Daftar Biaya Sekolah Marshaller di Indonesia

27 Sep 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 27 Sep 2022

Sekolah Marshaller adalah sekolah yang bertujuan untuk memberikan pelatihan yang terbaik kepada siswanya mengenai industri penerbangan. Biaya sekolah Marshaller ini bervariasi, tergantung pada institusi pendidikannya. Pendidikan ini akan membentuk sumber daya manusia yang handal di bidang tersebut. Setelah menyelesaikan pendidikan ini, mereka akan mendapatkan sertifikat kompetensi.

Di dunia penerbangan, tidak hanya ada pramugari, pramugara, dan pilot saja. Sebenarnya, ada banyak profesi lain yang dapat dilakukan di bandar, lho. Salah satunya profesi marshaller atau yang biasa dikenal sebagai juru parkir pesawat. 

Lantas, apa yang dimaksud dengan marshaller? Kalau kamu sering melihat landasan pacu pesawat, kamu pasti sudah tidak asing dengan profesi yang satu ini. 

Seorang marshaller bertugas untuk memberikan arahan kepada pilot untuk memarkir pesawat dengan baik. Proses pengarahan ini juga bertujuan untuk mempersiapkan pesawat sebelum melakukan lepas landas. 

Biasanya, mereka juga membawa beberapa benda yang mereka gunakan untuk mengarahkan pesawat. Sewaktu memberikan arahan, marshaller menggunakan gerakan tubuh untuk melakukan interaksi dengan pilot tanpa mengucapkan kata-kata. Maka dari itu, marshaller harus selalu siap berdiri di area yang dapat dilihat oleh pilot dengan mudah.

Mau tahu informasi lebih lanjut mengenai profesi ini? Simak informasinya dalam artikel berikut ini agar bisa tahu lebih banyak, ya!

Baca juga: Jarang Diketahui! Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat!

Tugas Profesi Marshaller

Tugas utama dari seorang marshaller yaitu untuk memberikan arahan kepada pilot ketika pesawat akan landing dan take off. Beberapa tugas dari seorang marshaller, antara lain:

  • Mengarahkan pilot melalui gerakan tangan
  • Memberikan sinyal kepada pilot saat pesawat akan masuk atau keluar dari apron bandara
  • Memberikan arahan kepada pilot ketika pandangannya dibatasi oleh kondisi cuaca yang kurang bagus
  • Memberikan pedoman agar pesawat dapat terhindar dari kecelakaan
  • Membantu pesawat agar dapat parkir dengan sempurna
  • Menjaga agar landasan pacu selalu dalam keadaan yang tertib dan rapi

Biaya Sekolah Marshaller di Indonesia

Untuk mencetak sumber daya manusia yang handal dalam industri penerbangan, diperlukan pendidikan dan pelatihan yang tepat. Siswa yang telah lulus menempuh pendidikan tersebut biasanya akan memperoleh sertifikat keahlian yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Berikut ini adalah daftar biaya sekolah Marshaller yang ada di Indonesia.

Baca juga: Biaya Sekolah Pramugari Terbaik di Indonesia

  • AVIA Kampus Penerbangan – Rp 13.200.000

AVIA telah terkoneksi dengan lebih dari 50 perusahaan yang bergerak dalam bidang aviation. Dengan mengikuti pendidikan di sini, kamu akan memperoleh banyak fasilitas yang meliputi seragam, sertifikat, almamater, pakaian olahraga, alat tulis, pin wings, name tag, ID card, modul, dan totebag. 

Selain itu, kampus ini juga dilengkapi dengan ruangan yang ber-AC, Wifi, coffee shop, studio podcast, dan perpustakaan. Dari fasilitas yang diberikan, dapat dikatakan bahwa kampus ini didukung dengan lingkungan yang cukup nyaman. Sehingga, proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Untuk bisa menjalani pendidikan ini, kamu harus mengikuti beberapa persyaratan terlebih dahulu. Beberapa persyaratan tersebut mencakup usia 18-29 tahun, minimal sudah tamat lulus SMA/SMK/MA, tidak menggunakan tindik, tidak buta warna, serta mempunyai berat badan dan tinggi yang ideal. Untuk wanita wajib memiliki tinggi minimal 160 cm sedangkan pria wajib memiliki tinggi minimal 165 cm.

