Cara Melamar Kerja di Alfamart via Online dan Offline

01 May 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Selain Indomaret, Alfamart adalah salah satu jaringan waralaba ritel yang juga dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Saat ini, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. sebagai perusahaan induk yang memegang lisensi merek dagang Alfamart (termasuk juga Alfamidi, Lawson, DAN + DAN yang kesemuanya tergabung dalam ALFA Group) telah memiliki sekitar 100 ribu lebih karyawan, 11.000 toko, dan 31 kantor cabang. 

Semuanya tersebar di berbagai pulau di Indonesia mulai dari pulau Jawa, Sumatera, Kaimantan, Sulawesi, Bali hingga Lombok. Dengan jumlah karyawan dan toko sebanyak itu, belum lagi seiring dengan perkembangannya yang makin luas, pastinya Alfamart membutuhkan banyak sumber daya manusia yang kuat dan professional untuk bergabung bersama mereka. 

Karena itulah, bila Anda adalah salah satu yang berminat untuk bergabung dengan jaringan waralaba yang satu ini, yuk simak pembahasan lengkap mengenai cara melamar kerja di Alfamart berikut ini!

Baca juga: Susunan Surat Perjanjian Pinjam Uang dan Contohnya

Syarat-syarat Melamar Kerja di Alfamart

Sama seperti melamar kerja pada umumnya, Anda juga harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh Alfamart bila ingin bergabung menjadi karyawan atau staf mereka. Syarat-syarat tersebut adalah syarat fisik dan syarat dokumen. 

Untuk syarat fisik, ada beberapa ketentuan, seperti:

  • Wanita / pria
  • Berusia minimal 18 tahun
  • Sehat jasmani rohani
  • Tinggi badan bebas
  • Pendidikan minimal lulusan SMA sederajat
  • Maksimal umur 24 tahun bagi lulusan SMK sederajat
  • Boleh berkacamata
  • Tidak bertato dan juga bertindik
  • Tidak pernah terlibat masalah dengan pihak kepolisian

Sementara itu, untuk syarat dokumen atau berkas, Anda harus mempersiapkan beberapa berkas penting seperti berikut:

  • Surat lamaran kerja
  • Curriculum Vitae (CV) terbaru
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) 
  • Fotokopi SIM yang masih berlaku
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi Ijazah 
  • Transkrip nilai pendidikan terakhir 
  • Fotokopi SKHUN
  • Kartu Kuning
  • Surat Keterangan Sehat
  • Fotokopi sertifikat (apabila ada)
  • Pas foto terbaru berwarna 4 × 6 cm dan 3 × 4 cm sebanyak 3 lembar

Bila Anda akan memilih jalur offline saat ingin melamar kerja, harap sediakan berkas-berkas diatas minimal satu lembar fisik, terkecuali pas foto. Setelah itu, masukkan seluruhnya ke dalam amplop cokelat, lalu tulis posisi yang Anda inginkan di sudut kanan atas amplop. 

Sementara itu, untuk alamat tujuan Alfamart-nya, tuliskan pada sudut kanan bagian bawah. Bagi yang akan melamar via online, harap semua fotokopian berkas discan terlebih dahulu. Begitu juga berkas-berkas lainnya. 

Cara Melamar Kerja di Alfamart Secara Offline dan Online

Sama seperti Indomaret, Alfamart juga menyediakan dua cara perekrutan karyawan baru yakni via online dan offline. Apabila Anda ingin mendaftar secara online, maka ada namanya e-recruitment di Alfamart Karir yang harus Anda isi dengan lengkap.  

Sedangkan bila memilih cara melamar kerja di Alfamart via offline, Anda bisa mengajukan lamaran kerja secara manual yakni dengan mengumpulkan berkas penting yang diminta, lalu dikumpulkan dalam satu amplop kemudian dikirimkan melalui layanan pos atau langsung saja diantar ke kantor Alfamart terdekat. 

Umumnya ada beberapa posisi yang dibuka dan bisa Anda lamar secara offline yakni posisi pekerjaan seperti Kasir, Merchandiser, Programmer, Sales Person, Helper, Driver, Drafter/Field Supervisor, Surveyor, dan lain-lain. Bila misalnya Anda ingin melamar menjadi kasir di salah satu cabang Alfamart, termasuk toko cabang dekat tempat tinggal Anda, maka tinggal cari infonya di Alfamart terdekat. Biasanya Alfamart akan menuliskan lowongan kerja yang sedang buka langsung di depan toko mereka. 

Baca juga: Seputar Slip Gaji: Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

Atau Anda hanya perlu mengecek bermacam grup loker yang ada di daerah Anda. Biasanya akan tersedia beberapa informasi terbaru mengenai lowongan kerja di Alfamart dan Alfamidi. Lebih jelasnya, langsung saja datang ke kantor cabang Alfamart terdekat di daerah Anda atau juga melihat pengumuman yang biasanya dipasang di depan toko. 

Namun, bila Anda ingin mendaftar posisi tertentu seperti Head Office, Anda harus mengunjungi situs khusus Alfamart karir yaitu e-recruitment Alfa. Di sana Anda bisa mendapati banyak lowongan lain yang tersedia, mulai dari bidang finance atau keuangan hingga pengembangan teknologi. Penasaran bagaimana langkah-langkah lengkap mengenai cara melamar kerja di Alfamart secara online melalui e-recruitment Alfa? Simak yuk, urutan lengkapnya di bawah ini!

