Cara Mengaktifkan Asisten Google Paling Mudah

17 Sep 2021 by Laruan

Bagi para pengguna smartphone, Kredit Pintar pasti sudah mengenal kalimat perintah ‘OK Google’ yang sering digunakan banyak orang. Hanya dengan mengucapkan kalimat tersebut, Kredit Pintar bisa memerintahkan Asisten Google untuk melakukan berbagai hal. Namun, bagaimana cara mengaktifkan Asisten Google tersebut? 

Cara Mengaktifkan Asisten Google Paling Mudah

Perlu Kredit Pintar ketahui sebelumnya, Asisten Google akan memberikan informasi apapun sesuai perintah. Misalnya, Kredit Pintar ingin mencari informasi terkait berita ekonomi. Hanya dengan mengucapkan ‘OK Google’, maka Asisten Google akan mencarikannya untuk Kredit Pintar. 

Tak hanya itu, Asisten Google juga bisa membantu Kredit Pintar dalam menemukan aplikasi yang akan digunakan. Jadi, ketika Kredit Pintar ingin membuka aplikasi Whatsapp, maka Kredit Pintar cukup bilang ‘OK Google, buka Whatsapp’. Otomatis, Asisten Google akan langsung membuka aplikasi sesuai yang diperintahkan. 

Menariknya, Asisten Google memiliki teknologi canggih yang membuatnya bisa berkomunikasi secara dua arah. Kredit Pintar bisa mengobrol apapun, lalu Asisten Google dalam smartphone akan menjawabnya sesuai pertanyaan yang diajukan. 

Nah, jika Kredit Pintar semakin penasaran dengan cara menggunakan Google Assistant tersebut, maka bisa langsung simak informasinya berikut ini. 

1. Cara Mengaktifkan Asisten Google di Smartphone Android

Bagi para pengguna smartphone Android, maka Kredit Pintar bisa mengaktifkan Asisten Google dengan langkah-langkah berikut. 

  • Pertama, Kredit Pintar bisa mulai menekan dan menahan menu ‘Home’ yang ada di smartphone selama beberapa detik.
  • Nantinya, akan terbuka halaman ‘The new way to talk to Google’, lalu Kredit Pintar bisa melanjutkannya dengan menekan menu ‘CONTINUE’.
  • Kemudian, Kredit Pintar bisa memilih menu ‘NO THANKS’ maupun ‘I AGREE’ yang terdapat di halaman berikutnya. Halaman ini digunakan untuk mengatur apakah Kredit Pintar ingin menggunakan perintah suara langsung atau tidak.
  • Apabila memilih ‘NO THANKS’, maka Kredit Pintar tidak akan bisa menggunakan Asisten Google kalau sistemnya belum menyala.
  • Sebaliknya, kalau Kredit Pintar memilih ‘I AGREE’, maka Kredit Pintar dapat membuka Asisten Google hanya dengan mengucapkan ‘OK GOOGLE’ maupun ‘HI GOOGLE’.
  • Kredit Pintar bebas memilih yang mana saja, sesuai dengan keinginan. Lalu, jika sudah, Kredit Pintar bisa memilih masing-masing opsi yang sudah ditentukan. 
  • Selanjutnya, saat Kredit Pintar sudah selesai mengaktifkannya, maka Kredit Pintar bisa lanjut untuk mencoba kecanggihan dari fitur Asisten Google.

Jika fitur Asisten Google ini sudah aktif di smartphone Android Kredit Pintar, maka segala perintah yang menyangkut informasi atau hal lain di smartphone bisa didapatkan secara praktis. Kredit Pintar cukup mengucapkan kalimat perintah saksi, sehingga Asisten Google akan siap membantu. 

2. Cara Mengaktifkan Asisten Google pada iOS

Tak hanya pengguna Android saja yang bisa memiliki Asisten Google. Nyatanya, pengguna iOS juga dapat memanfaatkan fitur Asisten Google yang ada di ponsel masing-masing. Untuk cara menggunakan Google Assistant pada iOS pun terbilang mudah, yaitu sebagai berikut.

  • Kredit Pintar bisa memasang aplikasi Google terlebih dahulu yang bisa diunduh melalui layanan App Store.
  • Jika aplikasi sudah terpasang, maka Kredit Pintar bisa menggunakannya dengan melakukan cara seperti sebelumnya, yaitu mengucapkan ‘OK GOOGLE’ maupun ‘HI GOOGLE’.
  • Selain itu, ada cara menggunakan Google Assistant paling mudah lainnya melalui iOS, yaitu melalui bantuan Siri.
  • Kredit Pintar cukup tekan tombol ‘Add to Siri’ saat pertama kali membuka aplikasi, lalu ucapkanlah kalimat sakti ‘OK GOOGLE’. Nah, Asisten Google pasti akan langsung merespon dan melakukan segala hal yang Kredit Pintar perintahkan.

Menariknya, Asisten Google saat ini sudah mengalami perkembangan yang jauh lebih  baik dan canggih. Hal ini tentu mendapatkan respon positif dari semua pengguna smartphone. Sehingga, mereka bisa mengerjakan hal apapun di ponselnya dengan mudah dan cepat.

3. Langkah-langkah Mengatur Asisten Google Agar Bisa Menggunakan Bahasa Indonesia 

Setelah mengetahui cara menggunakan Google Assistant pada smartphone Android dan iOS, maka Kredit Pintar bisa langsung menggunakannya saat itu juga. Saat pertama kali digunakan, mungkin Kredit Pintar akan menyadari bahwa bahasa yang digunakan Asisten Google adalah bahasa Inggris. Namun, Kredit Pintar tidak perlu khawatir karena Google menyediakan banyak pilihan bahasa yang bisa digunakan, termasuk bahasa Indonesia.

Apabila Kredit Pintar ingin menggunakan bahasa Indonesia untuk Asisten Google, maka Kredit Pintar tinggal menggantinya dengan cara berikut.

  • Pertama, Kredit Pintar bisa membuka fitur Asisten Google terlebih dahulu. 
  • Selanjutnya, usap layar ke atas agar menampilkan halaman secara penuh.
  • Kredit Pintar bisa memilih menu ‘Profile’ yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih menu ‘Settings’.
  • Terakhir, Kredit Pintar bisa memilih tab ‘Assistant’, kemudian memilih opsi ‘Lagunguages’. 
  • Ketuk bahasa ‘English’ atau bahasa yang saat itu digunakan, lalu Kredit Pintar bisa memilih bahasa lain sebagai penggantinya. Misalnya, bahasa Indonesia.

Nah, kalau sudah begitu, maka bahasa di Asisten Google sudah berubah menjadi bahasa Indonesia. Jadi, Kredit Pintar bisa menggunakannya dengan mudah dan memahami dengan baik setiap informasi yang diberikan olehnya. Dengan adanya Asisten Google, maka segala informasi atau hal apapun terkait smartphone menjadi lebih mudah, bukan? 

4. Cara Mengajari Asisten Google Agar Mengenali Suara Pemiliknya 

Asisten Google harus mengenali suara Kredit Pintar dulu agar bisa memberikan informasi sesuai perintah. Oleh karena itu, Kredit Pintar perlu menggunakan cara-cara ini agar Asisten Google bisa mengenali suara Kredit Pintar. 

  • Di smartphone Android, Kredit Pintar cukup tekan ‘Home’, lalu ucapkan ‘Hi Google, open Assistant Settings’. Kredit Pintar juga bisa menggunakan bahasa sesuai negara masing-masing.
  • Nantinya, Kredit Pintar akan menemukan menu Popular Setting. Nah, Kredit Pintar bisa langsung menekan tombol ‘Voice Match’.
  • Dalam hal ini, Kredit Pintar harus memastikan bahwa fitur ‘Hi Google’ sudah diaktifkan atau dalam keadaan ‘ON’.
  • Selanjutnya, Kredit Pintar bisa menekan ‘Voice Mode’, lalu mulai melatih ulang suara Kredit Pintar sendiri.
  • Tidak perlu bingung dalam cara melatihnya, Kredit Pintar cukup mengikuti setiap langkah-langkah untuk merekam suara, dan pastikan suara sudah dikenali oleh Asisten Google.

5. Kelebihan yang Dimiliki Asisten Google 

Setelah Kredit Pintar mengetahui cara menggunakan Google Assistant dan menggunakannya, maka Kredit Pintar akan melihat berbagai macam kelebihan yang dimilikinya. Tentu saja, fitur canggih ini kini sudah tersedia di semua merek smartphone, baik itu Android maupun iOS.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Asisten Google ini adalah sebagai berikut. 

  • Asisten Google akan membantu Kredit Pintar untuk memasang reminder agar tidak mudah lupa terkait kegiatan yang harus dilakukan.
  • Asisten Google dapat membantu Kredit Pintar untuk mengirim pesan kepada rekan kerja dan lainnya.
  • Asisten Google akan menginformasikan kondisi lalu lintas yang akan dilewati, sehingga Kredit Pintar bisa terhindar dari macet serta masalah lainnya.
  • Jika Kredit Pintar sedang tidak ada mood untuk membaca berita, maka Asisten Google akan membantu Kredit Pintar untuk membacakannya.
  • Asisten Google akan membantu Kredit Pintar menerjemahkan kata dari bahasa apapun yang ada di dunia.
  • Asisten Google bisa membantu Kredit Pintar membuka aplikasi media sosial sesuai yang diperintahkan.

Itulah beragam informasi terkait cara menggunakan Google Assistant beserta hal lainnya yang bisa Kredit Pintar ketahui. Jika Kredit Pintar ingin memiliki ponsel android yang memiliki fitur Asisten Google ini, maka bisa membelinya dengan mudah saat ini juga. Caranya cukup ajukan pinjaman ke Kredit Pintar, maka Kredit Pintar bisa mendapatkan pinjaman online yang cair hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload