6 Aplikasi Dompet Pengatur Keuangan

25 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 26 Nov 2021

Mengatur finansial bukanlah cara mudah. Sobat Pintar perlu membuat beberapa langkah agar hal tersebut dapat berjalan maksimal. Satu di antaranya adalah dengan menggunakan aplikasi dompet pengatur keuangan.

Dikutip dari ET Now, sebuah studi kasus yang dilakukan oleh Google pada tahun 2016, menyebutkan orang-orang yang berusia 18 sampai dengan 64 tahun memiliki 2,5 aplikasi keuangan di ponsel pintar mereka.

Oleh karena itu, dengan banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi keuangan, Sobat Pintar terlebih dahulu harus mengetahui manfaat dan kegunaan utamanya. Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini. 

Manfaat Umum Mengatur Keuangan

Kebutuhan hidup seseorang pasti memperlihatkan kenaikan. Bukan hanya kebutuhan pokok saja, melainkan kebutuhan lainnya pasti ikut bergerak naik. Oleh sebab itu jika tidak mengatur keuangan dengan baik, anggaran bulanan akan terasa sangat berat. Berikut manfaat utama dalam mengatur keuangan:

  • Melatih Pola Hidup Hemat

Hidup yang relatif hemat bukan merupakan hidup yang pas-pasan atau bahkan serba kekurangan, melainkan hidup hemat adalah hidup yang berkecukupan dan bisa mewujudkan apa yang diinginkan. 

Atur anggaran keuangan bulanan dengan baik, dengan mendahulukan kewajiban, kebutuhan dan meniadakan utang yang bisa menimbulkan masalah dalam keuangan Sobat Pintar semua. Hemat juga dapat mengontrol semua pengeluaran yang mungkin sering berlebihan dan menjaga agar tetap tidak melakukan pemborosan.

  • Berlatih untuk Tertib dan Teratur

Jika dapat mengelola keuangan dengan baik, hidup akan terasa lebih tertib dan teratur ke depannya. Segala hal yang diinginkan akan selalu terencana dengan detail.

Tidak hanya kebutuhan pokok saja, sesuatu yang tidak dapat dikerjakan sesering mungkin seperti pergi berlibur dan kebutuhan jasmani lainnya akan cepat terwujud, dengan begitu kehidupan akan menjadi lebih tenang dan seimbang.

  • Mengurangi Tingkat Kestressan

Masalah kesehatan yang bisa membahayakan, jika seseorang sudah terlihat stres melihat kondisi keuangan yang berantakan akan mudah berisiko mendatangkan penyakit.

Hindari sesuatu yang dapat memicu stres seperti halnya hutang yang besar, pinjaman yang belum lunas karena bunga semakin tinggi serta gaya hidup yang berlebihan dan masalah keuangan lainnya.

Setelah mengetahui beberapa manfaat dalam mengatur keuangan, ada baiknya Sobat Pintar mengetahui beberapa aplikasi dompet pengatur keuangan yang dapat membantu mengatur anggaran bulanan Sobat Pintar semua.

Aplikasi Dompet Pengatur Keuangan untuk Rumah Tangga

Bagi sebagian orang, dompet pengatur keuangan mungkin sudah cukup dengan menabung di bank konvensional lalu mencatatnya atau mengingat-ingat berapa saldo yang ada di dalamnya. Namun dengan berkembangnya zaman, sudah mulai banyak aplikasi pengatur keuangan yang tersedia secara gratis dan praktis.

Berikut ini rekomendasi aplikasi dompet pengatur keuangan yang Kredit Pintar rangkum:

  • Keuangan Keluargaku

Aplikasi pengatur keuangan ini sangat cocok untuk yang sudah berkeluarga karena dapat login secara bersamaan dengan satu akun saja secara realtime. Jadi jika sang suami dan sang istri sedang membuka aplikasi ini secara bersamaan maka tidak akan terjadi masalah.


Fitur yang dimiliki juga terbilang cukup lengkap, karena masih mudah digunakan dan intuitif, dapat mengelola jumlah hutang atau piutang dengan lengkap serta terdapat histori pembayaran, mencatat tabungan untuk mencapai tujuan keuangan yang diinginkan, dan dapat melacak transaksi pengeluaran dan pemasukan secara mudah dan praktis.

