Apa Saja Penyebab dan Biaya Operasi Bibir Sumbing

22 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 23 Sep 2022

Berapa biaya operasi bibir sumbing itu? Siapa yang tidak mengetahui bibir sumbing, kelainan yang sering muncul pada anak kecil. Biasanya kelainan yang satu ini adalah kelainan bawaan, dan tak melihat jenis kelamin, karena baik laki-laki ataupun perempuan bisa memiliki kelainan bibir sumbing.

Namun dalam hal ini, ternyata bibir sumbing dapat dilakukan operasi sehingga dapat mengembalikan bentuk bibir menjadi terlihat normal. Melakukan operasi juga menjadi salah satu cara efektif untuk menangani kelainan yang satu ini.

Untuk mengetahui jenis kelainan ini secara mendalam, maka simak dan baca artikel ini sampai tuntas! Dan inilah penyebab serta biaya penyembuh bibir sumbing. 

Baca juga: Daftar Rekomendasi Harga Kursi Roda Kualitas Terbaik

Apa Saja Penyebab dan Biaya Operasi Bibir Sumbing

Bibir sumbing menjadi kelainan yang cukup jarang terjadi, namun jenis kelainan sumbing seringkali dikabarkan menjadi kelainan turunan. Sejatinya setiap kelainan tentu memiliki dasar atau penyebab mengapa suatu kelainan dapat terjadi.

Kelainan sumbing tidak bisa dilakukan dengan pengobatan secara herbal. Namun halus dilakukan operasi supaya bentuk pada bibir dapat seperti semula. Perihal yang seperti ini tentunya sudah banyak diketahui oleh beberapa kalangan orang.

 Tak sedikit juga yang belum mengetahui akan biaya yang diberikan jikalau harus melakukan operasi pada bibir sumbing. Simak dengan detail untuk informasi di bawah ini! 

Baca juga: Nabung Saham, Begini Cara dan Tipsnya Supaya Cuan!

Penyebab Bibir Sumbing

Bibir sumbing berarti kekurangan jaringan kulit pada area bibir yang menyebabkan bentuk bibir tidak mirip kebanyakan bibir secara umum. Penyebab bibir sumbing tentu masih banyak sekali, berikut ini adalah beberapa penyebab umum kelainan bibir sumbing.

  1. Terpapar Asap Rokok (Aktif Maupun Pasif)

Penyebab kelainan bibir sumbing secara umum terjadi karena kebiasaan selama masa kehamilan. Penyebab pertama adalah terpapar asap rokok. Baik kalau Anda adalah seorang perokok pasif maupun perokok aktif.

Keduanya sama-sama berpotensi menyebabkan anak dalam kandungan Anda mengalami kelainan bibir yaitu bibir sumbing. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa seorang wanita yang sedang hamil dilarang merokok bahkan menghirup asap rokok dalam masa kehamilan. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok tentu menjadi alasannya.

Bukan hanya kandungan nikotin, namun kandungan lain yang terdapat pada rokok memungkinkan terjadinya kelainan fisik pada buah hati. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kelainan ini adalh dengan melakukan operasi, mengingat biaya operasi pada kelainan bibir sumbing tidaklah murah.

  1. Banyak Mengonsumsi Minuman Beralkohol Selama Hamil

Alkohol menjadi jenis minuman yang berdampak buruk pada diri sendiri, namun juga bisa berdampak buruk pada calon buah hati kalau sedang mengandung. Hal tersebut dikarenakan meungkinkan buah hati mengalami kelainan fisik, utamanya yang sering terjadi adalah kelainan bibir sumbing.

Kandungan berbagai zat yang terdapat pada minuman alkohol menjadi pemicunya. Terutama tingkat keasamaan yang bila semakin kuat maka akan semakin berbahaya pada ibu hamil. Minuman beralkohol tentu sangat dilarang bagi para wanita yang sedang hamil.

Minuman alkohol sendiri terjual secara umum, namun pada beberapa negara penjualannya tidak diperjualbelikan kepada publik. Bibir sumbing menjadi salah satu kelainan yang mengincar wanita hamil yang tidak mematuhi pantangan, salah satunya adalah menghindari mengkonsumsi minuman beralkohol.

  1. Kondisi Tubuh Obesitas Selama Hamil

Kondisi tubuh seorang wanita selama hamil juga akan sangat mempengaruhi progress daripada pertumbuhan tidak dan normalnya buah hati selama di kandungan. Obesitas menjadi salah satu penyebab mengapa buah hati dapat mengalami kelainan berupa bibir sumbing.

