Cara Cek Nomor Indosat Dalam 4 Langkah Mudah

30 Jul 2021 by Rindang Maulidia

Cara cek nomor Indosat adalah suatu hal yang wajib diketahui pemakai provider Indosat Ooredoo. Di masa serba digital ini, banyak layanan pertukaran pesan terjadi melalui aplikasi yang menyediakan layanan chatting.

Layanan tersebut terbilang cukup mudah untuk digunakan karena pengguna hanya perlu mendaftarkan diri dengan cara menulis email, nomor handphone, maupun username. Ada salah satu kelebihan layanan chatting yang disukai banyak penggunanya, yaitu tidak semua layanan chatting masa kini bisa mengekspos nomor handphone pemilik akun ke pengguna lain.

Selain itu, layanan chatting pun bisa diakses hanya dengan menggunakan jaringan internet, baik dari Wifi maupun paket data ponsel. Dengan adanya berbagai macam komunikasi digital yang mengandalkan internet, saat ini penggunaan nomor handphone cenderung sering diabaikan.

Dampak dari diabaikannya penggunaan nomor handphone salah satunya adalah lupa nomor handphone milik pribadi.

Padahal, untuk berbagai berkas penting, nomor handphone adalah salah satu data diri yang sering diminta, seperti; pembuatan rekening bank, pengiriman kode OTP untuk penggunaan kartu kredit, pengiriman sertifikat dan info tentang vaksinasi Covid19, dan lain-lain.

Artinya, akan cukup membahayakan apabila Sobat Pintar melupakan nomor Indosat yang dimiliki. Dalam artikel ini, Sobat Pintar akan menemukan cara cek nomor Indosat dalam 4 langkah mudah dan mengetahui 3 bahaya apabila Sobat Pintar lupa nomor handphone pribadi.

Teemukan cara cek nomor Indosat dalam 4 langkah mudah dan mengetahui 3 bahaya apabila Sobat Pintar lupa nomor handphone pribadi.

 

Cara Cek Nomor Indosat IM3 Ooredoo

Inilah cara melakukan pengecekan nomor jaringan Indosat Ooredoo, bukan cara cek nomor tri.

  1. Manfaatkan Aplikasi MyIM3 Untuk Cek No Indosat dan Cek Nomor IM3

Bagi Sobat Pintar yang dulu membeli kartu nomor perdana dengan brand IM3, maka sekarang Sobat Pintar bisa melakukan cek nomor melalui aplikasi MyIM3. IM3 adalah salah satu layanan jaringan yang berada di bawah Indosat Ooredoo.  Artinya, aplikasi MyIM3 adalah sebuah aplikasi resmi yang bisa digunakan sebagai salah satu cara cek nomor HP Indosat dan nomor HP IM3.

Berikut ini adalah cara cek nomor HP IM3 dan Indosat dari aplikasi MYIM3.

  1. Download aplikasi MyIM3 yang tersedia di App Store atau Play Store
  2. Buka aplikasi MyIM3 dan lakukan registrasi akun
  3. Pada tahapan verifikasi, nomor Indosat akan tercatat sebagai akun yang telah terdaftar.
  4. Setiap Sobat Pintar melakukan login, maka nomor HP IM3 atau Indosat yang aktif akan tampil di bagian kanan atas homepage.

2. Manfaatkan Laman Resmi Indosat Ooredoo Untuk Cek No Indosat

Sobat Pintar juga bisa melakukan cek nomor Indosat Ooredoo melalui laman resminya. Dengan memasukkan nomor KK maupun KTP, Sobat Pintar bisa mencari tahu nomor handphone pribadi yang telah terdaftar dalam jaringan Indosat Ooredoo.

Berikut ini langkah-langkah cara cek nomor Indosat Ooredoo.

  1. Tuliskan https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index di search bar browser
  2. Masukkan NIK atau nomor e-ktp yang masih berlaku
  3. Masukkan nomor Kartu Keluarga
  4. Centang pilihan ‘I’m not a robot’ dan klik ‘periksa
  5. Dapatkan informasi nomor handphone Indosat yang aktif atas namamu

3. Hubungi Nomor Bantuan Customer Service

Customer service Indosat siap membantu Sobat Pintar untuk mendapatkan informasi nomor handphone pribadi jika sewaktu-waktu Sobat Pintar tidak mengingatnya. Keuntungannya, Sobat Pintar bisa terhubung dengan customer service mereka dalam kurun waktu 24 jam.

Berikut ini adalah nomor customer service untuk jaringan-jaringan di bawah Indosat Ooredoo.

  1. 100 atau 185 (dikenakan pulsa Rp400) untuk pengguna Mentari dan IM3 Ooredoo.
  2. +6221 5438 8888 dan +6221 3000 3000 bisa dihubungi apabila menggunakan telepon rumah.
  3. 111 (bebas pulsa) yang bisa digunakan oleh pengguna Matrix Ooredoo.
  4. 222 (bebas pulsa) layanan customer service dengan mesin penjawab tanpa operator

4. Lakukan Dial Up ke Nomor Handphone Teman

Ada satu cara termudah yang bisa dilakukan oleh pemilik nomor Indosat, namun cara ini mengharuskan Sobat Pintar untuk memiliki pulsa dan nomor berstatus aktif di luar masa tenggang. Lakukanlah dial up atau panggilan telepon ke orang terdekat dan mintalah mereka untuk melakukan copy-paste nomor yang muncul dan mengirimkannya ke Sobat Pintar.

