Cara Menjadi Penulis Online Yang Handal

20 Apr 2021 by Laruan
cara menjadi penulis

Sekilas, cara menjadi penulis online yang handal terdengar susah. Sebagai penulis online, kamu harus membuat naskah yang kamu sunting berulang-ulang, melakukan revisi sebagaimana diperlukan, bekerja sama dengan penyunting, dan lain-lain.

Belum lagi kamu harus diperhadapkan dengan deadline. Ada kalanya kamu mengelola lebih dari 2-3 proyek dalam waktu bersamaan. Kalau tidak tahu cara menjadi penulis online yang handal, bisa-bisa kamu pusing tujuh keliling seperti orang di gambar awal artikel ini!

Kamu tentu tidak mau mengalaminya. Makanya, artikel ini menyajikan bagimu kiat-kiat menjadi penulis online yang handal. Yuk, kita mulai dari poin pertama terlebih dahulu:

Mempunyai Minat Dan Bakat Menulis

Poin pertama dari cara menjadi penulis online yang handal adalah mempunyai minat dan bakat menulis.

Banyak orang mengatakan, seorang penulis online yang handal harus memiliki minat dan niat untuk membaca. Ada juga orang yang mengatakan, seorang penulis online yang handal juga harus senantiasa memiliki minat untuk belajar dan menerima koreksi.

Tapi, membaca, belajar, dan bersedia menerima koreksi saja, tidak cukup untuk menjadi penulis online yang handal. Itu semua kalau kamu tidak memiliki kemampuan untuk meramu semua yang kamu tangkap dengan membaca, belajar, dan menerima koreksi, ke dalam sebuah tulisan.

Tulisan yang rapi, runut, dan bebas kesalahan EYD maupun aspek tata bahasa lain, harus kamu kuasai. Tulisan online yang kamu buat juga harus fokus pada tema utama materi yang hendak kamu sampaikan ke pembaca.

Semuanya ini juga belum cukup kalau kamu tidak memiliki minat menulis. Apalagi, minat menulis adalah sesuatu yang menggerakkanmu untuk senantiasa produktif dan antusias dalam menyampaikan pesan kepada pembaca.

Tentukan Fokus Tulisan (Dan Keahlianmu!)

Poin selanjutnya dari cara menjadi penulis online yang handal dan perlu kamu ketahui adalah menentukan fokus tulisan dan keahlianmu. Jadi, bagaimana membedakan antara keduanya? Mengapa keduanya penting untuk menjadi penulis online yang handal?

Fokus tulisan adalah tentang satu (atau lebih) tulisan online yang harus kamu posting berdasarkan permintaan klien sesuai proyek tulisan online yang kamu ambil. Fokus tulisan penting sebagai penulis online yang handal untuk memberikan gambaran sejelas mungkin kepada pembaca kalau itulah yang akan kamu bahas dalam tulisan onlinemu.

Sementara itu, fokus keahlian lebih luas dari fokus tulisan. Cara kerja fokus keahlian sama dengan spesialisasi tenaga ahli lainnya: Kamu bisa saja memiliki 1-2 spesialisasi atau fokus keahlian.

Sebagai penulis online, kamu bisa menangani proyek di luar fokus keahlianmu. Tapi, kamu menganggap 1-2 fokus keahlianmu sebagai bidang tulisan online di mana kamu paling ahli di dalamnya.

Fokus keahlian penting dalam perjalananmu menjadi penulis online yang handal karena dengan memiliki fokus keahlian, kamu berpotensi mendapatkan klien yang bersedia membayar lebih untuk jangka panjang pada bidang-bidang yang menjadi keahlianmu.

Mempunyai Wadah Berupa Portofolio Dan Blog

Menguasai dasar menulis yang rapi serta memiliki fokus tulisan dan fokus keahlian saja belum cukup mengantarkanmu menjadi penulis online yang  handal. Sebagai penulis online yang handal, wajib hukumnya kamu punya portofolio dan blog.

Memang, kamu bisa membuat portofolio dan blog dari domain gratisan. Tapi, itu akan membuat kamu terlihat kurang profesional. Lagipula, situs portofolio dan blog dari domain gratisan tidak terlalu dapat terkustomisasi dibandingkan dari domain berbayar.

Ada banyak komponen biaya yang harus kamu keluarkan untuk investasi situs portofolio dan blogmu. Tidak hanya membayar iuran tahunan domain dan hosting. Kamu juga harus memikirkan biaya-biaya lain yang timbul, seperti desain logo, maintenance situs, memperbaiki HTML yang cacat, dan sebagainya.

Ada kalanya kamu butuh pinjaman uang untuk membayar semuanya itu. Pinjaman uang yang dapat dilakukan secara online, seperti Kredit Pintar, dapat menjadi solusimu untuk membayar biaya terkait portofolio dan blog.

Kredit Pintar dapat mengakomodasi hampir semua kebutuhan pinjaman modalmu, termasuk pinjaman uang untuk modal portofolio dan blog.

Jadi, yuk, ajukan pinjamanmu ke Kredit Pintar! Sekarang, kamu juga sudah tahu cara menjadi penulis online yang handal. Mulai portofolio dan blogmu bersama Kredit Pintar dan nikmati hasilnya!

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload