Cara Memasak Nasi yang Hasilnya Enak dan Pulen

14 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Nasi adalah sumber karbohidrat. Saat mengolah beras menjadi nasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, biar nasi yang akan dibuat menjadi lebih enak dan pulen. Kamu yang masih bingung bagaimana cara memasak nasi biar hasilnya enak, pulen, kamu bisa simak pembahasan berikut ini.

Pembahasan berikut ini, akan sebisa mungkin untuk menuntun kamu, agar bisa membuat nasi yang enak dan pulen. Tidak ada lagi kata nasi terlalu keras atau terlalu lembek kayak bubur dan pada akhirnya, membuat selera makan menjadi berkurang.

Baca juga: Cara Masak Sayur Sop Ayam dan Daging

Cara Memasak Nasi yang Enak dan Pulen

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa nasi adalah makanan pokok mayoritas orang Indonesia. Di Indonesia sendiri nasi yang paling umum dikonsumsi adalah nasi putih dan nasi merah. Keduanya sama-sama menjadi sumber karbohidrat andalan mayoritas masyarakat Indonesia.

Nah, berhubung ada dua jenis nasi yang berbeda dan paling umum dikonsumsi mayoritas masyarakat Indonesia, sehingga pada pembahasan ini akan diberi cara memasak nasi dari kedua jenis nasi tersebut. Tidak lain dan tidak bukan adalah nasi putih dan nasi merah.

1. Cara Memasak Nasi Putih

Untuk mendapatkan nasi putih yang enak dan pulen, bisa dimulai dari cara memasaknya yang tepat. Masalah yang kerap kali timbul saat memasak nasi putih adalah nasi terlalu lembek. Bahkan ada nasi putih karena dalam proses memasaknya yang kurang tepat, sehingga nasi teksturnya sudah hampir mirip dengan bubur.

Kalau kamu mendapatkan masalah yang serupa saat memasak nasi putih, maka kamu bisa mencoba cara memasak nasi putih berikut ini.

Cara masak pertama ini adalah memasak menggunakan bantuan alat bernama rice cooker. Kamu yang punya rice cooker di rumah, bisa langsung praktekkan cara di bawah untuk mendapatkan nasi putih yang lebih enak dan pulen.

  1. Siapkan beras dan usahakan beras yang kondisinya baik. Tidak kuning dan bulir berasnya normal, tidak banyak patahan. Kalau memungkinkan gunakan beras yang pulen.
  2. Beras dicuci hingga bersih terlebih dahulu. Minimal beras dicuci hingga tiga kali. Setelah dicuci bersih, tiriskan air rendaman cucian.
  3. Dilanjutkan dengan memasukkan beras ke dalam panci rice cooker. Setelah semua beras masuk ke dalam panci, tuangkan air. Nah, kunci agar beras tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras, ada pada air yang digunakan. Masukkan air ke dalam panci rice cooker dengan tinggi air sekitar satu ruas jari telunjuk.
  4. Setelah air sudah dimasukkan setinggi ruas jari telunjuk atau sekitar 2 cm di atas permukaan beras, maka langkah selanjutnya kamu tinggal tutup race cooker dan tekan tombol cook untuk memasak.
  5. Biasanya, memasak nasi di rice cooker butuh waktu selama 30 menit. Jika nasi sudah matang, langkah terakhir dari cara memasak nasi menggunakan rice cooker adalah dengan mengaduk nasi mulai dari pinggirannya, sampai ke tengah. Tujuannya, agar nasi tidak berkerak dan tidak mengeras.

Nah, setelah semuanya sudah dilakukan, kamu bisa langsung menghidangkan nasi dan lihat perbedaanya dengan nasi putih yang sebelumnya kamu masak.

Cara masak yang kedua adalah dengan menggunakan panci. Ini buatkan kamu yang tidak memiliki alat rice cooker di rumah. Kamu tetap bisa masak nasi yang enak dan pulen karena kamu bisa menggunakan bantuan panci untuk melakukannya.

Cara memasak nasi menggunakan panci juga bisa menjadi alternatif saat listrik mati dan tidak bisa menggunakan rice cooker. Cara memasaknya sebagai berikut.

