5 Aplikasi Desain Terbaik 2021

27 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 08 Nov 2021

Saat ini kebutuhan untuk aplikasi desain makin meningkat saja. Dulu mungkin hanya perusahaan yang membutuhkan desainer grafis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka, tapi sekarang dengan terhubungnya semua orang di internet, semua orang dapat melakukan self-branding melalui media sosial. Branding dapat dilakukan paling baik menggunakan desain grafis yang menarik mata orang, maka dari itu semua orang berlomba-lomba membuat desain terbaik dan paling eye-catching. Lima aplikasi desain di bawah ini merupakan aplikasi terbaik untuk memenuhi kebutuhan desain Anda.

  1. Canva

Aplikasi yang beberapa tahun terakhir sedang naik daun, Canva memang menyediakan tools atau peralatan dan bahkan bahan design dengan sangat lengkap. Terutama, Canva menjadi pilihan aplikasi desain nomor satu bagi desainer grafis pemula atau bahkan orang yang belum pernah mendesain sama sekali.

5 Aplikasi Desain Terbaik 2021

Canva menyediakan banyak sekali template desain untuk berbagai keperluan, mulai dari pembuatan poster, slideshow presentasi, infografis, bahkan CV sekalipun, dan masih banyak lagi. Bahkan Canva juga menyediakan berbagai ilustrasi seperti foto dan clipart yang siap ditempel pada desain Anda. Tidak hanya itu, Canva juga menyediakan beragam font mulai dari jenis Serif sampai yang sangat dekoratif ataupun cursive. Memang ada template, ilustrasi, dan font yang berbayar, tetapi banyak sekali yang gratis dan tidak kalah bagus.

Selain itu, Canva amat sangat mudah digunakan. Inilah mengapa para pemula suka menggunakan aplikasi ini, semua perintah dapat dilakukan hanya dengan 1-2 klik dan hasilnya instan, tidak perlu dikerjakan secara manual. User Interface dan desain aplikasi Canva juga sangat simple namun menarik, cocok sekali dengan selera anak muda sekarang.

Keuntungan lain dari Canva adalah aplikasinya terintegrasi dengan web. Dengan melakukan share link, satu desain yang sama dapat dikerjakan oleh beberapa orang dari berbagai perangkat dalam waktu bersamaan. Canva dapat digunakan di smartphone (tersedia baik untuk Android dan iOS) maupun di situs webnya.

Canva juga memiliki segudang fitur menarik lainnya yang tidak banyak diketahui orang. Contohnya adalah Content Planner yang merupakan semacam kalender yang dapat membantu desainer membuat jadwal perencanaan pembuatan atau publikasi suatu desain. Fitur menarik lain yang jarang orang ketahui adalah color cards untuk melihat nama shade dan kode suatu warna

  1. GoDaddy Studio (Over)

GoDaddy Studio, atau yang dulu dikenal sebagai Over, juga merupakan aplikasi desain yang terkenal karena kepraktisan serta banyaknya template yang indah. Aplikasi ini sangat cocok untuk mengedit konten media sosial seperti Instagram Story dan paling bagus digunakan oleh non-desainer.

Jika dibandingkan dengan Canva, penggunaan aplikasi ini bahkan lebih sederhana, tetapi bisa dibilang ini karena fiturnya juga tidak sebanyak Canva. Secara umum Adobe Spark belum bisa menjadi alternatif Canva karena Canva masih unggul dalam banyak aspek. Terutama yang paling disayangkan adalah walaupun banyak template bagus di aplikasi ini, sekarang hampir semua template berbayar. 

  1. Spark Post (Adobe Spark)

Mirip seperti Canva, Adobe Spark juga merupakan aplikasi desain yang dapat diakses secara online di situs web maupun mobile di HP. Adobe Spark pun menyediakan berbagai template dan ilustrasi yang dapat digunakan secara praktis pada desain Anda. Aplikasi ini cocok untuk dijadikan alternatif Canva apabila mulai kekurangan bahan template gratis di Canva. Tapi lagi-lagi bisa dibilang jika fitur-fiturnya dibandingkan, Canva masih unggul daripada Adobe Spark.

Satu kelebihan Adobe Spark dari Canva yang walaupun kecil tetapi sangat membantu, yaitu bisa melakukan color pick. Dengan fitur ini, desainer dapat mengambil warna dari foto maupun template sehingga warna langsung cocok. Ini merupakan salah satu kekurangan Canva yang sangat aneh karena tidak dapat dimengerti kenapa Canva tidak memberikan fitur tersebut yang sangat penting bagi desainer, terutama yang sudah biasa menggunakan Photoshop.

  1. Crello
Graphical user interface, text, application

Description automatically generated

Dari semua aplikasi desain yang ada pada artikel ini, Crello adalah yang paling cocok disebut sebagai alternatif Canva. Kelebihan utama dari Crello adalah Crello menyediakan banyak sekali foto freestock yang siap digunakan tanpa melanggar hak cipta dan sekali lagi, GRATIS. Crello juga memiliki menu “Inspirasi” di mana desainer dapat melakukan browsing untuk mendapatkan inspirasi desain.

Fitur yang tersedia pada Crello bisa dibilang cukup dan penggunaanya praktis. Transparansi objek maupun tulisan dapat diatur dengan sangat mudah, bahkan menambahkan musik pun juga tidak perlu bingung karena menunya terlihat dengan jelas saat sedang mengedit. Memang tidak selengkap Canva, tapi bisa dibilang ini juga adalah kelebihan Crello, yaitu fiturnya yang tidak terlalu banyak jadi tidak membingungkan, cocok untuk non desainer. Aplikasi ini paling baik untuk membuat konten media sosial, terutama Instagram Story.

  1. Adobe Photoshop

Aplikasi yang satu ini memang terlihat mencolok dan berbeda dari aplikasi-aplikasi lain dalam daftar ini, namun rasanya aneh kalau tidak menambahkan Photoshop saat membicarakan desain. Sehebat-hebatnya dan sepraktis apapun aplikasi-aplikasi baru, ada alasan mengapa Adobe Photoshop masih menjadi salah satu aplikasi desain yang paling banyak digunakan. Walau memang kebanyakan tools di Photoshop harus dikerjakan secara manual, yang dapat dilakukan di Photoshop jauh lebih banyak daripada aplikasi-aplikasi praktis.

Seperti namanya, Photoshop memang lebih fokus ke pengeditan foto, jadi memang keunggulannya adalah untuk mengedit desain grafis yang berbasis atau mengandung foto. Mulai dari hal sederhana seperti menghapus background sampai memanipulasi foto, Photoshop memiliki tools terlengkap. Selain itu, apa pun yang dapat dilakukan di aplikasi lain hampir pasti dapat dilakukan di Photoshop, walau mungkin lebih ribet dan membutuhkan skill lebih tinggi.

Sayangnya, versi ringan Photoshop untuk digunakan sebagai aplikasi desain di HP sangat kurang memuaskan dibandingkan versi PC-nya, bahkan bisa dibilang fiturnya lebih sedikit daripada PicsArt. Adobe Photoshop direkomendasikan untuk digunakan untuk digunakan di PC. Walau memang tidak mungkin mudah mengompres Adobe Photoshop yang lebih dari 1 GB di Windows menjadi aplikasi compact di HP, diharapkan aplikasi Photoshop Express dapat dikembangkan lagi selanjutnya agar fiturnya makin banyak.

Itulah aplikasi-aplikasi desain terbaik di tahun 2021. Apabila Anda sedang menggunakan versi gratis dari aplikasi-aplikasi di atas dan ingin melakukan upgrade ke versi Premium, lisensinya bisa dibilang cukup mahal, apalagi untuk lisensi tahunan. Jika ingin menggunakan aplikasi desain Premium untuk bisnis Anda atau untuk menjual desain, Anda dapat melakukan pinjaman modal di Kredit Pintar kemudian membayarnya dengan keuntungan yang Anda dapatkan dari menjual desain yang Anda buat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload