5 Cara Cek Tipe HP Android dan iPhone, Mudah!

01 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 01 Jul 2022

Smartphone dengan teknologi canggih sekarang sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Tapi, Anda sudah tahu belum cara cek tipe HP? Khususnya untuk HP Android dan iPhone.

Dalam dunia gadget saat ini, ada banyak sekali tipe hp yang ada di pasaran. Mulai dari yang murah sampai dengan mahal, setiap brand menawarkan fitur terbaik. 

Pertimbangan penting Ketika akan membeli smartphone adalah spesifikasinya, seperti; prosesor, RAM, baterai, dan versi update OS. Pengguna HP Android dan iPhone bisa memilih beragam merek dan spesifikasinya yang bisa disesuaikan kebutuhan. 

Pada umumnya penggunaan HP memang untuk waktu lama, jadi mungkin Anda bisa lupa apa tipe spesifiknya. Padahal dengan mengetahui cara cek tipe HP, Anda tidak perlu lagi bingung menentukan hal-hal terkait seperti memadukan aksesoris saat membelinya. 

Cara cek tipe hp

Baca juga: Spesifikasi dan Daftar Harga HP OPPO 2021!

Bagaimana Cara Cek Tipe HP Android? Coba Pakai 5 Cara Ini

Sebenarnya, cara cek tipe HP bukanlah perkara yang sulit, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui tipe hp. Berikut ini lima cara cek hp Android yang mudah dan cepat. Simak di sini selengkapnya.

1. Melalui Pengaturan pada HP

Cara cek tipe HP yang pertama ini cukup mudah yakni melalui fitur pengaturan atau setting. Semua tipe hp Android pasti memiliki fitur bawaan untuk mengecek tipenya sehingga pengguna tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. 

Cara ini juga dinilai paling mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Berikut ini langkah-langkah cek tipe hp melalui pengaturan.

  1. Pertama buka menu ‘pengaturan’ atau ‘setting’
  2. Kemudian pilih bagian menutentang’ atau ‘about’
  3. Setelah itu, akan muncul tipe hp apa yang sedang digunakan pada kolom ‘model’ atau ‘device name’

Pada setiap HP Android pasti terdapat menu ini hanya saja lokasi dan nama menu di tiap pengaturan berbeda. Anda bisa menyesuaikan dengan hp yang digunakan. 

Tapi, jangan khawatir karena sebagian besar hp pasti menggunakan keterangan ‘tentang ponsel’ atau ‘about phone’. Berikut ini lokasi pengaturan yang ada pada beberapa hp populer.

Merek HPCara Cek Tipe HP
SamsungSettings > About Phone > Model Number
XiaomiSettings > About Phone > All Specs > Status > Model & hardware
OppoSettings > About Phone > Device Name
VivoSettings > System Management > About Phone > Name
AsusSettings > System > About Phone > Model Number
RealmeSettings > About Phone > Device Name

2. Melalui Aplikasi CPU-Z

Apabila Anda ingin mengetahui spesifikasi hp dengan lengkap, maka aplikasi CPU-Z solusinya. Pada awalnya aplikasi ini digunakan untuk mengecek RAM laptop, tapi sekarang sudah bisa digunakan pada HP. Anda akan mendapat informasi yang cukup mendetail jika menggunakan aplikasi ini. 

Anda bisa mengunduh aplikasi ini pada PlayStore lalu menjalankan sistem operasinya. Berikut ini adalah cara cek tipe HP melalui aplikasi CPU-Z.

  1. Terlebih dahulu unduh aplikasi CPU-Z pada Google PlayStore
  2. Selanjutnya buka aplikasi CPU-Z
  3. Pilih bagian menu ‘device’
  4. Semua spesifikasi yang berkaitan dengan hp akan ditampilkan 

Selain mengetahui tipe hp, Anda juga dapat beberapa hal. Seperti manufacturer, board, hardware, screen size, screen resolution, screen density, total RAM, internal storage, dan available storage.

Baca juga: Spesifikasi HarmonyOS dari Huawei, Alternatif Android

Cara cek tipe hp

3. Melalui Nomor IMEI

Pilihan lainnya jika Anda tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan adalah dengan mengetikkan nomor IMEI. Nomor IMEI adalah nomor identitas khusus yang berguna untuk mengidentifikasi hp. 

Nomor IMEI ini biasanya terdiri dari 14 digit dengan tambahan digit ke 15 untuk melakukan verifikasi ulang. Setiap HP pasti memiliki nomor IMEI masing-masing sehingga pasti berbeda satu sama lain. Anda bisa melakukan pengecekan tipe hp menggunakan nomor IMEI ini.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Terlebih dahulu buka menu telepon atau panggilan
  2. Kemudian ketikkan *#06# untuk melihat IMEI
  3. Selanjutnya buka halaman http://www.imei.info melalui browser hp Anda
  4. Terakhir masukkan nomor IMEI pada kolom yang sudah disediakan
  5. Centang bagian ‘I am human’ untuk melakukan verifikasi
  6. Kemudian klik ‘check’ atau ‘periksa’
  7. Terakhir akan ditampilkan informasi mengenai tipe hp Anda

4. Melalui Box Kemasan HP

Ada juga cara memeriksa tipe hp dengan melihat box kemasan. Cara cek tipe HP ini bisa Anda lakukan jika box kemasan hp masih terawat dengan baik. 

Biasanya pada bagian depan kardus akan ditampilkan tipe hp dengan tepat sehingga lebih memudahkan. Selain itu, Anda juga bisa memeriksanya melalui buku panduan bawaan hp tersebut. 

Di dalam buku panduan juga terdapat tipe hp dan beberapa hal spesifik lainnya. Maka dari itu pastikan menyimpan buku panduan dengan baik karena akan sangat berguna di kemudian hari.

Baca juga: Miliki Xiaomi Mi Pad 5 dengan Chipset Canggihnya

Cara cek tipe hp

5. Cek Bagian Belakang HP

Terakhir, cara cek tipe HP adalah dengan melihat bagian belakang hp. Biasanya, secara tidak langsung terdapat tulisan tipe hp yang sedang digunakan. Anda harus jeli saat melihat karena biasanya tulisan dibuat kecil dan agak transparan. 

Tapi tidak semua hp bagian belakangnya tercetak tipenya sehingga cara ini hanya berlaku pada merek-merek tertentu.

Cara Cek Spesifikasi iPhone

Pada panduan di atas kita sudah tahu cara cek tipe hp Android. Berikut ini adalah cara cek iPhone. Hal ini akan sangat penting, khususnya untuk Anda yang baru pertama menggunakan iPhone. Atau mungkin Anda sedang butuh membeli iPhone second.

Cara paling mudah untuk cek spesifikasi iPhone adalah dengan melihat kardus ponselnya saat membeli. Tapi, Anda juga bisa mengeceknya melalui IMEI (International Mobile Equipment Identity).

Begini Langkah-langkahnya!

  1. Pilih menu utama > ‘setting’ > ‘about’ 
  2. Cari nomor seri, IMEI, dan juga ICCID (Integrated Circuit Card Identifier)
  3. Salin nomor seri, IMEI, dan ICCID ke Apple Support atau formulir pendaftaran.

Anda juga bisa menanyakan langsung kepada penjualnya untuk mengetahui spesifikasi detail dari smartphone yang ingin Anda beli.

Demikianlah cara cek tipe Hp Android dan iPhone yang bisa Anda lakukan sebagai pengguna. Apabila Anda ingin mengetahui secara lengkap spesifikasi yang dimiliki hp maka bisa dengan mengunduh aplikasi. 

Namun, jika ingin mengetahui tipe hp saja bisa melalui menu pengaturan dan cara-cara lainnya. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download