10+ Cara Daftar Dana yang Mudah dan Cepat

22 Sep 2021 by Laruan

Sejak diluncurkannya aplikasi Dana sudah cukup populer karena mampu memberi kemudahan dalam bertransaksi secara digital. Tak heran jika banyak orang yang sudah tau cara daftar Dana dan penggunaanya. Bahkan banyak orang yang sudah menggunakan Dana sebagai alat transaksi non tunai utamanya.

10+ Cara Daftar Dana yang Mudah dan Cepat

Meski begitu tentunya masih ada beberapa dari Sobat Pintar yang belum mengenal Dana dan tidak tahu cara daftar atau menggunakannya. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara lengkap seputar aplikasi Dana terutama cara daftar Dana yang mudah dan cepat. Sebelum itu ada baiknya jika kita berkenalan dulu dan memahami apa itu Dana dan fungsi yang ada di dalamnya!

Apa Saja Jenis Bansos Yang Akan Cair di Bulan September? Inilah Info Selengkapnya

Apa itu Dana dan Apa saja Fitur Yang Ada di Dalamnya?

Dana bisa diartikan sebagai suatu platform dompet digital yang didesain secara khusus sebagai alat transaksi digital non tunai. Aplikasi Dana memungkinkan Sobat Pintar untuk bisa bertransaksi dengan lebih cepat, dan praktis namun tetap terjamin keamanannya. Disamping itu aplikasi ini juga punya segudang kelebihan yang akan menguntungkan Sobat Pintar.

Salah satu kelebihannya adalah Sobat Pintar bisa membayar berbagai jenis tagihan dan kebutuhan sehari-hari seperti listrik, pulsa dan paket data,  asuransi, BPJS dan masih banyak lagi. Sobat Pintar bisa melakukan pembayaran tersebut dimanapun dan kapanpun. Selain itu kita juga bisa menikmati berbagai promo menarik jika menggunakan aplikasi ini seperti cashback dan potongan harga.

Berbagai kemudahan dan kelebihan di atas tentunya mampu membuat siapa saja tertarik menggunakan aplikasi ini. Apalagi Dana sendiri juga cukup mudah digunakan karena cara login Dana hanya perlu tap aplikasi dan sudah langsung bisa digunakan. Aplikasi ini juga bisa digunakan disemua perangkat baik itu perangkat android maupun iOS. 

Tak hanya itu saja,  aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur menarik yang tentunya tak bisa Sobat Pintar lewatkan begitu saja. Secara garis besar fitur dana terdiri dari dua fitur utama yaitu dompet digital dan kirim & minta Dana.  Untuk pembahasan selengkapnya Sobat Pintar bisa menyimak penjelasan dibawah ini:

  1. Fitur Dompet Digital atau Wallet

Fitur Dana yang satu ini mempunyai sekitar 5 menu yang terdiri dari:

  • Dana Premium, jenis akun yang mempunyai keunggulan dibandingkan dengan akun biasa karena memiliki maksimal saldo yang lebih besar dibanding akun biasa
  • Top up: proses isi saldo aplikasi Dana sangatlah mudah dan bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja tentunya, misalnya melalui transfer dari mesin ATM
  • Simpan kartu bank, di menu ini Sobat Pintar bisa menyimpan kartu bank yang bisa disambungkan ke aplikasi Dana supaya proses membayar jadi lebih mudah
  • Tarik saldo dimana pada menu ini Sobat Pintar bisa dengan mudah menarik tunai saldo dana melalui Alfamart, agen dan lain sebagainya
  • Bayar, pada menu ini Sobat Pintar bisa memanfaatkan aplikasi Dana untuk membayar berbagai jenis kebutuhan seperti bayar listrik, beli pulsa maupun pembayaran lainnya di berbagai merchant yang bekerjasama dengan Dana.
  1. Kirim dan Minta Dana

Fitur kirim dan minta dana ini mempunyai beberapa menu seperti pengiriman dan penerimaan uang ke Dana, ke Bank, Ke link, minta Dana dan terakhir Dana kaget. Adapun detail masing-masing menu bisa Sobat Pintar simak di penjelasan berikut ini:

  • Ke Dana, menu ini memungkinkan Sobat Pintar untuk mengirim uang secara gratis antar pengguna Dana
  • Ke Bank, pada menu ini Sobat Pintar bisa dengan bebas mengirim uang gratis antar bank
  • Ke Link, Sobat Pintar bisa mengirim uang secara gratis melalui chat menggunakan menu ini
  • Minta Dana dimana menu ini memudahkan kita untuk menerima uang transferan baik dari sesama pengguna Dana maupun dari transferan Bank
  • Dana Kaget, menu ini memungkinkan Sobat Pintar untuk berbagai saldo Dana kepada sesama teman maupun kerabat yang sama-sama menggunakan aplikasi ini.

Selain fitur di atas Dana juga mempunyai fungsi lainnya yaitu Dana bisnis dan Dana enterprise untuk Sobat Pintar pelaku bisnis UMKM. Semua fungsi tersebut tentunya sangat membantu dan tak kalah  menarik.

Bagaimana Cara Daftar Dana?

Cara daftar Dana ini sendiri termasuk sangat mudah dilakukan. adapun caranya bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Instal Aplikasi, pertama download aplikasi Dana. Aplikasi bisa dengan mudah Sobat Pintar download secara gratis melalui playstore. Setelah berhasil download otomatis aplikasi akan terinstall di HP atau smartphone Sobat Pintar
  2. Buka aplikasi untuk mendaftar
  3. Halaman pertama Sobat Pintar harus mengisi nomor telepon atau HP yang masih aktif lalu klik lanjut
  4. Kemudian masukan kode OTP sebanyak 4 digit. Adapun kode OTP biasanya akan dikirim pihak Dana melalui SMS ke nomor yang Sobat Pintar masukan tadi
  5. Halaman selanjutnya biasanya akan muncul kode promo namun bila tidak ada Sobat Pintar bisa langsung melewati
  6. Masukkanlah nama lengkap atau nama panggilan Sobat Pintar 
  7. Masukan foto Sobat Pintar lalu tap menu Daftar
  8. Buat PIN untuk keamanan akun. Biasanya PIN yang dibuat harus sebanyak enam digit 
  9. Tap menu lanjut dan selesai, Sobat Pintar sudah bisa login Dana
  10. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran di atas otomatis Sobat Pintar sudah berhasil mendaftar akun sebagai anggota biasa
  11. Sobat Pintar sudah bisa mulai melakukan berbagai pembayaran dan transaksi dengan aplikasi Dana. Untuk mulai bertransaksi tentunya Sobat Pintar harus mengisi atau top up saldo. Top up saldo Dana bisa dilakukan melalui merchant seperti Ramayana dan Robinson. Selain itu Top up juga bisa dilakukan melalui Bank seperti BCA, BRI,BRI dan lain sebagainya.

Setelah Top Up Sobat Pintar bisa menikmati berbagai fungsi dan melakukan transaksi kecuali menggunakan fungsi kirim Dana. Untuk menggunakan fungsi tersebut Sobat Pintar harus upgrade ke akun premium. Adapun cara untuk upgrade ke akun premium juga sangat mudah, berikut cara dan tahapan upgradenya:

  1. Tap menu Me di aplikasi Dana Sobat Pintar
  2. Selanjutnya tap menu verify Your Account
  3. Lanjutkan dengan tab menu Apply Now lalu Let’s Start
  4. Isi Data yang diperlukan dan mengambil foto selfie dan KTP Sobat Pintar dan selesai

Pada tahap ini Sobat Pintar hanya perlu menunggu hingga proses pengajuan Dana premium selesai. Proses ini biasanya memerlukan waktu beberapa jam saja. Setelah berhasil Sobat Pintar sudah bisa menggunakan seluruh fungsi premium yang ada di Aplikasi tersebut seperti tarik saldo dan kirim dana.

Setelah Daftar Dana dan Melakukan Transaksi, Apakah Aman?

Sebagai aplikasi penyimpanan dana para penggunanya, aplikasi ini tentunya mempunyai berbagai proteksi dan keamanan yang ketat dan terjamin. Keamanan aplikasi ini bahkan sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia berupa soal izin penggunaan e-money, transfer uang online dan lembaga keuangan digital. Jadi anda tidak perlu ragu lagi dengan keamanan transaksi di aplikasi ini.

Aplikasi Dana juga memiliki fungsi pengenalan wajah demi meningkatkan keamanan. Fitur pengenalan wajah bisa digunakan untuk login ke akun Dana. Adapun cara login Dana dengan fungsi pengenalan wajah bisa dilakukan hanya dengan memindai atau scan wajah Sobat Pintar di depan kamera.

Langkah-langkah mendaftarkan akun Dana di atas tentunya sangat mudah diikuti oleh siapa. Ikuti setiap langkahnya dengan teliti dan dijamin proses pendaftaran Dana akan sangat mudah dan cepat, selamat mencoba. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Waspadai Modus Penipuan Online Yang Sering Terjadi, Simak Selengkapnya di Sini!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload