Cara Memainkan Drum

31 Mar 2023 by kreditpintar, Last edit: 04 Apr 2023

Dunia music pasti membuat banyak orang menyukainya. Dan dari situ banyak orang merasa tertarik dan juga ingin untuk mempelajarinya. Salah satu alat music yang banyak dicari adalah  drum dan banyak orang yang tahu cara memainkan drum.

Tentu saja di sana bagi orang yang sudah terbiasa dengan music hal ini tentu  saja bukan hal yang asing. Namun bagi orang yang tidak mendalami dunia music pasti akan merasa penasaran. Hal ini tentu saja menjadi penasaran tersendiri bagi orang awam. 

8 Manfaat Bermain Drum bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Baca juga : Cara Termudah Download Musik Tiktok Populer

Nah untuk anda penasaran dan ingin tahu mengenai cara memainkan drum. Penasaran kan? Nah maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda sekalian. 

Apa itu drum

Drum adalah salah satu jenis alat music yang masuk dalam katagori  perkusi. Dan di mana dalam itu sendiri tidak hanya ada 1 alat music saja. Namun ada  beberapa jenis alat yang ada pada drum. 

Drum ini sendiri biasanya hadir dalam bentuk kulit yang dibentangkan. Lalu kemudian dimainkan dengan cara dipukul dengan  menggunakan stick atau juga tangan. 

Bahan dari pembuatan drum

Dan tentu sebagian orang akan merasa penasaran dengan bahan dari pembuatan drum. Adapun drum itu sendiri tak hanya dibuat dari kulit saja. Namun rupanya di sini drum bisa dibuat dengan bahan lain yang menyerupai kulit yaitu plastic atau karet. 

Drum ini sendiri biasa dipakai dalam aneka macam jenis pertunjukan music seperti: pop, rock, jazz dan masih banyak lagi. Biasanya dalam melakukan permainan drum itu pasti membutuhkan drum set secara lengkap.

Sejarah dari drum

Sama halnya dengan suatu benda atau tempat yang tentu saja mempunyai sejarah tersendiri. Demikian juga di sini dengan drum juga mempunyai sejarah yang unik. Adapun mengenai sejarah ini pasti membuat beberapa orang mengenai sejarah drum.

Nah untuk anda yang merasa penasaran dan juga ingin tahu mengenai  sejarah drum. Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda mengenai sejarah drum. 

Adapun awal mulanya drum itu sendiri sudah ada sejak tahun 6000 SM.  Di mana sebuah lukisan kuno itu menunjukkan bahwa terdapat gambar orang yang membawa drum. Di sana drum dipakai untuk sebuah ritual dan drum itu sendiri terbuat dari kulit labu dan sebatang kayu.

Di era music modern drum ini berkembang pada tahun 1890 an. Di mana itu berkembang di Afrika yang sedang mengadakan parade. Dan saat itu drum yang dipakai tidak jadi 1 namun terpisah-pisah. 

Namun seiring perkembangan waktu tahun 1960-an drum ini mengalami perkembangan. Hal itu juga dipengaruhi perkembangan band-band pada music rock. Dan sampai saat ini alat music pun turut mengalami perkembangan seiring dengan berkembangnya teknologi.

Hal ini tentu saja memberikan keuntungan tersendiri bagi kita semua, terlebih mereka yang menggeluti dunia music. 

Manfaat pada drum

12 essential drum accessories every player needs | MusicRadar

Di mana kita semua tahu bahwa setiap alat music itu pasti mempunyai manfaat tertentu. Begitu pula di sini dengan drum juga mempunyai manfaat tertentu.

Lalu apa saja sih manfaat dari drum. Penasaran kan? Yuk kita baca bersama penjelasan yang akan kami uraikan di bawah ini.  

  • Meningkatkan system imun

Menurut penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli syaraf, Barry Bitman, menyebutkan bila bermain drum bisa meningkatkan system imun. Selain itu ketika seorang bermain drum juga bisa memungkinkan proses penyembuhan.

Saat orang bermain itu bisa menumbuhkan sel-sel yang berguna untuk membunuh penyakit. Adapun sel-sel ini membunuh penyakit secara alami. Selain itu sel natural killer itu sendiri juga berguna untuk menghambat dan juga membunuh pertumbuhan sel kanker. 

  • Berguna untuk mengurangi stress dan depresi

Manfaat lain dari melakukan aktifitas bermain drum adalah membantu mengurangi stress dan juga depresi. Di mana ketika seorang bermain drum bisa membantu mengurangi stress dan juga tekanan darah tinggi. Di mana keduanya merupakan pemicu seseorang bisa mengalami penyakit jantung dan juga stroke. 

Tak hanya itu saja rupanya ketika seorang bermain drum bisa membantu menyembuhkan penyakit neurologis. Adapun itu disampaikan oleh seorang ahli neurologi yang mengatakan bahwa bermain drum bisa menjadi terapi neurologis. 

Baca juga: Cara Membuat Suara Bagus dan Tetap Sehat

  • Meningkatkan kemampuan intelektual

Selain itu manfaat lain yang bisa didapatkan ketika bermain drum adalah bisa meningkatkan kemampuan intelektual. Karena dengan bermain drum bisa meningkatkan kemampuan pada fungsi kognitif. 

Di mana menurut seorang ahli psikologi klinis menyebutkan bahwa music bisa mempercepat aktifitas gelombang otak pada anak. Selain itu bisa meningkatkan kemampuan di bidang intelektual. 

  • Meningkatkan detak jantung

Berikutnya yang merupakan manfaat lain dari cara memainkan drum adalah bisa meningkatkan kesehatan pada jantung. Di mana menurut penelitian menunjukkan bila seorang yang drum mempunyai detak jantung 190 detak per menit.  Dengan kerja jantung yang cepat bisa memindahkan oksigen ke seluruh tubuh dengan baik dan efisien.

Cara memainkan drum

Electronic Drums - Frequently Asked Questions - Roland Australia

Setelah kita tahu beberapa hal mengenai drum, tentu beberapa orang awam merasa penasaran mengenai cara memainkan drum. Nah di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda tips cara memainkan drum. Yuk kita bersama penjelasan yang akan kami uraikan di bawah ini. 

Baca juga: Cara Stem Gitar Mudah untuk Pemula, Gampang Banget!

  • Mengenali bagian-bagian yang ada pada drum

Langkah pertama yang perlu dilakukan mengenai cara memainkan drum adalah mengenai bagian-bagian yang ada pada drum. Di mana kita tahu bahwa sama seperti alat music lain kita perlu untuk mengenali bagian-bagian yang ada di sana. 

Di mana pada alat music drum terdapat banyak sekali bagian yang ada pada drum. Adapun bagian itu seperti snare, tom, floor tom, crash, hi hat, ride, serta kick bass. 

Tentu bagi orang yang sudah terbiasa hal itu memang tidak asing. Namun bagi anda yang pemula sangat penting untuk mengenalinya. 

  • Memilih jenis stick

Berikutnya  tips cara memainkan drum yang lain adalah memilih stick. Di mana kita tahu bahwa stick merupakan alat penting saat bermain drum.

Adapun bila masih pemula anda disarankan untuk memilih stick drum yang ringan. Hal ini diperlukan agar kita lebih mudah menggerakkan saat memukul drum. 

  • Jaga postur tubuh yang baik

Ketika seorang bermain drum tentu harus duduk dalam waktu yang lama. Maka sebelum anda bermain drum perlu untuk menjaga postur tubuh. Hal itu diperlukan supaya tidak merasa lelah ketika bermain drum. 

  • Memahami ritme

Selanjutnya di sini ketika kita bermain drum perlu untuk belajar ritme. Di mana langkah pertama dalam memahami ritme kita belajar ketukan. Kita bisa mulai dengan seperempat ketukan, lalu seperdelapan ketukan. Selain itu, latih teknik ritme lainnya seperti downbeat.

Setelah kita mampu untuk memahami ritme atau ketukan. Selanjutnya kita diharapkan bisa memainkan harmonisasi pada music. 

  • Rutin melakukan sticking

Selain itu bila anda ingin cepat bisa bermain drum perlu untuk melakukan sticking. Karena dengan anda melakukan sticking bisa melatih tangan supaya lentur. 

Nah itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan untuk anda sekalian mengenai cara memainkan drum. Semoga informasi yang sudah kami bagikan tadi bisa berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian. Terlebih di sini untuk anda yang berencana untuk belajar bermain drum.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Apr 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download