Panduan Daftar Efin Online dan Cara Unduh Formulir Permohonan Efin

13 Jan 2022 by kreditpintar, Last edit: 13 Jan 2022

Agar bisa menunaikan laporan SPT setiap tahunnya, seorang wajib pajak wajib memiliki nomor EFIN yang merupakan singkatan dari Electronic Filing Identification Number. Nomor tersebut merupakan sederet nomor identitas, yang diterbitkan oleh direktorat jenderal pajak untuk memenuhi kewajiban lapor SPT.

efin

Agar bisa mendapatkan nomor tersebut, Sobat Pintar harus mengisi formulir permohonan EFIN yang bisa didapatkan dari Kantor Pajak Pratama terdekat, atau bisa juga dengan melakukan pendaftaran secara online.  Simak panduan selengkapnya dalam artikel ini.

 Ketahui Apa Itu EFIN

Selain untuk membuat SPT, nomor EFIN yang merupakan singkatan dari Electronic Filing Identification Number juga berfungsi untuk transaksi elektronik yang ada hubungannya dengan jenderal pajak. Nomor tersebut dibuat agar setiap transaksi yang dilakukan secara online memiliki otentifikasi dan terjaga kerahasiaannya.

Baca juga: 5 Aplikasi Pajak Online Resmi DJP

Cara Daftar EFIN

Pengajuan nomor tersebut bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online dan secara offline. Berikut ini adalah panduan pendaftaran selengkapnya.

Daftar Secara Offline

1. Mengunduh Formulir Pendaftaran

Mengunduh formulir pendaftaran di rumah lebih direkomendasikan karena akan mempersingkat waktu Sobat Pintar ketika mendaftar nanti di kantor pajak terdekat. Formulir bisa diunduh di https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-efin. Akan tetapi, jika memang terjadi kendala ketika mengunduh, Sobat Pintar bisa langsung datang ke kantor pajak dan mengisinya di sana.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Pastikan bahwa formulir telah diisi sesuai dengan data yang benar. Jika Sobat Pintar memiliki kesulitan dalam pengisian, petugas di kantor akan bersedia untuk membantu.

3. Melengkapi Dokumen Pengajuan

Selain harus mengisi formulir secara lengkap dan benar, Sobat Pintar juga harus melengkapi beberapa dokumen pendukung yang tidak dapat diwakilkan oleh siapapun. Dokumen yang harus dilengkapi di antaranya formulir permohonan EFIN yang sudah diisi dengan benar, alamat email aktif, KTP Asli dan fotokopian yang berlaku bagi warga negara Indonesia asal. 

Untuk WNA, ada kebijakan untuk menggunakan paspor, KITAS atau Kartu Izin Tinggal Sementara dan KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap baik yang asli maupun fotokopian sebagai pengganti KTP. Jangan ketinggalan, ada NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang asli dan fotokopi, serta SKT (Surat Keterangan Terdaftar) yang juga wajib dibawa.

Bagi masyarakat yang bekerja atau karyawan, bisa melakukan pendaftaran secara kolektif untuk pajak kelompok. Pajak kelompok harus memuat pendaftaran untuk lebih dari 20 orang dan telah tercantum dalam SPT PPh 21.

4. Datang ke Kantor Pajak Terdekat

Selesai mengisi formulir di atas, Sobat Pintar harus segera datang ke kantor pajak untuk melengkapi pendaftaran karena kedatangan tersebut tidak bisa diwakilkan oleh siapapun.

Baca juga: Pajak Penghasilan: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitung

5. Mendapatkan EFIN Wajib Pajak Pribadi

Ketika semua hal di atas sudah dilakukan dengan baik dan benar, Sobat Pintar sudah bisa mendapatkan nomor EFIN dari kantor pajak yaitu untuk pembayaran pajak pribadi dari petugas KPP dan KP2KP.

6. Aktivasi

Lakukan aktivasi dengan menggunakan link yang sudah tersedia di situs resmi direktorat jenderal pajak. Wajib pajak nantinya akan mendapatkan sebuah email aktivasi yang juga berisikan password  yang hanya berlaku sementara karena harus diganti untuk memperkuat keamanan akun.

Daftar Efin Online

Untuk melakukan pendaftaran secara online, Sobat Pintar hanya memerlukan ponsel atau komputer dan juga koneksi internet yang stabil. Dengan mendaftar secara online, tentunya akan lebih hemat waktu karena tidak perlu keluar rumah dan mengantre. Selain itu, pendaftaran secara online dimanapun dan kapanpun. Ikuti panduan pendaftarannya sebagai berikut.

1. Mengunduh Formulir Permohonan EFIN

Cara pertama, Sobat Pintar harus mengunduh formulir yang bisa Sobat Pintar dapatkan dari https://www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-efin.

2. Mengisi Formulir

Ceklis kolom wajib pajak pribadi serta kolom aktivasi. Isilah bagian NPWP, Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, dan lain-lain. Jangan lupa untuk mengisi nomor telepon Sobat Pintar yang aktif dan alamat email yang sering dipakai karena DJP akan mengirimkan kode untuk EFIN melalui email.

Terakhir, Sobat Pintar harus menandatangani formulir tersebut dan menyertakan tempat, nama terang, dan tanggal penandatanganan.

3. Melakukan Selfie

Formulir yang sudah diisi, difoto dan harus jelas setiap kalimatnya. Selanjutnya, Sobat Pintar juga harus melakukan swafoto sambil memegang KTP juga NPWP. Yang harus diperhatikan adalah saat memegang KTP dan NPWP, keduanya harus terlihat jelas karena akan diperiksa petugas.

4. Mengirimkan Formulir ke Email KPP

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan formulir yang sudah selesai dengan foto-foto tadi ke alamat email KPP. Tuliskan subjek Permohonan EFIN agar petugas bisa dengan mudah menemukan email permohonan yang diajukan.

Baca juga: Inilah Beberapa Hal Mengenai e-Filing Pajak yang Perlu Diketahui 

Begitulah cara mendapatkan EFIN yang bisa Sobat Pintar ikuti dengan baik. Jangan lupa untuk menunaikan kewajiban lapor SPT. Yuk segera lapor agar tidak mengalami kendala server penuh menjelang masa pelaporan berakhir!

daftar efin online

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

13 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download