Biaya Operasi Katarak Terupdate, Bisa Gratis Pakai BPJS!

16 Aug 2023 by kreditpintar, Last edit: 21 Aug 2023

Memasuki usia senja atau yang biasa kita sebut dengan lansia, sangat banyak sekali hal-hal yang mengalami kemunduran baik itu dalam hal pertumbuhan maupun perkembangan termasuk kesehatan yang mengalami penurunan secara drastis layaknya Katarak. 

images.jpg

Apa itu Katarak? Yaitu suatu penyakit yang membuat keadaan lensa menjadi keruh dan berawan yang perkembangannya perlahan tapi pasti dan awalnya tidak mengganggu, kemudian akan sangat mengganggu sekali sebagaimana fungsinya sebagai Panca Indera. Jika sudah demikian, satu-satunya cara yang harus dilakukan adalah melakukan Operasi. Bagaimana dengan biaya operasi katarak? Simak yuk ulasan berikut!

Tentang Operasi Katarak

Operasi katarak adalah suatu tindakan tepat yang dilakukan untuk mengatasi munculnya selaput yang menghalangi lensa. Dilakukan oleh dokter yang sudah ahli di bidangnya, jangan sepele apalagi mencari yang abal-abal. Sebab resikonya besar sekali terhadap Indra Penglihatan yang membantu kita melihat indahnya dunia ini. Pada umumnya, prosedur rawat jalan yang akan dilakukan untuk operasi katarak membutuhkan waktu 15 menit hingga 1 jam lamanya. Sebelum operasi tersebut dilakukan, dokter ahli akan memberikan obat tetes mata terlebih dahulu agar pupil pasien melebar. Bagi pasien yang yang menerima anestesi lokal akan kehilangan kesadarannya namun hanya pada bagian area mata saja. Artinya pasien dalam kondisi sadar loh! Tenang saja tidak berbahaya dan tidak akan merasakan sakit sama sekali sebab sudah mati rasa akibat dari anestesi yang diberikan. 

Kenapa Harus Operasi Katarak?

Ada beberapa keadaan yang mengharuskan seseorang untuk operasi katarak, diantaranya adalah :

  • Demi Meningkatkan Penglihatan Mata Yang Jernih

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa mata adalah Panca Indera yang berpengaruh besar terhadap aktivitas sehari-hari. Apabila mata tidak dapat berfungsi dengan baik, maka semua hal menjadi susah untuk dilakukan. Itu kenapa seseorang yang matanya masih berfungsi dengan normal, alangkah lebih baiknya untuk menjaga kesehatan mata secara optimal. Supaya kedepannya tidak harus melakukan operasi katarak. 

  • Memiliki Riwayat Penyakit Glaukoma

Faktor lain yang mengharuskan anda melakukan operasi adalah apabila seseorang memiliki riwayat penyakit seperti glaukoma. Penyakit ini sering disebut sebagai pencuri penglihatan karena kerap kali pasien tidak menyadari akan penyakit tersebut. Padahal menyerang bagian saraf penglihatan bahkan dapat menyebabkan kebutaan secara permanen.  Mekanisme kerja dari glaukoma yaitu menyerang pada pandan sisi luar hingga ke bagian tengah, akhirnya penglihatan akan menghilang.Beberapa penyebabnya karena adanya tekanan bola mata yang tinggi, sudah berusia 40 tahun, keturunan dari keluarga,  mata mengalami cedera, kencing manis, darah tinggi hingga pemakaian obat anti radang steroid yang telah terjadi jangka panjang. 

  • Berdasarkan Alasan Estetika

Pada dasarnya pupil manusia Indonesia memiliki pupil berwarna hitam, namun saat terjangkit katarak akan  berubah menjadi abu-abu. Sebagian orang menganggap hal tersebut dapat mengurangi nilai estetika sehingga mereka memutuskan untuk mengambil tindakan operasi serta demi memperbaiki ketajaman penglihatan.

Persiapan Sebelum Operasi Katarak

Supaya lebih memudahkan pasien yang pertama kali melakukan operasi katarak, ada baiknya menyimak beberapa hal berikut :

  1. 7 hari sebelum pasien melakukan operasi, dokter ahli akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk anda. Mulai dari tes kesehatan umum, fungsi penglihatan, mata luar hingga slit lamp. Pemeriksaan bagian dalam mata hingga pengukuran biometri dan topografi kornea.
  2. Sesuai prosedur operasi,  Pastikan berhenti dari pengobatan yang dapat meningkatkan resiko pendarahan.
  3. Melakukan puasa selama 12 jam sebelum operasi 
  4. Mengenakan pakain yang nyaman saat hendak melakukan operasi. Tidak diperkenankan menggunakan parfum, makeup apalagi bulu mata palsu.
  5. Menyiapkan budget yang cukup untuk biaya operasi katarak

Biaya Operasi Katarak

Biaya operasi Katarak yang harus anda bayarkan tergantung dari Rumah Sakit tempat anda melakukan operasi. Namun, pada umumnya menghabiskan biaya sebesar 6.500.000 – 16.000.000 Rupiah. Itulah kenapa pasien harus menyiapkan dana yang dengan matang. Terlebih katarak tidak dapat dielak, siapa saja yang telah menua dapat mengalaminya. Yang harus anda ketahui bahwa biaya operasi katarak tidak semuanya sama loh, teknologi yang digunakan, lensa yang akan dipilih untuk mata pasien, dan kualitas dari layanan yang diberikan pihak manajemen Rumah sakit.

  1. Biaya Operasi Katarak Menggunakan Lensa Monofokal

Banyak pasien yang memilih menggunakan lensa monofokal karena memiliki banyak asuransi yang ditawarkan. Lens ini dapat mengoreksi penglihatan jarak dekat maupun jarak jauh, namun keduanya tidak dapat fokus dengan waktu bersamaan. Sehingga pasien akan diminta untuk memilih apakah ingin memperbaiki penglihatan jarak dekat atau sebaliknya.

  1. Biaya Operasi Katarak Menggunakan Lensa Asferis

Lensa ini memiliki desain sferis yaitu bulat pada bagian kedua sisi. Bentuknya menyerupai bentuk lensa alami yang seharusnya. Penglihatan yang dihasilkan tampak lebih tajam dari lensa monofokal.Lensa ini juga dilengkapi dengan blue blocker filter serta pelindung khusus untuk menangkal sinar UV. Biaya operasi katarak menggunakan lensa ini tersedia dalam dua kategori yakni kategori Gold 20 juta sedangkan paket silver 17,5 Juta.

  1. Biaya Operasi Katarak Menggunakan Lensa Toric

Lensa toric diperuntukkan bagi anda yang susah mengatur titik fokus penglihatan atau mudah mengalami distorsi. Biasanya lebih dikenal dengan penyakit silindris. Termasuk lensa yang modern dan terdepan yang diproduksi oleh Amerika Serikat.  Harga yang ditawarkan untuk satu kali operasi yaitu 30.600.000 per mata.

  1. Biaya Operasi Menggunakan Lensa Multifokal

Lensa yang paling recommended sebab paling canggih diantara semua lensa diatas. Dengan menggunakan lensa ini memiliki kemungkinan terbesar untuk sembuh dari yang namanya kacamata. Teknologi Apodized yang kian canggih ini dapat mengatasi lingkaran cahaya. Dapat melihat jarak dekat dan jarak jauh secara bersamaan. Wah, worth it sekali kualitasnya. Tak heran jika dibandrol dengan harga yang relatif mahal yakni 34.300.000 Rupiah. 

Operasi Katarak Menggunakan BPJS, Gratis Kah?

Berdasarkan Peraturan Penjaminan Pelayanan Jaminan Pelayanan Kesehatan No.2 2018 bahwa Operasi katarak memerlukan syarat seperti pemberlakukan metode ECCE yang akan dilakukan setelah visus. Sehingga nantinya dapat melakukan operasi secara gratis menggunakan BPJS.Namun, sangat disayangkan sekali bahwa persyaratan ini banyak yang memberatkan pasien katarak. Pasalnya luka sayatan akibat metode ECCE memerlukan waktu penyembuhan yang lebih lama.Semua kami kembalikan kepada anda. Jika berminat melakukan operasi katarak menggunakan BPJS juga tidak ada salahnya. Pastikan anda telah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, yaitu kartu BPJS kesehatan yang masih aktif, tidak terdapat tunggakan dan mendapatkan rujukan dari faskes pertama.
Itulah tadi biaya operasi katarak yang berbeda-beda tergantung pada  lensa yang digunakan. Jika mengalami keterbatasan biaya, dapat memilih opsi menggunakan BPJS Kesehatan secara gratis.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Aug 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download