Sering Lupa? Ini Dia Cara Melihat Sandi Yang Tersimpan!

31 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Lupa username atau password ketika akan masuk ke sebuah situs atau aplikasi memang sering terjadi. Namun, sebelum mereset password baru ada cara yang bisa kamu coba terlebih dahulu. Salah satunya mencoba cara melihat sandi yang tersimpan seperti yang akan dijelaskan di artikel ini, siapa tahu username atau passwordnya pernah disimpan disana. 

Sering Lupa? Ini Dia Cara Melihat Sandi Yang Tersimpan!

Mungkin kamu juga sering mengunjungi Google, Gmail, atau yang lainnya dimana tidak perlu memasukkan password lagi. Itulah yang disebut dengan fitur penyimpanan password sehingga dapat membantu penggunanya jadi lebih praktis. 

Fitur tersebut tidak mengharuskan pengguna untuk mengisi kembali username atau password ketika login. Fitur ini biasanya muncul ketika kamu mulai login ke sebuah website atau aplikasi, nantinya akan muncul kotak dialog berupa opsi menyimpan username atau tidak. 

Baca Juga: Begini Cara Login Aplikasi Pinjaman Online Berikut

Cara Menyimpan Password Agar Aman 

Sebelum ke inti pembahasan artikel mengenai cara melihat sandi yang tersimpan, kamu juga perlu mengetahui cara menyimpan password yang aman. Terutama untuk beberapa aplikasi yang sangat penting seperti Mbanking, akun Google, Microsoft Edge, baik di HP atau laptop. 

Simpan dalam aplikasi password manager

Penggunaaan username Google memang semakin penting, apalagi saat ini hampir 95% aplikasi mengharuskan kamu memiliki akun Google. Satu hal yang sering dialami oleh para penggunanya adalah lupa username dan password. 

Untuk itu ada sebuah aplikasi yang bisa mencatat dan menyimpan semua password dari semua akun yang kamu miliki. Tugasmu hanyalah mengingat dan memiliki akun dan password master untuk aplikasi tersebut. 

Sayangnya jika password master itu bocor, maka bocorlah semua username dan password yang kamu miliki. 

Lebih efektif menyimpannya di Google Keep

Cara penggunaannya hampir mirip dengan aplikasi di atas, kamu bisa menyimpan password dalam sebuah note online seperti Google Keep atau Google Spreadsheet. Ketika mengaksesnya Google keep, kamu juga harus masuk menggunakan Google mail. 

Menuliskan dalam sebuah buku catatan pribadi

Sebelum mencoba cara melihat sandi yang tersimpan pada sebuah aplikasi, kamu bisa menyimpan password dengan cara jadul. Cara yang satu ini cukup beresiko karena rawan hilang atau rusak. 

Mencatat password atau sandi di sebuah buku catatan atau di note HP beresiko mudah ditemukan. Misalnya ada orang yang melihat bukumu ketika di rumah atau di kantor, begitu juga jika menyimpannya di HP bisa ketahuan jika HP-mu hilang. 

Pada intinya, username dan password yang kamu ciptakan harus mudah diingat oleh kamu sendiri tetapi sulit ditebak orang lain. Beberapa kejahatan dimulai dari password yang ketahuan orang lain sehingga menggunakannya untuk keperluan tak bertanggung jawab. 

Baca Juga: 9 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik 2021

Cara Melihat Sandi Yang Tersimpan

Sering Lupa? Ini Dia Cara Melihat Sandi Yang Tersimpan!

Dengan menyimpan sandi dalam sebuah browser baik Chrome atau Firefox bisa memudahkan kamu ketika mengaksesnya kembali. Lalu bagaimana cara melihat sandi yang tersimpan di akun Google Chrome atau Firefox

  • Silahkan buka browser internet yang kamu miliki di HP, laptop atau PC, kemudian kunjungi link Google.com. Pastikan akun Google sudah login, biasanya terdapat foto pengguna atau inisial username di pojok kanan akun Google. 
  • Klik menu kotak pada pojok kanan atas yang berisi beberapa pilihan seperti akun, maps, youtube, gmail, kontak dan lainnya. Pilih akun yang kamu miliki untuk masuk ke tahap selanjutnya. 
  • Nantinya Google akan memuat halaman akun, pilih menu keamanan. kamu bisa scroll tab ke samping kanan jika menggunakan HP Android. Setelah masuk ke tab keamanan, scroll lagi ke paling bawah untuk menemukan pengelola sandi, klik menu tersebut. 
  • Nantinya Google akan menampilkan apa saja situs atau aplikasi dengan username+password yang sudah tersimpan. Mulai dari Google, Chrome, Firefoxe, edge, Gmail, situs pendaftaran, PayPal, dan lainnya. 
  • Silahkan pilih salah satu situs yang ingin kamu lihat username dan passwordnya. 
  • Cara melihat sandi yang tersimpan ini dianggap sangat mudah karena Google tinggal meminta verifikasi akun apakah benar kamu yang melihat password itu sebagai pemiliknya? Google akan meminta password sebagai langkah verifikasi, jangan sampai lupa!
  • Tak jarang kamu juga bisa menggunakan keamanan berupa pin atau sidik jari yang ada di smartphone. Dengan begitu jadi lebih aman dalam melakukan verifikasi menggunakan sidik jari. 
  • Setelah verifikasi berhasil, barulah kamu bisa melihat password dengan mengklik tombol mata yang berada di sisi kanan. 

Melihat sandi seperti ini bisa dilakukan ketika benar-benar lupa tanpa perlu susah-susah reset password. Namun di sisi lain juga harus tetap berhati-hati karena dikhawatirkan bisa disalahgunakan oleh oknum yang tak bertanggungjawab. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Kode OTP dan 3 Karakteristiknya

Cara Menonaktifkan Fitur Penyimpanan Password

Jika kamu khawatir password yang tersimpan itu disalahgunakan orang lain, maka bisa menonaktifkan fitur penyimpanan password. Cara ini sangat bagus untuk kamu yang memiliki HP atau perangkat komputer yang sering dipinjam teman atau orang lain. 

Cara melihat sandi yang tersimpan jadi sangat rawan disalahgunakan jika pemakaiannya tidak bersifat pribadi. 

  • Masuk ke laman Google Chrome, kemudian pilih setting hingga kotak pengaturannya muncul. Scroll ke arah bawah untuk klik tautan show advanced setting yang terletak di bagian paling bawah. 
  • Cari bagian password and form, hilangkan tanda centang pada kotak centang offer to save your password. Manage password.

Jika sudah menghilangkan tanda centangnya maka fitur penyimpanan password di Google jadi non aktif. Cara seperti ini menuntut kamu untuk terus mengingat username dan password agar tidak lupa ketika akan login kembali. 

Tips Mengelola Sandi di Google Chrome

Sering Lupa? Ini Dia Cara Melihat Sandi Yang Tersimpan!

Biasanya para pengguna Google atau gmail memilih password yang berisi tanggal lahir atau password yang mudah ditebak. Bukannya tidak boleh, melainkan password seperti itu sangat rawan disusupi oleh orang lain. 

Berbagai macam platform mengharuskan pengguna untuk membuat perpaduan sandi atau password yang sulit ditebak. Meski sudah terlanjur, kamu bisa mengecek apakah sandinya kuat atau tidak. 

  • Silahkan buka Google di komputer atau HP Android yang kamu miliki, ketik “passwords.Google.com pada adress bar. 
  • Kemudian masuk ke halaman ‘password check up’, selanjutnya perlu memilih dan klik tombol menu check passwords. 
  • Setelah muncul halaman baru, klik Yes untuk melanjutkan dan nantinya akan muncul data mengenai sandi atau password yang digunakan.

Cara ini bisa memberitahukan kepada kamu apakah sandi tersebut aman atau tidak, kuat atau tidak. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mencegah pelanggaran data dan apakah mudah ditebak atau tidak. 

Sangat disarankan bagi siapa saja untuk membuat kata sandi dengan menggunakan kombinasi huruf, angka dan simbol jika memungkinkan. Penggunaan huruf kecil dan kapital juga sangat berpengaruh terhadap kekuatan sandi yang digunakan sehingga  tidak mudah disusupi. 

Selain dengan cara melihat sandi seperti di atas, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi penyimpan password yang aman. Terutama untuk beberapa akun yang penting seperti password gmail, kartu kredit, mbanking, dan yang lainnya. Cara melihat sandi yang tersimpan seperti di atas hanya digunakan untuk kamu yang lupa rangkaian sandinya. Setelah itu sebaiknya diingat kembali agar tidak mengalami gangguan ketika login atau masuk ke sebuah aplikasi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download