rambut dan masukkan ke dalamnya. Tarik sebagian rambut untuk membuat sebuah sanggul besar.

Diamkan sanggul itu hingga semalaman agar tatanannya lebih tahan lama. Keesokan paginya, buka sanggulnya dan urai rambut keriting nan indah itu.

  1. Ikat kepala sederhana

Hanya dengan bermodalkan sebuah ikat kepala sederhana, Sobat Pintar bisa memiliki rambut keriting yang menawan. Kenakan ikat kepala di atas rambut, seperti gaya ketika menghadiri Coachella atau festival.

Kunci utama pada metode ini, yaitu pada rambut yang basah. Setelah membasahi rambut, putar rambut dan selipkan ke ikat kepala.

Tambahkan kelembaban pada tatanan rambut tersebut, lalu tunggu beberapa jam hingga semalaman untuk meyakinkan rambut telah benar-benar kering. Terakhir, buka bungkus rambut dan biarkan rambut keritingnya jatuh terurai.

Meski tidak menghasilkan gulungan yang kencang, tetapi cara mengeriting rambut dengan menggunakan ikat kepala terbukti berhasil dan mampu bertahan cukup lama. Pantas untuk dicoba!

  1. Putar dan lilit

Metode ini lebih dikenal dengan nama French Twist, dan dianggap sebagai salah satu cara mengeriting yang termudah. Berikut caranya, putar bagian rambut Sobat Pintar yang sudah dipisah-pisah, lalu lilitkan menjadi kumpulan roti kecil.

Menurut YouTuber Vivian V, biarkan rambut yang sudah diputar dan dililit setidaknya sampai enam jam. Kemudian, buka lilitan rambut yang sudah dibiarkan berjam-jam, dengan menariknya keluar mendapatkan hasil akhir.

Jika pada metode lain, diminta untuk menyisir dan membasahkan rambut, putar dan lilit ala French Twist justru tidak boleh disisir karena akan membuat rambut menjadi lebih kusut. Cukup gunakan ujung jari saja untuk mengurai rambut.

7 Cara Mengeriting Rambut tanpa Membuatnya Rusak

Baca juga: 15 Model Rambut Pria yang Tren Spanjang Masa

Meskipun menggunakan alat dan pemanas rambut dapat mengeriting rambut dengan cepat dan mudah. Namun, Sobat Pintar tentu tidak ingin mendapati rambut yang bertekstur kasar dan kering, apalagi rusak dan bercabang di tiap helainya.

Oleh karena itu, cara-cara sederhana dan juga tradisional patut untuk dicoba. Siapa tahu, dengan bereksperimen menggunakan cara-cara di atas bisa membuat Sobat Pintar lebih kreatif dan imajinatif lagi dalam menciptakan terobosan baru untuk penampilan rambut yang lebih menawan.

Dari ketujuh cara mengeriting rambut yang sudah dijelaskan, mana yang sudah pernah kamu coba? 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

07 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download