  1. Siapkan beras, cuci sampai bersih, kemudian tiriskan.
  2. Masukkan beras dan air ke dalam panci kastrol. Takaran airnya, sama dengan takaran pada rice cooker. Takarannya yakni air setinggi satu ruas jari telunjuk di atas permukaan beras atau setara dengan 2 cm.
  3. Untuk panci yang digunakan ada baiknya menggunakan panci kastrol. Panci kastrol adalah panci yang rapat dan mempercepat kematangan nasi.
  4. Tambahkan sedikit garam dan masak beras menggunakan api sedang. Saat memasak, jangan terlalu sering membuka penutup panci.
  5. Masak sampai air mulai menyusut. Setelah air menyusut, matikan api dan aduk nasi dari pinggir sampai ke tengah, agar nasi tidak berkerak.

Baca juga: Tips dan 5 Resep Mudah Cara Memasak Udang

2. Cara Memasak Nasi Merah

Untuk nasi merah, paling bagus dimasak menggunakan panci kukus atau ditanak. Proses memasak nasi merah pun cukup lama. Berbeda dengan nasi putih yang hanya butuh waktu 30 menit untuk bisa matang.

Nasi merah teksturnya cukup keras, sehingga saat memasaknya pun butuhkan waktu yang sedikit lama. Normalnya untuk mendapatkan hasil nasi merah yang enak dan pulen, dibutuhkan proses pemasakan kurang lebih selama satu jam dengan menggunakan teknik memasak dengan cara ditanak atau menggunakan panci kukus. Berikut ini adalah caranya.

  1. Langkah pertama, cara memasak nasi merah adalah dengan menyiapkan beras merah. Kemudian beras merah direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam. Tujuannya untuk membuang kotoran yang bisa saja terselip pada bulir beras.
  2. Buang air rendaman, kemudian lanjutkan dengan mencuci bersih beras.
  3. Masukkan beras ke dalam panci, tambahkan air, kemudian ukur air menggunakan ruas jari. Masak dengan api sedang.
  4. Siapkan panci kukus. Masukkan air ke bawah saringan panci kukusnya.
  5. Setelah nasi merah yang dimasak tadi sudah matang, lanjut dengan memasukkannya lagi ke dalam panci kukus.
  6. Kukus nasi kurang lebih 15 sampai 20 menit. Angkat dan sajikan.

Kalau beras merah yang akan dimasak tidak terlalu banyak, bisa juga menggunakan bantuan rice cooker. Setelah nasi merah masak dengan bantuan rice cooker, lanjutkan lagi mengukus nasi untuk mendapatkan nasi merah yang enak dan pulen.

Baca juga: Cara Merebus Telur dengan Tingkat Kematangan Berbeda

Tips yang Harus Diperhatikan Saat Memasak Nasi

Untuk membuat nasi yang enak dan pulen, tidak bergantung sepenuhnya ke bagaimana cara memasak nasi saja. Namun, tentang alat yang digunakan juga. Alat yang digunakan, mempengaruhi rasa nasi dan tingkat kepulenannya juga.

Selalu gunakan alat-alat yang bersih saat akan memasak nasi. Gunakan juga alat yang berbahan tidak lengket.

Selain alat, hal yang harus diperhatikan sebelum memasak nasi adalah saat membersihkan beras. Selalu gunakan air yang bersih. Cuci beras menggunakan tangan kanan dengan sesekali meremas beras saat mencucinya.

Cuci beras normalnya dilakukan 2 sampai 3 kali. Mencuci beras 2 sampai 3 kali maksudnya mengganti air rendaman sebanyak 2 atau 3 kali setiap mencuci beras.

Ketika air rendaman beras sudah dirasa terlalu keruh, tiriskan beras, kemudian ganti dengan air yang baru. Begitu terus sampai 2 atau 3 kali. Sampai air cucian beras, tidak lagi terlalu keruh.

Beras yang bersih, tentu rasanya juga enak. Jadi, selalu perhatikan kebersihan alat yang digunakan untuk memasak nasi dan perhatikan juga tingkat kebersihan beras saat mencucinya.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai Cara Memasak Nasi yang Hasilnya Enak dan Pulen. Semoga pembahasan ini mampu membantu kamu dalam memasak nasi yang lebih enak dan pulen tentunya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download