Cara Membeli Saham Agar Tidak Salah Berinvestasi

15 Mar 2021 by Laruan
Cara Membeli Saham Agar Tidak Salah Berinvestasi

Investasi merupakan hal yang perlu dimiliki untuk perencanaan masa depan. Banyak jenis invesitas yang ada. Investasi saham, reksadana, hingga bitcoin, menjadi investasi yang populer dipilih.  Mungkin, investasi saham merupakan yang paling populer. Banyaknya aplikasi saham online memudahkan para investor memulai investasi saham.

Bagi para pemula yang baru ‘bermain’ saham, sepertinya banyak yang masih kebingungan. Munculnya pertanyaan seperti, apa hal pertama yang harus dilakukan? bagaimana cara membeli saham yang benar? Bagaimana cara membeli saham agar tidak rugi? Anda bisa menerapkan cara membeli saham berikut ini, sebelum Anda memulai investasi saham.

Lakukan Riset

Hal yang sering dilupakan adalah melakukan riset. Kenapa langkah ini penting? Riset dilakukan agar Anda tahu betul saham apa yang menguntungkan. Carilah informasi sebanyak mungkin agar investasi yang Anda berikan tidak merugi. Pahami risiko apa dalam setiap investasi Anda. Risiko ini dapat meminimalisir apa yang akan terjadi.

Memilih Broker

Cara membeli saham setelah riset adalah memilih broker saham. Broker adalah sesorang atau sebuah lembaga yang menjembatani antara investor dengan pasar modal. Pastikan broker saham yang Anda pilih berkualitas dan tercatat di BEI. Kemudian broker harus memenuhi semua ketentuan lembaga pengawas yaitu OJK.  Saat ini tersedia banyak broker online, jadi Anda akan mudah memulai investasi.

Membuka Rekening

Sebelum memulai membeli saham, Anda harus memiliki rekening saham terlebih dahulu. Rekening saham berfungsi untuk melakukan transaksi saham. Anda bisa membuka rekening saham secara online melalui broker saham yang Anda pilih.

Rekening lainnya yang perlu dimiliki adalah Rekening Dana Nasabah (RDN). Rekening ini bertujuan menyimpan dana transaksi jual beli saham Anda. Kedua rekening ini akan saling terhubung. Jadi, meski Anda sudah memiliki rekening saham tapi RDN belum terkonfirmasi, Anda tetap tidak dapat melakukan transaksi.

Setor Modal

Saat kedua rekening sudah berhasil dibuka, cara membeli saham akan semakin mudah. Selanjutnya Anda perlu melakukan setoran awal. Nominal setoran awal biasanya dimulai dari 5 juta rupiah. Setelah transaksi pertama berhasil, transaksi berikutnya Anda bisa melakukan pembayaran. Kewajiban pembayaran harus dilakukan dalam waktu 2 hari sejak transaksi dilakukan.

Membeli Saham

Cara membeli saham dilakukan saat Anda sudah tahu saham apa yang akan dibeli. Melalui broker yang sudah dipilih, Anda bisa bebas membeli saham perusahaan apa dan jumlahnya. Broker yang berkualitas biasanya sudah memiliki sistem trading online. Sistem ini dapat membantu Anda mengetahui pergerakan saham.

Modal Investasi Melalui Pinjaman Online

Melakukan investasi membutuhkan modal banyak. Memang, keuntungan yang bisa didapat akan berlipat ganda jika investasi yang Anda lakukan benar. Jika Anda ingin bermain saham namun belum memiliki uang, Anda bisa melakukan pinjaman online. Kecepatan pinjaman menjadi keunggulan pinjaman online.

Kredit Pintar sebagai pinjaman online tercepat, menawarkan pinjaman untuk modal investasi Anda. Pinjaman online tercepat dari Kredit Pintar, hanya membutuhkan waktu 24 jam agar pinjaman bisa masuk ke rekening Anda. Bermain saham merupakan investasi yang ‘berpacu dengan waktu’, jika tidak cepat, maka saham akan mengalami perubahan. Pinjaman online tercepat, Anda butuhkan agar proses beli saham lebih cepat juga.

Selain pinjaman yang cepat diberikan, bunga rendah juga bisa Anda dapatkan melalui Kredit Pintar. Jadi, walaupun melakukan pinjaman, Anda tidak perlu khawatir akan bunga pinjaman.  Bunga rendah dari Kredit Pintar tidak akan membebankan Anda. Modal membeli saham akan mudah Anda dapatkan melalui Kredit Pintar.  

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload