Cara Cermat Hemat Belanja Bulanan

12 Jan 2018 by Edwin

Liburan awal tahun udah lewat, nah sekarang saatnya menghitung pengeluaran yang mungkin melebihi budget awal. Jika iya, Kamu harus mulai menghemat biaya belanja bulanan untuk menyiasati hal tersebut. Berikut beberapa tip untuk menjaga biaya belanja bulanan agar tidak membengkak dan mudah diikuti:

  1. Catat dan bandingkan harga

Mungkin Kamu pernah mendapati harga yang berbeda di beberapa supermarket, padahal produknya sama. Nah, jangan lupa untuk mencatat atau mencari produk dengan harga yang termurah sebagai pembanding. Kalo bulan ini udah tau mana produk dengan harga termurah, Kamu bisa menghemat biaya belanja bulanan kedepannya.

  1. Cek promo dari katalog atau newsletter

Banyak lho e-commerce atau website produk yang menawarkan promo saat pelanggannya berlangganan newsletter. Banyak juga supermarket yang ngasih diskon gede-gedean dari 10 sampai 50 persen. Bayangin aja berapa banyak Kamu bisa berhemat hanya karena tau produk apa yang sedang diskon.

Beberapa barang yang paling sering mengadakan promo atau diskon adalah barang kebutuhan sehari-hari, elektronik, dan makanan.

  1. Bikin daftar belanja

Daftar belanja, meskipun kelihatanya remeh, tapi penting banget lho perannya dalam menghemat alokasi belanja bulananmu. Kamu nggak mau kan belanja berakibat boros tanpa tahu apa yang ingin dibeli? Tanpa daftar belanja, Kamu mudah banget lho tergoda untuk membeli barang yang kurang dibutuhkan. Oiya, yang paling penting adalah mencatat daftar belanja sesuai urutan dengan prioritas kebutuhan.

  1. Stok barang

Beli barang grosir memang nanggung kalo cuma sedikit-sedikit. Nggak ada salahnya sih kalo Kamu belanja banyak untuk stok kebutuhanmu untuk beberapa waktu ke depan. Positifnya, Kamu bisa punya persediaan barang untuk digunakan sesuai dengan perkiraanmu. Cara ini terhitung ampuh untuk menghemat biaya belanja bulanan. Yaa, asal totalnya nggak melebihi anggaran bulanan aja sih.

Nah, itu dia beberapa cara untuk menghemat belanja bulanan, semoga Kamu bisa mulai bijak dalam menentukan apa yang dibutuhkan dan apa yang nggak penting-penting banget untuk dibeli ya. Happy shopping!

mobile-closeKredit PintarDownload