Cara Mendapatkan EFIN Bagi Sobat Pintar Wajib Pajak!

21 May 2021 by kreditpintar
Cara mendapatkan efin

Cara mendapatkan EFIN memang tidak sesederhana yang dibayangkan. Hal ini sangat wajib dimiliki oleh setiap warga yang tinggal di Indonesia untuk dibagi menjadi pajak. EFIN digunakan ketika hendak melaporkan SPT pajak secara online atau e-filling. EFIN singkatan dari Electronic Filing Identification Number merupakan sederet nomor identitas, yang memang diterbitkan oleh direktorat jenderal pajak yang digunakan untuk transaksi pajak oleh setiap wajib pajak.

Agar bisa mendapatkan EFIN, Sobat Pintar bisa mengajukan permohonan terlebih dahulu agar bisa datang ke kantor pelayanan yang terdekat dengan rumah Sobat Pintar. Jika tidak bisa datang langsung ke kantor pajak terdekat rumah Sobat Pintar, bisa melalui online. Agar bisa lebih memahami apa itu EFIN, berikut ini ulasannya.

Ketahui Apa Itu EFIN

Seperti yang sudah ditulis di atas,EFIN merupakan singkatan dari Electronic Filing Identification Number yang merupakan sebuah nomor identitas yang dikeluarkan oleh direktorat jenderal pajak untuk semua wajib pajak yang berfungsi melakukan transaksi elektronik yang ada hubungannya dengan jenderal pajak. EFIN ini mempunyai tujuan agar setiap transaksi yang dilakukan secara online memiliki autentifikasi dan kerahasiaannya terjamin.

Jika memakai EFIN, seorang wajib pajak dapat mengakses ke dalam sistem pajak secara online dan bisa pula melaporkan SPT tahunan tanpa perlu repot-repot antre di kantor pelayanan pajak. EFIN inilah yang nantinya akan menjaga kerahasiaan data yang Sobat Pintar masukkan saat lapor pajak e-filing. Saat Sobat Pintar melaporkannya secara online, data sudah terekam dalam sistem pajak. Di tahun berikutnya, ketika Sobat Pintar ingin mengajukan pelaporan lagi, Sobat Pintar tidak perlu kembali mengisi ulang data.

Cara Mendapatkan EFIN

Cara mendapatkan EFIN memang bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara online dan secara offline. Jika Sobat Pintar ingin mengajukan EFIN secara offline, bisa langsung mendatangi kantor pajak terdekat. Di kantor pajak, Sobat Pintar akan diminta mengisi formulir pendaftaran yang harus diisi dengan data asli. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan KTP dan hal-hal lain yang sekiranya dibutuhkan. 

Setelah itu, Sobat Pintar tinggal menyerahkannya kepada petugas di sana dan menunggu untuk dipanggil dan diberi nomor EFIN. Cara offline ini memang tidaklah sulit, hanya saja jika memang kebetulan banyak orang yang sedang mengurus pajak, yang membuat proses terasa berat adalah antrian yang panjang. Namun, jika Sobat Pintar beruntung, Sobat Pintar bisa mendapatkan kondisi kantor pajak yang lengang, jadi prosesnya tidak akan lama.

Berikut ini tata cara mendaftar offline secara runtut.

1. Mengunduh Formulir Pendaftaran

Mengunduh formulir pendaftaran di rumah lebih direkomendasikan karena akan mempersingkat waktu Sobat Pintar ketika mendaftar nanti di kantor pajak terdekat. Formulir bisa diunduh di website resmi milik direktorat jenderal pajak. Akan tetapi, jika memang terjadi kendala ketika mengunduh, maka mau tidak mau Sobat Pintar bisa langsung datang ke kantor pajak.

2. Isilah Formulir Pendaftaran Permohonan EFIN Pribadi

Dalam formulir, tentunya disediakan beberapa kolom yang harus diisi secara lengkap dan benar. 

3. Melengkapi Dokumen Pengajuan EFIN Pribadi

Selain harus mengisi formulir secara lengkap dan benar, Sobat Pintar juga harus melengkapi beberapa dokumen pendukung yang tidak dapat diwakilkan oleh siapapun termasuk orang tua Sobat Pintar. Dokumen yang harus dilengkapi di antaranya formulir aktivasi EFIN yang sudah diisi dengan benar, alamat email Sobat Pintar yang aktif, KTP Asli dan fotokopian yang berlaku bagi warga negara Indonesia asl.  

Untuk warga negara asing, menggantinya dengan paspor, KITAS atau Kartu Izin Tinggal Sementara dan KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap baik yang asli maupun fotokopian. Terakhir yaitu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) yang asli dan fotokopi, serta SKT (Surat Keterangan Terdaftar).

