Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

01 May 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Salah satu komponen paling penting dalam membuat lamaran kerja adalah Curriculum Vitae (CV). Bila dulu CV identik dengan kertas putih dan tinta hitam biasa yang memuat beberapa informasi penting mengenai data diri, riwayat pendidikan, pengalaman, dan lain-lain, maka sekarang Anda sudah bisa membuat CV dengan desain dan template yang lebih menarik. Ini dia cara membuat CV lamaran kerja.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

Bahkan sekarang membuat CV juga bisa dilakukan dengan mudah melalui handphone, lho, baik itu Android maupun iPhone! Anda tinggal mengunduh berbagai macam aplikasi pembuat CV di Play Store atau App Store sehingga CV Anda menjadi terlihat menarik dan efisien di mata para rekruter.

Nah, untuk mencari tahu bagaimana cara membuat CV lamaran kerja yang menarik melalui handphone, yuk simak penjelasan di bawah ini dengan lengkap!

Baca juga: 3 Hal Penting yang Harus Ada di CV

Sebelum Cari Tahu Cara Membuat CV Lamaran Kerja, Sebenarnya Apa Itu CV?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu komponen penting yang wajib ada dalam lamaran kerja. CV seperti sebuah identitas diri yang Anda perlihatkan kepada rekruter tentang bagaimana kualitas dan kualifikasi yang Anda miliki tersebut bisa cocok dengan perusahaan yang akan Anda lamar. 

Bisa dikatakan bahwa dokumen ini akan menjadi sebuah bahan pertimbangan bagi HRD dan para perekrut dalam memutuskan apakah akan menerima Anda di perusahaan mereka atau tidak. Semakin menarik CV Anda, maka semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan kesempatan mengikuti tahap seleksi berikutnya seperti panggilan interview atau wawancara. Karena itulah, sangatlah penting untuk mengetahui cara membuat CV lamaran kerja yang menarik sekaligus kreatif agar rekruter mau melirik Anda.  

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

Paramitha Selviana Oktora dalam bukunya yang berjudul “Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae (2007:56-57)” menjelaskan bahwa ada beberapa langkah atau cara membuat CV lamaran kerja yang tepat, menarik dan profesional. Penasaran apa sajakah itu? Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Cantumkan Identitas Diri yang Benar

Hal pertama yang wajib dicantumkan dalam CV adalah memasukkan data atau identitas diri dengan benar, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat domisili, nomor kontak, media sosial, serta alamat email yang dapat dihubungi. 

Tak hanya itu, pastikan juga bahwa alamat email Anda terkesan resmi di mata rekruter. Jangan menggunakan nama-nama yang memberi kesan alay dan terlihat tidak professional. Contoh nama email yang salah adalah seperti: inirahma.imoeett34@gmail.com. Supaya terlihat resmi, gunakan saja nama lengkap Anda dalam email misalnya: rahmasyifa@gmail.com

2. Wajib Memasukkan Riwayat Pendidikan yang Pernah Ditempuh

Dalam penulisan CV, riwayat pendidikan adalah salah satu komponen penting yang wajib Anda masukkan. Dalam bagian ini, Anda tidak perlu memasukkan seluruh riwayat pendidikan formal Anda. Cukup masukkan dari tingkat SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi saja. Namun, bila pendidikan terakhir Anda setingkat Master atau bahkan mencapai jenjang doktoral, maka cukup cantumkan riwayat pendidikan mulai dari tingkat Sarjana. 

Tak hanya itu, selain pendidikan formal, Anda juga bisa memasukkan riwayat pendidikan informal seperti pelatihan, kursus, dan lain-lain yang pernah Anda ikuti lho! Bisa jadi pendidikan informal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perekrut untuk melirik Anda apalagi jika pendidikan informal tersebut berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

3. Sebutkan Pengalaman Kerja dan Organisasi yang Dimiliki

Apabila Anda pernah memiliki pengalaman kerja di kantor atau perusahaan lain sebelumnya termasuk didalamnya program magang, maka pengalaman tersebut wajib Anda masukkan dalam CV. Tidak usah terlalu panjang, cukup masukkan secara singkat, padat, dan jelas. 

