7 Cara Cek Plagiarisme Menggunakan Situs Gratis

17 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Untuk mengetahui apakah tulisan tersebut orisinil atau tidak kamu perlu mengeceknya, yaitu dengan melihat tingkat keunikan teks dan tingkap plagiarisme nya. Sehingga, belakangan ini cara cek plagiarisme menjadi hal yang sering dicari. 

Padahal dengan kemajuan dunia sekarang ini, kedua hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah melalui situs web gratis yang banyak tersedia di internet

Lebih dari itu, ternyata plagiarisme telah memiliki dasar perundang-undang yang dibuat oleh pemerintah Indonesia, khususnya plagiarism di dunia pendidikan tinggi dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.17 Tahun 2010 tentang pencegahan dan penanggulangan plagiat di perguruan tinggi. 

Baca juga:  Mengenal Copyright Sebagai Perlindungan Karya

Jadi, bagaimana sebenarnya cara cek plagiarisme? Dalam artikel ini kamu akan mendapatkan informasi seputar situs yang bisa melakukan cek plagiarisme secara gratis dan mudah. 

Berikut adalah daftarnya!

1. Duplichecker

Cek Plagiarisme | 100% Gratis & Pendeteksi Plagiarisme Akurat

Cara cek plagiarisme pertama adalah dengan menggunakan situs Duplichecker. Ini merupakan satu dari puluhan situs yang menawarkanmu banyak manfaat, diantaranya yaitu bisa digunakan secara gratis, prosesnya mudah dan cepat. 

Ketika kamu membuka situs duplichecker.com, kamu akan langsung dibawa ke halaman utama untuk mengecek keaslian teks mu. Nah, pada halaman tersebut terdapat sebuah kotak untuk memasukkan teks yang ingin kamu cek tingkat plagiasinya. 

Kamu bisa meng copy dan paste teks tersebut ke dalam kotak tersebut. Kamu juga bisa mengunggah dokumen secara langsung atau menggunakan situs web tertentu. Jika, tidak ada teks yang memiliki kesamaan dengan sumber lain, duplichecker akan menampilkan pesan “ No Plagiarism Detected”. 

Sementara, jika di dalam teks memiliki kesamaan dengan teks lainnya di internet, situs ini akan menampilan teks mana saja yang terdeteksi plagiasi dan berapa persen total plagiasi yang kamu lakukan. 

Perlu diingat, bahwa akses gratis ke duplichecker hanya berlaku untuk maksimal 1000 kata untuk sekali cek.

2. PlagScan

Profile | PlagScan

Selanjutnya yang tak kalah menarik adalah PlagScan. Hanya saja untuk bisa menggunakan website ini kamu perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. 

Kunjungi situs plagscan.com  dan buatlah akun barumu disana. Jika sudah selesai, kamu bisa memasukkan teks yang ingin kamu deteksi tingkat plagiasinya di kolom yang telah disediakan dan klick “check plagiarism”. 

Keunggulan situs ini jika dibandingkan dengan situs lainnya adalah, situs ini mendukung pencarian teks secara gratis hingga 2000 kata. Kamu perlu menunggu beberapa saat hingga hasil plagiasi selesai. 

Akan terdapat beberapa sorotan, jika di dalam teks mu ditemukan plagiasi. Situs ini juga akan menampilkan secara lengkap berapa persen plagiasi yang kamu lakukan dan sumber asli yang memiliki kemiripan dengan tulisan kamu tersebut.

3. Plagiarisma

Situs online selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi tingkat plagiasi dan keunikan dalam sebuah dokumen atau bacaan adalah plagiarism. Hebatnya lagi situs ini mampu melakukan pendeteksian lebih dari 190 bahasa dengan keakuratan yang sangat tinggi. 

Cara cek plagiarism dengan menggunakan situs ini sangat mudah, kamu tinggal mengcopy dan paste teks yang kamu cek plagiasinya ke dalam situs tersebut. Kamu juga mengunggah dokumen secara langsung atau melampirkan link Google Document mu. 

Situs ini mendukung berbagai bentuk format teks, mulai dari txt, html, rtf, doc, docs dan masih banyak lagi. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu beberapa saat hingga proses pemeriksaan selesai. Hasil plagiasi akan ditampilkan dalam bentuk persentase.

