Penyebab dan Cara Menanggulangi Banjir yang Tepat

22 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Setiap tahunnya, kita pasti sering mendapat kabar terjadinya banjir di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan seringnya bencana banjir yang menimpa wilayah Indonesia ini, tentu dibutuhkan cara penanggulangan yang tepat. Cara menanggulangi banjir setidaknya harus dilakukan bukan hanya sebagai langkah pencegahan saja, tetapi juga langkah penanganan dan pemulihan.

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\Kenali Penyebab dan Cara Menanggulangi Banjir yang Tepat.jpg

Sumber: Pok Rie from Pexels

Lalu, seperti apa langkah-langkah atau cara menanggulangi banjir yang tepat? Di bawah ini sudah ada rangkaian penjelasannya sekaligus dengan penyebab banjir yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Mari simak selengkapnya!

Baca juga: Cara Mengecek Gempa Terkini dan Menyelamatkan Diri 

Penyebab-Penyebab Banjir

Sebelum mengetahui cara menanggulangi banjir, mengetahui penyebab terjadinya banjir juga tidak kalah penting. Penyebab banjir sebenarnya cukup beragam. Mulai dari faktor kondisi alam hingga faktor perbuatan manusia. Penyebab-penyebab di bawah ini harus diperhatikan dengan baik oleh masyarakat supaya peristiwa banjir tidak lagi terjadi di lingkungan sekitar. 

Hujan Lebat

Penyebab pertama yang kerap membuat lingkungan menjadi banjir tidak lain adalah hujan lebat. Sering kali saat hujan turun begitu derasnya selama berjam-jam, wilayah di sekitar kita akan mulai digenangi air. Kondisi alam yang seperti ini memang tidak bisa dihindarkan. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\Penyebab-Penyebab Banjir.jpg

Akan tetapi, hujan deras yang terjadi juga tidak akan mengakibatkan banjir bila daerah resapan yang ada juga cukup baik. Sayangnya, di beberapa wilayah justru telah kehilangan daerah resapan yang membuat banjir lebih sering datang, misalnya saja di wilayah perkotaan.

Bendungan Jebol

Penyebab kedua dari banjir bisa disebabkan oleh bendungan yang jebol. Bendungan biasanya dipakai untuk membendung waduk ataupun danau supaya airnya tidak sampai meluber ke pemukiman. Namun, ada kalanya saat terjadi hujan deras atau saat bendungan tersebut sudah tidak berfungsi dengan baik, potensi jebolnya akan semakin besar.

Baca juga: Cara Menanggulangi Pencemaran Air dan Penyebabnya 

Hal ini akan menyebabkan air menggenangi wilayah pemukiman sekitar. Akibatnya, masyarakat harus rela rumahnya tergenang air dan cepat-cepat melakukan tindakan evakuasi. 

Penebangan Hutan Secara Liar

Penebangan hutan secara liar termasuk dalam penyebab banjir yang diakibatkan oleh manusia. Penebangan hutan seperti ini biasanya dilakukan tanpa izin kepada pemerintah maupun warga setempat. Sehingga, termasuk dalam praktik ilegal.

Akibat dari penebangan hutan liar, daerah resapan air pun berkurang banyak. Alhasil, banjir pun mudah sekali terjadi. Bukan hanya itu saja, penebangan hutan secara liar bisa memberikan dampak buruk lainnya seperti halnya bencana longsor dan erosi. 

Pembuangan Sampah Sembarangan

Kebiasaan buruk satu ini menjadi salah satu penyebab utama terjadinya banjir. Bagaimana tidak, sampah-sampah yang menumpuk apalagi di selokan dan saluran pembuangan air pastinya akan membuat selokan tersumbat. Sehingga, jika terjadi hujan deras, tentu saja akan membuat air meluber ke permukaan dan ke pemukiman. 

Pemukiman di Pinggir Sungai atau Kali

Di wilayah perkotaan seperti Jakarta, mudah sekali menemukan warga yang tinggal di wilayah pinggir kali atau sungai. Mengingat tempat tinggal mereka yang di pinggir kali, mereka sering memanfaatkan kali sebagai tempat membuang sampah. Bukan hanya sampah organik saja, sampah anorganik pun kerap dibuang ke sana. 

Ini tentu akan jadi permasalahan besar. Tiap kali hujan datang, air di sungai atau kali tidak bisa mengalir secara lancar, sehingga air tersumbat dan pada akhirnya akan menyebabkan banjir. Bisa dikatakan jika berbagai penyebab banjir saling berhubungan satu sama lain. Butuh langkah atau cara menanggulangi banjir yang tepat supaya banjir tidak lagi terjadi. 

Cara Menanggulangi Banjir

Cara menanggulangi banjir yang tepat dapat dikelompokkan menjadi 3 langkah. Diantaranya langkah pencegahan, langkah penanganan, dan langkah pemulihan. Seperti yang akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini. 

