Cara Beli Saham Online Untuk Pemula Agar Tidak Rugi

19 Aug 2021 by Laruan

Dunia jual beli saham online semakin hari semakin berkembang dengan cepat. Jika beberapa tahun lalu Sobat Pintar harus ke kantor sekuritas atau mengirim form lewat pos untuk mendaftar, sekarang semua bisa dilakukan ful online. Membeli saham bisa Sobat Pintar lakukan sambil rebahan di rumah. 

Dengan segala kemudahan ini, masih saja ada yang enggan membeli saham karena bingung dengan tips mendaftarnya. Sebelum mempelajari analisa ini itu, ada baiknya Sobat Pintar tahu terlebih dahulu bagaimana tips membeli saham secara online. Artikel kali ini akan dibahas tips mendaftar untuk membeli saham dari awal hingga akhir. 

Waspada penipuan: Social Engineering, Salah Satu Bentuk Penipuan Yang Wajib Diwaspadai

Cara Beli Saham Online Untuk Pemula Agar Tidak Rugi

Tahapan Jual Beli Saham Online Untuk Pemula

Berikut adalah tahapan membeli saham untuk pemula.

1. Menentukan Broker Saham

Pertama, tentukan broker yang cocok untuk Sobat Pintar. Tips menemukan broker yang terbaik adalah semua terserah di tangan calon investor. Yang paling utama adalah broker tersebut harus terdaftar di BEI. Jika sudah terdaftar, mungkin parameter ini bisa menjadi acuan. Pelayanan yang ditawarkan, minimum deposit, review dari pengguna, dan kemudahan lainnya. Pilih yang cocok untuk Sobat Pintar. Sebagai jalan keluar jika masih bingung, bisa mencoba semua broker dan menggunakan fitur dummy-trade.

2. Buka rekening saham

Hanya mendaftar di broker saham online tidaklah cukup. Tahapan selanjutnya adalah membuka rekening saham. aplikasi broker saham online yang baik pasti langsung mengarahkan pengguna untuk mengisi formulir pembukaan rekening. Dokumen yang dipakai adalah foto KTP, dan selfie bersama KTP. Apabila mempunyai NPWP, bisa diikutkan juga. Sobat Pintar juga akan mengisi nama lengkap, NIK, alamat yang harus sesuai dengan KTP. Setelah itu akan ada pemberitahuan di email kira-kira 2 hari jam kerja.

3. Buka Rekening Dana Nasabah (RDN)

Membuka rekening saham sudah, selanjutnya adalah membuka rekening dana nasabah. berbeda dengan rekening saham, RDN berguna untuk menyimpan dana dari transaksi jual beli saham. rekening saham berguna untuk melakukan jual beli saham, dan RDN berguna untuk menyimpan modal yang akan dibuat untuk membeli saham.

4. Setor Modal

Tips selanjutnya adalah menyetor modal ke RDN.  Nah ini dia kegunaan dari RDN, jadi mudahnya. RDN adalah dompet khusus untuk membeli saham.

5. Transaksi Beli Saham Online

Oke, sekarang kita ada di tahapan yang dinanti. Pertama, cari dulu saham yang ingin Sobat Pintar beli. Misalkan Indofood, Kalbe Farma, BNI, atau Unilever. Setelah tahu harganya dan berapa lot yang mau Sobat Pintar beli, sekarang isi RDN sesuai dengan harga yang tertera di kalkulator saham. nah, saldo RDN ini lah Sobat Pintar bisa membeli saham yang tadi telah dihitung.

Sekedar tips untuk membeli saham:

  1. Tentukan saham yang akan dibeli, untuk mempermudah ingat kodenya. Contoh Unilever kodenya adalah UNVR.
  2. Ketika order, terdapat pilihan untuk menentukan di harga berapa Sobat Pintar akan membeli saham.
  3. Jika ingin langsung, bisa melakukan pembelian dan penjualan di harga yang sama.
  4. Ada beberapa yang ingin membeli di harga murah, jadi Sobat Pintar bisa menunggu harga turun dahulu.
  5. Setelah berhasil, coba cek di menu portofolio, jika ada status transaksi, maka Sobat Pintar sudah mempunyai saham.