Baca juga:  Cara Menulis Artikel Dengan Benar? Cek Tips Berikut!

4. Plagiarism Checker

Plagiarism Checker adalah salah satu situs untuk melakukan deteksi plagiasi yang paling banyak digunakan saat ini karena menawarkan cara yang sangat mudah dan cepat. 

Situs ini juga menawarkan pengecekan untuk 1000 kata dengan gratis dan tanpa perlu melakukan registrasi akun yang merepotkan. Cara cek plagiarisme menggunakan situs ini yaitu dengan menyalin teks yang kamu inginkan ke dalam kolom yang tersedia atau dengan mengunggah sebuah dokumen secara langsung. 

Setelah itu, tunggulah beberapa saat hingga situs menampilkan hasil deteksinya. Dengan menggunakan situs ini, kamu akan mendapatkan informasi tentang teks mana saja yang terdeteksi plagiat dan apa sumber asli yang merujuk terhadap teks tersebut. Plagiarism checker juga mendukung berbagai jenis format teks, mulai dari Docs hingga WPD.

5. Copyleaks

Apakah kamu tidak masalah dengan situs yang mewajibkanmu untuk melakukan registrasi terlebih dahulu untuk bisa mengakses fitur gratis mereka? Jika ya, copyleaks.com adalah situs yang tepat bagimu. Meskipun harus melakukan pembuatan akun di awal, apa yang ditawarkan oleh situs ini akan sangat membantumu dalam mengatasi masalah plagiarisme yang kamu lakukan. 

Setelah pendaftaran selesai, kamu bisa menggunakan situs ini secara gratis dengan menyalin teks yang kamu ingin tahu tingkat plagiasinya ke dalam kolom yang ada. 

Hasil plagiasi akan ditampilkan dalam bentuk persentase dari bagian teks yang terdeteksi.

6. Smallseotools

100% Free SEO Tools - SmallSEOTools.com

Nah, ini dia salah satu situs yang sangat populer dikalangan penulis, terutama penulis artikel online. Selain mampu menghasilkan pekerjaan yang cepat, smallseotools juga menawarkan banyak fitur lainnya yang bisa diakses secara gratis. 

Banyak sumber yang mengatakan bahwa situs memiliki kemampuan deteksi yang lebih baik dan akurat jika dibandingkan dengan situs lainnya apalagi jika kamu berlangganan fitur premium mereka. Untuk fitur gratis kamu bisa melakukan pengecekan hingga 1000 kata untuk satu kali cek. 

Hasil plagiasi akan ditampilkan dalam bentuk presentasi terhadap teks atau kalimat yang terdeteksi.Situs ini juga menampilkan persentase keunikan teks, selain tingkat plagiarismenya. Cara cek plagiarisme dengan menggunakan situs smallseotools adalah cukup dengan mengunjungi situs tersebut, masuk ke menu check plagiarism, dan masukkan teks yang kamu cek plagiasinya ke dalam kolom pengecekan. 

Selanjutnya, isi captcha yang tersedia dan klik tombol “check plagiarism”.

7. Plagiarism Detector

Situs terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mendeteksi plagiasi dalam sebuah teks dalam artikel ini adalah Plagiarism Detector. Ini sama dengan situs cek plagiasi pada umumnya, yaitu menawarkan pencarian hingga 1000 kata dengan hasil deteksi berupa jumlah persentase secara keseluruhan dari teks yang terdeteksi plagiat. 

Situs ini juga akan menampilkan teks mana saja yang terdeteksi plagiasi dan sumber asli dari teks tersebut. Di sebelah teks yang terdeteksi plagiasi terdapat link “ matched text” jika kamu ingin mengunjungi situs asli dari teks tersebut.

Baca juga Cara Menjadi Penulis Online Yang Handal

Itulah beberapa cara cek plagiarisme dengan menggunakan situs atau web gratis yang dihimpun oleh kredit pintar. Situs-situs tersebut merupakan kumpulan dari banyaknya situs di internet yang memiliki kemampuan terbaik serta bisa diakses secara gratis. Semoga informasi ini membantu!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download