Mudah! Ini Cara Mengecek Riwayat Kredit

22 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 06 May 2022

Riwayat kredit merupakan sebuah informasi mengenai lancar atau tidaknya pengguna membayar kredit. Sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus tahu cara mengecek riwayat kredit. Meskipun, pengecekan ini biasanya dilakukan oleh bank saat nasabahnya akan mengajukan pinjaman.

Bank akan memeriksa riwayat kredit yang ada pada Sistem Informasi Debitur (SID). Sistem ini berisi informasi lengkap tentang identitas, pinjaman yang diterima, serta jumlah agunan dari calon peminjam.

cara mengecek riwayat kredit

Baca juga: Cara Cek Skor Kredit Di SLIK OJK

Cara Cek Riwayat Kredit Secara Online
Selain anggota BIK, informasi tentang riwayat kredit dapat diakses secara daring oleh publik. Apabila Anda ingin memeriksa catatan kredit, Anda dapat mengajukan informasi SID ke kantor OJK. Layanan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. 

Anda dapat mengecek riwayat kredit secara daring. Berikut adalah langkah dan cara untuk mengeceknya adalah:

  1. Menyiapkan berkas persyaratan pemeriksaan riwayat kredit pada SLIK OJK yang terdiri dari:
    • KTP bagi Warga Negara Indonesia (WNI)
    • Fotokopi paspor bagi Warga Negara Asing (WNA)
    • NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak
    • Akta pendirian perusahaan serta identitas pengurus bagi badan usaha
  2. Masuk ke situs konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi
  3. Melengkapi data diri pada formulir serta upload foto scan dokumen yang diperlukan.
  4. Menentukan jadwal waktu yang ada pada slot antrian.
  5. Cek waktu layanan daring yang diberikan oleh OJK. Untuk mengecek riwayat kredit online melalui SLIK OJK cuma tersedia di hari Senin – Jumat.
  6. Mendapatkan surat persetujuan melalui email untuk verifikasi data.
  7. Pemberitahuan dari pihak OJK tentang hasil verifikasi antrian SLIK online ditunggu paling lambat H-2 dari tanggal antrian.
  8. Apabila data Anda dinyatakan data valid, cetaklah formulir serta tanda tangan hingga 3 kali.
  9. Verifikasi data pada nomor WhatsApp SLIK OJK yang ada di dalam email tersebut dengan mengirimkan:
  1. Foto maupun scan formulir yang sudah Anda tandatangani
  2. Foto selfie bersama KTP
  1. OJK kemudian memverifikasi data lewat WhatsApp serta melakukan Video Call jika dibutuhkan.
  2. Apabila lolos, OJK kemudian mengirimkan hasil iDEB SLIK lewat email.

Keseluruhan proses layanan SLIK cuma memerlukan waktu 15 menit (5 menit untuk pencetakan serta 15 menit untuk pencetakan dengan penjelasan iDeb). Permintaan informasi dengan layanan SLIK disarankan tidak diwakilkan agar menjaga kerahasiaan data pribadi. 

Tetapi apabila masyarakat atau badan usaha tidak bisa mengambil sendiri datanya maka bisa diwakilkan dengan menyertakan Surat Kuasa bertanda materai, Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli debitur serta KTP asli penerima kuasa. 

Khusus bagi debitur yang datang langsung kantor pusat OJK (Komplek Perkantoran Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin nomor 2, Jakarta) harus membawa identitas diri selain KTP yakni SIM, NPWP, Kartu BPJS, dan lain-lain, untuk ditukarkan dengan kartu pengunjung pada Pos Pengamanan Kebon Sirih maupun Budi Kemuliaan.