Informasi yang bisa Anda masukkan adalah seperti nama perusahaan dan kota tempat perusahaan tersebut berada, berapa lama durasi Anda bekerja di sana, posisi terakhir saat bekerja serta garis besar pekerjaan yang Anda lakukan pada posisi tersebut. 

Selain pengalaman kerja, Anda juga bisa memasukkan pengalaman organisasi ke dalam CV. Informasi detail organisasi yang dimasukkan adalah seperti nama dan tempat organisasi yang pernah Anda ikuti di sekolah maupun perguruan tinggi, posisi terakhir dalam organisasi, durasi berorganisasi, hingga apa saja yang Anda kerjakan dalam organisasi tersebut. 

4. Jelaskan Skill / Keahlian yang Mampu Menunjang Kemampuan Diri

Elemen penting lain yang juga wajib Anda masukkan dalam CV agar terlihat semakin menarik adalah keahlian, skill atau kemampuan yang Anda miliki. Dengan menyebutkan keahlian atau skill tersebut, diharapkan dapat menunjang posisi yang sedang Anda lamar. Contohnya adalah punya kemampuan dalam bidang desain grafis, digital marketing, SQL, Search Engine Optimization, dan lain-lain. 

5. Tuliskan Daftar Prestasi atau Capaian yang Pernah Diraih

Punya banyak prestasi? Well, jangan ragu untuk memasukkannya dalam CV. Namun ingat, penulisan penjelasan prestasinya jangan terlalu panjang. Cukup sebutkan nama prestasi yang pernah dicapai tersebut, waktu, serta lokasinya saja. Anda punya banyak waktu menjelaskan detail prestasi tersebut ketika ditanya oleh rekruter kelak saat proses interview.

Demikianlah kelima tahapan cara membuat CV lamaran kerja yang tepat, menarik, dan profesional. Usahakan untuk menjelaskan setiap poin di dalam CV tersebut secara singkat, padat, dan jelas. Bila perlu, gunakan kata-kata yang sarat makna, efisien namun tetap cerdas. Tuliskan tiap alurnya dengan runut seperti penjelasan di atas. Atau dengan kata lain, jangan lompat-lompat. 

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

Baca juga: Pengertian dan Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja yang Menarik

Cara Membuat CV Lamaran Kerja Lewat Aplikasi di HP

Tanpa perlu menggunakan PC atau laptop, saat ini sudah banyak aplikasi di Play Store atau App Store yang dapat memudahkan Anda untuk membuat CV lamaran kerja langsung lewat handphone. 

Bahkan bila Anda lihat di internet, ada banyak contoh template CV yang hanya bisa dibuat melalui aplikasi-aplikasi di handphone baik itu yang berbasis Android maupun iPhone. Apa sajakah aplikasi-aplikasi pembuat CV seperti yang dimaksud? Berikut daftarnya!

1. Canva

Ada banyak macam proyek desain dalam Canva, termasuk salah satunya adalah untuk menyusun CV lamaran kerja. Sebagai salah satu aplikasi populer, Canva bahkan menyediakan banyak template CV yang bisa Anda pilih secara gratis lho. Hal ini tentu menguntungkan karena Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk memikirkan layout apa yang menarik untuk CV Anda nantinya. 

Cara membuat CV lamaran kerja dengan Canva sangatlah mudah. Urutannya adalah sebagai berikut.

  • Download aplikasi Canva di Play Store atau App Store. Atau bisa juga langsung masuk ke website resmi Canva menggunakan browser di handphone Anda
  • Ketik “Curriculum Vitae” pada kolom pencarian
  • Atau bisa juga pilh menu pustaka Canva yang menyediakan beragam template CV di sana
  • Pilih template CV mana yang Anda suka
  • Klik kotak teks pada template pilihan tersebut, lalu tambah data atau identitas diri Anda dengan benar
  • Data yang dimasukkan adalah seperti yang dijelaskan sebelumnya
  • Sekarang sesuaikan font, warna, serta tata letak template sesuai dengan yang Anda butuhkan
  • Terakhir tinggal unduh CV lamaran kerja Anda dalam format yang Anda inginkan. Namun umumnya CV itu dalam bentuk PDF 
  • Proses pembuatan CV menggunakan aplikasi Canva pun selesai

2. CV Engineer

Aplikasi yang satu ini agak sedikit berbeda dari aplikasi pembuat CV lainnya. Bila yang lain harus memilih template terlebih dahulu baru memasukkan data pribadi dan informasi penting lainnya, maka CV Engineer malah sebaliknya. 

Anda harus memasukkan segala informasi yang dibutuhkan dalam CV terlebih dahulu. Barulah setelah itu, aplikasi ini akan menyatukan semua informasi tersebut dalam sebuah layout. Untuk finishing, tinggal sesuaikan layout tersebut seperti yang Anda inginkan. 

3. Easy Resume Builder

Bagi Anda yang baru pertama kali membuat CV, maka aplikasi yang satu ini sangatlah tepat untuk Anda. Seperti namanya “easy”, keunggulan aplikasi ini adalah sangat user friendly dan bahkan memiliki interface yang mudah untuk dioperasikan bahkan oleh seorang pemula. 

Dan seperti Canva, aplikasi ini juga memiliki beragam template CV yang menarik untuk dipilih. Anda tinggal ganti isian pada template tersebut dengan identitas dan informasi diri yang benar dan lengkap. Setelah semuanya selesai diisi, CV bisa diunduh dalam format PDF atau bisa juga langsung dibagikan dan dikirimkan ke email Anda.

4. Pathsource Resume

Pengen buat CV lamaran kerja dengan aplikasi rating lima bintang di App Store? Well, Anda harus coba Pathsource Resume kalau begitu. Memiliki interface yang bisa dipahami dengan mudah, aplikasi ini bahkan bisa digunakan oleh orang yang tak memiliki kemampuan desain sekalipun. 

Ada banyak contoh desain di aplikasi ini yang sudah disesuaikan dengan tema berbagai macam pekerjaan. Anda tinggal pilih salah satunya dengan mudah sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan Anda lamar. Bila kurang puas dengan hasilnya, gunakan saja fitur evaluasi CV dari para profesional yang disediakan oleh aplikasi. 

5. CV Maker Resume Builder PDF

Dilengkapi dengan lebih dari 100 template CV, dan 250 buah template cover letter, hingga beragam font, bahasa dan gambar yang bisa Anda pilih sesuka hati, CV Maker Resume Builder PDF bisa menjadi salah satu aplikasi pembuat CV terbaik yang pernah Anda coba. Hanya dalam waktu kurang dari lima menit, aplikasi ini bisa membuat CV Anda menjadi terlihat lebih professional dan menarik di mata para rekruter. Bahkan Anda juga bisa menambah tanda tangan di akhir CV, lho!

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik

Baca juga: 5 Aplikasi Desain Terbaik 2021 

6. WPS Office

Memiliki tampilan seperti Microsoft Word, aplikasi WPS Office juga bisa Anda gunakan untuk membuat CV lamaran kerja langsung dari handphone. Penasaran bagaimana cara membuat CV lamaran kerja menggunakan aplikasi WPS Office yang ada di smartphone? Yuk, simak penjelasannya!

  • Download aplikasi di Play Store atau App Store
  • Install WPS Office di handphone Anda
  • Setelah proses install sukses, klik icon WPS Office yang sudah terinstal untuk masuk ke halaman utama
  • Tekan tombol bagian simbol (+) yang terletak di bagian kanan bawah layar
  • Lalu pilih “Doc”
  • Plih “Resume” yang terletak pada bagian bawah
  • Jika Anda ingin tahu template yang lain, maka klik menu “Lainnya”
  • Scroll dan lihat template mana yang ingin Anda gunakan untuk membuat CV
  • PIlih template mana yang Anda suka
  • Masukkan data diri mulai dari identitas diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, keahlian atau skill, dan lain-lain
  • Bila pada template ada pembahasan yang tidak ingin Anda cantumkan dalam CV, maka hapus saja kolom tersebut
  • Selanjutnya masukkan pas foto Anda
  • Periksa kembali CV tersebut lalu simpan dalam handphone menggunakan PDF

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat CV lamaran kerja yang menarik, lengkap dan mudah dibuat bahkan bila Anda adalah seorang pemula dan tidak paham dalam membuat desain sekalipun. Semoga menjadi informasi bermanfaat yang dapat membantu membuat CV versi terbaik dari diri Anda supaya dilirik oleh HRD dan para rekruter tempat Anda melamar kerja.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download