Tips Belanja Bulanan Hemat dengan List Belanjaan

12 Jan 2018 by Ary Wibowo, Last edit: 23 Aug 2022

Diperlukan cara dan tips belanja bulanan hemat agar kegiatan rutinan ini sesuai dengan budget yang kita inginkan. Dengan membuat perencanaan yang jelas, kegiatan setiap awal atau akhir bulan ini bisa menjadi lebih efektif dan efisien. 

Tips Belanja Bulanan Hemat

Tanpa perencanaan yang jelas, biasanya kita hanya akan berkeliling swalayan tanpa tahu apa lagi yang akan kita beli. Selain menghabiskan waktu, terkadang kita bisa kelabakan dengan membeli makanan yang belum tentu akan kita habiskan. 

Karena cara belanja bulanan hemat tidak semudah mendatangi swalayan, membeli kebutuhan, lalu pulang. Padahal kenyataannya, sesulit membedakan lengkuas di dalam tumpukan daging rendang di pesta pernikahan. 

Belanja Bulanan vs Belanja Mingguan 

Untuk apa kita mempelajari tips belanja bulanan hemat ketika kita bisa mendapatkan bahan makanan yang lebih segar jika melakukan kegiatan belanja seminggu sekali atau setiap hari? 

Baca Juga : Sertifikasi Halal MUI, Ini Biaya dan Cara Mengurusnya

Pertanyaan ini mungkin pernah muncul di benak kita. Namun yang menjadi pertanyaan kembali, apakah kita punya banyak waktu luang untuk pergi berbelanja setiap hari atau setiap minggunya? Jika tidak belanja bulanan adalah solusinya. 

Tidak jarang, banyak karyawan kantoran, atau mahasiswa yang padat akan kegiatan tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan belanja kebutuhan makanan setiap hari atau setiap minggunya. Oleh karena itu, cara belanja bulanan dirasa lebih efektif dalam menghemat waktu dan tenaga. 

Tips Belanja Bulanan Hemat 

Belanja bulanan bisa menjadi bumerang jika tidak dilakukan dengan baik. Mungkin beberapa bahan pangan yang kita beli, sudah lebih dulu busuk duluan sebelum kita olah menjadi bahan masakan. Oleh karena itu, perlu mengetahui sedikit tips belanja bulanan hemat di bawah ini. 

Bahan Makanan 

Lalu jenis bahan makanan seperti apa saja yang harus kita beli dalam list cara belanja bulanan agar hemat yang kita miliki? Berikut adalah beberapa jenis bahan makanan yang setidaknya perlu masuk dalam perencanaan pembelian yang akan kita lakukan. 

  1. Makanan Kering 

Bahan makanan kering, lebih mudah untuk disimpan. Selain itu, waktu kadaluarsa makanan kering lebih lama dari makanan basah. 

  1. Makanan Kaleng 

Makanan kaleng lebih mudah untuk diolah. Begitu pula dengan ketahanannya yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Jadi pastikan bahan makanan kaleng ada dalam list daftar belanja bulanan yang kamu miliki. 

  1. Makanan Karton 

Banyak bahan makanan karton yang bisa kita simpan di freezer. Bisa juga disimpan dalam suhu ruangan. Contoh bahan makanan karton seperti susu UHT, mie instan, bumbu instan, jus, dan lain-lain. 

  1. Makanan Beku 

Tidak perlu dibantah kembali, jika bahan makanan yang dibekukan bisa bertahan lebih lama dari makanan yang biasa. Oleh karena itu, masukan bahan makanan beku dalam list daftar bahan belanjaan kamu.

Baca Juga : 6 Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Trik Berbelanja 

Setelah mengetahui apa saja bahan makanan yang perlu dibeli, sekarang kita masuk bisa masuk kedalam tips belanja bulanan hemat dengan list belanjaan. 

  1. Membeli dalam Jumlah yang Besar

Dengan membeli makanan dalam jumlah yang sangat besar, kamu bisa menghemat uang belanjaan kamu dengan sejumlah diskon dan pengurangan harga.  

Walaupun demikian, pastikan jika jumlah yang diperkirakan akan cukup dalam sebulan. Jangan sampai membeli terlalu berlebihan. 

  1. Membeli di Pasar Tradisional. 

Dengan membeli di pasar tradisional, kamu bisa melakukan penawaran harga. barang-barang seperti daging, cabai, bawang merah, dan bawang putih bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah dibanding kamu membelinya di supermarket. 

  1. Cermat dalam Menentukan Bahan Masakan 

Tips belanja bulanan hemat selanjutnya adalah dengan cermat menentukan bahan masakan. Pastikan kamu menghabiskan sejumlah makanan yang mudah basi di awal bulan. Sedangkan makanan yang memiliki tingkat ketahanan tinggi bisa disimpan untuk pertengahan dan akhir bulan nanti. 

  1. Manfaatkan diskon dan kupon

Terkadang saat melakukan belanja bulanan, kita melihat beberapa makanan dasar pokok yang tahan lama sedang mengadakan diskon. Jangan gengsi untuk ikut memanfaatkan diskon yang tersedia di pasaran. 

  1. Membuat List Belanjaan Sebelum Mulai Berbelanja 

Apa itu list belanjaan? List belanjaan adalah daftar belanjaan dasar yang harus kamu beli di pasar swalayan seperti bumbu-bumbu, perlengkapan sehari-hari seperti sabun mandi, shampo, dan lain-lain. Itulah beberapa tips belanja bulanan hemat. 

Lalu bagaimana cara membuat daftar belanjaan untuk menghemat belanja bulanan?

Kamu bisa memulai dengan melakukan meals plan atau perencanaan menu makanan. Dengan cara seperti ini, lebih mudah bagi kamu untuk membuat list daftar belanjaan bulanan. 

Membuat daftar belanjaan lebih spesifik dapat menghemat waktu kamu lebih banyak lagi. Pastikan kamu tidak melupakan satu pun bahan dasar makanan yang diperlukan. Karena tentunya, kamu tidak ingin kembali ke pasar swalayan hanya untuk memberi bahan dasar makanan yang diperlukan. 

Berikut adalah salah satu contoh dalam membuat list daftar belanjaan :  

Kebutuhan Dapur 

Sesuaikan kebutuhan dapur dengan daftar menu yang akan kamu masak setiap harinya. Namun ada beberapa barang wajib yang sewajarnya dibeli saat kamu melakukan belanja bulanan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut : 

  • Beras 
  • Minyak
  • Garam 
  • Bawang Putih dan Bawang Merah 
  • Penyedap Rasa 
  • Bumbu-bumbu 
  • DLL 

Walaupun dalam tips belanja bulanan hemat yang pertama adalah untuk membeli dalam jumlah banyak, bukan berarti diluar seharusnya kebutuhan setiap harinya. Tentunya kamu tidak perlu membeli terlalu banyak beras hanya untuk memberi makan dua orang saja. 

Kebutuhan Rumah Tangga 

Pastikan kamu membeli kebutuhan rumah tangga atau kebutuhan sehari-hari tentunya. Jangan lupakan alat mandi, sabun cuci baju, dan bahkan mungkin pewangi ruangan. 

Berikut adalah beberapa list wajib dari kebutuhan rumah tangga : 

  • Sabun mandi 
  • Shampo
  • Pasta gigi 
  • Sabun cuci piring
  • Pewangi ruangan 
  • Tissue toilet, dapur, wajah 
  • DLL 

Kebutuhan Anak 

Untuk kamu yang telah memiliki buah hati, tentunya banyak kebutuhan bagi sang buah hati. Apalagi jika si kecil masih berumur dibawah lima tahun. Pastikan untuk memasukan daftar kebutuhan si kecil dalam daftar belanjaan. 

Beberapa barang yang biasanya terdapat dalam daftar belanjaan bagi si kecil : 

  • Diapers 
  • Susu Kakak dan si adik 
  • Minyak telon 
  • Minyak kayu putih 
  • Body lotion 
  • Peralatan mandi si kecil
  • Tissue basah 
  • DLL

Kebutuhan Pribadi 

Sebagai wanita, mungkin kamu memiliki sejumlah kebutuhan pribadi. Setidaknya kamu haru berdandan untuk keluar rumah bukan. Jadi pastikan stok bedak, make up, dan skincare kamu terpenuhi. 

Berikut adalah beberapa daftar yang sering masuk kedalam list belanjaan pribadi : 

  • Pelembab
  • Bedak 
  • Skincare
  • Make up 
  • Facial wash 
  • Masker wajah 
  • DLL

Itulah beberapa tips belanja bulanan hemat untuk kamu yang mulai berumah tangga atau mulai untuk hidup secara mandiri. Kunci dari utama dari belanja bulanan hemat ini adalah merencanakan dengan baik keuangan yang kita miliki dan menggunakannya secara bijaksana. 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi 2021

Selain itu, berkomitmen dengan rencana yang kita buat juga menjadi kunci agar kita bisa menghemat uang belanjaan bulanan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download