Cara Ajukan Kredit Multiguna BPJS Ketenagakerjaan

20 Jan 2021 by Andro
Bpjs Ketenagakerjaan

Kabar gembira, bagi seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena sekarang dapat memanfaatkan status keanggotaan untuk mengajukan kredit rumah bersubsidi.  Program MLT telah diatur di dalam Permenaker No. 35 Tahun 2016, yang diperuntukkan untuk peserta dengan kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)/ non-MBR. Program ini menggandeng Bank BTN sebagai rekanan dalam Program Perumahan Pekerja Kerjasama Bank.  

Program MLT BPJS Ketenagakerjaan

Dikatakan oleh Deputi Direktur Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh, bahwa program ini membantu yang belum memiliki rumah.  Fasilitas pada program ini meliputi demand side dan supply side

Demand side merupakan salah satu cara untuk memenuhi semua kebutuhan dalam pembiayaan perumahan yang diberikan dalam bunga ringan bagi peserta. Sedangkan supply side berbentuk pembiayaan yang saling bersaing di antara developer perumahan berdasar dengan ketetapan yang telah ditentukan. 

Fasilitas MLT yang diberikan kepada peserta terdiri dari 4 macam, antara lain:

  1. KPR
  2. Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP)
  3. Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP)
  4. Kredit konstruksi bagi developer.

Adapun manfaat program MLT adalah memberikan kemudahan bagi peserta dalam pengajuan pinjaman uang yang  cepat dan mudah. 

Syarat Pengajuan MLT PUMP Bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Bagi kamu yang berminat untuk mengajukan pinjaman uang di program ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Seperti :

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia, yang berusia minimal 17 tahun sampai 65 tahun. Sudah terdaftar secara aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan selama minimal 1 tahun
  2. Perusahaan tempat peserta bekerja tidak termasuk ke dalam kategori tidak tertib administrasi/Perusahaan Daftar Sebagian upah secara aktif
  3. Melampirkan surat rekomendasi dari BPJS Ketenagakerjaan
  4. Terbukti belum mempunyai rumah
  5. Gaji peserta tidak lebih dari 4 juta
  6. Apabila dana akan digunakan untuk merenovasi rumah, maka dana harus benar-benar dipergunakan untuk merenovasi rumah milik sendiri/ bukan sewa/kontrak. 
  7. Telah lulus verifikasi

Berikut sejumlah dokumen yang harus disiapkan:

  1. FC Kartu keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan
  2. Formulir permohonan MLT
  3. Surat pernyataan MLT
  4. Surat Keterangan tidak mempunyai rumah

Cara Mendaftar 

  1. Pertama-tama, Kamu harus melengkapi keseluruhan berkas permohonan
  2. Selanjutnya, dokumen-dokumen pelengkap dan surat permohonan akan dikirim ke kantor BPJS, gunanya untuk memverifikasi data
  3. Apabila verifikasi disetujui, maka Kamu harus menyiapkan sejumlah biaya pra realisasi kredit
  4. Berikutnya, Kamu akan diminta untuk menanda tangani sebuah perjanjian MLT
  5. Saatnya menunggu dana MLT dicairkan ke rekening

MLT PUMP BPJS Ketenagakerjaan

Seperti aplikasi pinjaman online lainnya, untuk mendapatkan pinjaman uang di sini cukup mudah dan cepat. Bahkan MLT juga memberikan jangka waktu hingga 15 tahun, dengan suku bangun BI 7 days Repo Rate+3%. 

Simulasi Pinjaman Dari BPJS Ketenagakerjaan

Besar pinjaman yang diberikan kepada setiap peserta berbeda tergantung dengan nominal gaji mereka.  Apabila gaji peserta BPJS Ketenagakerjaan maksimal 5 juta, maka berpeluang mendapatkan pinjaman sebesar 20 juta. Sedangkan untuk peserta yang bergaji 5-10 juta/bulan, mempunyai kans untuk mendapatkan pinjaman hingga 30 juta.  Bagi Kamu, yang bergaji di atas 10 juta akan mendapatkan pinjaman 50 juta. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang program MLT BPJS Ketenagakerjaan, silakan menghubungi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan yang ada di kotamu.  Untuk menikmati kemudahan lain yang ditawarkan BPJS Ketenagakerjaan coba mengunduh aplikasi BPJS KU di Google Play Store, AppStore.  Semoga informasi  atas produk BPJS Ketenagakerjaan di atas dapat bermanfaat.

mobile-closeKredit PintarDownload