Jangan lupa untuk menyimpan nomor tersebut ke kontak atau catatan yang sekiranya selalu tersedia untuk Sobat Pintar di saat darurat maupun senggang.

Bahayanya Kalau Lupa Nomor Handphone Pribadi

Meskipun orang lebih suka berkomunikasi dengan sambungan internet, nyatanya nomor handphone pribadi sering diminta sebagai salah satu cara untuk melakukan verifikasi penggunaan aplikasi, terutama yang mengharuskan adanya transaksi pembayaran.

Maka dari itu, akan ada berbagai potensi bahaya yang mengintai apabila Sobat Pintar lupa dengan nomor handphone pribadi terlebih yang telah didaftarkan dalam pendataan atas penggunaan layanan atau produk tertentu.

  1. Melewatkan berbagai informasi resmi dari lembaga tertentu

Dengan mendaftarkan nomor handphone pribadi, artinya Sobat Pintar setuju untuk mendapatkan berbagai informasi dalam bentuk SMS yang dikirimkan oleh penyedia layanan maupun produk yang dilanggan. 

Informasi yang dikirimkan, cukup beragam; mulai dari promo harian hingga pemberitahuan perubahan sistem.  Yang cukup krusial, adalah informasi perubahan sistem, seperti misalnya saat pengguna Indosat disarankan untuk menggunakan kartu sim 3G nya ke kartu sim 4G.

Bayangkan apabila Sobat Pintar lupa menuliskan nomor handphone terbaru dan tidak mendapat pemberitahuan tersebut. Pastinya, Sobat Pintar akan merasa pemberitahuan ini dilakukan secara sepihak dan tidak bisa merasakan pengalaman baik saat menggunakan layanan atau produk yang dilanggan.

Artikel menarik lainnya: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

  1. Kehilangan salah satu akses untuk melakukan recovery akun

Gmail adalah salah satu domain email yang populer digunakan sebagai email pribadi maupun instansi. Gmail meminta data pribadi berupa nomor handphone pemilik akun sebagai salah satu gerbang keamanan dan memastikan bahwa orang yang login menggunakan email dan password yang dimasukkan, adalah pemilik akun yang sah. 

Gmail akan mengirimkan kode OTP untuk melakukan verifikasi akun sebagai langkah pencegahan pembajakan. Apabila verifikasi berhasil, maka Sobat Pintar bisa melanjutkan prose login dan bisa menggunakan akun email secara optimal tanpa terganggu.

Namun, apabila verifikasi gagal maka Sobat Pintar tidak bisa mengakses akun tersebut sampai verifikasinya berhasil.

  1. Adanya potensi menjadi korban phising ketika lupa nomor handphone

Nomor handphone juga sering menjadi nomor tujuan bagi layanan e commerce, internet banking, dan fintech untuk mengirimkan kode OTP untuk verifikasi akun.  Jika Sobat Pintar secara tidak sengaja lupa nomor handphone pribadi, berhati-hatilah karena semua transaksi dan data Sobat Pintar tersimpan dalam layanan tersebut.

Untuk itu, selalu catat nomor handphone pribadi Sobat Pintar agar terhindar dari bahaya phising. 

Cara Cek Pulsa Indosat dan Masa Tenggang Nomor Indosat

Seringkali, Sobat Pintar melewatkan informasi saldo pulsa dan masa tenggang, terlebih apabila Sobat Pintar juga melupakan nomor handphone aktif.

Penting bagi Sobat Pintar untuk mengetahui masa tenggang dan saldo pulsa yang dimiliki agar nomor handphone terhindar dari pemblokiran otomatis.

Berikut ini cara cek pulsa Indosat:

1. Cara cek pulsa IM3 dan Indosat dengan kode USSD

  1. Buka aplikasi telepon dan ketik *123# pada kolom nomor panggilan.
  2. Kemudian, Sobat Pintar akan mendapatkan informasi saldo pulsa, masa tenggang, dan berbagai menu lainnya.

2. Cara cek pulsa Indosat dan IM3 melalui aplikasi MyIM3

  1. Download aplikasi MyIM3 sesuai dengan mobile device yang Sobat Pintar gunakan, karena aplikasi tersebut tersedia untuk Android dan iOS.
  2. Lakukan registrasi dengan mengikuti petunjuk di layar.
  3. Jika registrasi berhasil, maka Sobat Pintar akan mendapatkan informasi seputar saldo pulsa, masa tenggang, dan akses menuju berbagai layanan yang disediakan MyIM3.

Sobat Pintar, itulah 4 cara cek nomor Indosat yang bisa dilakukan dengan mudah. Ingat selalu untuk mencatat nomor handphone pribadi dan memastikannya dalam keadaan aktif karena hal tersebut merupakan salah satu data pribadi yang cukup krusial.

Semoga membantu!

Artikel menarik lainnya: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload