Cara Daftar Google Adsense Untuk Pemula

14 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Mendapatkan uang lewat internet adalah salah satu hal yang sangat mungkin untuk dilakukan. Salah satu dengan cara daftar google adsense, monetize untuk google adsense juga dibagi menjadi beberapa bagian, seperti blog, aplikasi, dan youtube.

Cara Daftar Google Adsense Untuk Pemula

Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara daftar google adsense untuk blog/website. Tapi sebelum itu, ada baiknya jika kita membahas mengenai apa itu google adsense, keuntungan apa saja yang kita dapatkan dari google adsense sebagai perkenalan terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal 2021

Apa Itu Google Adsense?

Sebelum membahas cara daftar google adsense, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu Google Adsense. Google AdSense merupakan program periklanan dari Google yang membolehkan user menjadi partner. Semua user google bisa mengikuti layanan ini dengan syarat yang sudah ditentukan oleh google. User yang sudah diterima oleh Google adsense akan mendapatkan bayaran dari Google saat iklan di blog/website di klik oleh pengunjung.

Ciri-ciri website yang sudah diterima program Google Adsense adalah adanya iklan pada blog/website tersebut. Umumnya iklan tersebut terdapat di sidebar, header, dan artikel.

Hampir semua blog melakukan monetisasi blog mereka menggunakan Google Adsense. Ada beberapa alasan kenapa para blogger menggunakan layanan Google Adsense untuk monetisasi blog mereka, seperti bayaran lebih tinggi dibandingkan layanan lain, iklan bisa dikustomisasi, mudah dimengerti dan lain sebagainya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Jenis Bisnis Online yang Bermodal Minim

Keuntungan Menggunakan Google Adsense

Nah sebelum mendaftar google adsense, ada baiknya jika kalian mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan menggunakan Google Adsense, seperti:

1. Penghasilan Tambahan

Keuntungan untuk menggunakan Google Adsense yang pertama adalah bayaran yang ditawarkan oleh Google Adsense. Namun perlu diingat jika penghasilan Adsense tergantung beberapa faktor, seperti tingkat popularitas blog, iklan yang ditawarkan oleh pengiklan, jumlah pengunjung, dan jumlah klik iklan di blog kalian.

Adsense melakukan pembayaran setiap bulan, penarikan dana bisa dilakukan dengan syarat memenuhi penghasilan sebesar $100 atau setara dengan 1,4 juta rupiah.

2. Bentuk Iklan Bisa Disesuaikan

Apa kalian khawatir jika adanya iklan di blog merusak tampilan blog kalian? Tenang saja, karena ukuran iklan adsense bisa di kustomisasikan sesuai keinginan user. Para pengguna bisa dengan mudah mengatur ukuran, bentuk jenis iklan, latar belakang bahkan border iklan juga bisa di kustomisasikan.

3. Iklan Sesuai dengan Konten Blog

Konten merupakan hal yang sangat penting untuk menarik perhatian para pengunjung, sehingga memerlukan penataan yang baik. Saat kalian menggunakan layanan Google Adsense dan layanan sejenisnya, tentu saja akan mengurangi ruang di konten. Hal tersebut membuat para pengunjung kurang menyukai hal tersebut, apalagi jika iklan yang ditawarkan tidak relevan dengan isi blog.

Nah, salah satu keuntungan terbesar saat menggunakan Adsense adalah iklan yang muncul sesuai dengan isi konten website kalian. Sehingga iklan yang tampil tidak akan terlalu mengganggu pengunjung. Bayangkan saja jika iklan yang tampil tidak sesuai dengan konten blog kalian, tentu para pengunjung merasa tidak nyaman.

4. Menyediakan Statistik Lengkap

Adsense menyediakan analisis lengkap kepada para mitranya, misalnya saja seperti data pengunjung, penghasilan berdasarkan iklan, CPC, RPM dan lain sebagainya. Semua fitur tersebut bisa kalian temukan di akun dashboard adsense kalian. Selain itu kalian juga bisa melihat jumlah klik, total penghasilan, dan popularitas halaman web berdasarkan iklan yang tampil.

Cara Daftar Google Adsense Untuk Pemula

Selain statistik yang lengkap, fitur menarik lainnya dari Adsense adalah fitur keamanan yang bisa digunakan untuk memblokir iklan yang tidak ingin tampil di blog kalian.