Salah satu cara untuk menghindari obesitas adalah dengan mengatur pola makan serta melakukan program diet. Namun, apakah bisa diet pada saat mengandung itu? Tentu bisa, akan tetapi tidak boleh terlalu over dalam melakukannya.

Kondisi saat hamil tentu perlu dijaga supaya bayi yang terdapat di kandungan sehat dan jauh dari kelainan bibir sumbing. Hal ini juga menjadi alasan mengapa bibir sumbing terjadi sejak dalam masa kehamilan. Segera kunjungi dokter kandungan jika Anda obesitas dalam masa kehamilan, yang berguna untuk mencegah terjadinya kelainan bibir sumbing pada calon buah hati.

  1. Mempunyai Riwayat Diabetes Sebelum Hamil

Penyakit selama sebelum ataupun selama masa kehamilan juga akan sangat mempengaruhi pertumbuhan bayi. Utamanya adalah penyakit diabetes, kelebihan kandungan gula dalam darah tentunya akan sangat berbahaya dan mempengaruhi kondisi buah hati. Dampaknya adalah bayi bisa mengalami kelainan bibir sumbing.

Bibir sumbing sendiri data dihilangkan dengan dilakukannya operasi. Namun biaya operasi bibir sumbing tentu perlu diperhatikan. Mengingat semakin besar seseorang akan sangat sulit dilakukan penyembuhan pada saat operasi bibir sumbing. Usia bahkan kan kondisi seseorang yang mengalami bibir sumbing menjadi penentu mahal dan tidaknya jikalau melakukan operasi.

Selalu jaga kesehatan, hindari makanan bergula maupun berkarbohidrat tinggi supaya aman dari segala jenis penyakit pada saat mengandung.

  1. Kekurangan Asam Folat Selama Masa Kehamilan

Vitamin dan kandungan zat yang sangat baik dikonsumsi bagi ibu hamil adalah asam folat. Seorang ibu hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mg setiap harinya. Maka dari itu jika seorang ibu hamil kekurangan asam folat maka akan mempengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan.

Dampak yang dapat terjadi jika kekurangan asam yang satu ini adalah mengalami bibir sumbing pada buah hati. Bibir sumbing sendiri tidak boleh dianggap remeh. Baik dari segi penampilan dan komunikasi akan sangat terganggu. Maka dari itu gemarlah untuk mengkonsumsi asam folat selama masa kehamilan. 

Baca juga: Bantuan Pemerintah Juni 2022, Siapkan KTP Buat Daftar!

Biaya Operasi Bibir Sumbing yang Perlu Anda Tahu

Biaya operasi kelainan bibir sumbing tentu tidak murah, operasi ini bernilai 9.500.000 sampai 35.000.000 rupiah. Ada beberapa elemen yang menentukan harga pada saat melakukan bibir sumbing. Beberapa diantaranya adalah

  • Umur
  • Posisi sumbing
  • Kondisi dumbing

Ketiga elemen tersebut sangat menentukan jangkauan daripada harga yang diperkirakan. Semakin berat tingkat operasi yang dilakukan anak akan semakin mahal. Hal inilah mengapa seorang ibu hamil harus menjaga kondisi daripada kandungan yang dimilikinua. Hal tersebut menjadi salah satu upaya untuk mencegah kelainan bibir sumbing itu sendiri.

Setiap penyakit bahkan kelainan mempunyai penyebab dan juga cara untuk menyembuhkan secara permanen, ketahui dan pelajarilah untuk mencegah kelainan tersebut. Bibir sumbing tentu menjadi kelainan yang hanya menyerang bagi kandungan yang memiliki tingkatan kesehatan yang lemah. Kuat dan tidaknya rahim bahkan asupan rahim tersebut tentu perlu untuk dijaga dan dipenuhi.

Mengingat harga yang tidak murah dan kondisi pasien juga tak dapat pulih seperti orang secara umum. Penting untuk selalu waspada dan mengerti akan beberapa pantangan pada saat mengandung. Karena kondisi bayi ditentukan oleh kondisi calon ibunya.

Yaps seperti itulah kurang lebih informasi lengkap mengenai penyebab serta biaya operasi bibir sumbing yang perlu diketahui. Jikalau informasi ini bermanfaat buat Anda maka silahkan untuk membagikannya kepada orang lain. 

Baca juga: Bagaimana jika Pinjaman Dana Online Tidak Dibayar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
23 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download