Baca Juga: Apa itu Credit Score dan Kegunaannya Bagi Pemberi Pinjaman

Kategori Skor Kredit

Untuk memahami tingkatan kredit, Anda harus memahami skor kredit. Berikut adalah rinciannya: 

  • Skor 1 yakni Golongan kredit lancar maupun Kol 1. Debitur mempunyai catatan aman, menjalankan kewajiban membayar cicilan setiap bulan dan bunganya sampai lunas tanpa tunggakan.
  • Skor 2 yakni Golongan kredit berada dalam perhatian khusus (DPK) maupun Kol 2. Debitur mempunyai catatan menunggak cicilan kredit sekitar 1 – 90 hari.
  • Skor 3 yakni Golongan kredit tidak lancar maupun Kol 3. Debitur mempunyai catatan menunggak cicilan kredit sekitar 91 – 120 hari.
  • Skor 4 adalah Golongan kredit yang diragukan maupun Kol 4. Debitur mempunyai catatan menunggak cicilan kredit sekitar 121 – 180 hari.
  • Skor 5 adalah Golongan kredit macet maupun Kol 5. Debitur mempunyai catatan menunggak cicilan kredit lebih dari 180 hari maupun lebih dari 6 bulan.
cara mengecek riwayat kredit

Pihak bank serta lembaga keuangan maupun perusahaan multifinance kemudian menolak pengajuan kredit dari calon debitur yang memiliki skor 3, skor 4 dan skor 5 dan bahkan masuk ke dalam blacklist BI Checking.

Untuk skor 2, pada dasarnya sudah masuk ke dalam kategori perlu pengawasan, dikhawatirkan sewaktu-waktu dapat berdampak pada non-performing loan (NPL).

Keunggulan SLIK dalam Mengecek Riwayat Kredit

SLIK harapannya bisa memudahkan proses pengajuan kredit, jadi angka kredit yang macet dan bermasalah pun berkurang. Ditambah lagi, sistem SLIK juga mempunyai sejumlah keunggulan lain, seperti berikut:

  1. Cara mengecek riwayat kredit melalui SLIK memang lebih mudah dijalankan karena bisa dilakukan secara online dalam versi website atau aplikasi.
  2. Informasi yang tersimpan dalam sistem SLIK lebih banyak serta akurat, rinciannya termasuk lembaga keuangan bank, non-bank, serta pengadilan.
  3. SLIK akan mendorong pelaku UMKM lebih mudah dalam menerima pinjaman dengan cara mengecek riwayat kredit dengan lebih mudah.
  4. Data yang tersimpan pada SLIK lebih terperinci, yakni tagihan listrik serta air.

Tips Agar Riwayat Kredit Tetap Bersih

Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh agar terhindar dari blacklist BI Checking serta menjaga riwayat kredit tetap bersih agar skor kredit bagus. Berikut ini beberapa caranya:

Memantau Pinjaman Secara Regular

Sesudah melunasi tagihan kredit, pantau skor kredit Anda dengan teratur serta perhatikan apakah skor mengalami perubahan. Apabila belum ada perubahan, Anda bisa menghubungi bank tempat Anda mengajukan kredit terdahulu.

cara mengecek riwayat kredit.

Menyimpan Bukti Transaksi

Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk menyimpan bukti transaksi pembelian dengan kartu kredit. Jika terdapat bukti tertulis, pihak bank maupun OJK akan mudah memberi solusi dari permasalahan yang mungkin terjadi, jadi Anda tidak perlu membayar tagihan di luar kemampuan.

Hindari Membayar Tagihan Kartu Kredit Pada Nominal Minimum

Membayar tagihan kartu kredit dengan pembayaran minimum memang diizinkan, tapi hal ini akan berpengaruh pada nilai BI checking yang buru. Tidak dijamin bahwa hutang Anda tidak menumpuk. Apabila mempunyai pemasukan berlebih, Anda dapat menambahkan nominal pembayaran supaya hutang cepat terlunasi.

Lunasi Semua Angsuran Sebelum Jatuh Tempo

Salah satu sebab skor kredit dianggap buruk serta masuk dalam blacklist adalah keterlambatan pembayaran kredit atau sampai menunggak. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk selalu melunasi cicilan kredit tepat waktu.

Ambil Kredit Atas Dasar Kemampuan serta Kebutuhan Anda

Ketika memutuskan untuk memakai kartu kredit, pertimbangkan apakah Anda memang ingin mengambil kartu kredit dengan limit tertentu. Tetapkan batasan kemampuan finansial Anda. Contohnya ketika membeli rumah dan mengambil KPR. Pastikan Anda telah mengetahui rincian serta perkiraan KPR rumah tersebut.

Itulah informasi mengenai cara mengecek riwayat kredit. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pelajari Cara Membangun Kredit yang Tepat

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download