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\Cara Menanggulangi Banjir.jpg

Langkah Pencegahan

Ada peribahasa yang mengatakan jika mencegah itu lebih baik. Begitu juga dengan banjir, langkah pencegahan dinilai sangat penting sebelum banjir tersebut benar-benar terjadi. Ada 5 langkah yang bisa diaplikasikan oleh masyarakat untuk mencegah banjir seperti dalam penjelasan berikut. 

Baca juga: Harus Tahu, ini Cara Mengatasi Pemanasan Global 

Pembangunan Pengendali Banjir

Pembangunan pengendali banjir bisa dilakukan di wilayah sungai maupun di dataran. Beberapa contoh pengendalian yang sudah dilakukan di wilayah banjir misalnya kolam retensi, pembuatan cek dam, bendungan, hingga polder. 

Memperbanyak Lahan Hijau

Saat banyaknya penebangan hutan liar, solusi yang bisa dilakukan untuk saat ini adalah mulai memperbanyak lahan hijau. Masyarakat dan pemerintah diharapkan bisa turut serta memfasilitasi reboisasi dan penghijauan di perkotaan maupun di lingkungan rumah. Dengan begitu, banjir akan secara perlahan teratasi. 

Memasang Paving Block di Halaman Rumah

Sebagai langkah pencegahan dalam cara menanggulangi banjir, kamu bisa mulai menerapkan pemasangan paving block di halaman rumah. Paving block bisa meresap air hingga ke tanah. Hal ini membuat keseimbangan air tanah juga tetap terjaga. Sehingga, langkah ini bisa jadi langkah kecil yang berarti untuk pencegahan banjir. 

Menyediakan Biopori di Lingkungan Rumah

Selain memasang paving block, membuat biopori atau sumur resapan tentunya akan sangat bermanfaat untuk mencegah banjir. Apalagi jika lingkungan rumah kamu didominasi oleh jalanan beraspal. Diketahui cara ini juga ampuh untuk meningkatkan jumlah air tanah di wilayah perkotaan. 

Rutin Membersihkan Selokan

Langkah pencegahan yang mudah namun kerap kali dilupakan adalah membersihkan selokan. Padahal, selokan sering menjadi tempat pembuangan sampah sembarangan bagi beberapa orang. Dengan membersihkan selokan secara rutin, setidaknya hal tersebut bisa membantu lancarnya aliran air di kala terjadi hujan lebat. 

Disamping itu, selokan yang rutin dibersihkan pun akan membantu mengurangi berkembangnya sarang penyakit. Jadi, secara keseluruhan cara ini memang sangat ampuh untuk menjaga kebersihan lingkungan rumah.  

Baca juga: Panduan Lengkap Produk dan Jasa Finansial di Indonesia 

Langkah Penanganan

D:\FREELANCE NULIS\_KREDIT PINTAR\3\PIC\Penyebab-Penyebab Banjir.jpg

Ada kalanya bencana banjir terjadi dan kondisi tersebut tak dapat dielakkan. Apabila banjir sudah kadung terjadi, ada beberapa cara menanggulangi banjir dengan langkah penanganan. Contohnya, dengan memberikan pemberitahuan atau penyebaran informasi tentang prakiraan banjir. 

Selain itu, langkah tanggap darurat juga penting yang dibarengi dengan bantuan perlengkapan logistik bagi masyarakat. Masyarakat dapat pula memanfaatkan aplikasi pantau banjir yang bisa dipakai untuk mengetahui informasi terkini mengenai banjir. Termasuk daerah mana saja yang terkena banjir, berapa kedalaman, dan lain sebagainya. 

Langkah Pemulihan

Tidak kalah penting dari langkah penanganan, langkah pemulihan banjir juga sangat dibutuhkan. Terutama bagi masyarakat yang terdampak oleh banjir tersebut. Ada beberapa langkah pemenuhan kebutuhan yang bisa dilakukan seperti memberikan bantuan kebutuhan sehari-hari. Lalu, memperbaiki sarana dan prasarana yang rusak. 

Tidak lupa, perlu juga dilakukan kajian terkait langkah pencegahan yang lebih baik. Tujuannya supaya banjir tidak lagi terjadi dan hal ini harus dilakukan secara cepat dan tepat. Apalagi masyarakat tentunya sangat dirugikan dengan bencana banjir yang terus-terusan terjadi di wilayah mereka.

Baca juga: Promo Cashback Rp25rb dari Kredit Pintar dan OVO 

Jadi, dari penjelasan di atas, dapat dikatakan jika banjir masih menjadi masalah pelik yang patut untuk diselesaikan. Masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama untuk memaksimalkan cara menanggulangi banjir ini. Disamping itu, bukan hanya langkah pencegahan saja yang penting, langkah penanganan dan langkah pemulihan juga harus terus dilakukan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download