6. Transaksi Jual Saham Online

Tentunya tidak hanya membeli, Sobat Pintar juga perlu menjual saham jika memang sudah dirasa ada di harga yang Sobat Pintar inginkan. Untuk saat ini, harga jual saham yang tinggi contohnya adalah BCA atau Bank Jago (ARGO). Caranya adalah cukup memilih saham yang ingin dijual dan berapa lembar yang akan Sobat Pintar jual. Setelah itu uang Sobat Pintar akan masuk ke rekening

7. Merubah Order Saham Online

Terkadang target yang Sobat Pintar pasang tidak tercapai, oleh karena itu Sobat Pintar bisa mengubah nilai order di harga yang Sobat Pintar inginkan. Pastikan Sobat Pintar sudah melihat pergerakan harga saham sebelumnya untuk lebih meyakinkan. 

8. Settlement Transaksi Saham

Perbedaan dengan perdagangan pada umumnya adalah, penyelesaian transaksi (settlement) dilakukan 2 hari kerja perdagangan. Sobat Pintar akan mendapatkan trade confirmation dari broker.

Beberapa poin yang akan Sobat Pintar dapat dari trade confirmation adalah sebagai berikut:

  1. Tanggal transaksi
  2. Total pembelian saham
  3. Kewajiban pembayaran cocok dengan jumlah saham yang dibeli. Pembayaran selama dua hari sejak transaksi dilakukan.
  4. Apabila lalai dan tidak membayar transaksi, maka ada denda.

9. Fee Transaksi Saham

Dalam perdagangan saham, Sobat Pintar harus membayar biaya transaksi perdagangan saham kepada broker yang mengeksekusi order perdagangan.

Inilah yang Sobat Pintar harus bayar untuk transaksi saham.

  1. Biaya broker 0,15% dari jumlah transaksi
  2. Pajak biaya transaksi 10%
  3. Biaya Bursa Efek Indonesia
  4. biaya KPEI
  5. Total nilai transaksi adalah Rp21.240.000 dan biaya tambahan sebesar Rp 31.865, sehingga total pembayaran menjadi Rp21.271.875.

Yang harus diperhatikan adalah jika Sobat Pintar berulang kali melakukan trading saham, biaya transaksi akan menimbulkan biaya yang besar dalam posisi trading tersebut, yang pada akhirnya akan menelan keuntungan Sobat Pintar.

10. Analisa Fundamental

Tahapan selanjutnya dalam jual beli saham adalah melakukan analisa fundamental. Hal ini berguna untuk Sobat Pintar dalam memprediksi apakah saham tersebut masih bagus atau tidak. Apakah trend akan naik atau turun

Analisa fundamental adalah sebuah analisa yang mengharuskan Sobat Pintar melihat laporan keuangan dan jumlah hutang dari sebuah perusahaan yang akan Sobat Pintar beli sahamnya. Oleh karena itu, Sobat Pintar harus bisa membaca laporan keuangan dari data tersebut.

Tidak perlu khawatir atau susah-susah mencari datanya di internet, karena broker yang Sobat Pintar gunakan pasti sudah menyediakan laporan keuangan dengan lengkap. Tugas Sobat Pintar hanya belajar membaca laporan tersebut. 

11. Stock Screener

Stock screener merupakan fitur yang ada di broker untuk memudahkan Sobat Pintar dalam memfilter saham. kesulitan investor biasanya bingung dalam memilih saham sebelum membelinya. Stock screener hadir untuk permasalahan ini.

berikut ini adalah bagaimana tips untuk menggunakan stock screener untuk kemudahan beli saham online.

Pertama adalah tips manual yaitu menentukan dengan yang Sobat Pintar ketahui. Pilih saja apa yang Sobat Pintar inginkan untuk memfilter saham yang tepat sebelum membelinya.

Selanjutnya adalah menggunakan preset yang biasa digunakan oleh para master investasi seperti William O’Neil, Warren Buffet, dan lain-lain yang bisa Sobat Pintar pakai.

12. Diversifikasi

Diversifikasi adalah pembagian atau pemecahan perencanaan untuk hasil yang lebih maksimal dalam investasi saham. Sobat Pintar tidak mungkin hanya mengandalkan satu saham. karena apabila harga anjlok, saham pintar tidak akan mendapatkan keuntungan. Pecah menjadi dua atau tiga saham dengan perbedaan kualifikasi. 

Misalkan saham a mempunyai pembagian dividen yang tinggi, yang mempunyai harga yang selalu naik, dan sebagainya.

Kredit Pintar merupakan penyedia pinjaman online yang sangat aman dan tanpa agunan. Sobat Pintar tidak perlu takut dengan pinjaman online bodong, karena Kredit Pintar sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Begitulah yang bisa kami bagikan tentang tips beli saham online. Semoga membantu.

Waspada penipuan: Ciri 4 Modus Penipuan Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload