Begini Cara Membuat Website untuk Bisnis Sobat Pintar

03 Dec 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Cara membuat website untuk bisnis juga bukan hal yang sulit. Melalui sebuah website, Sobat Pintar bisa menawarkan suatu produk atau jasa Sayangnya, masih banyak yang belum mengaplikasikan teknik penjualan yang satu ini. Padahal, pemasaran produk dan jasa di dunia digital memiliki prospek yang menjanjikan karena bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Alasannya adalah karena banyak yang masih berpikir bahwa membuat website harus paham coding dan hal teknis lainnya. 

Tertarik mempelajari cara membuat website untuk mengembangkan bisnismu? Baca artikel ini sampai selesai.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 3\cara membuat website 1.jpg

Baca juga: Cara Bikin Tampilan Website e-Commerce Untuk Datangkan Pelanggan

Saatnya Pelajari Cara Membuat Website, Step by Step

Nah, daripada tenggelam dalam ketakutan yang tidak berdasar, coba baca ulasan tentang cara membuat website untuk bisnis Sobat Pintar berikut ini.

1. Menentukan Ciri Khas Website

Sebelum membuat website, biasanya seseorang harus menentukan ide dari konten untuk ditampilkan pada website. Namun, jika tujuan pembuatan website untuk melakukan transaksi bisnis, maka Sobat Pintar bisa langsung menggunakan jenis e-commerce website

Berikutnya, Sobat Pintar tinggal menentukan ciri khas yang ingin ditonjolkan dari website. Contohnya fitur yang lebih mutakhir atau tampilan antarmuka yang lebih ramah pengguna dibandingkan dengan kompetitor.

2. Menentukan Nama Domain

Nama domain diperlukan untuk membuat konsumen dapat menemukan produk atau jasa yang ditawarkan dengan mudah. Sebagai saran, lebih baik gunakan nama perusahaan atau bisnis yang dijalankan, sebagai nama domain dari website bisnis milikmu.

Selain itu, Sobat Pintar juga bisa memikirkan nama unik yang bisa mewakili baik bisnis maupun website bisnis. Nama yang unik akan membuat konsumen mudah menemukan website Sobat Pintar karena kecil kemungkinannya untuk tertukar dengan website lain dengan nama serupa. 

Untuk mempermudah tahapan ini, Sobat Pintar bisa menggunakan tool pengecekan nama domain.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 3\cara membuat website 4.jpg

Sumber: Pixabay

3. Memilih Web Hosting

Kalau bisnis konvensional Sobat Pintar berlokasi di suatu tempat seperti gedung perusahaan, rumah toko, atau bahkan rumah pribadi, maka website bisnis Sobat Pintar pun harus memiliki ‘tempat’. Tempat untuk meletakkan seluruh data yang terkait dengan bisnis produk dan jasa milik Sobat Pintar ini disebut dengan web hosting. Memilih web hosting juga sama seperti jika Sobat Pintar ingin memilih suatu tempat usaha. 

Sobat Pintar bisa meminta rekomendasi dari seorang web developer untuk mengetahui web hosting mana yang dapat menyediakan layanan sesuai kebutuhan Sobat Pintar. Ingat, jangan hanya berkonsultasi soal harga saja, Sobat Pintar juga harus mempertimbangkan layanan yang ditawarkan oleh sebuah web hosting yang meliputi kecepatan akses dan bandwidth yang akan Sobat Pintar dapatkan nantinya.

4. Memilih Platform 

Cara membuat website sendiri tidak harus bisa coding, jadi Sobat Pintar tidak perlu khawatir. Saat ini, siapapun bisa menggunakan CMS (Content Management System) untuk membuat website. CMS merupakan platform pembuatan sistem web untuk membuat dan menyesuaikan sistem web dengan mudah tanpa repot memikirkan soal coding

Jadi, Sobat Pintar tinggal membangun dan menyunting sebuah website hanya dengan mengklik tombol-tombol yang telah tersedia. Ingin mengunggah sebuah halaman berisi artikel bisnis? Tinggal menulis seperti biasa dan menyunting layaknya editor teks biasa sebelum mengunggahnya. 

Salah satu platform yang cukup terkenal dan sering digunakan adalah WordPress karena terbukti paling banyak digunakan di dunia. Hal itu tidak mengherankan mengingat WordPress sangat mudah untuk dikustomisasi sesuai keinginan penggunanya. 

Kerangkanya yang fleksibel, keramahan komponen antarmuka bagi pengguna, serta ketersediaan manual untuk dipelajari agar bisa mengoperasikan platform dengan mudah merupakan alasan penunjang yang membuat WordPress menjadi CMS paling populer di dunia. 

Baca juga: Rekomendasi Bisnis Online dengan Omset Melejit di Kala Pandemi

5. Membuat Website

Misalkan Sobat Pintar memilih WordPress sebagai platform yang akan digunakan, langkah berikutnya adalah melakukan instalasi pada web hosting pilihan Sobat Pintar. Tentunya, setiap layanan hosting memiliki kontrol panel yang berbeda-beda. Namun, biasanya cara instalasi WordPress hanya membutuhkan sekali klik yang kemudian dilanjutkan dengan langkah-langkah sesuai panduan.

6. Mendesain Website

WordPress menyediakan theme gratis yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk mempercantik tampilan antarmuka di website bisnis. Namun, agar lebih profesional, tentu Sobat Pintar harus mengeluarkan biaya untuk membeli premium theme

Sobat Pintar juga bisa mengkustomisasi theme sesuai dengan keinginan Sobat Pintar dengan menggunakan jasa pembuatan theme WordPress.

7. Menyediakan Halaman Khusus Profil Usaha

Halaman yang berisi informasi lengkap tentang profil perusahaan biasanya menjadi halaman yang cukup sering didatangi pengunjung baru dari website bisnis Sobat Pintar. Hal ini dikarenakan pengunjung baru yang berpotensi menjadi calon klien Sobat Pintar ingin mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas demi meyakinkan diri mereka untuk membeli produk ataupun jasa yang Sobat Pintar tawarkan. Karena itu, jangan lupa untuk menyediakan halaman khusus profil perusahaan yang sarat informasi di website Sobat Pintar. 

Profil perusahaan harus diisi dengan identitas lengkap dari bisnis yang dijalankan. Hal itu meliputi, nama perusahaan, tagline perusahaan, hingga logo perusahaan. 

Sobat Pintar juga bisa mencantumkan kontak bisnis Sobat Pintar berupa e-mail, nomor telepon, nomor HP, nomor WhatsApp, hingga akun resmi seperti akun IG, FB, serta Twitter. Makin lengkap informasi yang Sobat Pintar sediakan, makin yakin pula klien untuk melakukan transaksi dengan Sobat Pintar.

8. Menulis Artikel Seputar Produk dan Jasa

Sobat Pintar bisa mengoptimalisasi traffic pengunjung ke website bisnis Sobat Pintar dengan mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan produk dan jasa yang ditawarkan. 

Jenis artikel yang bisa Sobat Pintar tulis adalah artikel yang bersifat mengedukasi sekaligus soft-selling. Selain meningkatkan minat klien untuk mengunjungi website bisnis Sobat Pintar, mempublikasikan artikel di website Sobat Pintar bisa membuat website Sobat Pintar makin sering muncul di mesin pencari. Hal ini dikarenakan adanya keyword pada artikel yang Sobat Pintar publikasikan. Keberadaan artikel untuk membuat website bisnis Sobat Pintar muncul di halaman pertama mesin pencarian pun masih bisa dimaksimalkan jika Sobat Pintar memahami teknik penulisan SEO.

Setelah membaca panduan cara membuat website di atas, semoga Sobat Pintar makin yakin untuk mengembangkan bisnis Sobat Pintar dengan menggunakan media website. Jangan mencemaskan dana ekstra yang harus Sobat Pintar keluarkan demi melakukan setiap langkah tersebut. Sebab, nantinya semua modal yang Sobat Pintar keluarkan tersebut akan membantu bisnis Sobat Pintar agar makin berkembang. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download