Bagi masyarakat yang bekerja atau karyawan, bisa mendaftarkan EFIN secara kolektif yaitu untuk pajak kelompok. Jadi, pajak kelompok ini merupakan beberapa orang karyawan bisa menitipkan pendaftaran ini kepada satu orang. Persyaratan pajak kelompok ialah orang yang mendaftar harus lebih dari 20 orang, nama-nama karyawan yang mendaftar tercantum dalam SPT PPh 21. Perusahaan yang menaungi karyawan mempunyai tempat dan juga peralatan yang memadai untuk pembuatan EFIN. Ketika pengaktifan EFIN, karyawan-karyawan tersebut harus hadir.

4. Datang ke Kantor Pajak Terdekat

Selesai mengisi formulir di atas, Sobat Pintar harus segera datang ke kantor pajak untuk melengkapi pendaftaran. Yang perlu diperhatikan adalah saat menyerahkan ke kantor pajak ini, tidak dapat diberikan kepada orang lain. Jadi, harus benar-benar wajib pajak yang bersangkutan yang datang ke kantor pajak.

5. Mendapatkan EFIN Wajib Pajak Pribadi

Ketika semua hal di atas sudah dilakukan dengan baik dan benar, maka Sobat Pintar sudah bisa mendapatkan nomor EFIN dari kantor pajak yaitu untuk pembayaran pajak pribadi dari petugas KPP dan KP2KP. 

6. Aktivasi Nomor EFIN

Langkah terakhir ketika Sobat Pintar mendapatkan nomor EFIN secara offline yaitu dengan melakukan aktivasi dengan menggunakan link yang sudah tersedia di situs resmi direktorat jenderal pajak. Wajib pajak nantinya akan mendapatkan sebuah email aktivasi yang juga berisikan password  yang hanya berlaku sementara karena harus Sobat Pintar ganti langsung dengan password yang Sobat Pintar miliki.

Yang kedua, yaitu dengan melakukan pendaftaran EFIN secara online. Sobat Pintar hanya memerlukan ponsel atau komputer yang biasa Sobat Pintar gunakan untuk mendaftar dan juga koneksi internet yang stabil, jadi tidak akan ada kendala yang berarti. Mendaftar secara online, tentunya akan lebih memudahkan Sobat Pintar dan tidak perlu ribet untuk antre saat hendak mendaftar. Sobat Pintar bisa mendaftarkan EFIN secara online dimanapun dan kapanpun juga. 

Berikut ini adalah cara mendapatkannya secara online dengan runtut agar Sobat Pintar tidak kebingungan.

1. Mengunduh Formulir EFIN

Cara pertama, Sobat Pintar harus mengunduh formulir EFIN yang bisa Sobat Pintar cari melalui mesin pencarian di Google dengan mengetik keyword formulir pendaftaran efin. Nanti, akan muncul beberapa halaman dan yang harus Sobat Pintar pilih adalah laman dari situs resmi direktorat jenderal pajak. 

2. Mengisi Formulir EFIN secara Jelas

Yang kedua, mengisi formulir EFIN yang sudah diunduh dengan jelas. Ceklis kolom wajib pajak pribadi serta kolom aktivasi. Isilah bagian NPWP, Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, dan lain-lain. Untuk bagian nomor EFIN, Sobat Pintar kosongkan saja karena formulir ini untuk mendapatkan nomor tersebut. Jangan lupa untuk mengisi nomor telepon Sobat Pintar yang aktif dan alamat email yang sering dipakai karena DJP akan mengirimkan kode untuk EFIN melalui email.

Terakhir, Sobat Pintar harus menandatangani formulir tersebut dan jangan sampai ketinggalan, tempat dan nama secara jelas.

3. Melakukan Swafoto

Formulir yang sudah diisi, difoto dan harus jelas setiap kalimatnya. Selanjutnya, Sobat Pintar juga harus melakukan swafoto sambil memegang KTP juga NPWP. Yang harus diperhatikan adalah saat memegang KTP dan NPWP, keduanya harus terlihat jelas karena akan diperiksa petugas. 

4. Mengirimkan Formulir ke Email KPP

Langkah selanjutnya adalah mengirimkan formulir yang sudah selesai dengan foto-foto tadi ke alamat email KPP. Tuliskan subjek Permohonan EFIN agar petugas bisa dengan mudah menemukan email permohonan Sobat Pintar. Lalu, tinggal menunggu email untuk mengaktifkan nomor EFIN Sobat Pintar yang harus Sobat Pintar aktivasi di link yang nanti tertera.

Begitulah cara mendapatkan EFIN yang bisa Sobat Pintar ikuti dengan baik. Selamat mencoba!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload