Cara Logout Telegram Web dengan Mudah

02 Jan 2024 by kreditpintar, Last edit: 10 Jan 2024

Telegram adalah layanan pesan besutan Pavel Durov yang banyak mendulang popularitas baru-baru ini. Apalagi ditengah aturan privasi baru dari WhatsApp yang membuat banyak pengguna beralih ke Telegram. 

Baca juga: Apa Itu Telegram

Bagi Anda yang sampai saat ini belum tertarik menjadikan Telegram sebagai layanan pesan utama, well, Anda harus baca artikel dari Kredit Pintar yang satu ini. Ada beberapa kelebihan dari Telegram yang mungkin tidak dimiliki oleh WhatsApp, salah satunya adalah secret chat. 

Terlepas dari itu, Telegram juga memiliki kesamaan dengan WhatsApp yakni memungkinkan penggunanya untuk chat lewat website. Namun rupanya cara masuk ke Telegram Web ternyata tidak sesimple WhatsApp Web. Selain itu, ada banyak pengguna juga yang masih bingung cara logout Telegram Web.  

Well, penasaran bagaimana caranya? Simak terus penjelasan lengkap dari Telegram berikut.

Sebelum Mengetahui Cara Logout Telegram Web, Kenali Dulu Apa Itu Telegram

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara logout Telegram Web, Anda mesti tahu dulu apa itu Telegram dan beberapa informasi penting terkait layanan pesan yang satu ini. 

Telegram adalah aplikasi pesan singkat yang fokus pada kecepatan dan keamanan, serta gratis dan sederhana. DIrilis pada bulan Agustus tahun 2013 oleh Nikolai dan Pavel Durov, sekarang Telegram dikembangkan oleh pengembang Telegram Messenger LLP. 

Tak hanya tersedia untuk perangkat smartphone berbasis Android, Telegram juga bisa Anda gunakan lewat perangkat dengan sistem operasi lain seperti iOS, Windows Phone, hingga Ubuntu Touch. 

Selain melalui smartphone, Telegram ternyata juga bisa diakses menggunakan perangkat elektronik lain misalnya saja lewat PC, laptop bahkan Mac. Dengan kemampuan Telegram yang bisa diakses dari perangkat apapun, aplikasi pengirim pesan yang satu ini pun kian hari semakin populer. 

Dengan kepopuleran Telegram yang semakin menanjak itulah, sekarang saja sudah ada lebih dari 500 juta pengguna aktif Telegram sebagaimana dilansir dari situs resminya. 

Kelebihan dan FItur-fitur Unggulan Telegram

Ada beberapa fitur unggulan Telegram yang patut juga Anda ketahui, antara lain:

  1. Telegram memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang besar alias tak terbatas
  2. Sistem penyimpanan Telegram juga didukung oleh sistem cloud storage yang membantu menyimpan data para penggunanya dengan aman sekaligus mudah untuk diakses
  3. Kualitas video, dokumen, dan foto dari Telegram itu sangat bagus alias tidak menurun kualitasnya
  4. Telegram mempunyai fitur edit pesan yang memungkinkan Anda agar bisa mengedit pesan yang telah terlanjur dikirimkan. Penerima pesan Anda bisa mengetahui bahwa pesan tersebut sudah Anda edit namun mereka tidak akan mengetahui isi sebelum diedit apabila mereka belum membaca pesan tersebut sama sekali
  5. Kelebihan lain Telegram dibandingkan aplikasi pengirim pesan lain (termasuk WhatsApp) adalah dengan menyediakan grup pesan yang mampu menampung hingga 5.000 anggota
  6. Anda tak perlu nomor handphone untuk menambah teman karena Telegram hanya perlu username
  7. Anda dapat mengirimkan file berukuran besar lewat Telegram dengan ukuran maksimal 2 GB dengan format apapun dan tanpa harus menurunkan kualitasnya
  8. Mampu login lewat banyak perangkat dalam waktu yang sama, contohnya saja 

Dan sebagai informasi, Telegram juga memiliki kelebihan selain hanya untuk mengirimkan pesan kepada pengguna lain. Beberapa diantaranya adalah memungkinkan para penggunanya untuk dapat mengirim file, foto, bahkan sesuatu yang tidak dimiliki oleh WhatsApp yaitu secret chat.

Cara Masuk Telegram Web

Sebelum Anda mengetahui cara logout Telegram Web, kenali dulu bagaimana cara masuk ke Telegram Web terlebih dahulu.

Pertama, kunjungi alamat browser yang biasa Anda pakai di PC atau Laptop misalnya Google, Opera, atau Mozilla

Kedua, ketik alamat Telegram Web di browser tersebut yakni di web.telegram.org atau bisa juga kunjungi aplikasi Telegram di komputer

Baca juga: Cara Mencari Grup Telegram Terpopuler Tahun 2022

Ketiga, masukkan informasi Anda seperti negara tempat tinggal dan nomor handphone yang sedang Anda gunakan agar bisa mendapatkan akses masuk ke Telegram Web. Cara ini nampaknya lebih sulit dibandingkan WhatsApp Web yang hanya butuh untuk scan barcode saja

Keempat, lanjutkan proses dengan klik tombol “Selanjutnya” atau “Next”

Kelima, pihak Telegram akan mengirimkan kode verifikasi ke aplikasi Telegram Anda. Apabila kode verifikasi yang dimaksud tidak kunjung dikirim, maka Anda dapat meminta untuk mengirimnya kembali

Keenam, masukkan kode verifikasi tersebut. Lanjutkan prosesnya dengan klik tombol “Next”

Ketujuh, jika nomor handphone yang Anda masukkan itu sudah terdaftar sebelumnya atau memang sudah Anda gunakan untuk memiliki akun di Telegram. Atau dengan kata lain Anda sudah punya akun telegram maka Anda akan langsung dihadapkan pada tampilan pesan yang ada di akun Telegram nomor itu

Sekarang, Anda sudah bisa mengakses Telegram Web di PC maupun di laptop baik itu yang berbasis Windows ataupun Mac. Lantas, bagaimana cara log out Telegram Web? 

