15 Model Rambut Pria yang Tren Sepanjang Masa

29 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Sobat Pintar merasa bahwa model rambut selama ini begitu-begitu saja? Jangan berkecil hati, karena Sobat Pintar bisa segera ganti gaya baru. Apalagi beberapa tahun ke belakang, model rambut pria juga mempunya beragam variasi dibanding era sebelumnya. 

15 Model Rambut Pria yang Tren Sepanjang Masa

Rambut pria yang memiliki kesan bersih dan rapi memang sudah terkenal di kalangan kaum pria dari berbagai usia. Dengan model rambut pendek, maka Sobat Pintar akan tampil lebih menarik. Dibandingkan wanita, model rambut pria umumnya sederhana dan tidak begitu merepotkan perawatannya.

Lalu, apa saja macam-macam model rambut pria yang tren sepanjang masa? 

Baca juga: Lelah dengan rambut rontok? Yuk, redakan dengan tips berikut

1. Bowl Cut

Dahulu, gaya bowl cut atau rambut mangkok kebanyakan kurang disukai masyarakat karena memberikan kesan culun atau bahkan kekanak-kanakan. Tetapi saat ini, gaya rambut pria yang terkenal di Korea yang satu ini justru menjadi sebuah tren. Tidak sedikit pria yang memilih bowl cut untuk tampilan rambutnya, misalnya idol K-Pop yang juga memberi variasi pada warna. Bukan itu saja, mereka juga memberikan tekstur pada rambut supaya lebih bervolume dan stylish.

2. Crop Cut

Potongan rambut crop cut sebetulnya merupakan potongan undercut yang dikombinasikan dengan bowl cut. Model rambut pendek ini bisa cocok untuk Sobat Pintar, yang gemar eksperimen gaya baru. Poni yang diatur seperti bentuk mangkuk memang bisa memangkas bagian sisi samping, lalu ke bawah, dan menyisakan bagian atas rambut. Variasi potongan crop cut lainnya adalah yang menyisakan bagian atas rambut sedikit lebih panjang sehingga bisa ditata dan disisir ke depan.

3. Rambut Pendek dengan Poni 

Untuk para pria yang menginginkan kesan muda dan fresh, potongan rambut pendek dengan poni bisa menjadi pilihan. Bagi para pria yang memiliki wajah oval juga tidak perlu merasa ragu lagi untuk mencoba-coba model rambut pendek berponi. 

Model rambut ini makin dikenal seiring berkembangnya drama Korea dan musik K-Pop. Sehingga, jika Sobat Pintar menginginkan tampilan yang terkesan awet muda, jangan ragu mengganti gaya rambut jadi pendek dengan poni. Model rambut ini bahkan juga sangat cocok untuk pria yang dahinya lebar, karena poni bisa menutupinya.

4. Crew Cut

Model rambut pria yang pendek dan rapi ini tidak butuh waktu yang lama untuk menata. Sebagai variasi, saat ini juga dikenal 2 macam crew cut, yaitu versi Amerika dan Eropa. Versi crew cut Amerika umumnya membuat rambut samping dan belakang lebih tipis, sedang bagian atasnya dibiarkan panjang sampai 2 cm. 

Jika Sobat Pintar ingin sedikit volume pada kepala, bisa pilih gaya crew cut Amerika. Sementara itu, versi Eropa cenderung populer dengan keseragaman panjang rambutnya di bagian kepala. Panjang rambutnya tidak melebihi 1,5 cm. 

5. Undercut

Bagi Sobat Pintar yang cenderung suka kerapian dan mau menerapkan kepada model rambut, maka gaya undercut bisa dicoba. Menurut banyak pria, gaya rambut undercut memang terkesan simple dan cocok dalam segala acara, entah itu resmi, semi formal, atau bahkan santai. Undercut punya ciri-ciri potongan yang tipis pada samping kanan dan kirinya, sampai ke belakang. 

6. Front Puff

Model rambut pria front puff bisa dibilang merupakan suatu perpaduan model berponi (medium bangs) dan juga voluminous pompadour. Sekilas potongannya juga menampilkan sebuah kesan berantakan (messy) di bagian depannya.

