Cara Daftar Aplikasi BPJSTKU

24 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 26 Nov 2021

BPJSTKU adalah aplikasi resmi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang diperkenalkan sejak 2018. Tujuannya, untuk mengakses beberapa layanan BPJS Ketenagakerjaan seperti simulasi Jaminan hari tua (JHT), cek saldo JHT, cek rincian iuran HJT dan jaminan pensiun (JP), melakukan  pengajuan  klaim secara online yang langsung terintegrasi dengan layanan e-klaim dan  akan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta.

Cara Daftar Aplikasi BPJSTKU

Ada pun peserta yang bisa mengakses adalah peserta penerima upah, bukan penerima upah, dan pekerja migran Indonesia.

Aplikasi BPJSTKU tersedia untuk perangkat android dan iOS. Aplikasi ini juga menawarkan fitur lainnya, seperti informasi kantor cabang, layanan pelaporan dan pengaduan, pelaporan kecelakaan kerja secara real time, simulasi Jaminan Hari Tua (JHT), dan kartu digital. 

Aplikasi BPJSTKU dikembangkan BPJS Ketenagakerjaan Official. Aplikasi ini kompatibel dengan perangkat Android 5.0 (Lollipop) ke atas atau yang lebih baru dan telah diinstal lebih dari lima juta kali. 

Cara Daftar BPJSTKU

Bagi kamu yang ingin melakukan pendaftaran, kamu harus memahami beberapa hal. Ada dua jenis pendaftaran, yakni registrasi peserta baru BPJS Ketenagakerjaan (Penerima Upah, Bukan Penerima Upah, Pekerja Migran Indonesia) dan pendaftaran pengguna aplikasi BPJSTKU.

Nah, jika kamu sudah sudah terdaftar BPJS Ketenagakerjaan, kamu tinggal registrasi untuk penggunaan aplikasi BPJSTKU.

Jika kamu belum terdaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka kamu dapat langsung registrasi di aplikasi tersebut. Menunya ditampilkan di landing pae aplikasi BPJSTKU di menu “PENDAFTARAN PESERTA BARU”. 

Selanjutnya, kamu pilih jenis kepesertaan yang diinginkan, apakah penerima upah (PU), bukan  penerima upah (BPU), atau Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Cara daftar pengguna baru BPJSTKU sebagai berikut:

  1. Kamu unduh dan install aplikasi PJSTKU yang tersedia di perangkat android dan iOS smartphone kamu;
  2. Setelah kamu install, kamu buka aplikasi BPJSTKU, lalu pilih menu “PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU”;
  3. Kamu masukkan alamat email aktif kamu;
  4. Selanjutnya, kamu sebagai pendaftar akan menerima nomor PIN aktivasi melalui email, lalu masukkan nomor PIN pada kolom yang disediakan dan tap “VERIFIKASI”
  5. Kamu pilih jenis kepesertaan, misalnya PENERIMA UPAH (PU) atau PENERIMA BUKAN UPAH (PBU);
  6. Kamu masukkan data yang diminta seperti nama, nomor KTP, dan  sebagainya;
  7. Berikutnya, kamu masukkan nomor KJP atau nomor kepesertaan yang tertera di kartu BPJS Ketenagakerjaan;
  8. Kamu masukkan nomor hp aktif untuk keperluan aktivasi melalui ponsel;
  9. Terakhir, kamu masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS.

Cara Cek Saldo BPJSTKU 

Di aplikasi ini, kamu juga bisa mengecek saldo JHT (BPJS Ketenagakerjaan) secara real time melalui BPJSTKU. Saldo JHT adalah akumulasi dari iuran yang dilakukan peserta setiap bulan, plus dana dari hasil pengembangan investasi oleh BP Jamsostek.

Dana dari JHT bisa dicairkan peserta saat sudah pensiun dari pekerjaannya. Tetapi dalam aturan terbaru, saldo JHT juga bisa ditarik sebelum masa pensiun apabila peserta sudah tak lagi bekerja, mengalami cacat total, dan meninggal dunia. 

Cara ceknya sebagai berikut:

  1. Kamu Login ke aplikasi BPJSTKU;
  2. Kemudian, kamu masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat pada proses sebelumnya; setelah login berhasil, kamu pilih menu “LIHAT SALDO” di laman depan aplikasi BPJSTKU;
  3. Selanjutnya, muncul jumlah saldo yang dimiliki;
  4. Kamu tap jumlah saldo tersebut jika ingin melihat rincian saldonya.

Manfaat BPJSTKU

Dengan mengakses aplikasi BPJSTKU, kamu bisa memperoleh beberapa manfaat:

  1. Sebagai sumber informasi untuk layanan BPJS Ketenagakerjaan;
  2. Menyediakan layanan cek saldo JHT. Jadi, kamu tak perlu repot-repot membayar iuran tanpa harus datang dan bisa memastikan saldo;
  3. Menyediakan layanan cek rincian iuran JHT dan JP. Jadi, kamu bisa memastikan jumlah upah yang dilaporkan hanya melalui aplikasi ini;
  4. Menyediakan layanan simulasi JHT. Jadi, kamu dapat mengetahui jumlah  pengembangan yang akan diperoleh dari program JHT;
  5. Menyediakan layanan klaim saldo JHT (e-klaim). Jadi,  kamu dapat mengetahui kelengkapan berkas dan  kelayakan  pengajuan klaim JHT sebelum datang ke kantor cabang.

Begitulah cara mendaftar dan cek saldo BPJSTKU, beserta manfaatnya. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang telah disampaikan jika ingin menjadi anggota BPJSTKU. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaat seperti yang telah disampaikan.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Nov 2021
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download