5. Tersedia Banyak Referensi

Adsense merupakan penyedia periklanan yang sangat populer, sehingga banyak pengiklan yang memasang iklan mereka di Adsense. Sehingga terdapat banyak sekali iklan yang bisa ditampilkan di blog kalian, jadi blog kalian akan menampilkan beragam iklan dan tentunya iklan yang tampil masih relevan dengan pembahasan blog kalian.

Baca Juga: Cara Membuat Blog untuk Pemula

Cara Daftar Google Adsense

Nah setelah membahas mengenai apa itu google adsense dan keuntungan apa saja yang bisa didapat jika kita menggunakan Google Adsense, sekarang kita akan membahas mengenai cara daftar google adsense untuk blog. Ada beberapa hal yang perlu kalian penuhi sebelum mendaftar Adsense, seperti blog dan email gmail. Jika sudah terpenuhi, silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

1. Membuat Akun Adsense

Silahkan kunjungi halaman https://www.google.com/intl/id_id/adsense/start/, lalu klik “Daftar Sekarang”. Nantinya kalian akan diminta untuk mengisi form registrasi yang meliputi, alamat blog dan email. Scroll kebawah dan klik “Save & Continue” untuk melanjutkan mendaftar. Nantinya akan ada verifikasi kembali, kalian hanya tinggal scroll kebawah dan klik Create Account.

Sampai tahap ini kalian, sudah membuat akun adsense. Tapi kalian harus mengaktifkan akun tersebut dengan langkah selanjutnya.

Cara Daftar Google Adsense Untuk Pemula

2. Mengaktifkan Akun Adsense

Langkah selanjutnya untuk cara daftar google adsense adalah mengaktifkan akun adsense. Setelah proses registrasi, kalian akan diminta untuk mengisi beberapa informasi.

Catatan: Masukkan alamat sesuai dengan alamat tempat tinggal kalian, alamat tersebut menjadi tujuan saat verifikasi alamat saat saldo adsense anda mencapai $10 atau sekitar 140 ribu.

Setelah mengisi semua informasi, silahkan klik “Submit”. Lalu kalian akan diminta untuk menyalin beberapa baris kode ke dalam header website kalian. Kode tersebut berguna sebagai verifikasi jika situs tersebut benar-benar milik kalian.

Setelah menambahkan kode tersebut ke blog, silahkan centang “Saya telah menempelkan kode ke situs saya” dan klik “Selesai”. Jika sudah, pihak adsense akan meninjau blog kalian, silahkan tunggu beberapa hari.

3. Membuat Iklan Adsense

Setelah proses permohonan aktivasi google adsense kalian diterima, langkah selanjutnya adalah membuat iklan adsense. Setidaknya ada 3 hal yang bisa kalian lakukan untuk mengatur iklan adsense, seperti membuat unit iklan, memilih tipe iklan, serta memilih gaya teks iklan.

Cara Daftar Google Adsense Untuk Pemula

Masuk ke dalam dashboard akun adsense kalian, lalu klik “Iklan Saya”, lalu kalian akan menemukan beberapa menu yang berhubungan dengan pengaturan iklan. Lalu klik opsi “Tambah Unit Iklan” untuk menambah iklan baru,

Nantinya kalian akan melihat tampilan beberapa tipe iklan yang disediakan adsense, misalnya saja seperti responsif, Large Mobile Banner, Large Rectangle dan lain sebagainya. Kalian bisa memilih salah satu di antara ukuran dan tipe iklan sesuai dengan keinginan kalian. Misalnya saja seperti iklan “Responsive” dengan tipe “teks dan tampilan iklan”, lalu berikan nama iklan tersebut.

Selain bisa memilih gaya teks iklan, kalian juga bisa memilih ukuran dan tipe iklan. Kalian bisa menyesuaikan tampilan lebih lanjut. Misalnya saja seperti warna border, judul, teks, url dan latar belakang iklan. Fitur ini menjadi salah satu fitur keunggulan dari Google Adsense dibandingkan dengan situs lain.

Setelah selesai, klik “Simpan dan Dapatkan Kode”, nantinya kalian akan mendapatkan beberapa baris kode iklan, silahkan paste kode tersebut kedalam blog kalian. Kalian tidak perlu khawatir mengenai ukuran iklan, karena ukuran iklan google adsense menyesuaikan dengan ukuran yang tersedia di blog kalian.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download