Biaya Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia

27 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 27 Jul 2022

Pramugari merupakan sebuah profesi yang sangat penting dalam dunia trasnsportasi, khususnya dalam bidang penerbangan. Pramugari dengan transportasi penerbangan atau pesawat terbang merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Ini semua tentang biaya sekolah pramugari.

Biaya Sekolah Pramugari  Terbaik di Indonesia

Pramugari juga selalu identik dengan sosok seorang yang berparas menawan, rapi, serta ramah dalam memberikan pelayanan. Selain itu, seorang pramugari juga perlu dibekali ilmu pengetahuan yang cukup.

Untuk memenuhi kriteria sebagai pramugari, perlu mengikuti pendidikan dan pelatihan khusus pramugari yang melewati berbagai tahapan. Mulai dari tes administrasi, kesehatan, tes fisik, sampai wawancara. 

Bahkan, terdapat beberapa syarat umum yang harus dipenuhi sebelum mengikuti pendidikan dan pelatihan di sekolah pramugari. Syarat umum tersebut ialah minimal pendidikan sekolah menengah atas, bebas narkoba, belum menikah, sehat rohani dan jasmani, dan tidak bertato.

Baca juga: Beginilah Aturan Baru KTP yang Wajib Diketahui!

Dalam pendidikan dan pelatihan tersebut akan diajarkan standar prosedur pelayanan tertentu bagi pramugari ketika sedang melayani penumpang. Selain itu, calon pramugari juga diajarkan cara berkomunikasi, berbagai tata krama, pengetahuan umum, bahasa asing, serta hal-hal lain yang diperlukan.   

Seiring dengan berkembangnya transportasi penerbangan, peluang kerja sebagai pramugari pun semakin terbuka lebar. Kini juga terdapat berbagai pilihan sekolah pramugari di Indonesia yang dapat membentuk pramugari berkualitas.

Berikut adalah beberapa sekolah pramugari beserta biaya pendidikannya.

1. PSPP Penerbangan

PSPP (Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari) Penerbangan merupakan sekolah yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, yaitu PSPP Jakarta, PSPP Yogyakarta, PSPP Lampung, dan PSPP Makassar. Pendidikan dan pelatihan yang ditempuh dalam sekolah ini adalah selama 6 bulan, yaitu 4 bulan di kampus dan 2 bulan on job training. 

Sekolah pramugari PSPP ini tidak hanya untuk calon pramugari, tetapi juga untuk staf penerbangan lain dan juga membuka kelas make over, berenang, modelling, dan komputer dasar.

Syarat khusus untuk daftar ke Sekolah Pramugari PSPP adalah berusia antara 18-22 tahun sedangkan untuk AVSEC adalah 18-27 tahun. Kemudian tinggi minimum bagi perempuan adalah 160 cm, tidak buta warna dan hepatitis, serta minimal lulusan sekolah menengah atas ataupun sederajat diploma dan sarjana. 

Biaya yang harus dikeluarkan untuk Sekolah Pramugari PSPP adalah sekitar 42 juta rupiah. Biaya tersebut dibayar dalam empat tahap, yaitu tahap 1 atau daftar ulang sebesar 15,5 juta, tahap 2, 13,5 juta, tahap 3, 9,5 juta, serta tahap 4 sebesar 3,5 juta. Biaya pendaftaran untuk sekolah ini adalah sebesar 300 ribu rupiah.

2. P3 Nusantara

P3 (Pelatihan Pramugari Pramugara) Nusantara merupakan sekolah pramugari yang sudah berdiri selama 20 tahun. Sekolah ini berlokasi di Yogyakarta, tepatnya di Umbulharjo dan sudah memiliki alumni sekitar 1000 siswa. Sekolah ini juga memiliki Terakreditasi A.

Syarat khusus dari sekolah P3 Nusantara ini adalah tinggi minimal bagi perempuan 158 cm dan maksimal 172 cm. Calon pendaftar juga diwajibkan memiliki kemampuan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan. Syarat lainnya adalah harus memiliki kepribadian menyenangkan dan positif.

Baca juga: Jenis-Jenis Awan dan Ciri-Ciri Hujan Deras

Biaya sekolah pramugari ini adalah sekitar 30-40 juta rupiah dengan biaya pendaftaran sebesar 200 ribu rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk ke dalam biaya transportasi dan pelatihan selama 4 bulan. Peserta juga akan mendapatkan on job training selama 3 bulan lamanya di hotel bintang 4 dan 5. 

3. FAAST Penerbangan

Biaya Sekolah Pramugari  Terbaik di Indonesia

FASST (Flight Attendant and Airline Staff Training) juga merupakan sekolah pramugari dan staf penerbangan yang terletak di Yogyakarta, tepatnya di Sendangadi, Sleman. Selain sekolah pramugari, FAAST juga membuka sekolah untuk pramugara dan staf penerbangan lainnya. 

Lama pendidikan yang ditempuh di sekolah ini adalah 7 bulan, yaitu 5 bulan masa pendidikan di sekolah dan 2 bulan pelaksanaan on job training. Syarat khusus untuk mendaftar di FAAST adalah tidak memiliki mata minus lebih dari -2.00, silinder C-100. Kemudian juga terdapat tinggi minimal 160 cm dan maksimal 172 cm bagi perempuan dan 170 cm dan maksimal 182 cm bagi laki-laki. 

Biaya sekolah pramugari FAAST ini adalah sebesar 38,5 juta rupiah dengan biaya pendaftaran sebesar 250 ribu. Biaya tersebut dapat diangsur dalam 4 tahap, yaitu angsuran 1 sebesar 15 juta, angsuran 2 12 juta, angsuran 3 8 juta, dan angsuran 4 sebesar 3,5 juta.

4. Tamtama Training Center

Tamtama Training Center (TTC) merupakan sekolah pramugari yang terletak di Yogyakarta juga, tepatnya di Bangutapan. Selain sekolah bagi pramugari, TTC ini juga membuka pendidikan dan pelatihan bagi staf penerbangan lain. Kurikulum yang diterapkan di TTC ini adalah meliputi ground handling, ilmu kepramugarian, dan ticketing service. 

Waktu yang ditempuh dalam pendidikan di TTC adalah 2 tahun. TTC ini juga menyediakan tempat tinggal berupa asrama, seragam, dan fasilitas lain untuk peserta didiknya. Syarat khusus untuk daftar TTC adalah tinggi badan minimal 160 cm, umur maksimal 23 tahun, serta berpenampilan menarik,

Biaya sekolah pramugari TTC ini adalah sebesar 32,5 juta rupiah yang dapat diangsur selama 4 tahap. Biaya tersebut naik dari 23 juta pada tahun 2021. Sedangkan biaya pendaftaran untuk TTC adalah sebesar 150 ribu rupiah yang mana turun dari 200 ribu pada tahun 2021.

Baca juga: Cara Pemutihan Pajak Kendaraan di Berbagai Daerah

5. Airlines Crew Jogja Flight Surabaya

Sekolah Airlines Crew Jogja Flight Surabaya merupakan lembaga pendidikan yang mendapat lisensi resmi dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Sekolah ini berlokasi di Surabaya, tepatnya di daerah timur, yaitu Komplek Rungkut. 

Biaya sekolah pramugari ini adalah sebesar 25 juta rupiah dengan biaya sumbangan gedung sebesar 3,5 juta rupiah. Biaya pendaftaran ini adalah sebesar 100 ribu rupiah. Dengan biaya tersebut, peserta akan mendapatkan fasilitas lisensi, online system, praktikum komputer, seragam seperti sepatu dan tas, serta fasilitas lainnya.

6. Pelita Nusa Aviation

Biaya Sekolah Pramugari  Terbaik di Indonesia

Pelita Nusa Aviation merupakan sekolah pramugari yang terletak di Yogyakarta juga, tepatnya di Mergangsan. Pelita Nusa Aviation menyediakan dua kelas untuk pendidikan dan pelatihan, yaitu kelas eksklusif dan kelas reguler. 

Kedua kelas tersebut dibedakan berdasarkan kurikulum, fasilitas yang didapat, serta on job training yang dilakukan. Lama pendidikan yang ditempuh di Pelita Nusa Aviation adalah 6 bulan.

Kedua kelas tersebut juga memiliki perbedaan dalam biayanya. Untuk kelas reguler, biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar 17 juta rupiah (biaya pendaftaran dan pendidikan), sedangkan untuk kelas eksklusif adalah sebesar 30 juta rupiah (biaya pendaftaran, pendidikan, asrama, transportasi, dan konsumsi).

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download