Tidak hanya itu saja, terdapat pula persyaratan yang perlu dilengkapi, yaitu fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi ijazah, SKCK, pas foto, dan sebagainya. Biaya sekolah marshaller ini cukup kompetitif dan bisa dibayar secara transfer maupun cash.

  • IEFA Semarang – Rp 20.500.000

IEFA Semarang menyediakan pendidikan dengan berbagai program. Beberapa diantaranya yaitu program pramugari, ground staff, perhotelan, marshaller, AVSEC, dan sebagainya. 

Berdasarkan situs IEFA Semarang, biaya pendidikan untuk sekretaris, perhotelan, dan ground staff sama, yaitu sebesar Rp 14.500.000. Sedangkan, biaya sekolah marshaller di IEFA Semarang sudah termasuk biaya registrasi, yaitu sebesar Rp 20.500.000, 

Banyak fasilitas yang ditawarkan oleh lembaga ini. Fasilitas tersebut meliputi seragam, atribut, kaos olahraga, modul, outbound, social gathering, dan masih banyak lagi.

  • SAS Training Center – Rp 8.500.000

SAS Training Center menyediakan program diklat lisensi untuk Aircraft Marshaller selama 7 hari dengan biaya Rp 8.500.000. Biaya ini sudah termasuk lisensi yang bisa kamu peroleh setelah menyelesaikan pendidikan ini.

Lembaga keterampilan kerja ini berada di Jawa Tengah, tepatnya di Sukoharjo. Selain memberikan pendidikan di dunia penerbangan seperti marshaller, lembaga ini juga menyediakan pendidikan di bidang pelayaran dan perhotelan. Cukup lengkap, ya.

  • Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi – Rp 4.960.000

Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi menyediakan diklat short course untuk marshalling dengan biaya Rp 4.960.000 per peserta. Akademi ini berdiri sejak tahun 2013. Kampus ini memiliki lingkungan yang kondusif dan berbagai dukungan fasilitas yang memadai. 

Terbentuknya akademi ini memiliki tujuan untuk memberikan kompetensi dan kemampuan mengenai industri penerbangan kepada para siswa agar menjadi profesional di bidang tersebut.

  • Hudia Training Center – Rp 8.000.000

Petugas marshaller memerlukan sertifikat untuk melakukan tugasnya di lapangan. Sertifikat ini harus dikeluarkan oleh lembaga yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Hudia Training Center telah bekerja sama dengan Politeknik Penerbangan Indonesia Curug untuk memberikan pendidikan di bidang penerbangan.

Hudia Training Center merupakan lembaga yang memberikan pendidikan serta pelatihan dalam bidang perhotelan dan penerbangan pesawat. Lembaga ini menyediakan tenaga pengajar yang kompeten di bidangnya sehingga dapat membentuk sumber daya manusia yang profesional pada kedua bidang tersebut.

Bagi kamu yang ingin mengikuti pendidikan marshaller pada lembaga ini, kamu wajib mengeluarkan biaya sebesar Rp 8.000.000 untuk durasi pendidikan selama 8 hari. Dengan biaya tersebut, kamu berhak menerima berbagai fasilitas dari Hudia Training Center yang mencakup handout, ruangan ber-AC, makan siang, snack, ujian sertifikasi, Wifi, sertifikat, instruktur, OJT, dan paket wisata.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah lulus pendidikan SMA/SMK, berusia minimal 18 tahun namun tidak lebih dari 24 tahun, memiliki tinggi badan minimal 165 cm bagi pria dan minimal 158 bagi wanita, bisa bahasa Inggris pasif, bebas dari narkoba, tidak bertato, tidak bertindik, dan tidak buta warna.

Baca juga: 8 Sekolah Termahal di Indonesia: SPP Diatas 100 Juta

Profesi sebagai seorang marshaller memang memiliki tantangan dan risiko yang cukup tinggi karena tugasnya yang cukup vital. Tugasnya berkaitan dengan keselamatan pesawat beserta pilot, pramugari, dan penumpang di dalamnya.

Itulah informasi yang menarik mengenai profesi marshaller dan biaya sekolah marshaller. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu yang tertarik untuk berkarir di dunia penerbangan, ya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download