Cara Beli Saham Dan Aplikasi Saham

27 Apr 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Saham merupakan salah satu pilihan investasi yang paling banyak dibicarakan saat ini. Tentu Anda lebih baik tidak sembarang membeli saham agar niat ingin untung tidak berakhir jadi buntung. Sebaiknya Anda mengenali lebih lanjut mengenai cara beli saham terlebih dahulu.

cara beli saham

Jika Anda merupakan pemula dalam investasi saham, Anda tidak perlu khawatir karena di sini Anda akan mengetahui lebih lanjut bagaimana cara beli saham, di mana membeli saham, dan info lain mengenai saham yang sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu.

Sebelum bahas lebih lanjut mengenai cara beli saham, lebih baik Anda paham terlebih dahulu mengenai saham. Saham merupakan bukti kepemilikan nilai suatu perusahaan atau bukti penyertaan modal. Sehingga jika Anda membeli saham sebuah perusahaan maka Anda menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Saham memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah blue chip atau saham-saham unggulan yang biasanya memiliki nilai kapitalisasi pasar yang besar (di atas Rp 100 triliun) dan produk yang sudah dikenal luas di pasaran. Beberapa perusahaan yang termasuk blue chip adalah BCA, BRI, BNI, dan Unilever.

Ada banyak cara beli saham yang saat ini berlaku. Berkat kemajuan teknologi, saat ini cara beli saham lebih mudah karena bisa dilakukan secara online.

Baca juga: Deretan dari Saham Blue Chip 2021

Cara beli saham

Jika Anda sudah mulai tertarik untuk membeli saham, ada beberapa cara beli saham yang bisa Anda lakukan. Beberapa perusahaan sekuritas saat ini menyediakan platform untuk jual beli saham. Di dalamnya termasuk tahapan cara beli saham untuk para pemula.

Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang sudah mendapatkan izin dari OJK untuk menjadi perantara antara pedagang efek (broker dealer) dengan penjamin emisi (underwriter). Selain itu perusahaan sekuritas juga mendapatkan izin untuk perantara kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan dari pengawas pasar modal.

Saat hendak membeli saham, Anda sebagai investor harus menyiapkan dana sesuai harga saham yang ingin dibeli kemudian membayar biaya transaksi kepada perusahaan sekuritas (fee broker). Untuk penjualan saham, total dana yang diperoleh investor merupakan nilai yang sesuai dengan harga jual saham dikurangi biaya transaksi dan PPh.

Biaya transaksi yang dikeluarkan berbeda-beda pada setiap perusahaan sekuritas, umumnya di angka 0,2%-0,3% dari nilai transaksi pembelian saham (sudah termasuk PPN) dan ditambah Pph 0,1% khusus untuk transaksi penjualan saham.

Tahapan dan cara beli saham

Berikut merupakan tahapan dan cara beli saham yang sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu:

  • Siapkan dokumen pribadi seperti KTP, NPWP (jika ada), buku tabungan, dan materai
  • Datang langsung ke kantor perusahaan sekuritas yang Anda tuju atau bisa juga mendaftar melalui online (biasanya dilakukan melalui aplikasi yang disiapkan oleh perusahaan sekuritas)
  • Anda bisa cek daftar perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia dan melayani transaksi jual  beli saham di situs resmi Bursa Efek Indonesia
  • Isi formulir pendaftaran sebagai investor pasar modal yang sudah disediakan oleh perusahaan sekuritas Anda
  • Setorkan dana awal ke nomor rekening dana investor atau RDI
  • Biasanya masing-masing perusahaan sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda mengenai besaran dana awal yang harus disetorkan
  • Jika pendaftaran Anda sudah diproses, Anda akan diberikan akses untuk masuk ke akun dashboard untuk selanjutnya melakukan transaksi jual beli saham milik perusahaan sekuritas tersebut. Biasanya akses ini berupa PIN transaksi, password, dan user ID
  • Jika semua proses tersebut sudah selesai, Anda sudah dapat membeli saham yang bisa dilakukan pada jam bursa
  • Minimum pembelian saham adalah 1 lot yang setara dengan 100 lembar saham menurut aturan BEI. Jadi misalkan jika Anda mau membeli saham BRI seharga Rp 10.000 maka Anda harus menyiapkan dana minimal Rp 1.000.000

Baca juga: Daftar Saham Bank Terbaik di Tahun 2022

Aplikasi untuk membeli saham

Jika Anda ingin membeli saham tanpa repot harus mendatangi kantor sekuritas, Anda bisa membelinya via aplikasi yang sekarang sudah banyak tersedia. Berikut beberapa aplikasi untuk membeli saham yang bisa Anda coba:

  1. Indo Premier Online Technology (IPOT)

Perusahaan sekuritas ini merupakan salah satu perusahaan sekuritas yang terbaik dan terbesar di Indonesia. Jika Anda tertarik membeli saham di IPOT, ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh Indo Premier Sekuritas yaitu investasi reksadana, perencanaan keuangan, investment banking (institusi atau korporat), equity sales & trading (khusus bagi institusi dan korporat), dan fixed income sales and trading (bagi institusi atau korporat).

Anda bisa mengakses Indo Premier Sekuritas melalui aplikasi Indo Premier Online Technology (IPOT) yang saat ini sudah tersedia di Playstore. Di IPOT tersedia satu fitur unggulan aplikasi yaitu Robot Trading dan Fund Evaluator. Fitur ini bisa untuk menjalankan semua instruksi order jual beli saham dan harga yang sudah ditentukan agar investor tidak kehilangan kesempatan untuk bertransaksi pada harga yang diincarnya.

  1. Bibit

Bibit merupakan aplikasi yang seringkali dibicarakan saat ini karena aplikasi Bibit bias menjadi asisten untuk berinvestasi. Di Bibit, saat Anda melakukan pendaftaran maka Bibit akan melakukan seleksi berdasarkan profil, usia, penghasilan, risiko, sampai target investasi. Sehingga Anda tidak perlu bingung memilih ke mana sebaiknya dana yang Anda miliki untuk disimpan.

  1. Bareksa

Di Bareksa, Anda bisa melakukan segala aktivitas saham mulai dari pendaftaran hingga transaksi yang bisa dilakukan secara online. Aplikasi ini menawarkan lebih dari 150 produk reksadana, mulai dari konvensional hingga syariah. Bareksa juga memiliki lebih dari 50 manajer investasi yang siap membantu para pemodal untuk mencapai target investasi.

  1. Stockbit

Berawal dari forum tukar informasi mengenai emiten atau rekomendasi saham, saat ini Stockbit bertransformasi menjadi aplikasi investasi saham di mana para pemodal bisa melakukan diskusi, analisis, hingga trading saham. Di Stockbit juga Anda bisa melakukan trading saham online, belajar saham melalui fitur yang tersedia, dan juga simulasi jual beli saham secara online.

Dari penjelasan di atas, kira-kira apakah sudah terbayang ingin membeli saham apa dan via aplikasi apa? Atau langsung ingin membeli saham BRI, BCA, atau Unilever yang termasuk blue chip? Apa pun pilihan Anda, ingat untuk berhati-hati agar tidak mengalami kerugian dan penipuan ya!

Baca juga: Harga Saham GoTo dan 7 Hal Tentang IPO GoTo

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download