Biaya Operasi Kista di Beberapa Rumah Sakit Terbaru

21 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Biaya operasi kista, Penyakit kista merupakan salah satu penyakit yang sudah diketahui oleh banyak orang. Diketahui, penyakit yang kerap diidap oleh kaum wanita ini berwujud kistik, berisi cairan kental, serta terdapat pula yang berbentuk layaknya buah anggur. Bahkan, terdapat juga kista yang isinya udara, cairan, nanah, atau yang lainnya. Penyakit kista tentu dapat diobati dengan operasi, akan tetapi biaya yang dibutuhkan tentu tidak kecil.

Kista adalah tumor jinak berbentuk kantong abnormal dengan isi cairan atau setengah cair dan tumbuh di indung telur (ovarium). Tumbuhnya kista itu dapat mengganggu siklus haid, level kesuburan, serta rasa sakit luar biasa. Kista ovarium umumnya tidak memiliki sifat kanker.

Selain itu, Kista masuk dalam kategori tumor jinak yang terbungkus selaput seperti jaringan. Berbagai sel-sel tumor itu terpisah dari jaringan normal di sekitarnya serta tidak akan melebar ke bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, tumor jinak disebut mudah pengangkatannya melalui metode pembedahan dan tidak begitu berbahaya untuk kesehatan pengidap. 

Baca juga: Daftar Rekomendasi Harga Kursi Roda Kualitas Terbaik

Jenis dan Cara Pemeriksaan Penyakit Kista

Penyakit kista memiliki beberapa jenis. Apabila dikategorikan menurut level keganasannya, kista dibagi dua, yaitu non-neoplastik serta neoplastik. Kista non-neoplastik punya sifat jinak serta biasanya bakal kempis sendiri dalam 2 atau 3 bulan. Sedangkan, kista neoplastik condong lebih ganas serta perlu dioperasi dalam penanganannya. Tetapi, operasi kista neoplastik begitu tergantung dari ukuran serta sifat kista itu sendiri.

Salah satu pengobatan kista ialah dengan mengangkatnya melalui operasi. Kista wajib operasi apabila ukurannya lebih dari 4 cm. Apabila telah melebihi 4 cm, resiko terpuntir bisa terjadi. Dalam menentukan ukurannya, perlu dilaksanakan USG ketika haid.

Metode pemeriksaan yang lain dalam mendiagnosa kista ialah dengan memakai CA-125. Khususnya dalam mengetahui apakah kista telah muncul peralihan keganasan (kanserous). Namun, terkadang terdapat perempuan usia subur, kadar CA-125 yang standar atau normal. Maka,pemeriksaan CA-125 lebih baik dilaksanakan terhadap perempuan yang dengan resiko kanker yang tinggi. Operasi kista ovarium wajib dilaksanakan berdasarkan sejumlah situasu, seperti umur, ukuran kista, serta keluhan penderita.

Kista dapat tumbuh di sejumlah organ tubuh perempuan. Mulai dari ovarium, vagina, serta bagian vulva. Menurut tempat tumbuhnya, kista yang muncul di vagina ialah kista inklusif, duktus, gartner, endometriosis, serta adenosis. Sedangkan, kista yang muncul di vulva ialah pada kelenjar sebasea, kelenjar bartholini, serta inklusif epidermal.

Penyakit kista dapat diakibatkan beragam faktor. Seperti, faktor genetik atau keturunan, siklus haid yang tidak lancar, menstruasi di usia dini, pengidap hipotiroid, kanker payudara, da lain-lain. 

Gejala yang muncul karena kista pun dapat beragam. Mulai dari menstruasi tidak lancar, sering buang air kecil, ukuran payudara menyusut, kegemukan, sampai sulit mempunyai anak.

Jika Anda merasa siklus haid bermasalah atau ada nyeri luar biasa ketika tengah datang bulan, lebih baik diperiksa ke dokter untuk mengantisipasi tumbuhnya kista di dalam tubuh. Apabila Anda memiliki kista, dokter umumnya akan menyarankan Anda untuk menjalani operasi dengan biaya tertentu kalau sudah benar-benar parah.

Baca juga: Nabung Saham, Begini Cara dan Tipsnya Supaya Cuan!

Biaya Operasi Kista

Biaya operasi kista di Indonesia bisa dibilang tidak murah. Tetapi, apabila Anda masuk kategori pasien BPJS, Anda bisa mendapatkan pelayanan operasi kista gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeser pun. Tentu hal ini harus dicermati jika tindakan operasi itu adalah anjuran dari dokter. 

Berdasarkan sejumlah pasien BPJS, layanan yang disuguhkan para dokter pada pasien BPJS pun tidak terdapat diskriminasi serta perawatannya juga dilaksanakan dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa bernafas lega dan tidak perlu mendengar ucapan orang lain.

Sedangkan, jika ternyata Anda tidak terdaftar menjadi anggota BPJS, tentu ada biaya operasi kista yang perlu Anda keluarkan dan tentunya cukup besar. 

Misalnya, Rumah Sakit Mitra Keluarga membanderol biaya operasi kista sekitar Rp24,5 jutaan, harga itu belum sekaligus biaya kunjungan dokter ketika rawat inap serta perawatan usai rawat inap. 

Sedangkan, jika Anda menjalani operasi kista memakai teknik laparoskopi, harganya berada di kisaran Rp24 juta sampai Rp40 jutaan. Bahkan, terdapat RS yang membanderol Rp60 jutaan. Tentu, itu bukan harga yang murah.

Kalau membandingkan dengan tahun 2021 lalu, biaya operasi kista di tahun 2022 tidak banyak mengalami perubahan. Supayam Anda mendapatkan informasi yang lebih jelas, di bawah ini adalah daftar biaya operasi kista ovarium di sejumlah rumah sakit yang berdiri di Indonesia tahun 2022.

Biaya Operasi Kista di Kota Besar

RS Permata Bekasi: 3.396.000

RS Harapan Mulia Bekasi: 3.780.000

RSKIA Sadewa Yogyakarta: 5.256.000

RSKD Ibu dan Anak Pertiwi Makassar: 5.300.000

RSU Karisma Subang: 7.190.000

RSIA Trinanda Palembang: 9.000.000

RS Citra Medika Depok: 9.250.000

RS Sitti Khadijah III Makassar: 12.000.000

RS Bedah Hasta Husada Malang: 12.600.000

RSU Melania Bogor: 17.955.000

RS Premier Surabaya: 50.000.000

Harga tersebut masih belum termasuk berbagai biaya tambahan yang harus dikeluarkan selama perawatan. Maka dari itu, pastikan Anda memiliki dana yang cukup sebelum menjalani operasi kista.

Baca juga: Bantuan Pemerintah Juni 2022, Siapkan KTP Buat Daftar!

Tips Menjaga Kesehatan Ovarium

Pada kenyataannya, sampai sekarang belum ditemukan cara tersendiri yang efektif dalam mencegah penyakit kista ovarium. Akan tetapi, resiko dari penyakit tersebut setidaknya dapat dikurangi dengan tetap menjaga kesehatan ovarium serta tubuh secara keseluruhan. Di Bawah ini adalah uraian lengkapnya. 

  1. Pola Makan Teratur dan Sehat

Pola makan sehat tidak cuma baik untuk menjaga kesehatan tubuh, namun ikut andil menjaga kesehatan ovarium. Terdapat sejumlah peraturan yang dapat dibiasakan agar bisa menjaga supaya makan kita selalu sehat, yakni:

Hindari segala jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Hal ini dikarenakan, lemak jenuh tinggi dapat mengakibatkan penyakit kista. Sebab, makanan itu bisa meningkatkan kolesterol tubuh dan menambah peluang tumbuh kanker di tubuh.

Makan makanan dengan kandungan protein yang sehat bagi tubuh. Anda bisa mencoba protein yang berasal dari hewan serta tumbuh-tumbuhan.

Membiasakan untuk makan segala jenis sayuran serta buah tentu sangat bagus untuk mencegah munculnya masalah keseimbangan hormon di tubuh.

Menghindari memakan makanan dengan kandungan hormon secara berlebihan semisal  produk kedelai.

  1. Atur Stres

Stres yang berlebihan bisa mengakibatkan berbagai masalah keseimbangan hormon di tubuh, bukan tidak mungkin hal itu terjadi pada hormon-hormon yang diproduksi ovarium. Maka dari itu, Anda perlu kelola stres dengan baik sampai menjadi kebiasaan baik yang harus dilaksanakan.

  1. Istirahat yang Cukup

Tubuh membutuhkan waktu tidur serta istirahat yang baik dan cukup. Hal itu dilakukan guna mencapai keseimbangan. Tidur yang tidak cukup bisa memicu munculnya gangguan metabolisme. Bahkan, kurang istirahat pun dapat memicu masalah keseimbangan hormon yang diproduksi ovarium.

Pastikan Anda mengatur jam tidur. Jangan sampai terlalu banyak begadang. Sebab, hal itu bisa mengganggu metabolisme dalam tubuh. Pastikan pula Anda mendapatkan tidur siang yang cukup. Dalam rutinitas yang padat, tidur siang setidaknya 30 menit bisa membantu memulihkan energi dan menyegarkan otak.

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai biaya operasi kista serta tips menjaga kesehatan ovarium agar terhindar dari penyakit tersebut. Jangan sampai Anda atau orang-orang terdekat yang ada di sekitar kita terjangkit penyakit tersebut. Sebab bahaya bisa mengintai siapapun. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Bagaimana jika Pinjaman Dana Online Tidak Dibayar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download