Baca juga: Pewarna rambut alami berikut ini, bikin rambut makin sehat dan gaya

7. Quiff

Buat Sobat Pintar yang ingin terlihat lebih manly, model rambut pria quiff bisa dipilih. Potongan rambut pendek pria ini bisa menyempurnakan pemilik wajah oval. Selain itu, gaya rambut ini pun mudah untuk diatur.

8. Bro Flow

Penasaran untuk coba gaya rambut pria yang panjang sampai sebahu? Potongan rambut bro flow sangat bisa untuk dijadikan pilihan. Beberapa selebriti Hollywood pun pernah memakai gaya rambut ini, misalnya Keanu Reeves, Gerard Butler, dan Bradley Cooper.

9. Comb Over

Jika dahulu potongan rambut ini sering digunakan untuk menutupi kebotakan dini pada pria, sekarang comb over jadi pilihan gaya rambut pria terfavorit 2021. Potongan ini dirasa bisa membuat tampilan menjadi lebih rapi dan profesional.

10. Man Bun

Untuk Sobat Pintar yang bosan dengan potongan rambut pendek dan ingin menggantinya menjadi lebih out of the box, man bun juga bisa jadi pilihan. Untuk menampilkannya, Sobat Pintar tidak perlu sampai ke barber karena Sobat Pintar hanya perlu mengikatnya saja. Bagaimana cara untuk mengikatnya? Aturlah rambut sampai membentuk seperti kuncir kuda, lalu lilitkan sampai berbentuk cepol.

11. Afro Fade

Saat membahas model rambut pria dari tahun ke tahun, ternyata tidak seharusnya dilakukan secara sembarangan. Karena memang efek gradasi tebal tipis yang ditampilkan membutuhkan ketelitian tinggi. Sobat Pintar hanya perlu memotong sisi samping kanan dan kiri bagian rambut serta mempertahankan panjang rambut bagian tengah.

15 Model Rambut Pria yang Tren Sepanjang Masa

12. Curtain Cut

Model rambut ini pasti tidak asing bagi mereka yang besar pada tahun 90-an. Memang tidak sedikit public figure saat itu sering tampil dengan model rambut belahan tengah. Tapi, pria perlu memanjangkan rambut dulu untuk bisa mendapatkan poni seperti tirai. Lalu rambutnya bisa dibentuk sedemikian rupa dengan cara merapikan bagian sampingnya. Bagian jambang juga perlu dicukur.

13. Short Comb Haircut

Model rambut pria yang satu ini memang bisa dibilang klasik. Tidak hanya itu, ketika bepergian, gaya rambut pria yang satu ini tidak sulit untuk ditata. Dengan potongan yang sedikit lebih pendek di sisi kiri dan kanan, Sobat Pintar hanya cukup menyisir bagian yang paling panjang ke sisi yang diinginkan. Mudah sekali, bukan?

14. Hard Part Haircut

Bika Sobat Pintar termasuk orang yang kurang nyaman dengan rambut panjang lantaran mudah gerah, maka hard part haircut adalah solusi yang tepat. Apalagi ketika sudah memiliki bagian kepala yang agak botak, gaya rambut ini sangat cocok untuk ‘menyamarkan’ bagian yang sudah tidak lagi ditumbuhi rambut. Model rambut ini memang bisa terlihat terlalu pendek. Meskipun begitu, bagian tengahnya dibiarkan memanjang supaya tetap tampak stylish.

15. Asian Man Bun

Sobat Pintar senang memiliki rambut yang panjang tapi masih bingung cara membuatnya terlihat stylish? Gaya yang disebut Asian man bun bisa jadi jawaban yang tepat. Seperti yang kita ketahui bahwa orang Asia biasanya memiliki rambut yang lurus. Nah karena hal ini pula terkadang banyak laki-laki Asia yang bingung menentukan gaya rambut.  

Model rambut pria Asian Man Bun bisa menjadi jawaban yang cocok. Karena selain bisa membuat Sobat Pintar terlihat stylish, model rambut pria seperti ini pun bisa membuat Sobat Pintar tetap mempertahankan panjang rambut yang Sobat Pintar inginkan.

Itulah macam-macam model rambut pria yang menjadi tren dari tahun ke tahun. Selera setiap orang bisa saja berbeda. Kalau Sobat Pintar lebih suka yang mana?

Baca juga: Ini lho, penyebab rambut kering yang sering tidak disadari

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
mobile-closeKredit PintarDownload