Cara Defisit Kalori Yang Benar

10 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 12 Nov 2021

Katanya diet dengan cara defisit kalori ampuh menurunkan berat badan dengan cepat, Kamu tertarik untuk mencobanya? Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya dengan berolahraga, tetapi kamu juga mengurangi konsumsi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Ini dia cara defisit kalori yang benar

Cara Defisit Kalori Yang Benar

Diet dengan cara defisit kalori adalah salah satu cara diet yang aman bila dilakukan dengan benar. Ingin tahu seperti apa itu defisit kalori dan bagaimana caranya yang benar dan aman dilakukan? Simak terus artikel cara defisit kalori yang benar berikut ini yang sobat!

Apa Itu Defisit Kalori

Banyak orang mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang mereka butuhkan untuk mempertahankan berat badan ideal mereka. Kalori adalah kumpulan energi yang dihasilkan dari makanan dan minuman.

Mengkonsumsi kalori berlebihan tanpa olahraga fisik untuk membakar lemak berlebih, menyebabkan kelebihan kalori tersebut akan disimpan oleh tubuh sebagai lemak di paha, perut dan bagian tubuh lainnya. Dan ketika kita mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang kita bakar, itulah yang dinamakan kita sedang melakukan defisit kalori.

Oleh karena itu, pada dasarnya diet defisit kalori adalah mengatur pola makan dengan mengurangi porsi kalori yang dikonsumsi.

Melakukannya secara teratur untuk waktu yang lama menyebabkan penurunan berat badan. Sebaliknya, berat badan kita akan bertambah jika secara teratur menyediakan lebih banyak kalori dari yang diperlukan untuk mendukung fungsi-fungsi ini, hal ini disebut surplus kalori.

Disebutkan dalam jurnal Association for Psychological Science jumlah porsi makanan menetukan pasokan energi yang harus diimbangi dengan aktivitas sebagai pencegahan dan penanganan obesitas.

Jika kamu berencana untuk mengikuti diet dengan cara defisit kalori untuk tujuan menurunkan berat badan, lihat bagaimana melakukannya yang benar, dan apa saja pro dan kontra dari diet rendah kalori ini.

Cara-Cara Defisit Kalori

Intinya adalah bahwa untuk penurunan berat badan yang sehat, wanita harus makan tidak kurang dari 1.200 kalori per hari dan pria tidak kurang dari 1.500 kalori, menurut menurut Dietary Guideline for Americans.

Tetapi jika kamu ingin mengurangi kalori untuk defisit kalori, perubahan drastis porsi makanan tidak perlu dilakukan. Berikut beberapa tips makan cara defisit kalori yang bisa kamu lakukan:

Menghitung Kebutuhan Kalori Tubuh Dalam Sehari

Untuk mengikuti diet defisi kalori, kamu perlu mengetahui berapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Karena setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda, tergantung pada usia, aktivitas fisik, jenis kelamin.

Kamu bisa menggunakan kalkulator kalori untuk menghitung berapa kalori yang dibutuhkan per hari untuk menurunkan berat badan, misalnya kamu bisa pakai kalkulator yang ada di situs Calculator.net.

Mengutip Journal of The Academy of Nutrition and Dietitics. Bagi kebanyakan orang, defisit kalori 500 kalori per hari sudah cukup untuk menurunkan berat badan dan tidak mempengaruhi rasa lapar atau tingkat energi.

Namun, seperti diketahui, jumlah kebutuhan kalori setiap orang berbeda dan ditentukan oleh berbagai faktor seperti jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas dan sistem metabolisme masing-masing.

Jadi kamu perlu mengetahui terlebih dahulu dan memastikan jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh, ya!

Aktivitas Fisik

Olahraga dapat meningkatkan penurunan berat badan lebih cepat jika Anda menjalani diet defisit kalori. National Health Service (NHS) merekomendasikan agar orang dewasa melakukan beberapa jenis aktivitas fisik setiap hari daripada tidak sama sekali.

Cara Defisit Kalori Yang Benar

Kamu bisa melakukan gerakan olahraga sederhana, seperti lompat tali cardio, squat, plank, sit-up dan push-up, dan gerakan lainnya. Untuk waktu latihan, direkomendasikan 150 menit latihan per minggu, atau sekitar 30 menit lima hari seminggu.

Kurangi Makanan Berkarbohidrat

Cara defisit kalori berikutnya adalah dari makanan kita yaitu mengurangi konsumsi karbohidrat. Karbohidrat memang diperlukan tubuh sebagai sumber energi. Namun kamu harus memperhatikan jenis dan berapa karbohidrat yang akan dikonsumsi, terutama jika ingin mengikuti diet defisit kalori.

Meski tidak ada patokan khusus untuk konsumsinya. Kamu bisa memilih jenis karbohidrat yang lebih sehat seperti berikut:

  • Roti Gandum
  • Buah utuh atau jus tampa tambahan gula
  • Makan quinoa sebagai alternatif pasta
  • Makan biji-bijian dan kacang-kacangan sebagai sumber serat rendah karbohidrat.
  • susu dan yogurt tanpa pemanis.

Air Putih Yang Cukup

Minum air putih yang cukup juga termasuk cara defisit kalori yang baik dan benar. Karena minum air putih yang cukup dapat membantu menurunkan berat badan. Disarankan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 30ml per hari. Tidak hanya memiliki 0 kalori, tetapi minum air putih juga dapat membantu membakar kalori.

The National Library of Medicine menguji 12 orang yang minum 500 ml air dingin dan air mineral biasa. Hasilnya terjadi peningkatan pengeluaran energi dan pembakar 2-3% kalori lebih banyak dari biasanya dalam 90 menit setelah minum air putih.

Hindari Minuman Berkalori Tinggi

Masih dengan minuman, menghindari minuma berkalori adalah cara defisit kalori yang bisa kamu lakukan. Kamu mungkin dapat mengurangi beberapa ratus kalori dari mengurangi atau tidak minuman manis seperti soda, jus, dan minuman kopi dan semisalnya.

Minuman beralkohol juga tinggi kalori. Kalori dalam minuman ini tidak membuat merasa kenyang, dan jika dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan, penyakit jantung, hingga diabetes.

Hindari Makanan Olahan Tinggi

Dari US, National Library of Medicine yang termasuk makanan olahan tinggi adalah gula, lemak dan garam. makanan cepat saji, sereal dan minuman manis. Makanan seperti ini memang cenderung berasa lebih enak dan mendorong untuk lebih banyak makan.

Jadi diet dengan cara defisit kalori yang harus kamu lakukan adalah dengan mengurangi makanan-makanan olahan ini

Perbanyak konsumsi makanan olahan minimal kaya akan vitamin, mineral, dan serat, dan termasuk makanan seperti protein tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan polong-polongan.

Makan Masakan Rumah

Cara defisit kalori yang terakhir adalah dengan banyak makan masakan yang diolah sendiri di rumah, kurangi makan masakan warung atau warteg.

Karena masakan olahan rumah, kamu bisa mengontrol komposisi makanan yang akan dimasak. Berbeda dengan masakan warteg, walaupun terlihat menggiurkan tapi kamu tidak tahu komposisi dari masakan tersebut.

Makan makanan buatan sendiri juga dikaitkan dengan kualitas makanan yang lebih baik, konsumsi buah dan sayuran yang lebih tinggi, kadar lemak tubuh yang lebih rendah, dan risiko penyakit jantung dan diabetes yang lebih rendah. Plus, memasak di rumah seringkali dapat menghemat uang kamu.

Okay itulah cara-cara defisit kalori yang bisa kamu coba. Mulailah pola hidup sehat dengan mengatur pola makan dan jenis makanan yang kamu konsumsi. karena datangnya penyakit itu mayoritas datang dari makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Semoga artikel cara defisit kalori yang benar ini bermanfaat!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload