Biaya dan Fasilitas Kuliah Di Oxford

27 Dec 2021 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Universitas Oxford adalah universitas terbaik di Inggris yang pada tahun ini dan dua tahun berturut – turut di nobatkan sebagai universitas terbaik di dunia oleh Times Higher Education. Kampus ini biaya kuliahnya  lebih murah dibandingkan universitas terbaik di negara-negara lainya seperti Harvard di Amerika Serikat. dalam artikel ini akan membahas tentang biaya kuliah di oxford university.

Sejarah Universitas Oxford

Universitas Oxford adalah universitas tertua di Inggris yang penuh menggunakan bahasa Inggris, universitas ini berdiri pada tahun 1096 dan mengalami perkembangan yang sangat cepat dari tahun 1167 saat pemerintahan Henry II melarang siswa-siswi Inggris menghadiri Universitas di Paris dan meminta semua siswa  Inggris belajar di negaranya sendiri. 

Universitas Oxford memiliki 39 perguruan tinggi konstituen dengan berbagai departemen akademik yang terbagi menjadi empat perguruan tinggi. Semua perguruan tinggi di Oxford adalah lembaga milik pemerintah, memiliki kampus utama dengan kegiatan internal di dalamnya sendiri, serta memiliki bangunan dan fasilitas terbesar yang tersebar di seluruh pusat kota. 

Jenjang pendidikan di Oxford juga terdiri dari jenjang Strata 1 (S1) dan juga jenjang beberapa pengajaran pascasarjana. Hal yang menarik dari pengajaran di Oxford  mencakup tutorial yang diselenggarakan oleh fakultas dan departemen masing – masing.  Pendidikan dilaksanakan  sangat ketat dan terintegrasi dengan semua aktivitas kampus.

Universitas Oxford mengelola museum universitas tertua di dunia, pers universitas terbesar di dunia dan mempunyai sistem perpustakaan akademik terbesar di seluruh negeri. Universitas Oxford juga dinyatakan sebagai  lembaga pendidikan tinggi terbaik oleh sebagian besar tabel liga nasional dan internasional utama di dunia

Fasilitas  Universitas Oxford 

Orang Berjalan Dekat Gedung Beton Beige

Universitas Oxford memiliki keunggulan pengajaran, penelitian dan pembelajaran yang luar biasa yang ditawarkan. Berikut fasilitas di Universitas Oxford yang sangat menonjol dan menjadi keunggulan dibandingkan kampus lain :

  1. Pengajaran tutorial yang personal dan teratur oleh para ahli sesuai subjek masing – masing  dan merupakan bagian dari komunitas perguruan tinggi yang menyediakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung. Selain itu, siswa dan staf datang dari seluruh dunia dengan latar belakang dan minat yang luar biasa. 
  2. Layanan perpustakaan dan informasi yang lengkap, universitas Oxford memiliki lebih dari 100 perpustakaan, menjadikannya sistem perpustakaan universitas terbesar di Inggris. Bagi siswa yang akan menyelesaikan gelar mereka di Oxford tidak harus membeli satu buku pun. Selama belajar di universitas oxford siswa biasanya tidak diizinkan untuk bekerja dalam masa semester, meskipun ada peluang bagi siswa untuk bekerja selama beberapa waktu di perguruan tinggi, namun siswa harus mungkin memerlukan izin tutor mereka.
  3. Layanan kesehatan, di setiap perguruan tinggi memiliki dokter perguruan tinggi, terkait dengan operasi dokter umum setempat, dan banyak perguruan tinggi memiliki perawat yang tersedia untuk siswa, yang menjadikan universitas salah satu yang terbaik. Universitas menerima aplikasi dari siswa penyandang cacat dan memiliki lebih dari 3,500 siswa terdaftar dengan cacat.

Cara masuk Universitas Oxford 

Masuk ke Universitas Oxford cukup menantang dan butuh kemampuan untuk mampu berkompetisi dengan seluruh calon mahasiswa di seluruh dunia. Meskipun tidak mudah untuk masuk kesana, setiap orang juga memiliki peluang untuk bisa masuk ke Oxford. Untuk bisa masuk universitas Oxford bisa dengan melalui jalur tes yang diadakan oleh universitas tersebut, melalui jalur beasiswa dan melalui jalur khusus  kerjasama diplomatik antar negara. 

Ada sejumlah beasiswa Reach Oxford (sebelumnya Beasiswa Mahasiswa Oxford) yang ditawarkan kepada siswa dari negara berpenghasilan rendah yang karena alasan politik atau keuangan, atau karena fasilitas pendidikan yang sesuai tidak ada, tidak dapat belajar untuk mendapatkan gelar di negara mereka sendiri. Syarat nilai juga harus memenuhi syarat untuk masuk Oxford dengan nilai semua excellence A untuk Syarat Strata 1, dan nilai IPK minimal 3.7 pada skala 4.0 dan lainnya minimal 3.5 untuk jenjang Master atau Doktoral

Biaya kuliah Oxford jenjang Strata 1

Untuk biaya kuliah di Universitas Oxford dibedakan menjadi dua, yaitu untuk pelajar asal UK dan berasal dari luar negeri. Untuk pelajar dari UK biaya kuliah di kisaran 9.000 pound sterling pada tahun ini atau sekitar Rp 153,11 juta (asumsi kurs Rp 17.013 per pound sterling) untuk tingkat sarjana strata satu. Sementara siswa internasional akan membayar biaya kuliah antara 15,295 pound ($ 19,860) dan 22,515 pound ($ 29,230) per tahun atau kurang lebih antara 225 – 438 juta rupiah per tahun tergantung jurusan yang diambil. 

Biaya tersebut lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah universitas lainnya antara lain Harvard, Stanford, dan California Institute of Technology. Bahkan biaya ini juga dianggap lebih murah dibandingkan dengan biaya kuliah di kampus ternama di negara – negara asia. berikut beberapa perbandingan biaya kuliah di beberapa kampus terbaik lain yang lebih mahal dari Oxford 

– Universitas California Institute of Technology: US$ 45.846 atau sekitar Rp 599,97 miliar (asumsi kurs Rp 14.400  per dolar Amerika Serikat).

– Universitas Stanford: US$ 47.331 atau sekitar Rp 681,566 juta

– University of Cambridge: 9.000 pounds atau sekitar Rp 153.11 juta

– Massachusetts Institute of Technology: US$ 48.140 atau sekitar Rp  693.216juta

– Universitas Harvard University: US$ 43.280 atau sekitar Rp 623.232 juta

– Universitas Princeton University: US$ 45.320 atau sekitar Rp 652,608 juta

Biaya Kuliah di Oxford University untuk Master atau Pasca Sarjana

Sebagian besar program magister dan doktoral bervariasi tergantung pada subjek, dan ada beberapa pengecualian dengan biaya lebih tinggi. 

Berikut perkiraan biaya kuliah program Sarjana, Master dan Pasca Sarjana : 

Tipe Inggris / UE Luar negeri

Kelas MA (Seni / Ilmu Sosial) £ 7,946 £ 15,097

Laboratorium MSc (Sains / Teknik) £ 8,860 £ 17,493

Penelitian MRes / MPhil £ 4,000 + £ 10,000 +

Bisnis MBA £ 18,624 £ 20,494

Selain biaya kuliah siswa internasional tersebut akan dikenakan biaya kuliah tambahan, yaitu antara kisaran £ 7,116 dan £ 9,500 (untuk sarjana) 

Biaya hidup di universitas Oxford 

Biaya hidup selama belajar di Universitas Oxford relatif cukup mahal, beberapa biaya yang cukup mahal diantaranya tempat tinggal yang mahal di beberapa daerah, harganya setara dengan London. Kedekatannya dengan London, sekolah-sekolahnya ternama, dan dekat dengan universitas terbaik dunia, semuanya menambah biaya hidup di Oxford. Jadi perlu dipastikan bukan hanya biaya kuliahnya saja yang harus dipersiapkan namun juga biaya hidup di sana yang harus dipersiapkan. Dan itu dia biaya kuliah di oxford university.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download