Cara Membersihkan Setrika yang Lengket Dengan Mudah

06 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Bagi banyak orang, menyetrika baju adalah tugas yang menguras tenaga dan waktu. Terlebih kalau setrikanya lengket, waktu kita bisa terbuang banyak untuk mencari cara membersihkan setrika yang lengket dan menerapkannya. 

Setrikaan yang sudah lengket biasanya mempunyai noda hitam seperti kerak yang sangat sulit dihilangkan, bahkan dibersihkan dengan silet pun tidak bisa. Jika kita memaksa menggunakannya untuk menyetrika, pakaian akan cepat rusak. 

Baca juga: Hemat Listrik, Ini 9 Kulkas Murah: 1 Jutaan

Kalau sudah begitu, masalah makin tambah banyak dan semakin menyiksa. Lalu adakah solusi yang dapat mengatasinya dengan mudah dan murah selain mengganti dengan yang baru? 

Tentu saja ada, dan kita bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah untuk mengatasi masalah ini. Tak percaya? Silakan simak informasi lengkapnya di bawah ini. 

Cara Membersihkan Setrika Gosong yang Lengket

Sebelum masuk ke pembahasan utama, kamu harus tahu dulu apa penyebab setrika lengket dan gosong. Sebab hal ini terjadi karena hal yang sepele, yaitu setrikaan terkena plastik atau sablon baju. 

Yup, alasannya sesimpel itu dan sudah banyak orang yang menjadi korbannya. Saat kamu menyetrika baju, sablonan di baju akan meleleh saat terkena panas setrika. Akibatnya, lelehan tersebut menempel ke plat besi sehingga menjadi lengket. 

Selain itu bisa juga karena setrika yang kamu gunakan terguling ke atas bahan plastik kemudian menempel di plat besi setrika yang panas. Lantas bagaimana cara membersihkan setrika yang lengket dan gosong?

  1. Gunakan daun pisang yang segar

Pertama, kamu bisa memanfaatkan daun pisang yang masih segar. Dulu saat alat setrika masih menggunakan bara api sebagai sumber panas, meletakkan dengan posisi miring itu mustahil. Oleh karena itu, orang jaman dulu memakai daun pisang yang masih segar untuk alasnya. 

Di jaman yang modern seperti sekarang, kamu bisa menggunakan daun pisang untuk membersihkan alat setrika gosong yang lengket. Caranya pun sangat mudah, kamu cukup mencari lima atau enam lembar daun pisang kemudian letakkan dua atau tiga lembar di atas permukaan yang rata. 

Setelah itu, gosokkan plat besi setrika pada daun pisang selama beberapa menit sampai terlihat bersih. Namun ada kalanya, daun pisang terlanjur mengering saat setrikaan masih kotor. Jika begitu, segera tambahkan lembaran daun pisang lagi sebagai alas yang baru. 

  1. Gunakan pasta gigi

Di dalam pasta gigi terdapat kandungan fluoride yang mampu membersihkan kotoran dan membuat gigi menjadi putih kembali. Nah, kandungan ini ternyata bisa mengatasi kerak yang membuat alat setrika jadi lengket. 

Kamu hanya perlu mengoleskan pasta gigi pada plat besi setrika yang masih dingin dan tidak tersambung dengan listrik. Setelah itu, gosong menggunakan sikat gigi atau lap sampai keraknya hilang. Ingat, jangan bilas permukaan setrika atau membasahinya dengan cairan apapun, ya!

  1. Gunakan lap basah dan handuk

Jika kamu kesulitan mendapatkan daun pisang, kamu bisa mengambil kain lap dan handuk yang ada di rumah. Setelah itu, hamparkan handuk di permukaan yang rata sebagai alasnya. 

Selanjutnya, basahi kain lap dan peras airnya, lalu letakkan di atas alas handuk tadi. Terakhir, gosokkan alat setrika pada lap basah sampai keraknya menghilang. 

  1. Gunakan lilin

Cara membersihkan setrika yang lengket selanjutnya adalah dengan menggunakan lilin. Untuk ini, kamu harus memanaskan setrikaan terlebih dulu lalu gosokkan lilin pada plat besinya sampai meleleh. 

Setelah itu, matikan alat setrika serta cabut colokan listriknya. Tunggu beberapa saat hingga setrika menjadi dingin dan lilinnya mengeras. Terakhir, bersihkan lapisan lilin yang sudah mengeras untuk mengangkat kotoran dari plat besi setrika. 

Baca juga: AC Murah yang Pas Di Hati dan Di Kantong

  1. Gunakan bedak bayi

Selain digunakan untuk si kecil, bedak bayi ternyata bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kerak pada setrika. Untuk melakukannya, siapkan dulu dua buah kain lap dan bedak bayi, lalu taburkan bedak pada salah satu kain lap. 

Setelah dirasa cukup, gosokkan setrika di atas kain lap tersebut beberapa kali sampai kotorannya terangkat oleh bedak. Selanjutnya, gosokkan setrika pada kain lap satu lagi agar tidak ada residu yang menempel. 

  1. Gunakan cuka putih dan baking soda

Cuka putih dan baking soda biasanya digunakan untuk memasak makanan di rumah. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengatasi kerak yang ada pada setrika gosong. Dengan catatan, cara ini hanya bisa diterapkan untuk kerak yang tipis. 

Sebagai langkah pertama, siapkan cuka dan baking soda secukupnya namun harus dalam takaran yang sama besar. Setelah itu, taburkan keduanya pada plat besi setrika sambil digosok secara perlahan. Ulangi kembali dengan gerakan memutar hingga kerak hilang sepenuhnya. 

  1. Gunakan koran dan garam

Cara membersihkan setrika yang lengket berikutnya yaitu dengan memakai koran dan garam. Cara ini cukup mudah dilakukan dan tidak berpotensi menyebabkan bahaya atau kecelakaan. 

Langkah awalnya adalah memanaskan setrika terlebih dulu, setelah itu gosokkan pada lembaran koran yang sudah kamu siapkan. Ulangi beberapa kali hingga keraknya hilang dari plat besi. 

Jika setelah beberapa kali keraknya masih menempel, taburkan satu sendok garam ke atas permukaan koran. Selanjutnya, gosokkan kembali setrikaan yang panas sampai kerak hilang sepenuhnya. Jika kamu tidak mempunyai koran atau kesulitan untuk mendapatkannya, kamu bisa menggantinya dengan paper bag. 

  1. Gunakan pembersih cat kuku

Bagi kamu yang senang memakai cat kuku, berbahagialah, sebab alat pembersih kuteks bisa menolongmu dari alat setrika yang lengket. Akan tetapi, cara ini dilakukan ketika setrika masih panas, jadi kamu harus hati-hati saat mengeksekusinya. 

Biar lebih aman, sebaiknya gunakan sarung tangan yang bisa melindungi kamu dari panas. Untuk langkah awalnya, siapkan pembersih kuteks dan kain lap. Setelah itu, celupkan pembersihnya ke kain lap. 

Selanjutnya, simpan kain lap di atas permukaan yang rata. Terakhir, gosokkan alat setrika yang panas pada kain lap hingga keraknya hilang. Jika terasa sulit, kamu bisa membasahi kain lap dengan air terlebih dulu. 

  1. Gunakan amplas

Cara membersihkan setrika yang lengket nomor sembilan adalah dengan memakai amplas yang teksturnya halus. Sebagai informasi, amplas halus biasa digunakan untuk membersihkan karat yang membandel pada besi. 

Ini berarti, kamu juga bisa mengaplikasikannya pada setrika yang gosong. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokkan amplas pada permukaan setrika secara perlahan hingga keraknya hilang. 

Namun kamu harus berhati-hati, jangan sampai memakai amplas yang teksturnya kasar sebab dapat merusak plat besi alat setrikamu. Untuk memastikan, kamu bisa meminta tolong pada suami atau penjual di toko bangunan memilihkan amplas yang paling halus. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Harga Blender Philips Terbaik

Sebagian besar cara membersihkan setrika yang lengket di atas bisa dilakukan dengan aman dan cepat, tapi kamu juga harus bisa menggunakan setrikaan dengan baik dan benar. Sebab setrika yang terlalu sering dibersihkan bisa rusak lebih cepat. 

Ketika setrika sudah dibersihkan, ambil satu lembar kain yang sudah tidak terpakai. Kemudian gosokkan setrika yang panas pada kain tersebut. Jika tidak ada noda yang tertinggal pada kain, berarti alat setrikanya sudah bisa digunakan seperti biasa. 

Untuk mencegah alat setrika kembali lengket, sebaiknya pisahkan baju yang mudah terbakar atau meleleh pada saat disetrika. Selain itu, selalu atur suhu setrika agar tidak terlalu panas saat digunakan. 

Artikel tentang cara membersihkan setrika yang lengket ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download