Cara Log Out Telegram Web

Untuk bisa log in ke Telegram Web mungkin bukanlah hal yang terlalu sukar. Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkahnya di layar PC atau laptop. Namun, masih banyak diantara pengguna Telegram yang lupa untuk log out dari Telegram Web, padahal itu juga penting dan tidak terlalu sukar. 

Jadi setelah masuk, lantas bagaimana cara log out Telegram Web? Berikut urutannya.

  • Pertama-tama, kunjungi dulu Telegram Web melalui alamat browser yang umum Anda gunakan
  • Setelah laman web terbuka, arahkan kursor Anda ke ikon menu yang ada di bagian sudut kiri atas layar. Tanda menu-nya seperti triple bar
  • Selanjutnya buka menu “Settings” atau pengaturan yang ada di sana
  • Dalam menu settings yang sudah terbuka tersebut, scroll terus ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Logout”
  • Tekan tombol “Logout” yang ada di situ dan Anda pun bisa langsung keluar dari Telegram Web

Nah, untuk memastikan bahwa Anda memang benar-benar sudah keluar dari akun Telegram Web tersebut, cobalah kembali mengakses alamat web telegram tersebut. Apabila misalnya tampilannya sudah kembali seperti ketika Anda akan login, maka itu berarti akun Anda telah benar-benar logout. 

Mengapa Harus Log Out dari Telegram Web? 

Baca juga: Cara Mengamankan Akun Telegram Agar Tidak Dihack

Jadi mengapa Anda harus log out dari Telegram Web? Well, ada beberapa alasan terkait hal tersebut. 

  • Pertama, jika Anda log out dari telegram web, Anda bisa menyimpan semua cloud messages yang Anda punya
  • Kedua, setelah logout Anda akan kehilangan semua secret chats dan semua pesan dari secret chats tersebut. 
  • Ketiga, oleh karena faktor keamanan. Apalagi jika misalnya Anda log in menggunakan komputer yang digunakan banyak orang secara bersama-sama misalnya komputer warnet dan kantor. 

Jadi, jika misalnya Anda menggunakan Telegram Web dari browser untuk berkirim pesan, foto, dan lain-lain kepada teman lain, maka setelah selesai, segera-lah untuk log out dari Telegram Web. 

Bagaimana Cara Menghapus Akun Telegram?

Bila suatu hari nanti Anda sudah bosan menggunakan akun ini atau sekedar ingin libur sejenak dari dunia maya, well, Anda bisa menghapusnya secara permanen atau tidak mengaktifkannya sementara. 

Sebenarnya Telegram sendiri telah membuat kebijakan tentang akun yang tidak aktif selama 6 bulan, maka akun tersebut akan terhapus secara otomatis. Nah, untuk membuat akun Telegram Anda tidak aktif selama jangka waktu tertentu, Anda bisa coba cara yang satu ini.

  • Buka aplikasi Telegram Anda
  • Klik ikon berbentuk titik tiga yang ada di bagian pojok layar
  • Lanjutkan dengan menekan opsi “Setting” atau “Setelan”
  • Jangan lupa pilih “Privasi & Keamanan” dan geser ke bawah lalu pilih menu “Lanjutan”
  • Pilih “Hapus Akun Jika Tidak Ada” dan kemudian tap “Pilih Durasi”
  • Sekarang, Anda bisa memilih berapa lama durasi yang Anda inginkan agar akun Anda tidak aktif sementara waktu.

Nah, selain menghapus akun secara sementara dalam jangka waktu tertentu, Anda juga bisa menghapus akun Anda secara permanen, lho! Caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke laman telegram.org
  • Masukkan nomor handphone yang Anda gunakan sebelumnya ketika mendaftar akun Telegram
  • Berikutnya Anda akan dikirimkan kode konfirmasi yang dikirim oleh Telegram melalui aplikasi Telegram di handphone Anda
  • Tap opsi “Hapus Akun” lalu masukkan alasan Anda mengapa ingin menghapus akun tersebut
  • Jika sudah, klik menu “Hapus Akun Saya” dan konfirmasi kembali dengan klik opsi “Ya, hapus akun saya.”

Sekarang, akun Telegram Anda sudah hilang dan tak akan bisa diakses lagi dikemudian hari

Demikian penjelasan lengkap dari Kredit Pintar Mengenai cara masuk dan cara logout Telegram Web serta perbedaannya dengan telegram desktop yang juga kerap dipakai oleh para pengguna telegram. Sangat mudah, bukan? Jadi, selamat mencoba!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

10 Jan 2024
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download