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melamar kerja via online adalah dengan melakukan register terlebih dahulu. Caranya buka laman resmi e-recruitment Alfamart di browser Anda yaitu https://recruitment.alfamart.co.id
  • Klik menu “Sign Up” untuk memulai proses register
  • Isi semua data diri atau biodata Anda yang diminta sistem dengan benar
  • Klik “Submit” di akhir laman untuk menyimpan data Anda
  • Pada bagian riwayat pendidikan, isi dengan pendidikan formal yang sudah pernah Anda jalani, mulai dari SD hingga pendidikan yang terakhir. Bila Anda pernah home schooling, Anda boleh menyebutkannya
  • Pada bagian keterampilan, harap mengisi keahlian atau keterampilan yang Anda miliki, contohnya saja jika Anda mahir menggunakan Microsoft Office atau beberapa software lainnya
  • Tulis juga pengalaman kerja Anda bila sebelumnya pernah memiliki pengalaman kerja di perusahaan atau tempat lain. Jika Anda baru lulus, tuliskan saja di keterangan bahwa Anda baru lulus
  • Isi data keluarga sesuai dengan kartu keluarga serta riwayat penyakit yang pernah Anda idap sebelumnya atau bahkan yang masih Anda punya hingga sekarang. Biasanya pihak Alfamart masih bisa menoleransi beberapa penyakit ringan misalnya saja alergi, maag, demam berdarah, tipes, dan penyakit ringan lainnya
  • Data selanjutnya yang harus Anda isi adalah form pernyataan berisi kerjasama antar pihak Alfamart dan pegawai. Umumnya pihak Alfamart akan meminta sebuah pernyataan khusus apabila misalnya anda diterima bekerja di sana
  • Langkah berikutnya adalah mengisi kelengkapan berkas. Maksudnya adalah scan semua berkas persyaratan administrasi untuk lamaran lalu unggah sesuai dengan yang tertera pada laman. Berkas yang dimaksud disini hanyalah scan berkas tanpa harus Anda kirimkan ke kantor pusat Alfamart
  • Isi juga media sosial yang Anda miliki 

Demikianlah cara melamar kerja di Alfamart via online yang benar dan lengkap. Sebelum menyelesaikan pendaftaran, pastikan lagi semua kolom atau data yang diminta sudah selesai Anda isi dan unggah. 

Tahapan atau Jenis-jenis Tes Masuk Kerja di Alfamart

Setelah mengetahui cara melamar kerja di Alfamart baik itu via online maupun offline, sekarang saatnya Anda harus mengenali beberapa macam tes masuk kerja yang diperuntukkan bagi para calon pelamar. 

Tujuannya adalah untuk mempersiapkan diri Anda bila sewaktu-waktu tiba-tiba dipanggil untuk mengikui tes. Apa sajakah tes yang dimaksud? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Tes Fisik dan Kesehatan

Setelah lulus tes administrasi, Anda akan dipanggil untuk melakukan tes fisik dan kesehatan. Biasanya seleksi perempuan dan laki-laki dilakukan secara terpisah untuk keperluan tes fisik. 

Beberapa tes fisik yang akan dilakukan adalah melihat tinggi dan berat badan Anda, apakah ada yang cacat pada bagian tubuh atau tidak, apakah punya tato atau tidak, serta akan ditanya apakah Anda memiliki penyakit bawaan dan berulang atau tidak. Tes kesehatan terakhir adalah Anda akan diuji apakah mengalami buta warna atau tidak. 

2. Tes Tertulis

Tes selanjutnya yang harus ditempuh adalah tes tertulis. Ada beberapa jenis soal dalam tes tertulis yang harus Anda kerjakan yaitu antara lain psikotes, sinonim daan antonym, analogi atau setara, soal matematika sederhana hingga soal psikologi khusus.

3. Tes Wawancara

Tes wawancara adalah tes uji terakhir yang harus Anda lewati. Umumnya, Anda akan diwawancarai oleh pihak HRD atau mungkin juga dengan Kepala Cabang. Materi wawancara-nya pun beragam. Bisa jadi hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan yang Anda lamar atau bisa juga tak berkaitan sama sekali alias berubah-ubah sesuai dengan apa yang dipikirkan pewawancara. 

Intinya, apapun bentuk materinya, harap tetap tenang dan tidak gugup saat menjawab semua pertanyaan. Tips penting saat memulai tes wawancara adalah perkenalkan diri Anda terlebih dahulu mulai dari nama, lulusan mana, jumlah saudara kandung, pekerjaan orang tua, hingga hobi dan minat Anda. Siapkan juga jawaban Anda terkait pertanyaan klise yang kerap diajukan pewawancara yakni apa alasan Anda melamar posisi tersebut.

Baca juga: Form Pengajuan JHT

Periode Pelatihan di Alfamart

Seperti perusahaan pada umumnya, Alfamart juga memiliki program pelatihan bagi pelamar yang sudah dinyatakan lulus tes. Pelatihan yang dimaksud disini adalah kegiatan pelatihan bagi pelamar yang sudah melewati berbagai tahapan tes di atas. Sebutannya sekarang adalah calon karyawan. 

Dalam pelatihan, calon karyawan akan diberikan materi terkait apa yang harus, boleh, dan tidak boleh dilakukan di toko nanti. Periode atau waktu pelatihannya pun bervariasi, tergantung pada jenis kelamin (laki-laki atau perempuan) serta jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Umumnya waktu pelatihan di Alfamart berkisar antara 10 hingga 15 hari. 

Hal penting yang wajib Anda ingat dan ketahui semasa menempuh pelatihan adalah disiplin-lah dalam memakai pakaian yang sudah ditentukan oleh Alfamart. Selain itu, jangan sampai datang telat dan taati aturan yang telah disepakati. 

Demikian penjelasan lengkap seputar syarat dan cara melamar kerja di Alfamart berikut tahapan tes yang harus ditempuh bila ingin diterima sebagai karyawan Alfamart. Tertarik mencoba? 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download