Namun, sayangnya aplikasi hanya terdapat pada ponsel pintar berbasis Android saja.

  • Catatan Keuangan Harian

Aplikasi pengatur keuangan yang dibuat untuk mencatat aktivitas keuangan berupa pemasukan hingga pengeluaran sehari-hari.

Memiliki desain sederhana dengan warna putih minimalis dengan beberapa fitur yang terbilang lengkap. Fitur yang dapat menambahkan data pemasukan dan pengeluaran sehari-hari dengan adanya tambahan format deskripsi menjadikan aplikasi ini lebih komplit dan teratur lagi dalam mengelola keuangan. Adanya menu laporan yang mana dapat mengetahui secara keseluruhan total pengeluaran dan pemasukan bulanan.

  • Aplikasi Mint

Salah satu dompet pengatur keuangan yang sangat populer di kalangan milenial karena aplikasi satu ini dapat menyuguhkan fitur all-in-one dengan hanya mendaftarkan satu akun saja. Dengan memiliki beberapa fitur dibawah ini:

  • Rekening Bank
  • Portofolio Investasi
  • Tagihan Bulanan
  • Pinjaman Kredit
  • Giro

Tak hanya itu, aplikasi keuangan ini dapat mengelompokkan anggaran belanja kedalam beberapa kategori yang berbeda. Dengan begitu Sobat Pintar dapat menghitung pengeluaran rumah tangga dengan mudah dan keuangan juga dapat ditampilkan dalam bentuk grafik yang mana akan lebih mempermudah melihat kondisi keuangan.

  • Teman Bisnis

Dompet pengatur keuangan yang satu ini dapat mengakomodasikan kebutuhan Sobat Pintar dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang Sobat jalankan maupun untuk catatan dalam rumah tangga saja.

Terlebih itu, aplikasi ini juga sangat cocok untuk Sobat Pintar yang baru pertama kali terjun dalam dunia bisnis yang mana dapat melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran dari berbagai macam sumber.

Tak hanya itu, Sobat Pintar juga dapat mencatat transaksi utang dan kredit dan juga dapat menghitung sejumlah laporan seperti laba/rugi, utang/piutang, hingga pertumbuhan kas per periodiknya secara otomatis.

  • Catatan Keuangan

Aplikasi ini juga cocok untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan guna mengatur keuangan yang lebih stabil. Dengan aplikasi ini Sobat juga dapat mengontrol setiap pembelanjaan yang disesuaikan dengan pemasukan bulanan.

Memiliki fitur pengingat untuk membayar tagihan akan lebih aman dari rasa lupa yang mengakibatkan denda. Dan menariknya, Sobat Pintar dapat mengakses secara otomatis ke semua perangkat elektronik. Dan satu lagi, yaitu aplikasi ini memiliki fitur untuk menginformasikan nilai tukar mata uang dari seluruh dunia.

  • Finansialku

Siapa yang tidak mengenal aplikasi yang satu ini, tak hanya terkenal dengan nama aplikasinya saja, podcast tentang keuangan milik Melvin Mumpuni selalu menjadi panduan bagi para pemula yang ingin belajar mengatur keuangan mereka.

Sudah terdapat di dua platform terkemuka yakni Android dan iOS atau dapat mendownload dari laman resminya finansialku.com.

Fitur yang ditawarkan mulai dari simulasi investasi yang mana dapat memberikan gambaran terkait untung rugi, financial health check up yang dapat mengetahui kondisi keuangan agar dapat melakukan pencegahan atau perencanaan terbaik untuk memperbaiki ekonomi keluarga, membuat kategori-kategori tertentu untuk dapat mencapai tujuan finansial hingga mencatat pengeluaran dan pemasukan anggaran bulanan.

Itulah beberapa aplikasi dompet pengatur keuangan yang dapat Sobat Pintar jadikan alat untuk membantu memulai menghitung pemasukan dan pengeluaran agar anggaran bulanan tetap dapat terkendali.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload