7 Cara Membuat Blogspot Blog di Blogger!

14 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Cara membuat blog di Blogspot sangatlah mudah dan praktis, bahkan Anda bisa melakukannya secara gratis. Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk membuat website atau blog sendiri di Blogger. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara membuat blogspot hanya dalam beberapa menit.

7 Cara Membuat Blogspot Blog di Blogger!

Perlu Anda ketahui, Blogspot atau Blogger merupakan platform penyedia layanan untuk membuat sebuah blog atau website. Blogger ini merupakan besutan dari Google, fitur-fitur di dalamnya sudah cukup lengkap dan sangat membantu aktivitas blogging.

Baca juga: Cara Membuat Blog untuk Pemula

Cara Membuat Blog di Blogger

Ada beberapa langkah dalam cara membuat blogspot yang harus Anda ikuti supaya website berhasil dibuat. Berikut ini akan kami jelaskan langkah-langkah membuat blog mulai dari membuat akun blogger sampai mengatur tampilan.

1. Membuat Akun Blogger

Langkah pertama dalam membuat blogspot adalah membuat akun terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menggunakan akun Google dan login ke Blogger menggunakan akun tersebut. Akun Google bisa digunakan untuk mengakses semua fasilitas yang ada di Blogger. Setelah login dengan akun Google, Anda bisa mulai membuat blog.

2. Mulai Membuat Blog

Silahkan Anda buka Blogger.com di browser Laptop Anda, kemudian pilih Create Your Blog. Masuk menggunakan akun Google yang Anda pilih. Setelah itu Anda akan diminta untuk melengkapi Blog List, silahkan tulis judul blog Anda di kolom Title dan isikan alamat websitenya.

Untuk alamat website, pastikan nama alamat tersebut belum pernah digunakan oleh pengguna lain di blogger. Jika alamat tersebut sudah digunakan, maka Anda harus mengganti dengan alamat lain yang masih tersedia.

7 Cara Membuat Blogspot Blog di Blogger!

Setelah mengisikan judul blog dan alamat websitenya, selanjutnya klik Create Blog. Sampai disini Anda sudah berhasil membuat blog Anda sendiri. Anda akan diarahkan ke tampilan halaman utama atau dashboard dari Blogger. Untuk melihat tampilan blog, Anda bisa klik View Blog yang ada di sebelah kiri bawah dashboard.

Baca juga: Tips Menulis Kreatif di Blog dan Contohnya

3. Membuat Postingan atau Halaman

Cara membuat blogspot yang selanjutnya adalah membuat halaman dan postingan. Untuk membuat postingan Anda bisa klik New Post, nantinya Anda akan diarahkan ke halaman untuk membuat postingan di blog.

Di halaman tersebut Anda bisa membuat konten sesuai keinginan. Di sini Anda juga bisa mengatur font yang digunakan, jenis teks, ukuran, warna, tata letak, dan berbagai pengaturan penulisan lainnya. Anda juga bisa menambahkan gambar dan video di laman pembuatan postingan ini.

Dan yang tidak kalah penting, di sini Anda juga bisa mengatur post setting dengan membuat labels, schedule (mengatur jadwal posting) dan permalink di sebelah kanan. Setelah Anda selesai membuat konten, silahkan klik Publish untuk membuat konten tersebut bisa dilihat di tampilan blog.

Selain membuat postingan, di Anda juga harus membuat halaman di Blogger supaya pengunjung tidak bingung saat mengunjungi blog Anda. Untuk membuat halaman, silahkan klik menu Pages > Pilih New Page untuk membuat halaman baru.

Setelah itu Anda akan diarahkan ke halaman page editor. Silahkan isi judul halaman di kolom Page sesuai informasi yang ingin Anda sampaikan di halaman tersebut. Jika sudah, silahkan klik Publish dan halaman sudah berhasil dibuat. Silahkan ulangi langkah tersebut untuk membuat halaman lain yang Anda inginkan.

4. Mengatur Tampilan Blog

Untuk mengatur tampilan blog, Anda bisa melakukannya dengan mengedit tema pada blog. Caranya adalah klik Theme di sebelah kiri laman. Setelah itu akan muncul teman yang sedang diterapkan dalam blog. Untuk mengubah tema, silahkan scroll ke bawah dan ubah tema dengan template yang disediakan Blogger.

Apabila template atau theme kurang sesuai dengan selera Anda, Anda bisa download tema-tema lain di soratemplates, templateclue, btemplate, dan situs-situs lain di Google. Setelah download template yang Anda inginkan, Anda tinggal menginstal tema tersebut di Blogger.

Cara instal template adalah dengan klik Theme > Customize > Pilih Upload. Silahkan pilih file template yang sudah Anda download sebelumnya (format XML). Jika sudah klik Open dan tunggu sampai proses upload selesai. Jika sudah silahkan lihat hasilnya dengan klik View your blog.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal

5. Mengatur Tata Letak Blog

Untuk mengatur tata letak di Blogger caranya adalah dengan klik menu Layout di sebelah kiri laman dashboard. Di laman tersebut Anda bisa mengatur tata letak blog sesuai keinginan, disana Anda bisa melihat outline blog.

Untuk mengatur tata letak, Anda tinggal drag kotak-kotak layout yang ada ke tempat yang Anda inginkan. Jika sudah jangan lupa untuk klik Save arrangement supaya tata letak tersebut bisa tersimpan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan berbagai fitur lain dalam blog seperti translate, search box, tombol subscribe, dan masih banyak lagi. Caranya adalah dengan klik Add a gadget di laman edit layout. Pilih fitur yang ingin Anda tambahkan dan klik Save.

7 Cara Membuat Blogspot Blog di Blogger!

6. Blog Berhasil Dibuat

Nah itulah tadi cara membuat blogspot atau blog di Blogger hanya dalam beberapa menit. Sekarang Anda sudah berhasil membuat blog Anda sendiri, untuk melihat tampilan blog yang telah dibuat silahkan klik View your blog yang ada di laman Dashboard.

Sampai disini sebenarnya Anda sudah berhasil membuat blog, namun ada juga beberapa pengaturan tambahan yang bisa Anda terapkan untuk melengkapi blog yang telah Anda buat. Berikut akan kami jelaskan secara singkat.

7. Pengaturan Tambahan

Ada beberapa pengaturan tambahan yang bisa Anda gunakan untuk mengatur dan mengkostumisasi beberapa aspek dalam blog Anda. Berikut ini adalah beberapa pengaturan tambahan yang cukup penting dan perlu Anda ketahui:

  • Pengaturan Dasar. Untuk membuat pengaturan ini, silahkan klik Settings > Basic, di bagian ini Anda bisa mengedit judul blog yang telah dibuat dan deskripsi blog Anda. Pengaturan ini akan membuat blog Anda terlihat lebih spesifik di Google. Kemudian pada Privacy, silahkan pilih Visible to search engine supaya blog Anda bisa dicari mesin pencarian.
  • Bahasa dan Pemformatan. Pengaturan ini digunakan untuk mengatur atau memilih bahasa yang diterapkan dalam blog Anda. Di sini Anda juga bisa mengubah format waktu sesuai keinginan dengan mengedit di bagian Formatting > Time Zone.
  • Pengaturan Postingan, Komentar, Sharing. Untuk mengatur bagian ini Anda bisa scroll ke bawah di bagian Post and comments. Anda bisa mengatur jumlah komentar, moderasi komentar, komentar tersemat, dan berbagai fitur lain terkait komentar dan sharing dalam postingan.
  • Pengaturan SEO. Untuk mengatur SEO di Blogger, silahkan scroll ke bawah pada menu Settings > pilih Meta tags. Silahkan klik Enable search description dan isi deskripsi di kolom Search description sesuai topik yang Anda bahas di blog tersebut.
  • Pengaturan Pengguna. Terakhir untuk bagian pengaturan pengguna bisa Anda lihat di menu User settings. Di sini Anda bisa mengedit user profil Anda mulai dari privacy, identity, sampai dengan foto profil blogger Anda. Bahkan Anda juga bisa menambahkan lokasi, pekerjaan, dan lain sebagainya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download